Studienkolleg Indonesia: Persyaratan dan Langkah-Langkah Pendaftaran

Studienkolleg Indonesia – Tahukah kalian? Saat ini Jerman merupakan negara yang terkenal dengan kualitas pendidikan dengan biaya yang terjangkau. Tidak hanya terjangkau, banyak universitas di Jerman yang masuk ke dalam ranking Top Universities di dunia. Tak heran jika kini, Jerman menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan bagi banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri.
Namun, ada tantangan terbesar sebelum kalian memutuskan untuk kuliah di Jerman. Selain persoalan penggunaan bahasa yang digunakan bukan bahasa Inggris. Kalian juga harus mampu bersaing dengan siswa asli Jerman yang tentunya memiliki cara pandang dan budaya yang berbeda.

Apakah kalian sudah siap dengan semua konsekuensi itu? Lalu bagaimana caranya bisa kuliah di Jerman? Berikut ini adalah beberapa informasi dan langkah-langkah agar kalian bisa kuliah di Jerman.

Baca Juga  Beasiswa di Jerman Penuh dan Separuh Ini Bisa Anda Dapatkan

Apa Itu Studienkolleg Indonesia

Studienkolleg merupakan program persamaan yang wajib diikuti calon mahasiswa asing sebelum masuk kuliah di Jerman. Sesuai dengan ketentuan pemerintah Jerman, Studienkolleg hanya berlangsung selama dua semester atau satu tahun saja.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Batasan waktu yang diberikan pemerintah Jerman untuk menyelesaikan program persamaan Studienkolleg tersebut maksimal 2 tahun. Proses pembelajaran di Studienkolleg Indonesia sangat mirip dengan sekolah SMA di Indonesia pada umumnya.

Dengan sistem belajar dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang. Adapun tujuan dari Studienkolleg ini adalah untuk memastikan pelajar asing memiliki level pendidikan dan kemampuan bahasa Jerman yang cukup untuk belajar di level S1.

Selain itu Studienkolleg juga bertujuan untuk mempersiapkan kalian dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam jurusan universitas kalian. Sebelum mengikuti Studienkolleg ini, kalian harus menyesuaikan dengan jurusan kuliah yang akan kalian tuju di universitas Jerman.

Adapun Studienkolleg ini terbagi dalam 5 program, yaitu Technik-Kurs atau T-Kurs untuk jurusan teknik dan kimia, Medizin-Kurs atau M-Kurs untuk kedokteran dan biologi. Geisteswissenschaften/Sozialwissenschaften-Kurs atau G/S Kurs untuk jurusan sosial ataupun bahasa, serta Wirtschaft-Kurs atau W-Kurs untuk jurusan ekonomi. Semua jurusan Studienkolleg sama, begitu juga dengan studienkolleg Indonesia.

Persyaratan Studienkolleg Indonesia

Studienkolleg Indonesia

Untuk mendaftar Studienkolleg Indonesia, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu. Pastikan kalian harus mempersiapkan beberapa dokumen penting di jauh hari sebelum pendaftaran.

Kalian juga harus menyesuaikan persyaratan pada universita di Jerman yang kalian tuju. Sebab, terkadang beberapa universitas memiliki persyaratan yang berbeda. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang persyaratan untuk pendaftaran Studienkolleg Indonesia.

1. Persyaratan Kemampuan Bahasa Jerman

Sebelum mengikuti ujian masuk di Studienkolleg, salah satu persyaratan yang harus kalian ketahui adalah memiliki sertifikat kemahiran bahasa Jerman tingkat dasar (Grundstufe) dengan Zertifikat Deutsch (ZD) yang dikeluarkan lembaga bahasa Goethe Institut. Akan tetapi, sangat disayangkan persyaratan itu seringkali berbeda dengan Studienkolleg setempat atau jurusan yang akan kalian masuki nantinya.

Misalnya saja, diperlukan kemampuan Bahasa Jerman tingkat menengah atau Mittelstufe dengan sertifikat Zentrale Mittelstufe Prüfung yang dikeluarkan Goethe Institut sebagai persyaratan untuk memasuki Studienkolleg jurusan M-Kurs atau G/S Kurs. Oleh karena itu, sebelum mendaftar pastikan terlebih dahulu persyaratan bahasa jurusan yang kalian ambil. Jika tidak sesuai, akan sangat kecil kemungkinannya untuk diterima.

