Keuntungan Memulai Usaha dari Virtual Office Surabaya

Virtual Office Surabaya – Perkembangan teknologi membuat pola bekerja berubah. Di masa lalu, para pekerja harus berangkat ke kantor pagi-pagi dan pulang hingga sore atau malam hari. Tuntutan tugas membuat para pekerja berjam-jam ada di kantor.

Bisa dibilang absensi menjadi aktivitas rutin mereka di pagi hari. Dan seringkali waktu untuk keluarga dikorbankan hanya karena lembur.

Tapi sekarang ini pola kerja yang mengharuskan karyawan hadir secara fisik tidak berlaku sepenuhnya. Dengan adanya teknologi internet, mereka bisa bekerja dimana saja tanpa harus terikat tempat.

Walau karyawan bisa bekerja secara online di rumah, tetap saja perusahaan memerlukan kantor yang representative. Untuk menciptakan kepercayaan klien, perusahaan harus memiliki alamat kantor.

Belum lagi perusahaan harus berurusan dengan surat menyurat, pajak, layanan resepsionis, maupun ruang rapat yang bisa digunakan untuk meeting dengan klien.

Tapi menyewa kantor dengan fasilitas lengkap dengan lokasi strategis jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah, salah satu solusi cerdas untuk meminimalisir biaya adalah dengan menyewa virtual office atau kantor virtual.

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

Seperti namanya, virtual office adalah kantor yang sifatnya virtual. Artinya, penyewa kantor tidak harus datang ke kantor untuk beraktivitas sehari-hari. Mereka bisa bekerja di mana saja dan kapan saja.

Dan sebagai salah satu kota bisnis, Surabaya menjadi kota berprospek cerah dalam penyewaan virtual office pada para pebisnis.

Keuntungan menggunakan virtual office surabaya

virtual office surabaya

Bagi pebisnis yang baru memulai usaha, menyewa virtual office Surabaya jelas menjadi pilihan menarik. Mereka bisa membuka usaha tanpa dipusingkan biaya operasional kantor yang besar. Lalu apa saja alasan yang membuat menyewa virtual office Surabaya lebih menguntungkan? Ini dia jawabannya.

  1. Menghemat biaya

Menyewa kantor dengan tarif per bulan puluhan juta bisa menjadi masalah besar bagi pengusaha yang baru merintis usaha. Belum lagi biaya untuk menyiapkan peralatan kantor lainnya seperti instalasi internet, komputer, telepon, meja kursi, dll.

Beda halnya kalau kita menyewa virtual office. Semua biaya di atas bisa ditekan semaksimal mungkin. Dan dana yang tersedia bisa digunakan untuk membesarkan bisnis. Misalnya untuk biaya iklan, meningkatkan pelayanan pada klien, dan biaya lain yang lebih bermanfaat.

2. Lebih meyakinkan klien

Semua pebisnis pasti ingin memiliki kantor yang tertulis di kartu nama atau website perusahaan. Dengan memiliki kantor di lokasi strategis dan bergengsi, maka citra perusahaan bisa meningkat.

Dan hal ini sering berpengaruh pada cara pandang klien. Klien akan lebih tertarik untuk bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki alamat kantor jelas.

Nah bagi pebisnis, mereka tidak harus benar-benar bermarkas di kantor tersebut. Cukup dengan menghubungi penyedia kantor virtual, maka bisnis kita akan terlihat lebih profesional.

3. Perjanjian sewa lebih fleksibel

Jika kita menyewa gedung atau ruko, biasanya harus menyewa dalam durasi panjang dan mengikat. Sudah pasti budget yang disiapkan juga lebih besar. Tapi sistem sewa virtual office lebih fleksibel.

Durasi kontrak bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Ada banyak penyedia virtual office yang bisa diajak kerja sama dalam jangka waktu pendek.

4. Lebih produktif

Di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, karyawan bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk perjalanan dari rumah ke kantor. Dengan menyewa virtual office, pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Kita memerlukan “ruang meeting fisik” hanya saat bertemu klien.

