Coworking Space Jadi Tempat Ngerjain Tugas di Surabaya

Tempat Ngerjain Tugas di Surabaya – Istilah coworking space sebenarnya lebih familiar digunakan di dunia start up. Karena memang banyak perusahaan rintisan yang menjadikan coworking space sebagai tempat bekerja.

Selain lebih menghemat biaya, bekerja di coworking space menawarkan suasana berbeda. Dengan suasana lebih segar, pekerja kreatif bisa lebih maksimal menuangkan idenya.

Tapi di kota seperti Surabaya, ternyata coworking space justru banyak digunakan mahasiswa. Selain dikenal sebagai pusat industri, Surabaya juga terkenal sebagai salah satu tujuan studi di Indonesia.

Dan wajar saja kalau banyak mahasiswa datang ke Surabaya, karena Surabaya selalu melahirkan sosok tangguh dan kreatif dalam berbagai bidang.

Selain itu, di Surabaya juga ada banyak universitas papan atas. Diantaranya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Surabaya (Ubaya), dan masih banyak lagi.

Nah daripada suntuk di kosan, para mahasiswa ini lebih suka mengerjakan tugas atau skripsinya di coworking space. Dengan koneksi internet kencang, mereka bisa menyelesaikan tugas kuliah dengan nyaman.

Tempat Ngerjain tugas di Surabaya

tempat ngerjain tugas di surabaya

Lalu apa saja alasan mahasiswa menjadikan coworking space sebagai tempat ngerjain tugas di Surabaya? Nah kami telah merangkum beberapa alasan berikut ini.

1. Biaya sewa murah

Maraknya coworing membuat mereka bersaing dalam hal biaya sewa. Kalau sudah begini, sudah pasti konsumenlah yang diuntungkan.

Bagi perusahaan, mereka bisa menyewa bulanan. Fasilitas yang dibutuhkan mungkin juga lebih banyak. Misalnya ruang meeting, meja kursi untuk beberapa orang, resepsionis, dll.

Tapi bagi mahasiswa, mereka bisa menyewa harian dengan tarif sangat terjangkau. Ada banyak coworking space yang bisa digunakan dengan membayar kurang dari 50 ribu per hari.

Dan untuk mendukung mahasiswa dan pelajar, ada juga yang memberi potongan harga. Kita tinggal menunjukkan kartu mahasiswa dan bisa mengerjakan tugas seharian.

Dengan tarif begitu murah, kita sudah bisa menikmati beragam fasilitas. Bahkan ada lho yang membebaskan pengunjungnya untuk minum kopi atau teh sepuasnya.

Coba bayangkan kalau belajar di cafe, sudah pasti kita harus mengeluarkan puluhan ribu untuk menikmati kopi dan cemilan lainnya. Sudah begitu, apa tidak mau kalau seharian hanya membeli secangkir kopi?

Nah kalau tarif per hari masih dirasa terlalu berat, mahasiswa juga bisa menyewa per jam. Selain lebih ngirit, sewa per jam membuat kita bisa menggunakan coworking space seperlunya saja.

Baca Juga  Keuntungan Memulai Usaha dari Virtual Office Surabaya

2. Fasilitas lengkap

Bagi pekerja freelance atau mahasiswa, mereka bisa beraktivitas di mana saja. Banyak juga yang bekeraj sambil bersantai di kafe atau kedai kopi.

Tapi bekerja di tempat seperti itu terkadang justru memunculkan kesan terlalu santai. Akibatnya, kita justru bisa lalai dari tugas yang harus diselesaikan.

Nah karena itulah coworking hadir dengan konsep santai tapi menyediakan fasilitas kerja sangat lengkap. Mulai dari meja kursi kerja, wifi kecepatan tinggi, ruangan kerja super nyaman, hingga tempat ngeprint gratis. Dengan desain interior dan furniture keren, dijamin kamu akan betah berlama-lama belajar di coworking space.

Kalau capek, biasanya tersedia ruang bersama yang bisa digunakan untuk bersantai, ngobrol dengan teman, atau sekedar duduk-duduk.

Bahkan ada coworking space di Surabaya yang didesain bagi pelajar. Mereka menyediakan berbagai fasilitas belajar seperti ruang baca dan ruang belajar bersama. Ada juga yang bentuk ruangannya mirip perpustakaan. Ini membuat mahasiswa merasakan atmosfer kampus tapi tetap santai.

