Pengertian Kata Kunci, Kegunaan, serta Tips Memilih Kata Kunci yang Tepat

Pengertian Kata Kunci – Ketika Anda ingin mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google pasti Anda memikirkan kata kunci seperti apa yang sesuai dengan layanan atau produk yang Anda cari. Kata kunci atau keyword fungsinya untuk memudahkan Anda dalam mencari informasi yang Anda butuhkan. Tahukah Anda Apa itu kata kunci ? Yuk kita simak pengertian kata kunci berikut ini.

Pengertian Kata Kunci , Apa Itu Kata Kunci?

Pengertian kata kunci adalah suatu kata yang digunakan sebagai kunci atau kode yang digunakan untuk menghubungkan antara satu kata ke kata lain atau satu informasi ke informasi lain.
Dengan kata lain, kata kunci adalah suatu kode yang memiliki posisi yang istimewa dalam sebuah kalimat atau bacaan karena dapat digunakan sebagai petunjuk ke bagian lain dari bacaan yang sama atau menerangkan inti dari sebuah informasi atau bacaan.

Kata kunci menurut Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah kata atau frasa yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai atau bisa juga untuk menggambarkan produk atau layanan untuk membantu menentukan waktu dan tempat iklan dapat muncul.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Hilang

Kata kunci menjadi salah satu unsur penting dalam pemahaman sebuah bacaan. Dengan menemukan kata kunci, kita akan mengetahui inti atau topik yang dibahas dalam sebuah bacaan atau informasi.
Untuk dapat menentukan kata kunci dari sebuah bacaan, kita harus terlebih dahulu mengetahui inti yang sedang dibahas dalam bacaan tersebut, baik dengan menemukan terlebih dahulu ide pokok maupun kerangka karangan yang digunakan.

Kemudian kata kunci bisa dirumuskan dengan mencari inti dari seluruh ide pokok tersebut. Kata kunci pada blog terbagi menjadi kata kunci pendek dan kata kunci panjang. Kata kunci pendek tediri dari maksimal dua suku kata yang biasanya mempunyai persaingan yang sangat ketat dalam mesin pencari.
Kata kunci panjang merupakan kata kunci yang lebih dari dua suku kata dan relatif lebih kurang pesaingnya pada mesin pencari. Nah, jika Anda ingin menentukan kata kunci pada blog, sebaiknya Anda melakukan riset kata kunci.

Baca Juga  Cara Membuat Iklan di Google Adwords dengan Mudah

Apa Itu Riset Kata Kunci?

Riset kata kunci sangat diperlukan saat akan membuat sarana online, seperti website atau online shopping. Yang dimaksud riset kata kunci adalah melakukan penelitian kata kunci apa yang diketik di mesin pencari saat ingin mencari sesuatu.

Riset kata kunci biasanya menggunakan Google Suggest, Google Keyword Planner, atau Google Trend. Anda harus pintar dalam memilih kata kunci karena jika Anda memilih kata kunci yang tepat maka halaman mesin pencari akan menampilkan informasi yang cocok untuk Anda.

Bagaimana Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat ?

Pemilihan kata kunci yang tepat menjadi langkah awal yang harus Anda lakukan dalam membuat artikel di era digital. Hal ini dilakukan agar tulisan Anda dapat muncul di halaman pertama pada mesin pencari dan dibaca oleh banyak pengunjung internet.

Hubungan yang kuat antara isi artikel yang dibuat dengan kata kunci membuat artikel tersebut lebih mudah untuk ditemukan. Oleh sebab itu, sebelum menyusun artikel, lakukan terlebih dahulu pemilihan kata kunci yang tepat dan yang paling popular.

Kemudian masukkan kata kunci tersebut ke dalam artikel agar tulisan Anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak digunakan sangat mudah. Terdapat berbagai layanan analisa Kata Kunci online yang bisa Anda gunakan secara gratis, salah satunya adalah KWFinder.

