Yang Perlu Diperhatikan Ketika Sewa kantor Surabaya

Sewa Kantor Surabaya – Mendirikan perusahaan baru biasanya masalah sewa menyewa kantor akan menjadi masalah mendasar yang perlu anda pikirkan. Sebenarnya bukan hanya masalah bagi perusahaan baru, perusahaan yang telah berdiri lama pun masih memikirkan apakah opsi membeli kantor atau sewa kantor yang harus dipilih.

Biasanya untuk perusahaan lama yang memiliki tabungan yang besar akan memilih untuk membeli kantor, gedung atau rumah untuk dijadikan kantor tempat operasional. Akan tetapi ada juga beberapa perusahaan lawas yang lebih memilih sewa kantor dengan alasan tidak membebani biaya operasional tahunan (karena biasanya terjadi penyusutan aset tanah dan rumah).

Selain itu beberapa perusahaan lawas biasanya sudah berpengalaman dengan pindah memindah kantor karena alasan operasional bisnis atau karena alasan politik. Beberapa perusahaan lawas memutuskan menutup kantor cabang karena alasan efisiensi, sementara beberapa yang lain menutup kantor karena menggabungkan kantor cabang ke kantor terdekatnya.

Jika anda memutuskan untuk membeli rumah atau kantor, maka ketika terjadi penutupan kantor, langkah untuk menjual rumah atau kantor akan membutuhkan waktu lama karena aset berupaa tanah dan rumah bukanlah aset likuid yang mudah terjual. Sementara jika sewa kantor akan lebih mudah menyesuaikan bukan?

Nah, daripada bingung dengan keputusan tersebut, terutama bagi anda yang ingin sewa kantor surabaya sebagai langkah-langkah strategis untuk ekspansi bisnis di kota industri terbesar kedua di Indonesia ini bisa membaca ulasan artikel panjang berikut ini:

Baca Juga  Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

Apakah sewa kantor penting untuk bisnis baru di Kota Surabaya?

Semuanya ini tergantung dengan posisi usaha anda dan seberapa urgent kah harus membeli kantor baru. Surabaya adalah kota industri terbesar kedua di Indonesia sehingga dinamisnya iklim bisnis dan ekonomi di kota ini juga setara dengan jakarta. Jadi opsi sewa kantor surabaya bisa anda pertimbangkan dengan profil bisnis anda.

Untuk profil bisnis dengan jangka panjang seperti retail, properti atau bisnis pendidikan, maka membeli kantor atau rumah untuk dijadikan kantor (sekretariat) adalah prioritas utama. Klien anda adalah kalangan yang membutuhkan kepastian bisnis, salah satunya dengan alamat usaha yang tetap dan tidak berpindah-pindah.

Sementara untuk profil bisnis yang dinamis seperti kuliner, transportasi hingga bisnis perdagangan lainnya bisa memilih opsi sewa kantor surabaya yang lebih fleksibel. Anda bisa menyewa sebuah kantor, rumah, ruko atau rukan (rumah kantor) selama beberapa periode tergantung dengan profil bisnis anda.

Jika anda membutuhkan balik modal yang cukup lama, maka masukkan saja bebannya ke dalam sewa kantor surabaya yang menggunakan sistem sewa jangka panjang misalnya lima hingga sepuluh tahun lamanya. Sementara jika hanya membutuhkan balik modal sebentar atau operasional yang sering naik turun seperti bimbel, bisnis kuliner maka sewa kantor surabaya di bawah lima tahun adalah opsi terbaik.

Bagaimana strategi memilih sewa kantor surabaya paling strategis?

sewa kantor surabaya

Cara mencari sewa kantor surabaya sama halnya dengan memilih target konsumen anda membutuhkan strategi khusus. Surabaya adalah kota industri dengan beberapa daerah utama yang bisa dijadikan target anda untuk sewa kantor seperti kawasan perkantoran di Jl. Basuki Rahmat hingga Diponegoro, atau jika anda memilih kawasan sub urban, maka kawasan di daerah Surabaya timur bisa menjadi opsi terbaik.

