Mengenal Keunikan Sistem Pendidikan di Perancis yang Mendunia

Sistem Pendidikan di Perancis – Perancis merupakan salah satu negara maju di Eropa yang terkenal dengan seni dan modenya. Perancis maju di bidang ekonomi, industri maupun pendidikan. Di bidang pendidikan Perancis banyak menjalin kerjasama riset, teknologi serta pendidikan tinggi dengan negara negara lainnya.

Tenaga pengajar di Perancis di seleksi secara ketat dan diberikan gaji serta fasilitas yang baik oleh pemerintah sehingga tenaga pengajar seperti guru dan dosen terjamin kualitasnya. Di negara Perancis pendidikan menjadi prioritas negara dengan dianggarkannya dana APBN sekitar 23% untuk bidang pendidikan.

Mengenal Keunikan Sistem Pendidikan di Perancis yang Mendunia

sistem pendidikan di perancis

Sistem pendidikan di Perancis sudah dibangun sejak abad ke-19 yang ditandai dengan didirikannya sekolah republikan modern. Uniknya sistem pendidikan di Perancis, keterampilan yang dipelajari siswa didasarkan pada kemampuan setiap anak sehingga tiap – tiap anak tidak perlu mempelajari semua mata pelajaran di sekolah.

Baca Juga  Gambaran Perekonomian Negara Perancis yang Patut Untuk Ditiru

Pembelajaran di Perancis lebih menekankan siswanya untuk berpikir kritis. Siswa hanya perlu mendalami serta mengembangkan minat dan bakat mereka masing – masing. Pendidikan di Perancis terbagi menjadi 3 jenjang yaitu Pendidikan Dasar yang disebut l’enseignement primaire, Pendidikan Menengah atau l’enseignement secondaire, dan Pendidikan Tinggi atau ’enseignement superieur.

Untuk sekolah publik tidak dipungut biaya alias gratis dan juga tidak ada uang buku karena semua buku sudah disediakan oleh pihak sekolah. Biasanya murid dari sekolah publik lebih mandiri dibandingkan murid di sekolah swasta.

Sistem Pendidikan Tinggi di Perancis

sistem pendidikan di perancis yang mendunia

Umumnya tahun akademik universitas dimulai pada bulan September atau Oktober dan berakhir di bulan Mei atau Juni. Liburan musim panas berlangsung lebih dari 2 bulan termasuk bulan Juni dan Agustus. Biasanya, tahun akademik dipotong liburan natal dan akhir tahun selama 2 minggu.

Jenis institusi untuk pendidikan tinggi di Perancis yaitu universitas negeri, universitas swasta, dan Grandes Écoles. Universitas negeri pendanaannya dibantu oleh pemerintah sehingga biaya perkuliahannya menjadi terjangkau.

Lain halnya dengan unversitas swasta, biaya perkuliahannya lebih mahal. Namun biasanya universitas swasta lebih banyak menawarkan program spesialis dan banyak diantaranya yang mengkhususkan diri dalam bidang seni dan sastra.

Baca Juga  Inilah 8 Tempat Wisata di Perancis Yang Terkenal dan Perlu Dikunjungi

Selain universitas negeri dan swasta, ada juga yang namanya Grandes Écoles. Grandes Écoles merupakan institusi pendidikan tinggi di Perancis yang berkualitas dengan reputasi yang lebih kompetitif serta penerimaan yang lebih ketat. Grandes Écoles lebih ditujukan untuk melahirkan insinyur – insinyur teknik.

Sistem pendidikan di Perancis mengacu pada sistem pendidikan di Eropa yang disebut LMD. License yang setara dengan S1, Master (S2), dan Doctor (S3). License ditempuh dalam 6 semester, Master dalam 10 semester, dan Doctorat ditempuh dalam 16 semester.

Jika kamu memiliki keinginan untuk kuliah di Perancis, Virtu Education bisa membantumu lho. Kunjungi website www.virtueducation.org yang berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan. dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a comment