Sejarah Negara Jerman dan Sistem Pemerintahannya

Sejarah Negara Jerman – Jerman merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Eropa yang sangat terkenal. Bukan hanya dari segi sejarah saja, tetapi destinasi untuk berlibur di negara ini juga sangat banyak. Hal ini tentu membuat Jerman menjadi salah satu tujuan favorit bagi Anda yang ingin liburan ke Eropa.

Bagi Anda pecinta kuliner, tidak ada salahnya jika ingin mencicipi makanan dan minuman khas dari negara ini. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan, Jerman tidak perlu diragukan lagi. Karena banyak lulusan berkualitas yang menyenyam pendidikan di negara ini.
Tetapi, seperti sebelum Anda memutuskan untuk ke Jerman, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui sedikit sejarah negara Jerman ini. Agar pengetahuan Anda semakin bertambah dan membuat minat Anda untuk mengunjungi Jerman semakin tinggi.

Sejarah Negara Jerman

Jerman merupakan sebuah negara yang modern dan baru dimulai terbentuk sejak Konfederasi Jerman pada tahun 1915 yang digerakkan oleh Kerajaan Prusia. Kawasan ini telah memainkan banyak peran penting dalam sejarah Eropa, sejak jaman prasejarah.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Baca juga ” Beasiswa S2 di Jerman dan Langkah-langkah Mendapatkannya

Wilayah Republik Federal Jerman dihuni oleh bermacam-macam kelompok masyarakat etnik. Bahkan Homo neanderthalensis, yaitu sejenis primata yang sangat dekat dengan manusia (Homo Sapiens). Masa-masa sebelum kehadiran bangsa Romawi yang menuliskan bermacam catatan mengenai wilayah tersebut merupakan prasejarah Jerman.

Catatan sejarah negara Jerman ini dimulai dengan terdapatnya laporan-laporan Romawi dan Yunani tentang kaum yang menempati bagian utara Pegunungan Alpen. Pada saat ini disebut dengan era protosejarah.

Era ini dimulai pada abad ke-5, yang dinamakan Abad Pertengahan oleh para sejarawan. Masa itu, panggung sejarah didominasi suatu federal longgar berbagai kaum feudal yang dikenal dengan Kekaisaran Suci Romawi, yang membentang selama hampir 10 abad dari abad ke-9 sampai tahun 1806.

Saat masa kejayaannya, wilayah kekaisaran tersebut mencakup wilayah modern Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Perancis Timus, Swiss, dan Italia Utara modern. Pertengahan abad ke-16, saat hilangnya banyak teritori bangsa non-Jerman, kekaisaran ini dinamakan Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-Hari Beserta Artinya

Perang Napoleon telah mengubah alur sejarah negara Jerman, dari orientasi feodalisme menjadi negara militeristik, dengan dibentuknya Konfederasi Jerman pada tahun 1815-1866, Kekaisaran Jerman pada tahun 1817-1918, dan Republik Weimar tahun 1919-1933.

Setelah pemerintahan Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler pada tahun 1933-1945 yang membuat kehancuran bangsa pada Perang Dunia II, muncul Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) dengan simbol Perang Dingin, dan pada akhirnya Jerman bersatu kembali pada tahun 1990.

Profil Jerman

Jerman merupakan negara yang terletak di benua Eropa dengan bentuk pemerintahan Republik Federal Parlementer. Karena kalah pada Perang Dunia II, Jerman dulu pernah terpecah menjadi dua bagian yaitu Jerman bagian barat dikuasai oleh sekutu Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Jerman Barat disebut Republik Federal Jerman yang dibentuk pada tanggal 23 Mei 1949 dengan ibukota di Bonn. Lalu, Jerman bagian Timur dikuasai oleh Uni Soviet dengan membentuk negara baru yang disebut Republik Demokratik Jerman pada tanggal 7 Oktober 1949 dengan ibukota di Berlin.

Namun, pada tanggal 3 Oktober 1990. kedua negara ini bersatu kembali dengan nama Republik Federal Jerman dengan ibukota di Berlin. Oleh sebab itu, pada tanggal tersebut dinamakan Hari Persatuan Jerman.

Letak astronomis Jerman yang memiliki luas wilayah ini letaknya diantara 47°LU-55°LU dan 6°BT-15°BT. Sementara letak geografis Jerman dibatasi oleh negara Polandia, Ceko, dan Slovakia untuk sebelah timur, dan sebelah barat dibatasi oleh negara Belanda, Luksemburg, Belgia, dan Perancis.

Sebelah selatan Jerman dibatasi oleh negara Swiss dan Austria, lalu sebelah utaranya di batasi oleh laut Baltik, laut Utara, dan negara Denmark. Berdasarkan wilayah di Eropa, Jerman merupakan negara terbesar ketujuh dan terbesar ke-64 di dunia.