Jika perusahaan anda ingin dekat dengan kawasan pergudangan, maka daerah surabaya selatan atau surabaya barat bisa menjadi opsi sewa kantor surabaya. Karena di dua daerah ini sangat dekat dengan daerah pergudangan dan juga industri.
Semua strategi ini disesuiaikan dengan profil bisnis anda, mengingat sewa kantor surabaya tidak bisa diambil dengan satu pertimbangan semata. Berikut beberapa strategi yang bisa anda pilih untuk dipertimbangkan ketika akan memilih sewa kantor surabaya:

1. Apakah bisnis anda membutuhkan ruang yang luas untuk operasional seperti bank, jasa ekspedisi, jasa pengiriman, atau retail? Maka sewa kantor surabaya yang cocok adalah di pusat bisnis. Bank, jasa pengiriman dan retail sangat dibutuhkan kalangan industri dan penduduk kelas menengah ke atas. Pusat bisnis surabaya tersebar di beberapa central district business.

2. Apakah bisnis anda membutuhkan ruang parkir yang luas? Jasa pergudangan, jasa bongkar muat, membutuhkan truk dan kontainer? Maka memilih sewa kantor yang jauh dengan pemukiman adalah opsi terbaik. Daerah surabaya utara, barat dan selatan adalah pilihan sewa kantor surabaya terbaik, disana dekat dengan pergudangan dan jauh dari pemukiman yang bisa meminimalisir kecelakaan kerja atau kemacetan.

3. Apakah bisnis anda bisa dijalankan secara online? Misalnya tour and travel, jasa pengadaan, jasa pesan tiket kereta dan pesawat? Maka memilih sewa kantor surabaya di daerah yang murah, dekat kampus dan bahkan bisa menumpang di sebuah ruko-ruko murah, atau bisa menyewa di daerah dekat pemukiman. Anda bisa sewa kantor surabaya di daerah surabaya timur yang dekat dengan kampus-kampus.

4. Apakah bisnis anda bisa digabungkan antara ruang operasional dengan tempat tinggal karyawan? Misalnya bisnis kuliner yang membutuhkan pegawai tidur di tempat. Maka mencari sewa kantor surabaya berbentuk rukan (rumah kantor) adalah opsi terbaik. Atau anda bisa juga menyewa sebuah rumah yang disulap menjadi ruang usaha dan juga tempat tinggal karyawan anda.

5. Apakah bisnis anda berbentuk usaha holding yang terdiri atas beberapa jenis usaha? Maka mencari sewa kantor surabaya terbaik adalah dengan ruko bertingkat. Ruko bertingkat ini bisa dicari di semua daerah surabaya. Anda bisa mendesain sewa ruko surabaya berbentuk tingkat ini dengan lantai satu sebagai kafe/rumah makan (bisnis kuliner), kemudian lantai dua sebagai ruang sekretariat atau kantor tour and travel, kemudian lantai tiga bisa disulap menjadi kantor bisnis digital. Kebanyakan ruko bertingkat di surabaya dilengkapi tangga (ada juga lift) yang bisa digunakan secara nyaman.

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

Apa saja strategi lain dalam memilih sewa kantor surabaya yang efisien?

Selain beberapa strategi di atas, ada juga strategi sewa kantor surabaya yang perlu anda pertimbangkan, beberapa faktornya adalah soal tata kota surabaya, lingkungan hingga faktor penduduk. Contohnya begini, surabaya adalah kota industri bisa dipastikan suhu udara di siang hari akan sangat panas.

Kemudian ketika memasuki masa musim hujan, daerah surabaya pusat (sekitar daerah surabaya timur hingga selatan) akan mendapat limpahan banjir, kemacetan dan juga naiknya eskalasi binatang-binatang selokan seperti kecoa, tikus hingga ular.
Ini belum dihitung dengan tingginya curah hujan saat mencapai puncak musim hujan, banjir bisa surut dalam enam jam dan bisa membuat pekerja anda kesulitan datang ke kantor. Memutuskan sewa kantor surabaya yang tepat adalah pilihan anda sebagai pengambil kebijakan.

Nah, berikut strategi yang bisa anda pertimbangkan ketika akan melakukan sewa kantor surabaya yang aman secara geografis, tata letak dan juga lingkungan:

1.Pastikan sewa kantor surabaya yang anda pilih jauh dari daerah rawa, sungai ataupun selokan besar. Daerah surabaya timur di sekitar Sukolilo ITS adalah bekas rawa-rawa dan banyak selokan atau sungai terbuka, ini akan menjadi penyebab utama ketika musim panas tiba, nyamuk-nyamuk akan berkeliaran, sementara ketika musim hujan ancaman banjir bisa saja datang.

