Tahapan Ujian CPNS dan Bentuk Soalnya Yang Perlu Kamu Ketahui

Ujian CPNS – Ingin mendaftar cpns atau berminat untuk mendaftar cpns di tahun tahun mendatang? Akan lebih baik anda mempersiapkannnya jauh jauh hari. Baik dari persiapan berkas berkas yang akan dipersiapkan, maupun mempersiapkan ujian cpns nantinya.
Biasanya yang paling mudah dipersiapkan adalah berkas berkas umum yang akan digunakan untuk seleksi pendaftaran cpns.

Misalnya scan ijazah dan juga transkrip nilai. Sementara persiapan lain yang juga bisa dilakukan adalah latihan soal soal ujian cpns yang bisa anda pelajari baik melalui buku-buku maupun online.

Dibandingkan dengan persiapan dokumen yang cukup muda, latihan soal-soal ujian cpns ini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, mengingat tidak semua orang familiar dengan jenis dan bentuk bentuk soal ujian cpns terbaru.

Selama lima tahun terakhir ini, pemerintah sudah mengubah cara cara ujian cpns yang dahulunya menggunakan lembar jawab komputer menjadi sistem CAT alias computer asssisted test, atau lebih tepatnya sistem seleksi berbasis komputer yang real time, tersambung dengan internet dan hasilnya langsung diketahui beberapa detik setelah anda selesai ujian.

Nah, bagi anda generasi milenail yang sudah terbiasa dengan komputer dan internet tentunya akan terbiasa. Lalu bagaimana dengan mereka yang belum familiar? Tenang saja, ujian cpns ini bisa anda persiapkan jauh-jauh hari.

Bagi anda yang ingin melakukan simulasi tahapan ujian cpns bisa membuka website akun BKN di: cat.bkn.go.id nah, pada bagian kanan atas biasanya akan ada simulasi cat yang bisa anda akses untuk latihan ujian cpns secara online, real time dan persis sama dengan seperti aslinya. Enak kan?

Mekanisme Pendaftaran Ujian CPNS

ujian cpns

Pada tahapan selanjutnya, memahami tahapan pendaftaran cpns juga merupakan bagian penting dari memahami ujian cpns itu sendiri. Tahapan pendaftaran cpns terbagi atas tiga tahap umum. Tahap pertama adalah seleksi berkas administrasi, seleksi tahap selanjutnya adalah tes cat itu sendiri yang merupakan inti ujian cpns.

Pada tahapan ujian berbasis cat ini terdapat tiga jenis soal yang terbagi ke dalam seleksi kemampuan dasar dan seleksi wawasan kebangsaan yang terdiri ke dalam 100 soal yang mesti anda kerjakan.

Ujian cpns dalam tahap selanjutnya biasanya di beberapa formasi mensyaratkan ujian kesehatan atau kesamaptaan, misalnya bagi anda yang melamar menjadi sipir penjara akan ada ujian kesehatan. Selebihnya bagi anda yang melamar menjadi guru atau dosen akan ada seleksi mikro-teaching.

Pada bagian terakhir ujian cpns terdapat proses seleksi bernama seleksi wawancara. Ini juga opsional tergantung dengan formasi-formasi yang anda lamar, biasanya sekitar 70% formasi cpns mengharuskan peserta melewati ujian berbentuk wawancara.

Apa saja yang ditanyakan dalam seleksi wawacara? Biasanya berbentuk konfirmasi atas pemahaman mengenai tugas pokok dan fungsi jabatan yang anda lamar, pengetahuan soal tata negara, negara kesatuan republik Indonesia, undang-undang dasar serta pemahaman perspektif politik.

Baca Juga  Formasi dan Syarat Daftar Seleksi CPNS Kemendikbud

Beberapa Tahapan Ujian CPNS

Berikut tahapan-tahapan ujian cpns yang mesti anda perhatikan agar tidak salah langkah dan tidak salah dalam memperhatikan jadwal-jadwalnya:

1. Seleksi berkas administrasi, biasanya seleksi ini dilakukan sebulan setelah pemerintah mengumumkan pembukaan formasi cpns. Seleksi ini mencakup masa pendaftaran berkas berkas yang akan anda upload, kemudian masa sanggah ketika berkas anda dinyatakan kurang lengkap atau tidak memenuhi syarat. Kunci pada ujian cpns sesi ini adalah pahami berkas persyaratan setiap formasi dengan detail.