Nah kelengkapan fasilitas yang ada di coworking space membuat kita bisa lebih konsen saat mengerjakan tugas. Dengan banyaknya pilihan coworking space di Surabaya, kita tinggal memilih yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

3. Tenang

Bagi mahasiswa yang sedang dikejar deadline tugas kuliah, sudah pasti mereka perlu suasana tenang. Gangguan sedikit saja bisa membuyarkan konsentrasi.

Nah mengerjakan tugas di coworking space, dijamin tidak akan mendapat gangguan. Kita tidak akan melihat remaja nongkrong dengan obrolah gak jelas, orang pacaran atau atau anak-anak bermain tik tok. Suasana ramai dan tidak kondusif seperti ini jelas mengganggu. Bahkan membuat otak kita susah fokus.

Tapi suasana sepi juga bisa membuat kita cepat bosan. Atau bahkan malah bisa ketiduran. Nah coworking space bisa menjadi tempat yang membuat kita tenang tapi juga tidak terlalu sepi. Suasana yang tepat ini akan membantu kita untuk mengerjakan tugas kuliah dengan nyaman.

4. Luas dan nyaman

Salah satu cara menyenangkan mengerjakan tugas kuliah adalah dengan berada di tempat yang nyaman. Pastikan tempat tersebut bersih, rapi, dan enak dipandang.

Sebisa mungkin tempat tersebut menyediakan suasana yang bervariasi. Saat kita sedang capai dan bosan, kita bisa berkeliling sejenak untuk melihat pemandangan yang berbeda.

Karena melihat suasana yang beraneka ragam akan menciptakan rasa nyaman dan mampu menumbuhkan kembali semangat yang hilang.

Nah konsep open space yang diusung coworking space memudahkan kita untuk menikmati suasana tersebut. Tempat ngerjain tugas di surabaya yang luas dan terbuka membuat kita bisa bebas melihat-lihat berbagai suasana yang ada di coworking space.

tempat ngerjain tugas di surabaya

5. Bisa saling tukar pengetahuan

Menjadikan coworking space sebagai tempat ngerjain tugas di Surabaya membuat bertemu dengan banyak orang. Untungnya, kebanyakan orang yang kita temui adalah profesional atau mahasiswa dengan latar belakang ilmu yang berbeda-beda.

Nah kesempatan ini sayang kalau dilewatkan begitu saja. Kalau kamu termasuk orang supel, kamu bisa bertukar pikiran dan mendapat banyak pengetahuan.

Misalnya saja kamu mahasiswa jurusan IT. Banyaknya ahli coding yang bekerja di coworking space memungkinkan kamu berkenalan dan menyerap ilmu dari mereka.

Bergaul dan mendapat masukan langsung dari pakarnya jelas bermanfaat bagi masa depan kita. Asal tidak malu bertanya, coworking space bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan diri.

6. Memperluas koneksi

Berbeda kalau mahasiswa hanya di rumah atau di kosan, mengerjakan tugas di coworking space akan meluaskan koneksi kita. Di sana tidak hanya ada mahasiswa saja, tapi juga ada freelancer, blogger, programmer, serta pebisnis pemula.

Mendapat saran dan masukan dari profesional jelas sangat membantu. Kita seperti mendapat tutorial langsung dari ahlinya.

Ngobrol dengan mereka tidak hanya mengurangi stres, tapi juga membuka peluang bekerja sama di kemudian hari. Bahkan tak jarang obrolan di coworking space membuat mereka berkolaborasi dan membuat usaha bersama.

Baca Juga  Yang Perlu Diperhatikan Ketika Sewa kantor Surabaya

7. Menambah motivasi

Keuntungan lain berada di coworking space adalah kita bisa menjadi lebih produktif dan lebih cepat menyelesaikan tugas kuliah.

Harus diakui kalau berkumpul dengan orang yang memiliki motivasi tinggi akan memberikan tambahan semangat bagi kita.

Atmosfer yang terbentuk di coworking space memang beda. Bahkan ada yang datang dari tempat yang sangat jauh, sehingga percuma kalau mereka datang hanya untuk main-main.

Dengan suasana yang kondusif dan fasilitas penunjang sangat lengkap, tidak heran kalau kita semakin terpacu untuk mengerjakan tugas secara maksimal.

8. Bisa datang kapan saja

Ada banyak mahasiswa yang memilih cafe sebagai tempat belajar. Tapi seringkali kita tidak kebagian kursi hanya karena datang terlambat. Untuk mendapat posisi favorit, kita juga harus datang lebih awal.