2.Pastikan sewa kantor surabaya anda tidak berada di pusat kemacetan, beberapa daerah macet di surabaya menyusahkan pegawai-pegawai anda untuk loading masuk dan keluar motor dan mobil sehingga bisnis anda bisa terganggu.

3.Pastikan sewa kantor surabaya anda memiliki ruang parkir yang cukup untuk pegawai dan klien. Beberapa kantor tidak memiliki ruang parkir sehingga memenuhi badan jalan dan membuat jalanan semakin macet. Bisnis anda bisa saja terkena teguran pemerintah atau hujatan dan bullyan dari masyarakat Surabaya.

4.Pastikan sewa kantor di surabaya memiliki ijin yang legal. Beberapa daerah perumahan tidak diperbolehkan menjadi kantor. Jadi pastikan bahwa bisnis anda memenuhi perijinan yang berlaku baik di tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan pemerintah kota. Beberapa bisnis hanya membutuhkan ijin sampai RT saja, sementara yang lain bahkan harus sampai tingkat pemerintah kota.

sewa kantor surabaya

Bagaimana jika ternyata mendapat sewa kantor surabaya yang berada di daerah banjir, banyak nyamuk atau rawa-rawa?

Anda bisa mensiasatinya sejak pertama kali melakukan kontrak sewa kantor surabaya dengan pemilik bangunan. Misalnya dengan melakukan renovasi atau perubahan-perubahan yang telah disepakati dengan pemilik bangunan, detailnya seperti ini:

1.Cuaca panas dan serangan nyamuk di siang hari dan malam hari bisa disiasati dengan pemakaian AC pada kantor-kantor. Nah, anda bisa merenovasi pintu kantor dengan kaca dan menyusun AC pada beberapa ruangan agar suhu udara bisa lebih nyaman. Jika budget anda minim bisa diganti dengan kipas angin pada beberapa titik.

2.Ketika sewa kantor surabaya di daerah rawan banjir, maka jangan tempatkan peralatan elektronik di lantai dasar, misalnya mesin fotocopy besar, komputer yang berisi data penting, kompor, atau bahkan mesin mesin industri. Pastikan benda-benda tersebut telah diasuransikan dengan baik.

3.Beberapa kantor di surabaya yang disewakan memiliki akses air hanya lewat pdam begitu juga dengan listrik hanya lewat pln. Surabaya beberapa kali terkena gangguan air dan listrik pada beberapa daerah. Jika anda sewa kantor surabaya di daerah rawan pemadaman dan kebocoran air, maka pastikan kantor anda memiliki sistem cadangan seperti air dalam torrent ataupun genset berukuran besar.

Apakah sewa kantor surabaya menjadi syarat wajib perijinan bisnis di Surabaya?

Pertanyaan ini akan disesuaikan dengan model bisnis anda. Beberapa usaha bisnis di surabaya wajib memiliki kantor tetap yang bisa dijadikan lokasi survei oleh otoritas pemerintah surabaya. Sementara beberapa usaha bisnis yang lainnya lebih fleksibel dan bisa berpindah-pindah.

Misalnya bisnis properti dan pengadaan barang atau jasa biasanya diwajibkan mempunyai kantor tetap. Anda bisa sewa kantor dalam durasi panjang (lima hingga sepuluh tahun) untuk memenuhi perijinan dari pemerintah kota surabaya.

Sementara itu model bisnis yang lain bahkan bisa berpindah-pindah sewa kantor surabaya tergantung dengan kemampuan finansial perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan ada yang berpindah-pindah kantor karena untuk menghemat biaya pengeluaran. Eits tapi ini bisa menurunkan reputasi kantor anda, ingat klien biasanya jarang percaya dengan perusahaan yang sering pindah pindah kantornya karena dikira kurang kredibel.

Pindah-pindah kantor juga bisa berefek buruk pada penilaian kantor anda di google, dan biasanya akan banyak komentar-komentar buruk kecewa karena setelah datang ke alamat lama kantor anda tidak menemui bentuk kantor.