2. Seleksi kompetensi dasar dan seleksi wawasan kebangsaan yang berisi ujian cpns mengenai tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Keseluruhan tes ini berjumalah 100 soal dengan waktu yang telah ditentukan.

3. Seleksi tambahan berupa seleksi kesehatan, kesamaptaan, seleksi mikro teaching dan seleksi wawancara sesuai dengan formasi, kementerian atau pemerintah daerah yang membuka rekrutmen.

Bentuk Bentuk Tes Ujian CPNS

Apa itu bentuk ujian cpns seperti CAT? Nah, bagi yang belum pernah mencoba jenis CAT terbaru. Ujian cpns CAT ini sama seperti anda mengikuti ujian sekolah tetapi menggunakan komputer tersambung dengan internet. Mirip dengan ujian toefl IBT berbasis internet.

Seorang peserta akan duduk di depan komputer atau laptop yang telah disambungkan dengan internet. Pengawasa akan memberikan petunjuk cara login, cara mengerjakan soal, dan kemudian jeda setiap sesi yang akan dijelaskan pada awal anda mengikuti ujian.

Kelebihan sistem cat ini dibandingkan dengan sistem lembar jawab komputer adalah hasilnya bisa langsung diketahui sesaat setelah anda selesai. Jika lembar jawab komputer harus dikirim menunggu beberapa hari untuk diketahui hasilnya.

Maka CAT ini bisa langsung menunjukkan apakah anda lolos passing grade, apakah anda masuk tiga besar yang akan maju ke seleksi selanjutnya, atau apakah anda ternyata terhenti di posisi tersebut sehingga bisa merencanakan untuk melamar bekerja di perusahaan swasta.

Pada proses seleksi tambahan seperti kesamaptaan, peserta biasanya akan disuruh push up, sit up dan pull up sesuai instruksi instruktur (khusus untuk pelamar sipir penjara), kemudian seleksi micro teaching biasanya akan diberikan waktu 10 sampai 20 menit untuk mengajar di dalam kelas.

Sementara untuk ujian berbentuk wawancara akan disesuaikan dengan kebutuhan para pewawancara, serta dengan jadwal antrian yang telah ditentukan.

Bentuk Bentuk Soal Ujian CPNS

Bentuk-bentuk soal ujian cpns ini akan membahas apa itu jenis soal cpns yang sering keluar di dalam tes skd, twk, tiu, dan juga tkp. Ada sekitar dua jenis soal pilihan ganda yang bisa anda pelajari sebelum benar benar mengikuti ujian cpns:

1. Jenis soal berbentuk pilihan ganda biasa, misalnya begini: Fakir Miskin dan Anak Terlatar dipelihara oleh negara terdapat dalam pasal dan undang-undang berapa? Nantinya akan tersedia 4 pilihan ganda yang bisa anda pilih salah satu.

2. Jenis soal selanjutnya adalah berbentuk HOTS alias high order thinking skill yang membutuhkan analisa mendalam. Sebenarnya jenis soal ini mirip dengan jenis soal tes psikologi bappenas atau tes kemampuan dasar sertifikasi dosen dan guru.

3. Apa bedanya jenis pilihan ganda dengan jenis HOTS? Nah berikut contohnya:

A.Contoh pilihan ganda biasa:

Negara Indonesia tergabung ke dalam sebuah perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara yang disebut dengan?

A.ASEAN
B.Uni Eropa
C.NATO
D.G-20

ujian cpns

B.Contoh pilihan ganda dengan sistem HOTS alias menggunakan analisis berpikir:

Jika anda berada di sebuah lingkungan kerja dan memiliki rekan kerja yang agak menyebalkan, apakah yang bisa anda lakukan?

A.Cuek saja, itu bukan urusan saya.
B.Melaporkan kepada atasan bahwa rekan kerja anda menyebalkan.
C.Berusaha berkomunikasi secara baik baik dengan rekan kerja anda
D.Mengundurkan diri atau mencari lingkungan lain.

Dari kedua contoh pilihan ganda ini, dapat dilihat bahwa jenis jenis ujian cpns bisa menggunakan seleksi berbasis HOTS yang akan menguji kemampuan anda dalam menelaah dan menganalisis masalah-masalah di sekitar anda dengan baik, kunci untuk bisa menghadapinya adalah dengan sering-sering berlatih soal-soal ujian cpns.

Leave a comment