Jerman memiliki jumlah penduduk terbanyak di Eropa yaitu sejumlah 80.722.792 jiwa. Jerman adalah anggota dari kunci organisasi Uni Eropa dan menjadi penghubung transportasi barang dan jasa antar negara Eropa, dan merupakan negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia.

Sejarah Negara Jerman

Bangsa Jerman mayoritas memeluk agama Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Bahasa Jerman adalah bahasa resmi negara Jerman. Lagu kebangsaan negara Jerman yaitu berjudul Das Lied der Deutschen. Mata uang Jerman yaitu Euro (EUR).

Jerman terbagi menjadi 16 negara bagian, yaitu :
• Baden-Württemberg
• Bavaria
• Berlin
• Brandenburg
• Bremen
• Hamburg
• Hesse
• Mecklenburg-Vorpommern
• Lower Saxony
• North Rhine-Westphalia
• Rhineland-Palatinate
• Saarland
• Saxony
• Saxony-Anhalt
• Schleswig-Holstein
• Thuringia.

Jerman adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer yaitu negara dengan kepala negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahan Jerman adalah seorang Kanselir.

Baca Juga  Kursus Bahasa Jerman di Tangerang serta Tips Memilih Kursus

Presiden Jerman yang merupakan jabatan seremonial dipilih setiap 5 tahun oleh 630 anggota Federal Convention Jerman. Jabatan Kanselir diperoleh secara otomatis oleh kandidat utama pertai pemenang pemilihan umum federal Jerman yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.

Jerman memiliki ekonomi pasar sosial dan didukung oleh tenaga kerja yang memiliki kemampuan tinggi, kapitalisasi pasar yang besar, tingkat korupsi yang rendah, dan tingkat inovasi yang tinggi.

Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar dan terkuat di Eropa, Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar keempat dunia, pendapatan nasional bruto terbesar kelima dunia, serta kontributor terbesar ke Uni Eropa tahun 2011.

Jerman juga menjadi pencetus ekonomi dan integrasi politik Eropa. Banyak kebijakan-kebijakan yang diusulkan Jerman yang digunakan sebagai kebijakan Uni Eropa. Dari 500 perusahaan terbesar di dunia yang ditulis oleh Fortune Global 500, 37 di antaranya berkantor pusat di Jerman.

Perusahaan-perusahaan Jerman yang terkenal sampai seluruh dunia di antaranya yaitu Mercedes-Benz, BMW, SAP, Siemens, Volkswagen, Adidas, Audi, Allianz, Porsche, Bayer, Bosch, dan Nivea. Jerman banyak dikenal karena perusahaan kecil dan menengahnya yang spesialis.

Kepala Pemerintahan Jerman

Presiden Jerman, secara resmi Presiden Republik Federal Jerman adalah kepala negara Jerman. Jerman menganut sistem parlementer yang mana Kanselir merupakan tokoh politik utama negara dan kepala eksekutif de facto. Tetapi, Presiden memiliki peran, walaupun bukan posisi eksekutif, lebih dari sekedar seremonial.

Presiden memiliki keleluasaan yang luas tentang cara menjalankan tugas resmi mereka. Presiden memberikan arahan terhadap politik umum dan perdebatan sosial dan memiliki beberapa kekuasaan cadangan pada ksus ketidakstabilan politik.

Kaselir Jerman merupakan Kepala Pemerintahan Jerman. Gelar resmi kanselir dalam bahasa Jerman adalah Bundeskanzler, terkadang disingkat menjadi Kanzler. Istilah tersebut berawal pada abad pertengahan, yaitu sebuah istilah Latin, yakni cancellarius.
Pada politik Jerman, Kanselir setara dengan perdana menteri di berbagai negara lain. Jerman mempunyai dua penerjemah setara dengan perdana menteri, yaitu Premierminister dan Ministerprasident.

Premierminister mengacu kepada kepala pemerintahan dari negara-negara asing seperti Britania Raya. Sedangkan Ministerprasidentbisa merujuk kepada kepala pemerintahan sebagian besar negara bagian Jerman.

Kanselir Jerman saat ini bernama Angela Merkel yang melayani selama periode ketiganya di kantor. Ia merupakan kanselir wanita pertama sehingga menjadi terkenal di Jerman sebagai Bundeskanzlerin.

Kantor Kanselir terus berevolusi dari posisi yang dibuat untuk Otto von Bismarck pada Konfederasi Jerman Utara pada tahun 1867. Konfederasi ini terus berkembang hingga menjadi negara Jerman dengan Penyatuan Jerman pada tahun 1871. Peran Kanselir sangat banyak dalam sejarah modern Jerman dan hingga saat ini Kanselir merupakan pemimpin efektif negara.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"