Baca Juga  Keuntungan Memulai Usaha dari Virtual Office Surabaya

Strategi sewa kantor surabaya untuk bisnis besar seperti retail, industri dan pergudangan.

Untuk bisnis-bisnis besar seperti retail, industri pergudangan dan perkapalan maka tidak lain tidak bisa harus sewa kantor surabaya dengan jangka panjang. Beberapa kontrak sewa kantor bisa sepuluh hingga dua puluh tahun lamanya. Apalagi jika anda menyewa sebuah gudang besar untuk bisnis anda yang begitu besar.

Maka memutuskan sewa kantor surabaya yang dekat dengan wilayah operasional anda adalah keputusan yang perlu dipikirkan. Misalnya begini ketika anda membuka bisnis kapal, kontainer dan pergudangan, maka sewa kantor yang berada di daerah surabaya utara dekat dengan tanjung perak adalah prioritas utama, jangan malah kemudian menyewa kantor di surabaya timur. Terkecuali anda memiliki banyak cabang.

Strategi selanjutnya adalah dengan membuka banyak cabang untuk merekrut konsumen anda, khususnya bagi bisnis retail. Karena biasanya akan berkorelasi dengan pendapatan perusahaan. Jika anda akan membuka toko sembako dengan sistem modern, maka sewa kantor surabaya dengan durasi menengah adalah pilihan terbaik.

Misalnya anda membuka bisnis toko sembako dengan kantor pusat di surabaya timur dengan satu toko, kemudian membuka di surabaya selatan, kemudian surabaya barat. Nanti jika ada satu cabang bangkrut, maka anda masih bisa memindahkan wilayah operasinya ke cabang terdekat, kira-kira strateginya begitu.

Selanjutnya untuk bisnis industri yang membutuhkan pembedaan wilayah industri, maka bisa sewa kantor dalam dua tipe. Anda bisa sea gudang di wilayah kerja sementara di sisi lain bisa sewa kantor surabaya dengan tipe murah di tempat lain. Jenis jenis model bisnis seperti ini banyak ditemui di surabaya.

Misalnya anda memiliki gudang di gresik perbatasan surabaya barat untuk bongkar muat truk dan kontainer, sementara kantor pusat berada di surabaya timur agar lebih dekat dengan akses transportasi luar kota maka hal ini bisa menjadi opsi terbaik.

Strategi sewa kantor surabaya untuk bisnis menengah seperti kuliner, clothing hingga industri kreatif.

Surabaya adalah kota industri yang dibentuk oleh berbagai macam tipe bisnis dan usaha perdaganga. Tidak semua tipe bisnis ini berlokasi (terkelompok) pada daerah yang sama. Ini tentu menguntungkan bagi anda untuk mencari kantor operasional bisnis sesuai dengan budget dan alokasi anggaran sesuai rencana bisnis anda.

Bagi anda yang berbisnis kuliner, maka lokasi adalah hal yang utama, tentunya jika anda ingin berbisnis kuliner dalam skala besar. Misalnya soto ayam cak har surabaya berlokasi di pinggir jalan seperti di Arif Rahman Hakim dan MERR adalah lokasi pemilihan bisnis yang tepat. Karena akses keluar masuk mobil / motor akan sangat mudah ketika klien / customer anda akan merasakan nikmatnya bisnis kuliner anda.

Hal ini berbeda dengan jika anda membuka bisnis clothing atau industri kreatif yang biasanya tidak memerlukan akses lokasi di pinggir jalan besar. Walaupun begitu jika anda ingin rencana bisnis berada di pinggir jalan juga bisa, seperti pusat oleh oleh cak cuk surabaya berada di pinggir jalan. Ada juga bisnis clothing dan industri kreatif surabaya malahan tidak berada di jalan tetapi berada di perkampungan.

Strategi sewa kantor surabaya untuk bisnis UMKM, mikro dan perorangan.

Nah, ini adalah rencana usaha paling fleksibel untuk menyewa kantor dengan berbagai tipe. Usaha berjenis UMKM, Mikro dan perseorangan bahkan bisa anda dirikan di kampung, permukiman dan tentu saja merangkap dengan tempat tinggal anda.