Tapi bagi yang ingin mengerjakan tugas di coworking space, mereka tinggal booking dari rumah dan bisa datang kapan saja tanpa khawatir kehabisan tempat duduk.

Etika di coworking space

tempat ngerjain tugas di surabaya

Nah kita sekarang sudah tahu alasan kenapa banyak mahasiswa yang suka menyelesaikan tugas kuliah di coworking space.

Beraktivitas di coworking space memang menawarkan kebebasan. Tapi karena digunakan banyak orang, tetap saja ada etika yang harus kita ikuti. Berikut ini beberapa aturan tak tertulis selama beraktivitas di coworking space.

1. Jaga kebersihan

Sebagai tempat kerja bersama, sudah seharusnya kita menjaga kebersihan coworking space. Menjaga lingkungan tetap bersih bukan hanya tanggung jawab petugas, tapi tanggung jawab bersama. Menjaga area kerja bersih akan membuat semua orang makin semangat beraktivitas.

Walau kita diizinkan makan dan minum di dalam kantor bersama, tapi kita tetap harus memastikan membuang sampah pada tempatnya.

Tapi kalau kita bekerja lalu meninggalkan sampah berserakan, berarti kita sudah merepotkan office boy atau pengguna berikutnya. Selain itu, lingkungan jorok juga membuat orang lain tidak nyaman beraktivitas di tempat tersebut.

Dan kebiasaan menjaga kebersihan ini menunjukkan sifat seseorang dan jati dirinya. Kebiasaan ini sangat penting untuk memberi kesan baik bagi orang lain.

2. Meja tetap rapi

Beberapa coworking space menyediakan meja panjang yang bisa dipakai bersama. Nah agar yang lain tetap merasa nyaman, sebaiknya kita menaruh bawaan kita dengan rapi.

Pastikan juga laptop, alat tulis, buku, kabel charger, tas, dan barang-barang lain tidak melewati pembatas. Jangan sampai menggangu meja kerja orang lain.

3. Jangan berisik

Coworking space memang memungkinkan kita bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Tapi bukan berarti kita bisa berbicara semaunya. Terlalu banyak bicara bisa mengganggu orang lain yang sedang fokus menyelesaikan kerjaannya.

Saat ingin mendengar MP3 sambil mengerjakan tugas, sebaiknya gunakan headset. Jangan sampai suaranya menarik perhatian banyak orang.

Begitu juga saat menerima telepon, pertimbangkan untuk keluar dulu dan mencari tempat yang agak sepi. Coba lihat kanan kiri. Kalau sekiranya mengganggu, tahan diri dulu untuk tidak banyak bicara karena ini menjadi favorit untuk tempat ngerjain tugas di surabaya

Baca Juga  Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

4. Jaga kesopanan

Beraktivitas di coworking space memberi peluang menjalin koneksi sebanyak-banyaknya. Dan tidak ada yang salah dengan hal ini.

Tapi ingat, kita tetap harus melakukannya dengan sopan. Karena coworking space bukan taman bermain atau cafe. Sebagian besar orang yang ada di tempat tersebut adalah profesional. Sehingga kita harus bisa bersikap ramah tapi tetap profesional.

Tidak semua orang merasa nyaman dengan orang yang sok akrab. Lakukan perkenalan secara natural dan bangun koneksi dengan elegan.

5. Infokan pembatalan sesegera mungkin

Booking meja kerja memang bisa kita lakukan dari jauh-jauh hari. Tapi kalau ternyata kita ada acara lain dan ingin membatalkan, sebaiknya segera infokan sesegera mungkin. Hal ini agar pengelola bisa mengalokasikan untuk pengguna lainnya.

6. Menggunakan fasilitas seperlunya

Ada banyak coworking space yang menyediakan fasilitas sangat lengkap untuk jadi tempat ngerjain tugas di surabaya. Dan pengunjung bisa memanfaatkannya secara gratis.

Tapi kebijakan gratis ini tidak serta merta bisa kita gunakan seenaknya. Mengeprint dokumen terlalu banyak jelas kurang bijaksana. Daripada merugikan pengelola, sebaiknya kita tanyakan dulu seberapa batasan penggunaan fasilitas gratis tersebut.

Nah gimana? Sudah tahu kan tempat ngerjain tugas di Surabaya? Jangan tunggu sampai tugas menumpuk. Karena kamu bisa stress dan makin malas menyelesaikannya. Selamat mengerjakan tugas kuliah!

Leave a comment