Adanya internet, email, maupun smartphone membuat bos dan anak buah bisa mendiskusikan urusan pekerjaan kapan saja, dimana saja. Waktu yang tersedia bisa dimaksimalkan untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga produktifitas perusahaan akan meningkat.

5. Terbebas dari kemacetan dan polusi udara

Selain memerlukan waktu yang tidak sebentar, berkendara di jalanan menuju kantor mengakibatkan kita terpapar polusi udara dan stress karena macet. Dengan adanya virtual ofiice, karyawan tidak perlu pergi ke kantor untuk mengerjakan tugas-tugas perusahaan.

Coba bayangkan kalau semakin banyak perusahaan yang menggunakan virtual office, jalanan tidak akan dipenuhi kendaraan yang menimbulkan polusi dan kemacetan.

6. Terhindar dari kejenuhan

Manusia zaman now cenderung cepat jenuh dengan keadaan yang monoton. Termasuk juga pekerja yang berkantor di satu gedung saja. Padahal rasa jenuh membuat produktivitas karyawan menurun drastis.

Nah bekerja di virtual office membuat kita tidak terpaku pada satu kantor saja. Kita bisa mengerjakan tugas di rumah, perpustakaan, maupun cafe. Siapapun akan suka bekerja dalam suasana yang variatif, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas pekerja.

Jam kerja dan tempat kerja yang fleksibel juga membuat kita merasa lebih enjoy bekerja dengan virtual office surabaya. Nah perasaan menikmati pekerjaan ini biasanya membuat orang lebih mudah memunculkan ide-ide segar yang cemerlang.

Tips memilih virtual office

virtual office surabaya

Bagi pengusaha baru atau perusahaan yang bisnisnya bisa dilakukan secara online, menyewa virtual office memang sangat menguntungkan. Dengan biaya lebih murah, pengusaha sudah bisa mengurus legalitas perusahaan dan menikmati fasilitas lainnya.

Nah sebelum memutuskan menggunakan virtual office, ada baiknya kita perhatikan beberapa hal berikut ini

• Lokasi

Walau virtual office tidak ditempati secara fisik, tapi lokasi tetap harus diperhatikan. Lokasi yang berada di pusat bisnis akan menaikkan prestise perusahaan. Selain itu, urusan surat menyurat dan pengiriman barang akan mudah dilakukan.

• Paket yang ditawarkan

Pengelola akan menawarkan virtual office dalam beberapa paket. Paket termurahnya biasanya menyediakan fasilitas alamat kantor, penerimaan surat dan barang, notifikasi SMS dan email, serta layanan resepsionis. Nah penting bagi kita untuk mengambil paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Apakah perusahaan kita sering mengadakan meeting dengan klien? Kalau iya, mungkin perlu mengambil virtual office yang ada ruang meetingnya. Jadi kita tidak kebingungan kalau sewaktu-waktu klien mengajak meeting.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus SAT Surabaya

• Cara pembayaran

Salah satu keuntungan menggunakan virtual office adalah cara pembayaran yang lebih fleksibel. Karenanya, kita bisa mencari yang cara pembayarannya paling mudah. Apakah pembayaran dilakukan per tahun atau bisa per bulan? Dan ini sangat tergantung negosiasi dengan pemilik gedung.

• Harga

Tidak perlu memaksakan menggunakan virtual office mahal kalau memang budget kurang mendukung. Ada banyak virtual office Surabaya yang bisa kita pilih. Sehingga kita bisa memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

Teknologi benar-benar merubah cara orang dalam bekerja dan berbisnis. Dan kalau perusahaan bisa dijalankan secara remote, kenapa tidak menggunakan virtual office saja? Semoga artikel tadi bermanfaat, terutama bagi kalian yang sedang memulai usaha tapi masih bingung mencari kantor bertarif murah.

Leave a comment