Misalnya begini, anda merupakan warga pendatang dari luar surabaya, kemudian mengontrak rumah di perkampungan, kemudian mendirikan usaha camilan skala UMKM atau mikro. Anda tidak perlu repot repot menyewa kantor, cukup jadikan kontrakan anda sebagai pusat operasional.

Selain itu mendirikan jasa bisnis berbentuk UMKM atau mikro juga bisa memberdayakan tetangga sekitar anda dan tentunya akan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Anda juga bisa meminta bantuan RT/ RW ataupun kelurahan untuk memfasilitasi usaha anda agar bisa mengakses pusat inkubasi bisnis yang didirikan oleh pemerintah kota surabaya.

Strategi sewa kantor surabaya untuk kantor tetap di central distric business.

sewa kantor surabaya

Central distric business yang dimaksud di sini adalah pusat kota seperti Basuki Rahmat, Jl Diponegoro hingga beberapa daerah utama di Surabaya Timur yang menjadi pusat perkantoran bisnis utama. Persoalan utama yang selalu dihadapi ketika akan sewa kantor surabaya di pusat bisnis ini adalah harga sewa yang mahal. Basuki rahmat adalah perkantoran utama di Surabaya yang bahkan para penyewa bisa antri bertahun tahun sebelumnya hanya untuk bisa mendapat alamat kantor di jalan tersebut.

Mengincar ruang atau tempat persewaan kantor di pusat bisnis agar terlihat keren adalah salah satu strategi yang bagus untuk menambah kepercayaan perusahaan anda di mata klien. Pastinya klien atau investor akan tertarik dengan perusahaan anda ketika di kartu nama atau website perusahaan tercantum alamat di surabaya berada di: Jl. Basuki Rahmat, atau Jl. Diponegoro, maka mereka mungkin lebih tertarik ketimbang alamat-alamat yang kurang familiar.

Strategi sewa kantor surabaya untuk kantor berbentuk rukan (rumah kantor)

Seperti telah diulas sebelumnya rukan (rumah kantor) merupakan salah satu alternatif dalam memilih sewa kantor surabaya yang efektif untuk menginap pegawai dan ruang operasional. Tidak semua daerah di surabaya memiliki rukan, anda harus pilih-pilih daerah mana saja yang memiliki rukan untuk dijadikan kantor utama bisnis anda.

Karena rukan ini akan diproyeksikan menjadi salah satu tempat tinggal anda atau pegawai anda, maka memilih rukan yang jauh dari kemacetan dan sumber masalah banjir tahunan juga bisa anda pertimbangkan. Beberapa rukan menyediakan lahan parkir yang cukup memadai, sehingga anda tidak perlu lagi bingung mencari parkir mobil ataupun motor anda, perusahaan anda ataupun kliena anda.

Beberapa strategi penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sewa kantor surabaya berbentuk rukan:

1. Pastikan rukan tidak ditinggal lama, artinya tidak pernah kosong lama dalam waktu bertahun tahun, jika ditinggal lama tentunya akan ada biaya renovasi, rukan menjadi angker dan bahkan tidak nyaman untuk ditinggali bukan?

2. Pastikan rukan memiliki ijin tinggal, artinya rukan berada di kawasan yang boleh ditinggali dan tidak menjadi masalah di kemudian hari. Anda juga harus menertibkan pegawai yang rencananya akan anda tempatkan untuk tinggal di dalam rukan.

3. Masalah keamanan dalam memilih rukan juga penting. Itu artinya anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pemilik apakah ada ronda keliling, apakah ada biaya keamanan tertentu kepada satpam komplik atau dengan preman-preman setempat. Hal ini perlu anda ketahui dari awal karena bukan hanya persoalan stabilitas bisnis anda, tetapi juga masalah keamanan orang orang yang akan anda tempatkan ke dalam rukan tersebut.

4. Pastikan rukan memiliki saluran air yang baik (baik itu air sumur ataupun air pdam), saluran listrik dan dekat dengan kebutuhan sehari hari seperti pasar dan juga supermarket / minimarket. Beberapa daerah di surabaya sering bermasalah dengan lambatnya debit air pdam dan beberapa kali pemadaman listrik, anda bisa pertimbangkan juga strategi ini.

