Tempat Pengusaha Muda Surabaya Berkumpul Bersama

Pengusaha Muda Surabaya – Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, dan bahkan melebihi kota Medan ataupun kota Bandung. Predikat ini tentu saja karena surabaya menjadi pusat pemerintahan provinsi, menjadi kota industri terbesar di Indonesia timur, serta memilii fasilitas penunjang utama di Indonesia Timur.

Beberapa fasilitas utama yang bisa kita temui di surabaya adalah pelabuhan galangan kapal besar seperti Tanjung Perak, Markas Angkatan Besar TNI Angkatan Laut di Dermaga Ujung, Bandara Juanda di Sidoarjo hingga tiga stasiun utama yang berada di tengah kota.

Fasilitas lainnya yang menjadi penunjang adalah rumah sakit yang masuk ke dalam terbaik di Indonesia, untuk rumah sakit negeri terdapat RSUD Soetomo yang menjadi rujukan di Indonesia timur, serta belasan rumah sakit swasta lainnya. Hal ini menjadi latar belakang yang mendukung berkembangnya ekonomi surabaya sebgaia kota industri.

Sebagai kota industri, pengusaha muda surabaya juga bermunculan di tengah derasnya arus perubahan. Bahkan jika anda sering memperhatikan berita, para pengusaha muda surabaya ini termasuk ke dalam crazy rich surabaya yang masuk ke dalam seratus besar pengusaha terkaya di Indonesia, percaya atau tidak?

Baca Juga  Coworking Space Jadi Tempat Ngerjain Tugas di Surabaya

Para pengusaha muda surabaya ini berumur dari belasan tahun hingga jika kita mengikuti aturan kementerian pemuda dan olahraga adalah maksimal umur tiga puluh tahun. Mereka ada yang hanya memiliki usaha di surabaya, memiliki pabrik di surabaya tetapi sering bolak-balik jakarta surabaya, namun banyak juga yang menetap di surabaya.

Bisnis apa saja yang dikerjakan pengusaha muda Surabaya?

pengusaha muda surabaya

Bisnis yang dikerjakan para pengusaha muda surabaya ini mulai dari hulu ke hilir, jika anda pernah membaca konsep industri hulu dan hilir, maka anda bisa tercengang bahwa ternyata di sebuah provinsi Jawa Timur saja, jumlah pengusaha muda surabaya yang memegang industri hulu ke hilir bisa berjumlah ratusan.

Beberapa industri hulu yang dimaksud adalah bahan baku, misalnya bahan baku kayu dari hutan-hutan di beberapa daerah jawa timur, industri bahan baku pangan ternak ayam dan itik, industri bahan baku kedelai seperti tahu dan tempe, serta industri bahan baku tekstil atau biasanya kita sebut sebagai industri garmen.

Sementara untuk industri hilir yang dipegang oleh pengusaha muda surabaya adalah industri makanan, retail, eceran hingga industri garam, kosmetik dan industri sembako (grosir makanan), di antara kedua industri tersebut juga ada yang bermain di industri pengapalan (ekspor impor) melalui pelabuhan tanjung perak.

Baca Juga  Menjadi Developer dengan Kursus Bootcamp Coding Jakarta

Organisasi apa saja yang dikerjakan pengusaha muda Surabaya?

Jika anda berminat untuk berinteraksi dengan para pengusaha muda surabaya, berikut beberapa organisasi pengusaha di surabaya yang bisa anda jadikan rujukan:

1. HIPMI atau biasa disebut dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia adalah kumpulan pengusaha muda surabaya yang berumur di bawah tiga puluh tahun dan mempunyai banyak cabang dari tingkat provinsi jawa timur hingga ke kabupaten dan kota di senatero jawa timur.

2. KADIN atau biasa disebut dengan Kamar Dagang dan Industri merupakan perkumpulan para pengusaha muda surabaya yang memiliki banyak organisasi, komunitas atau asosiasi wirausaha di kampus dan berbagai daerah dan berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi. KADIN sendiri mempunyai jaringan dari tingkat nasional hingga tingkat daerah.

3. Asosiasi pengusaha muda surabaya yang berada di tingkat kampus juga ada. Biasanya memang anggotanya hanya mahasiswa tingkatan sarjana dan pascasarjana, tetapi mereka juga sering berinteraksi dengan pengusaha umum dan bahkan menjalin kerjasama.

pengusaha muda surabaya

Bagaimana pemerintah memberdayakan pengusaha muda Surabaya?

Selanjutnya jika anda ingin berinteraksi secara intensif dengan para pengusaha muda surabaya, selain bergabung ke dalam HIPMI Surabaya atau Kadin Jawa Timur, anda juga bisa bergabung ke asosiasi wirausaha di tingkat kampus atau lokal dan juga bisa mendatangi tempat berkumpul para pengusaha muda surabaya:

1. Wirausaha expo yang biasanya diadakan di Jatim Expo ini merupakan tempat berkumpulnya para pengusaha muda surabaya untuk berdiskusi, melakukan pameran dan juga mengadakan seminar-seminar training kewirausahaan.

2. Acara pelatihan HIPMI dan Kadin tentunya juga menjadi ajang tempat berkumpul pengusaha muda surabaya

3. Home base atau markas yang biasanya menjadi tempat jujugan pengusaha muda surabaya untuk berdiskusi adalah coworking space, di tempat ini anda akan menemukan para pengusaha muda surabaya dari kalangan generasi milenial.

Leave a comment