Contoh menggunakannya adalah ketika Anda ingin membuat artikel dengan tema “Hidup Sehat”, Anda tinggal mengetikkan saja kata kunci tersebut pada kolom yang sudah disediakan di laman tersebut.
Selanjutnya Anda tinggal klik Find Keywords maka akan muncul berbagai pilihan kata kunci yang memuat tema “Hidup Sehat” berserta dengan jumlah pencarian di mesin pencari.

Mengapa Mencari dan Menentukan Kata Kunci Sangat Penting?

Kata kunci merupakan hal penting dalam input dari proses Search Engine Optimization (SEO) dan hasil dari pencarian di search engine merupakan output, sehingga strategi marketing SEO tidak akan bisa berjalan.

Pengertian Kata Kunci

Dimanakah Tempat yang Tepat untuk Meletakkan Kata Kunci pada Artikel Website?

Dalam SEO, meletakkan posisi Kata Kunci pada artikel adalah langkah kedua setelah melakukan riset kata kunci. Langkah satu ini tidak kalah penting dalam menentukan bagaimana mesin pencari akan merangking website Anda.

Banyak orang yang dapat melakukan riset kata kunci tetapi tidak banyak yang dapat meletakkan kata kunci yang baik dengan tepat. Berikut adalah tempat yang tepat untuk meletakkan kata kunci pada website Anda:

Baca Juga  Inilah 6 Perbedaan Photoshop CS dan CC Paling Mendasar

1. Judul Konten dan Meta Title

JIka Anda beranggapan bahwa judul artikel dan meta title adalah sama berarti Anda keliru, karena kedua hal ini cukup jauh perbedaannya. Salah satu perbedaannya yang paling mencolok adalah bahwa judul konten atau artikel tersebut untuk dibaca oleh manusia sedangkan meta title untuk dibaca oleh mesin pencari. Sebaiknya antara judul konten, artikel, dan meta title harus dibuat berbeda dan mengandung Kata Kunci yang sudah diriset sebelumnya.

2. Struktur URL

URL adalah rangkaian teks yang biasanya muncul pada address bar browser Anda yang bertujuan sebagai alamat dari suatu konten atau artikel.

3. Meta Description

Jika Anda membagikan URL suatu website ke sosial media, maka otomatis akan muncul rangkaian teks yang memberikan penjelasan dari artikel yang Anda bagikan URLnya. Rangkaian teks tersebut yang dinamakan dengan meta description yang tujuannya agar mudah dibaca oleh mesin pencari. Oleh sebab itu, isinya bisa saja berbeda dengan konten yang Anda buat.

4. Judul Gambar atau Nama File

Pada mesin pencari, pengguna internet tidak hanya mencari konten yang berisi teks berupa artikel saja, melainkan konten yang berisi gambar atau video. Dengan dilakukan optimasi pada gambar atau video yang Anda pakai pada artikel dapat memberikan tambahan trafik yang cukup tinggi.

5. Inbound Link

Inbound link merupakan link yang mengarah pada website Anda. Contohnya, jika pada suatu website terdapat kata yang jika Anda klik akan mengarah ke website Anda, maka itu merupakan inbound link.
Jika di website Anda terdapat suatu link yang mengarah website orang lain, maka itu merupakan outbound link. Inbound link adalah salah satu strategi dalam link building atau backlink.

Jika sumber website yang mencantumkan URL website Anda memiliki reputasi yang bagus, maka website Anda rangkingnya akan naik di hasil pencarian pada mesin pencari. Anda bisa bekerja sama dengan orang lain untuk menempatkan kata kunci pada inbound link yang menuju website Anda.
Demikian penjelasan mengenai apa Itu kata kunci, cara memilih kata kunci yang tepat, kegunaan kata kunci, serta cara meletakkan kata kunci yang tepat. Semoga artikel Pengertian Kata Kunci diatas dapat membantu Anda dalam membuat konten yang mudah dicari di mesin pencari.

 

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"