5. Pastikan juga rukan bukan tempat masalah kriminal, misalnya pernah menjadi tempat perampokan, tempat pembunuhan ataupun hal hal kriminal lainnya. Anda bisa mengeceknya melalui kepolisian terdekat ataupun ke lembaga pengadilan. Hal ini penting agar pegawai ataupun anda yang tinggal di dalam rukan dapat hidup dengan tenang.

Strategi sewa kantor surabaya untuk kantor berbentuk ruko.

Berbeda dengan rukan (rumah kantor) yang menjadi ruang operasional dan juga tempat tinggal, sewa kantor surabaya berbentuk ruko biasanya jauh lebih mudah ditemui karena hanya menjadi kantor operasional saja.

Tipe tipe ruko yang jamak ditemui di surabaya terdiri dari tipe ruko satu lantai hingga ruko tiga sampai empat lantai. Banyaknya lantai akan mempengaruhi harga sewa kantor anda. Biasanya penyewa akan memanfaatkan banyak ruangan lantai untuk kegiatan yang berbeda-beda, maupun pemanfaatan yang berbeda.

Misalnya begini jika anda hanya menyewa ruko satu lantai, maka hanya satu lantai saja yang bisa dimanfaatkan untuk kantor operasional, berbeda halnya dengan menyewa ruko tiga lantai anda bisa memanfaatkan lantai satu untuk ruang operasional, lantai dua dan lantai tiga sebagai gudang maupun ruangan lain.

Beberapa perusahaan biasanya akan membuat lantai dua sebagai gudang, sementara lantai tiga bisa menjadi ruang istirahat sementara, semisal menjadi mushol atau ruang tidur pegawai yang bertugas keamanan di ruko anda.

Baca Juga  Tips Mencari Tempat Kursus Bahasa Inggris Surabaya Terbaik

Strategi sewa kantor surabaya untuk kantor virtual (virtual office)

Nah, ini adalah cara termudah sewa kantor surabaya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Akan tetapi mengandung banyak plus dan minusnya. Biasanya perusahaan yang menggunakan kantor virtual didominasi star up atau perusahaan perusahaan yang diinisasi generasi milenal.

Alasan utama menggunakan sewa kantor berbasis virtual office biasanya untuk menghemat pengeluaran, meminimalisir biaya pegawai yang ditempatkan di kantor cabang surabaya dan berbagai alasan lain.

Sisi negatifnya adalah anda tidak bisa bertemu customer atau klien selama masa operasional, karena biasanya virtual office mempunyai jam operasional yang mungkin saja berbeda dengan harapan anda. Atau anda hanya mempercayakan dengan resepsionis yang bertugas melayani banyak perusahaan yang numpang alamat di virtual office tersebut.

Strategi utamanya adalah, jika perusahaan anda masih dalam tahap awal mencari lokasi yang sesuai namun tidak bertemu. Untuk awal-awal bisa mencoba kantor virtual office terlebih dahulu selama setahun atau dua tahun sambil berjalan mencari sewa kantor surabaya yang cocok dengan profil bisnis anda.

Baru tahun kedua, anda bisa memutuskan menambah kantor cabang dengan kantor berbentuk ruko, rukan atau memindahkan kantor virtual office anda ke kantor operasional terbaru. Lebih solutif kan?

Strategi sewa kantor surabaya untuk coworking space.

Secara harfiah, sewa kantor berbentuk coworking space biasanya tidak familiar untuk perusahaan dengan bentuk banyak pegawai. Biasanya kantor coworking space hanya cocok untuk perusahaan yang dijalankan oleh sedikit pegawai, misalnya start up.

Nah, jika anda dari perusahaan besar dengan pegawai banyak tidak disarankan menggunakan kantor berbentuk coworking space. Sementara jika anda mendirikan kantor start up, kantor bimbel atau usaha kecil menengah bisa menggunakan coworking space sebagai sarana utama kantor operasional anda.

Anda bisa menyewa ruangan atau alamat di coworking space dalam jangka beberapa bulan saja untuk menjadi homebase perusahaan anda. Bekerja dengan tim yang hanya terdiri dari 4 orang di coworking space terlihat lebih rasional, lebih efektif dan hanya menghabiskan waktu beberapa jam saja.

