Inilah 6 Perbedaan Photoshop CS dan CC Paling Mendasar

Perbedaan photoshop cs dan cc – Dewasa ini, kebutuhan akan aplikasi untuk mengedit foto dan gambar semakin tinggi. Di era digital yang menuntut kreativitas dan inovasi ini menuntut setiap konten yang dibuat di media sosial khususnya untuk digital marketing harus semenarik mungkin.

Selain untuk kebutuhan di media sosial dan bisnis, mengedit foto dan gambar juga diperlukan untuk kebutuhan pribadi. Seperti untuk memberikan kejutan atau kado ulang tahun, kado pernikahan, koleksi kenang-kenangan, dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Adobe Photoshop CS dan CC.

Baca juga ” Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Baik Adobe Photoshop CS dan CC, keduanya menjadi aplikasi yang banyak digunakan saat ini untuk mengedit foto maupun gambar. Secara teknis dan fungsi kedua jenis software aplikasi ini tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Adob CS (Creative Suite) dan Adobe CC (Creative Cloud) memiliki perbedaan mendasar pada segi lisensi, pemakaian, dan lisensinya.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Apa Perbedaan Photoshop CS dan CC?

Pengertian Adobe Photoshop CS sendiri merupakan perangkat lunak editor buatan Adobe System yang memang dikhususkan untuk mengedit foto dan gambar serta pembuatan efeknya. Aplikasi Photoshop CS (Creative Suite) menjadi versi ke-8 dari Adobe Photoshope. Versi seterusnya dilanjutkan mulai dari CS4, CS5, CS6, CS7, dan seterusnya.

Sedangkan Adobe Photoshop CC (Creative Cloud) merupakan versi lain dari aplikasi Photoshop yang dikeluarkan sejak tahun 2013. Versi ini sekilas mirip dengan versi Adobe CS6 dan dilengkapi dengan fitur-fitur untuk para fotografer dan ahli desain.
Secara umum, perbedaan Photoshop CS dan CC bisa dilihat dari beberapa faktor berikut ini:

Baca Juga  Mengenal Google Ads Express Beserta Tips Menggunakan Google Adwords Express

1. Lisensi
Perbedaan Photoshop CS dan CC dari segi lisensi, jenis Adobe Photoshop CS memiliki lisensi yang bisa digunakan seumur hidup maksimal untuk dua komputer dan harus dibeli di muka. Sedangkan Adobe Photoshop CC menawarkan sistem sewa yang mana penggunanya tidak mendapat hak kepemilikikan secara total.

Untuk menggunakannya terdapat jangka waktu tertentu mulai dari 4 bulan, 6 bulan, hingga tahunan. Setelah masa lisensi habis, maka pengguna harus melakukan perpanjangan agar tetap bisa digunakan lagi.

2. Upgrade Versi
Adobe CC lebih unggul dari segi instalasi dibandingkan dengan Adobe Photshop CS karena versi ini tidak mengharuskan aplikasi tersebut terinstal di komputer. Pemegang lisensi cukup masuk ke halaman Adobe Console dan melakukan pengaturan pengguna yang diperbolehkan menggunakan aplikasi tersebut.

Sehingga dapat mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan memakai aplikasi tersebut secara bebas dan gratis. Sedangkan Adobe CS harus menggunakan instansi secara manual dan mengharuskan aplikasi tersebut untuk terpasang pada komputer atau laptop.

perbedaan photoshop cs dan cc

3. Penyimpanan Data
Untuk melakukan pertukaran dan penyimpanan data, Adobe Photoshop CS memakan waktu yang lebih lama dan kurang efektif. Anda harus memindahkan data tersebut melalui harddisk eksternal, flashdisk, dan email.

Hal ini dapat memenuhi memori perangkat penyimpanan dan dinilai tidak praktis karena setiap akan membuka file harus menghubungkan perangkat tersebut dengan komputer.

Adobe CC bisa menyediakan penyimpanan pada cloud storage hingga 20GB dan bisa diakses dengan mudah selama ada akses internet yang memadai. Anda bisa mengakses data-data foto dan gambar yang telah diedit kapan saja dan di mana saja serta bisa dengan mudah melakukan kolaborasi dengan orang lain.

4. Fitur-fitur Bawaan
Perbedaan Photoshop CS dan CC dari segi fitur yaitu Photoshop CC memiliki fitur yang lebih lengkap untuk mengedit foto dan gambar. Sehingga sangat direkomendasikan untuk para fotografer dan desainer grafis profesional agar hasil editannya lebih maksimal.

Photoshp CC memiliki panel untuk melakukan editing pada bagian shape untuk memaksimalkan hasil edit foto agar menjadi lebih baik. Selain itu, terdapat pula fitur lain yang tidak dimiliki Photoshop CS seperti smart sharpen, multipath, dan seleksi shape.

Baca Juga  Pengertian Pemasaran Hingga Riset Pemasaran

5. Harga
Perbedaan Photoshop CS dan CC jika dilihat dari segi harga, Photoshop CC memberikan penawaran yang lebih murah dengan sistem sewanya. Hanya saja versi ini tidak memberikan keleluasaan kepada pemiliknya karena lisensinya tidak bisa untuk seumur hidup.

Biaya untuk menyewa Photoshop CC terbilang lebih murah dengan biaya sewa berkisar antara Rp130.000,00 – Rp250.000,00. Harga tersebut disesuaikan dengan paket yang dipilih baik untuk bisnis, desain, dan institusi pendidikan.

Sedangkan untuk Adobe Photoshop CS harus dibeli dengan harga jutaan rupiah untuk mendapatkan lisensi resminya. Sehingga Anda harus menyiapkan budget lebih agar bisa menggunakan Photoshop CS.

Namun, Anda mendapatkan keuntungan karena lisensinya bisa digunakan seumur hidup tanpa harus melakukan perpenjangan jika batas waktunya telah habis.

6. Fitur Tambahan Aplikasi
Selain fitur bawaan, terdapat pula fitur tambahan aplikasi yang ditawarkan oleh masing-masing versi CS dan CS. Photoshop CC memiliki program baru yang bernama Lightroom yang memiliki fungsi untuk memberi filter dan efek editing pada fotografi.

Sedangkan untuk versi CS masih belum memiliki fitur tambahan ini.
Selain itu, terdapat pula fitur menarik lain pada Photoshop CC seperti Camera Shake Reduction untuk menganalisa sudut-sudut kabur dalam foto. Anda bisa menambahkan pixel yang kosong agar gambar blur menjadi lebih tajam dengan menggunakan fitur ini.

Fitur-fitur lain seperti Smoothing Blur Trace Bounds, dan Artifact Suppression membuat hasil editan menjadi lebih mulus. Meskipun Photoshop CC lebih unggul dari segi fitur tambahan, kedua versi aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yang dinamakan 3D Tools.
Dari penjelasan perbedaan Photoshop CS dan CC tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa Photoshop CS lebih fokus untuk aplikasi offline sedangkan Photoshop CC lebih fokus untuk aplikasi online.

Setiap keunggulan yang dimiliki masing-masing versi tentu lebih tepat jika Anda menggunakannya sesuai kebutuhan. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan aplikasi Photoshop versi mana yang akan digunakan. Lebih afdol lagi jika Anda bisa memaksimalkan keduanya.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"