2. Persyaratan Dokumen Penting

Persyaratan dokumen juga perlu kalian siapkan sebelum mendaftar ke Studienkolleg Indonesia. Sama seperti persyaratan kemampuan bahasa Jerman, persyaratan dokumen juga terkadang ada perbedaan tergantung dengan universitas atau jurusan yang kalian pilih. Namun, secara umum persyaratan dokumen yang perlu kalian siapkan diantaranya adalah sebagai berikut :
• SKHUN, Raport Semester II (berkas dikumpulkan menjadi satu)
• FC ijazah yang sudah dilegalisir,
• FC ijazah yang sudah dilegalisir, Raport Semester II, dan SKHUN yang sudah di terjemahkan dalam Bahasa Jerman.
• Antrag (Formulir standar DAAD). Beberapa Studienkolleg tertentu memiliki formulir pendaftaran tersendiri dan bisa di download di website universitas tersebut.
• Curriculum Vitae (untuk Studienkolleg tertentu saja)
• FC sertifikat B1 atau B2 yang sudah dilegalisir. Studienkolleg ada yang meminta sertifikat B2 dan ada juga yang meminta sertifikat B1. Setelah semua dokumen yang disiapkan sudah lengkap, maka dapat dikirim langsung ke alamat Studienkolleg masing-masing.

Baca Juga  Kuliah di Jerman Gratis Tapi Kualitas Kelas Dunia Berikut Kuliatasnya

3. Lulus Ujian Masuk Studienkolleg Indonesia

Agar bisa mengikuti Studienkolleg Indonesia, tentunya kalian harus lulus ujian masuk Studienkolleg atau yang biasa disebut dengan Aufnahmeprüfung terlebih dahulu. Adapun materi yang diujikan biasanya adalah terkait dengan bahasa Jerman.

Namun, jika kalian memilih jurusan ilmu pasti akan ada materi tambahan tentang sains dan matematika. Walaupun sebagian jurusan hanya menggunakan materi bahasa Jerman, jangan sepelekan ujian masuk Studienkolleg ini ya, karena banyak dari mereka yang tidak lolos saat mengikuti Aufnahmeprüfung.

Tapi, jika kalian gagal dalam tes kalian bisa mencobanya lagi dengan mendaftarkan ujian masuk di Studienkolleg yang berada di kota lain. Dengan begitu kalian akan mendapatkan kesempatan tambahan untuk bisa lulus ujian Aufnahmeprüfung.

Studienkolleg Indonesia

Studienkolleg Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, biasanya Studienkolleg memiliki satu cabang di tiap negara termasuk Indonesia. Jadi, dengan begitu kalian tidak perlu jauh-jauh ke Jerman untuk ambil ujian Studienkolleg.

Hal ini dikarenakan Indonesia juga memiliki Studienkolleg yang bekerjasama dengan Leibniz University of Hannover. Jika ingin mendaftarkan diri menjadi siswa di Studienkolleg Indonesia, kalian bisa mendatangi Studienkolleg yang berada di Jakarta.

Selain itu, Studienkolleg Indonesia juga memiliki keistimewaan sendiri dibanding Studienkolleg di negara lain. Studienkolleg Indonesia terkenal dengan persyaratan masuk yang lebih mudah yaitu hanya dengan memiliki sertifikat B1.

Selain itu, kerja sama yang Studienkolleg Indonesia dengan Leibniz University of Hannaover, bisa membuka peluang kalian untuk lebih mudah mendapatkan surat penerimaan. Dan masa pembelajaran di Studienkolleg Indonesia juga tidak terlalu lama, hanya membutuhkan 8-9 bulan saja atau sekitar dua semester.

Langkah-langkah Mempersiapkan Studienkolleg

Setelah mengetahui persyaratan dan studi di Studienkolleg di Indonesia. Kini saatnya bagi kalian untuk mempersiapkan langkah-langkah yang harus dilakukan, baik sebelum maupun sesudah mendaftar di Studienkolleg Indonesia. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mendafar Studienkolleg di Indonesia. Jangan lupa cermati dan catat ya!

