Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum dan Khusus

Syarat Pendaftaran CPNS – Setiap tahunnya, seleksi penerimaan CPNS selalu membuka pendaftaran untuk mengisi kandidat Pegawai Negeri Sipil di sejumlah instansi pemerintah pusat. Berdasarkan hasil CPNS pada tahun 2019 lalu yang sudah mulai dibuka pada Senin (11/11/2019). Jika kalian ingin mengikuti seleksi CPNS, maka kalian harus memenuhi beberapa syarat pendaftaran CPNS.

Dalam pendaftaran CPNS, biasanya terbuka bagi lulusan SMA/SMK maupun lulusan S1. Tentunya syarat CPNS yang ditentukan pun akan berbeda. Jika kalian ingin mengikuti seleksi CPNS ada baiknya mempelajari persyaratan CPNS yang dibutuhkan selama mendaftar. Perlu diingat juga bahwa syarat daftar CPNS cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu untuk melengkapinya.

Agar kalian tidak mengalami kesalahan dalam memenuhi syarat pendaftaran CPNS, kalian bisa melakukan beberapa infomasi terkait dengan jenis pendafataran ke instansi yang kalian ikuti. Simak beberapa persyaratan yang bisa kalian persiapkan sebelum pendaftaran CPNS berikut ini.

Baca Juga  Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum

Sebelum kalian melengkapi syarat CPNS berdasarkan pendidikan terakhir maupun jenis instansi yang ingin kalian daftarkan, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian memenuhi persyaratan CPNS secara umum. Persyaratan CPNS secara umum ini bisa dijadikan sebagai patokan dalam memenuhi persayaratan lainnya sesuai dengan tujuan instansi yang kalian tuju.
Berikut adalah syarat pendaftaran CPNS secara umum:

1. Warga negara Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar.
4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan tersendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia.
7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.
8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan yang akan dilamar.
9. Sehat jasmani dan rohani sesuai kualifikasi jabatan yang akan dilamar.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

syarat pendaftaran cpns 1

Syarat Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA/SMK

Jika kalian sudah memenuhi beberapa persyaratan cpns secara umum, kalian bisa lanjut untuk memenuhi syarat CPNS berdasarkan kementrian atau lembaga yang akan kalian tuju. CPNS ini tidak hanya dibuka bagi mereka yang lulusan S1, S2, maupun S3 saja loh melainkan bagi kalian yang lulusan SMA atau SMK bisa mengikuti pendaftaran CPNS ini.

Pada seleksi CPNS pada tahun 2019 lalu, setidaknya ada delapan instansi yang membuka pendaftaran bagi lulusan SMA maupun SMK. Adapun instansinya terdiri dari Kemenkumham, Kemenkeu, Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kejaksaan, Badan SAR Nasional (Basarnas), Kemenhub dan Kemendikbud.

1. Syarat Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian

Pada tahun 2019 Kementan membuka penerimaan CPNS untuk lowongan SMA/SMK. Adapaun formasi yang dibuka untuk lulusan SMK Bidang Peternakan dan untuk lulusan SMK Bidang Pertanian, dengan rincian sebagai berikut :

• Pemula-Paramedik Karantina Hewan, dengan jumlah lowongan sebanyak 26 formasi
• Pemula-Paramedik Veteriner, dengan jumlah lowongan sebanyak 9 formasi Pemula
• Pengawas Mutu Pakan, dengan jumlah lowongan sebanyak 5 formasi
• Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, dengan lowongan sebanyak 1 formasi
• Pemula-Pengawas Benih Tanaman, dengan jumlah lowongan sebanyak 2 formasi

Nah, jika kalian ingin mendaftar pada salah satu formasi tersebut, tentunya harus memenuhi persyaratan khusus yakni Lulusan SMK Bidang Pertanian/ Perkebunan/ Hortikultura/ Peternakan/ Kesehatan Hewan yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, punya nilai ijazah/ujian sekolah rata-rata minimal 7,00.

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

2. Syarat Pendaftaran CPNS KLHK

Pada tahun 2019 KLHK membuka penerimaan CPNS untuk lowongan SMA/SMK sebanyak 80 Formasi. KLHK membuka penerimaaan CPNS untuk penempatan pada posisi sebagai polisi hutan di beberapa wilayah di Indonesia. Bagi kalian yang ingin mendaftar, berikut ini syarat CPNS KLHK untuk lulusan SMA/SMK:

• Lulusan SMK, minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun pada saat melamar.
• Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), memiliki nilai rata-rata yang tercantum dalam daftar/transkrip nilai (bukan nilai Ujian Nasional) minimal 7.
• Pelamar formasi Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat serta Formasi Umum dengan syarat pendidikan lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
• Tinggi badan minimal 165 cm (untuk laki-laki) dan 160 cm (untuk perempuan) dengan Indek Massa Tubuh (IMT) ideal. Tidak buta warna, tidak berkaca mata (minus/plus) dan tidak cacat badan yang dibuktikan melalui surat keterangan dari dokter pemerintah dan disampaikan pada saat pelaksanaan tes kesamaptaan. Tidak pernah mengalami patah tulang yang dibuktikan dengan hasil rontgen seluruh badan dan disampaikan pada saat peserta mengikuti pemberkasan/ dinyatakan lulus seleksi

3. Syarat Pendaftaran CPNS BIN

Pada tahun 2019 BIN membuka penerimaan CPNS untuk lulusan SMA/SMK sebanyak 200 Formasi. KLHK membuka penerimaaan CPNS untuk penempatan pada posisi sebagai Pranata Komputer Pelaksana Pemula. Bagi kalian yang ingin mendaftar, berikut ini Berkas-berkas yang diperlukan untuk pendaftaran adalah:

1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta warna hitam dan ditandatangani pelamar di atas materai Rp.6.000.-
2. Ijazah asli atau foto kopi yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (surat keterangan kelulusan/ijazah sementara tidak berlaku).
3. Transkrip nilai asli atau foto kopi yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
5. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah, ukuran 4 x 6 cm.
6. Surat keterangan belum pernah menikah dari Lurah/Kepala Desa sesuai alamat KTP (untuk formasi umum)
7. Surat Perjanjian Kontrak Kerja untuk kategori formasi khusus

4. Syarat Pendaftaran CPNS Kemenkumham

syarat pendaftaran cpns

Setiap tahunnya Kemenkumham membuka penerimaan CPNS untuk lulusan SMA/SMK untuk menempati jabatan sebagai penjaga Tahanan atau pemeriksa Imigrasi. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut :

• Pelamar merupakan lulusan SLTA sederajat yang berasal dari sekolah Luar Negeri dengan ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Maupun SLTA sederajat yang berasal dari Dalam Negeri yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau terdaftar di Kementerian Agama.
• Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian:
Pria minimal 160 cm;
Wanita minimal 155 cm.
• Pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam e-KTP. Apabila pelamar yang provinsinya tidak sesuai dengan e-KTP dan ingin mendaftar pada wilayah provinsi lain, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili pada wilayah provinsi tersebut.

Nah, itu dia persyaratan pendaftaran CPNS yang harus kalian penuhi jika ingin mengikuti seleksi CPNS di tahun depan. Semoga berhasil!

Leave a comment