Sistem Pemerintahan Jerman dan Gambaran Umum Negara Jerman

Sistem Pemerintahan Jerman – Apabila diantara kalian ada yang ingin menempuh studi ataupun bekerja di Jerman ada baiknya kalian mengetahui seluk beluk negara Jerman.

Jerman merupakan negara federasi di Eropa Barat. Pada awalnya pemerintahan negara Jerman berbentuk kekaisaran.

Namun sejak perang Perancis – Prusia selesai tahun 1870 – 1871 sistem pemerintahan Jerman berubah menjadi sistem parlementer yang dipimpin oleh kanselir sebagai pemegang pemerintahan yang berperan seperti perdana menteri.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Kanselir pertama negara Jerman bernama Otto Von Bismarck, kanselir ini berperan seperti perdana menteri. Kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal secara otomatis mendapatkan posisi kanselir.

Baca Juga  Bentuk Pemerintahan Jerman Yang Unik dan Menarik

Sistem Pemerintahan Jerman

Dulunya Jerman pernah menganut sistem pemerintahan demokrasi, namun sistem pemerintahan Jerman ini tidak berlangsung lama.

Hal ini dikarenakan pada tahun 1933 pemerintahan selanjutnya dipegang oleh NAZI, rezim otoriter yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Rezim ini yang membawa kehancuran Jerman dalam perang dunia II.

Kekacauan yang terjadi di Jerman menyebabkan Jerman terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

Kekalahan Jerman di perang dunia II membuat Jerman kehilangan wilayahnya di bagian timur. Sejak saat itu, pemerintahan Jerman berpindah ke Jerman Barat.

Jerman yang sebelumnya terpisah, bersatu kembali pada tahun 1990. Peristiwa penyatuan Jerman ini ditandai dengan diruntuhkannya tembok Berlin dan ditetapkannya Berlin sebagai ibukota Jerman. Selanjutnya tanggal 3 Oktober diperingati sebagai Hari Penyatuan.

Sistem pemerintahan Jerman menganut sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer, dengan presiden sebagai kepala negaranya dan kanselir sebagai kepala pemerintahannya. Di dalam sistem pemerintahan Jerman, jabatan presiden merupakan jabatan seremonial yang dipilih 5 tahun sekali.

Baca Juga  4 Kota Terbesar di Jerman Yang Patut Kamu Ketahui

Sedangkan jabatan kanselir secara otomatis diraih oleh kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal Jerman yang dilaksanakan setiap 4 tahun.

Lambang Negara Jerman

Lambang negara Jerman menggambarkan elang hitam dengan paruh dan cakar berwarna merah, latarnya berbentuk perisai yang berwarna kuning emas.

Lambang negara Jerman menggunakan warna hitam, merah dan kuning emas, warna yang sama dengan warna yang digunakan pada bendera Jerman. Lambang negara Jerman ini merupakan salah satu lambang negara tertua di Eropa.

Jumlah Penduduk Jerman

Jerman merupakan negara di Eropa dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu 82.269.300 jiwa. Data jumlah penduduk Jerman ini didapatkan dari Badan Pusat Statistik Federal Jerman per 31 Maret 2016. Jumlah penduduk Jerman ini terbanyak ke – 19 di dunia, berdasarkan data dari CIA pada tahun 2017.

Menurut data dari PBB, Jerman adalah negara dengan jumlah imigran terbesar ke – 2 di dunia, setelah Amerika Serikat.

Kota – kota di Jerman dengan penduduk terpadat yaitu Berlin, Munich, Cologne dan Hamburg.

Karena Jerman memiliki perekonomian yang kuat, hukum yang melindungi hak para pencari suaka dan sistem kesejahteraan sosial yang memadai, maka banyak korban perang dan kemiskinan mengungsi ke negara ini.

Gambaran Umum Jerman

Sebagian besar penduduk Jerman bagian selatan menganut agama Kristen Protestan. Agama Katolik dianut oleh penduduk di negara Jerman bagian utara. Sedangkan agama lainnya seperti Islam dan Yahudi memiliki presentasi yang sangat kecil.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk Jerman adalah bahasa Jerman. Negara ini memiliki kebudayaan yang maju serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju juga.

Negara Jerman memiliki ekonomi terbesar dan terkuat di Eropa. Banyak kebijakan – kebijakan yang diusulkan oleh Jerman dipakai sebagai kebijakan Uni Eropa. Jerman juga lah yang memperkenalkan Euro sebagai mata uang bersama di Eropa.

Kegiatan perekonomian negara Jerman ditopang oleh beberapa sektor seperti sektor pertanian, pertambangan, perindustrian, perdagangan dan pariwisata. Walaupun perekonomian negara ini ditopang beberapa sektor namun sektor ang menjadi tulang punggung negara ini adalah sektor industri.

Baca Juga  Kantor Kedutaan Jerman di Jakarta Beralamat Dimana?

Jerman memiliki tenaga kerja yang berkemampuan tinggi dan juga inovasi tinggi. Jerman menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke – 5 di dunia.

Ada 37 perusahaan di Jerman yang berpengaruh dan masuk di dalam 500 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan data yang ditulis oleh Fortune Global 500. Diantaranya yaitu BMW, Volkswagen, Adidas, Allianz, Audi, Porsche, Bosch, Bayer, Nivea, Mersedes – Benz, Siemens dan lainnya.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"