Berkantor di coworking space surabaya juga memudahkan anda bertemu dengan klien dan calon investor sesuai dengan jam operasional yang anda sepakati. Beberapa coworking space bahkan buka sampai jam 11 malam dan tentunya ini kabar baik untuk anda bertemu klien sambil makan malam di coworking space.

Berapa kisaran biaya sewa kantor surabaya untuk pusat-pusat bisnis dan perkantoran?

sewa kantor surabaya

Untuk informasi ini bisa berkaca dari beberapa informasi terkait, harga sewa kantor surabaya untuk sebuah rumah dua lantai pada tahun 2010 hingga 2013 berkisar di angka 15 juta hingga 20 juta dalam satu tahun.

Ini artinya jika dihitung kenaikan harga sewa lima ratus ribu atau sejuta dalam satu tahun, tahun ini 2020, maka harga sewa kantor surabaya untuk sebuah rumah dua lantai berada di kisaran angka 25 juta hingga 30 juta.

Data ini diambil dari harga sewa sebuah rumah di daerah pemukiman Surabaya Timur, jadi jika ingin membandingkan dengan data sewa kantor surabaya berbentuk ruko ataupun rukan, maka bisa dikalikan menjadi tiga atau empat kalinya.

Maka bisa kemudian didapatkan data bahwa harga sewa sebuah ruko atau rukan di surabaya dalam jangka waktu setahun bisa mencapai angka 50 juta hingga 100 juta. Tentu saja biaya sewa ini cukup bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Berapa kisaran biaya sewa kantor surabaya untuk di daerah pergudangan dan industri?

Jawaban ini bisa ditentukan dengan rencana anda akan menyewa gudang saja ataupun sebuah kantor beserta dengan gudangnya. Rata rata persewaan gudang dan kantornya sendiri terpisah, beberapa gudang berada di surabaya barat dan selatan, sementara kantornya sendiri berada di daerah lain.

Namun, jika anda memutuskan untuk menyewa gudangnya saja, maka itu juga tergantung besar kecil gudang yang akan disewa, biasanya harga sewa gudang di surabaya bisa mencapai 50 juta hingga 100 juta, sekali lagi ini tergantung dengan luasan gudang yang akan disewa.

Sementara kantor yang dekat dengan gudang biasanya tidak ditawarkan sepaket. Kecuali anda ingin mengubah gudang menjadi kantor dan gudang barang maka itu bisa, dan merujuk pada data di atas maka anda bisa menyiapkan biaya sewa kantor surabaya beserta dengan gudang berada di angka 50 hingga 100 juta.

Berapa kisaran biaya sewa kantor surabaya untuk daerah kampus dan sekolah?

Nah, ini adalah pertanyaan paling mudah, walaupun dekat dengan kampus dan sekolah harga sewa kantor surabaya tidaklah otomatis mahal. Beberapa harga sewa kantor surabaya di daerah kampus seperti Sukolilo ITS dan Unair kampus C biasanya jauh lebih murah ketimbang harga sewa kantor di dekat pusat kota seperti UNESA Ketintang ataupun Unair kampus B.

Sudah jelas di dua daerah itu bisa dipastikan mahal karena faktor dekatnya dengan pusat kota dan pusat bisnis (UNESA Ketintang dekat dengan Jl. Ahmad Yani yang merupakan akses utama Surabaya Sidoarjo sementara untuk Unair kampus B berada dekat dengan mall-mall).

Lalu kira kira berapa kisaran biaya sewa kantor surabaya di daerah kampus sukolilo? Memakai data yang dirujuk pada paragraf sebelumnya jika harga sewa rumah pada tahun 2010 sudah mencapai harga 15 juta hingga 20 juta, maka kenaikan di Sukolilo biasanya tidak terlalu tinggi, hanya mencapai 25 ataupun 30 juta.

Akan tetapi satu faktor yang perlu anda perhatikan adalah daerah kampus ITS Sukolilo ini mulai bergerak naik karena sudah dibukanya fronttage jalan baru yang langsung menghubungkan Sukolilo ke Sidoarjo.

Sementara untuk biaya sewa kantor surabaya di daerah Unesa ketintang ataupun Unair Kampus B ataupun A bisa disamakan dengan menyewa kantor di pusat bisnis, anda perlu menyiapkan dana cadangan hingga 25% ataupun 50% dari budget awal.

Leave a comment