1. Ambil Kursus Bahasa Jerman

Ini adalah langkah pertama yang harus kalian lakukan 2 sampai 1 tahun sebelum mendaftar Studienkolleg . Kenapa harus 2 sampai 1 tahun? Hal ini dikarenakan mempelajari bahasa Jerman adalah hal yang tidak mudah, harus membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menguasainya.

Perlu diketahui bahwa eropa memiliki standar CEFR untuk mengukur kemampuan bahasa seseorang. Adapun level bahasa jerman yang perlu kalian capai sebelum mendaftar Studienkolleg Indonesia adalah minimal B1-B2. Akan tetapi persyaratan ini harus disesuaikan dengan jurusan yang kalian pilih ya.

Baca Juga  Aupair Adalah Program Pertukaran yang Membawamu ke Jerman

2. Tetapkan Pilihan Jurusan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Studienkolleg Indonesia ini memiliki lima jurusan yang bisa kalian pilih. Dari kelima jurusan itu, pilihlah satu jurusan yang paling kamu minati dan cita-citakan. Jangan sampai kalian salah jurusan dan menyesalinya dikemudian hari. Hal tersebut akan membuat pembelajaran menjadi tidak maksimal.

3. Pesiapkan Motivation Letter dan Daftar Riwayat Hidup

Kalian bisa mempersiapkan surat motivasi dan daftar riwayat hidup enam bulan sebelum kalian mendaftar Studienkolleg Indonesia. Nantinya kedua dokumen ini wajib kalian lampirkan sebagai persyaratan pengajuan visa dan untuk melamar Studienkolleg serta universitas di Jerman.Tentunya penulisan surat motivasi dan daftar riwayat hidup menggunakan bahasa Jerman. Jika masih bingung kalian bisa mencari terkait panduan menulis surat motivasi dan daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman di internet.

4. Ikut Ujian Bahasa Jerman B1

Jika sebelumnya kalian sudah mengikuti kursus bahasa Jerman, kini saatnya untuk mengikuti ujian bahasa Jerman B1. Kalian bisa memilih lembaga kursus dan ujian bahasa Jerman di Goethe Institut (GI). Setelah mengikuti ujian bahasa Jerman B1 kalian bisa melanjutkan untuk mencari tempat kursus bahasa Jerman tingkat B2 di Jerman.

5. Mencari Tempat Tinggal di Jerman

Studienkolleg Indonesia

Jangan lupakan langkah yang satu ini ya. Kalian bisa mencari tempat tinggal melalui bantuan studienkolleg yang kalian ikuti. Sebab biasanya studienkolleg akan membantu mencarikan tempat tinggal untuk calon mahasiswa.

6. Lamar Studienkolleg/Universitas

Kalian sebagai calon mahasiswa harus aktif mencari tahu informasi tentang pendaftaran mahasiswa asing di universitas tujuan kalian. Pastikan untuk menanyakan secara langsung kepada universitas terkait. Setelah itu kalian akan dimintai untuk melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah semuanya sudah siap lalu kirimkan persyaratan tersebut via pos. Dan tunggulah jawaban untuk mengikuti Aufnahmeprufung di Jerman.

7. Siapkan Terjemahan Dokumen Penting

Sebelum mendaftar visa studi di Kedutaan besar Jerman di Jakarta, kalian harus menerjemahkan dokumen penting seperti pada persyaratan.

8. Membuka Sperrkonto di Deutsche Bank

Langkah ini bisa kalian lakukan jika kalian sudah dinyatakan diterima studi di Jerman. Kalian bisa membuka rekening Sperrkonto di Deutsche Bank yang ada di Jakarta. Tujuan pembuatan rekening Sperrkonto ini adalah sebagai jaminan bahwa kalian memiliki biaya hidup yang cukup untuk tinggal selama satu tahun di Jerman.

9. Membuat Visa Studi

Agar kalian bisa membuat visa studi, kalian harus melampirkan persyaratan diantarnya adalah sertifikat bahasa Jerman B1, Zulassung dan Sperrkonto dari Deutsche Bank.

Itulah informasi mengenai Studienkolleg Indonesia beserta persyaratan dan langkah-langkah untuk mendaftar. Ayo tunggu apa lagi persiapkan dirimu dari sekarang dan raihlah mimpi untuk kuliah di Jerman. Semoga sukses!

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"