Pengertian Ujian SAT, Berikut Sejarah Perkembangan SAT

Ujian SAT – Penegertian SAT atau Scholastic Assessment Test merupakan tes penjaringan yang dipakai di banyak satuan tingkat pendidikan di wilayah Amerika Serikat untuk menyeleksi murid atau mahasiswa baru, baik di jenjang sekolah menengah atas atau pun jenjang strata-1 atau universitas.

Scholastic Assessment Test ini awalnya memang hanya siperuntukan bagi perguruan tinggi, namun hari ini tes ini juga telah dipakai di tingkatan sekolah menengah, tentunya dengan beberapa penyesuaian-penyesuaian.

Baca Juga  Apa Kepanjangan SAT dan Berapa Score Minimal SAT ?

Meskipun soal dan penjadwalan tes dilakukan oleh pelayanan pendidikan Amerika, namun Scholastic Assessment Test atau SAT ini tidak harus dilakukan langsung di Amerika. Para admission dapat mengikuti tes SAT ini di beberapa negara yang ditunjuk sebagai penyelenggara. Di Indonesia, Scholastic Assessment Test ini diadakan di Jakarta.

Sejarah Perkembangan SAT Atau Scholastic Assessment Test

sejarah sat

SAT sudah diperkenalkan dalam dunia pendidikan Amerika Serikat sejak 1962. Pada awal penggunaannya, tes penerimaan mahasiswa baru ini diberi nama Scholastic Aptitude Test. Nama itu kemudian diubah menjadi Scholastic Assessment Test, namun tidak disingkat seperti sekarang.

Selanjutnya diubah lagi menjadi SAT I: Reasoning Test, dan sekali lagi diubah menjadi SAT Reasoning Test. Pada versi terbarunya, hari ini nama tes penjaringan ini dikenal dengan singkatan SAT.

Perubahan juga terjadi pada cara penilaian hasil. Pada tahun 2016, penggunaannya juga ikut berubah. SAT tidak lagi hanya digunakan untuk menjaring mahasiswa mahasiswa baru, tetapi juga digunakan sebagai penjaring siswa baru di tingkat sekolah menengah.

Ada lagi aspek yang diubah yaitu bahwa aturan biaya SAT yang menjadi gratis di wilayah Amerika Serikat. Namun, sayangnya jika mengikuti tes di luar wilayah Amerika, tetap berbayar. Di beberapa darah seperti Singapura, bahkan biayanya bertambah 24 dollar.

Penanggung Jawab Scholastic Assessment Test

Seluruh pengolahan materi atau bahan soal dan juga seluruh hak pengembangan komposisi yang ada di dalam Scholastic Assessment Test dimiliki sekaligus diterbitkan oleh College Board. College board merupakan organisasi yang bekerja di bawah pengawasan oleh Dewan Sekolah Tinggi dan secara tidak langsung dinaungi oleh Layanan Pengujian Pendidikan milik Amerika Serikat.

Baca Juga  Inilah Beberapa Tes Bahasa Inggris Selain SAT Test Jakarta

Disebabkan organisasi pengelolanya yang cukup rahasia rahasia, maka seluruh materi atau bahan soal-soal tes di dalam Scholastic Assessment Test adalah soal yang terjamin kerahasiaannya. Maka satu-satunya cara untuk melewati tes ini adalah memiliki pengetahuan yang memadai.

Versi Terbaru Ujian SAT

Sejak tahun 2014, Dewan Perguruan Tinggi milik Amerika Serikat mengumumkan bahwa telah dilakukan modifikasi pada Scholastic Assessment Test (SAT). Versi terbaru dari tes penjaringan tersebut diberlakukan mulai tahun 2016 dan dipertahankan hingga sekarang.

Bersama pembaharuan versi tersebut, pendaftaran Scholastic Assessment Test juga dinyatakan gratis. Namun, pembebasan biaya itu tidak dimaksudkan di semua tempat tes. Di beberapa negara Asia seperti Pakistan dan Singapura bahkan justru harus menambah biaya 24 dollar diluar dari biaya reguler yang wajib dibayarkan.

Berapakan Biaya Ujian SAT?

Biaya untuk mengikuti ujian SAT (Scholastic Assessment Test) di tahun 2018 ini adalah sebesar 64.50 dollar. Biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk mengikuti esai. Namun, biaya tersebut tidak termasuk biaya tambahan sesuai kebijakan masing-masing negara penyelenggara.

Sekedar informasi, angka biaya tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya 57 dollar. Adanya beberapa universitas di wilayah Amerika yang tidak menggunakan Scholastic Assessment Test (SAT) sebagai tes penjaringan salah satunya adalah mahalnya biaya untuk mengikuti tes tersebut.

Jadi, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah universitas atau sekolah pilihanmu itu menggunakan SAT sebagai tes penjaringan.

Peraturan Scholastic Assessment Test (Ujian SAT, SAT)

Pelamar akan diberi waktu sekitar 3 jam untuk menjawab soal-soal pilihan ganda dan diberi waktu selama 50 menit untuk membuat esai. Seluruh soal yang ada di dalam tes ini berjumlah 800 nomor. Nilai terendah untuk soal-soal yang dikerjakan adalah 400, sementara nilai yang tertinggi atau sempurna berjumlah 1600.

Baca Juga  GRE VS GMAT Sebaiknya Pilih yang Mana? Berikut Penjelasannya

Nah, bagi kamu yang masih belum jelas mengenai SAT ini, kamu bisa mencari informasi lebih di Westwood Prep kamu juga bisa mengambil kursus untuk mempersiapkan tes SAT ini dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a comment