Netizen Adalah Istilah yang Sering Muncul di Internet, Apa Artinya?

Netizen Adalah – Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna aktif media sosial yang cukup tinggi hingga mencapai puluhan juta. Kata “netizen” begitu melekat bagi pengguna internet khususnya media sosial.
Tak jarang istilah ini seperti menjadi momok bagi para pengguna media sosial karena kata-kata dari netizen terkadang tajam dan menyakitkan. Pendapat negatif maupun positif yang dikeluarkan oleh netizen sangat mudah dan bebas dilontarkan untuk siapapun. Lalu, apa arti netizen?

Pengertian Netizen Adalah

Pengertian netizen adalah pengguna (user) internet yang aktif dalam mengeluarkan pendapat, berkomunikasi, dan berkolaborasi di media internet seperti media sosial atau website. Arti netizen sendiri berasal dari dua kata, yaitu internet dan citizen yang berarti warga.

Sehingga bisa diambil kesimpulan lain bahwa netizen artinya warga atau orang-orang di negara tertentu yang aktif dalam menggunakan internet untuk mengeluarkan apapun pendapatnya baik positif maupun negatif.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Orang-orang yang disebut sebagai netizen adalah mereka para pengguna facebook, instagram, twitter (tweeps), blogger, dan aktivis media sosial lainnya. Namun, tidak semua pengguna internet dan media sosial disebut sebagai netizen.

Pengguna (user) yang hanya sesekali membuka media sosial atau internet untuk mengirim dan membaca email, maka belum bisa disebut sebagai netizen. Aktivitas netizen pun bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari komentar, saling berbagi postingan, berbagai tagline, hingga ngobrol dengan pengguna media sosial lainnya.

Baca Juga : Kursus GED Surabaya

Istilah ‘netizen’ sendiri pertama kali ditemukan oleh Michael F. Hauben pada pertengahan 1990-an dalam tulisannya yang berujudul “The Net and Netizens: The Impact the Net Has on People’s Lives”.
Tulisan ‘netizen’ tercantum dalam paragraf pertama yang kurang lebih bunyinya “Selamat datang di abad ke-21. Anda adalah seorang ‘netizen’ (seorang penduduk Net)…” Berawal dari tulisan ini kemudian beliau dijuluki sebagai pelopor istilah netizen. Selain istilah netizen, dikenal juga istilah netizen journalism.

Baca Juga  6 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Arti netizen journalism yaitu jurnalistik warga internet. Berbeda dengan jurnalis atau wartawan pada umumnya, hanya berperan sebagai orang-orang yang sebatas share dan comments pada berita-berita yang beredar di internet. Mereka memberi koreksi, pujian, kritik, saran, komentar, dan membagikan berita-berita yang ada kepada teman-teman atau follower di media sosialnya.

Peran Netizen Adalah

Bukan sekedar istilah, netizen ternyata juga memiliki peran penting dalam berbagai bidang di internet. Mulai dari bidang sosial, ekonomi, sosial, pendidikan, sport, hiburan, dan lain sebagainya. Komunikasi yang mereka lakukan dan pendapat serta ide yang mereka suarakan bisa memberikan dampak positif yang sangat luas bagi masyarakat.

Dengan catatan, komunikasi dan pendapat yang disampaikan harus bernilai positif dan bukan sekedar komentar pedas atau cacian yang hanya akan menimbulkan dampak negatif di internet.
Berikut ini peran netizen yang bisa membawa dampak positif, di antaranya:

• Menyebarkan berita-berita terbaru agar viral dan mudah diketahui oleh masyarakat
• Menyuarakan ide dan pendapat dengan bebas dan leluasa tanpa ada tekanan
• Menyebarkan informasi yang bermanfaat yang ada di media sosial maupun website agar dampaknya bisa dimanfaatkan secara luas
• Membantu menyebarluaskan informasi tentang kegiatan sosial kerelawanan, penggalangan dana, dan sejenisnya agar lebih banyak warganet yang turut membantu

Sebelum peran netizen sebebas dan seluasan seperti sekarang ini, dulu pernah ada rancangan undang-undang SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA dalam rangka memberantas konten bajakan. Netizen kemudian melakukan kampanye besar-besaran di internet dan dunia nyata hingga akhirnya berhasil membatalkan rancangan undang-undang tersebut.

Netizen Adalah

Cara Menjadi Netizen yang Bijak

Penggunaan media sosial yang semakin pesat dan meningkat menjadi keuntungan sekaligus tantangan yang besar. Pengguna media sosial bisa dengan mudah memanfaatkan media sosial untuk promosi bisnis, belajar online secara gratis, maupun menjalin komunikasi dengan sesama teman.

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Pemula

Namun, media sosial juga menghasilkan dampak yang kurang baik jika netizen tidak bisa menggunakannya dengan bijak. Komentar-komentar pedas netizen yang kurang etis dapat memberi dampak buruk bagi yang di-bully atau dikomentari.

Mereka bisa menjadi tidak percaya diri, stress dengan komentar netizen, bahkan bisa berdampak depresi dan mengakibatkan gangguan kesehatan mental lainnya yang tidak sepele.

Dalam hal penggunaan media sosial, seorang netizen harus mampu memanfaatkan platform tersebut dengan bijak. Sehingga peran netizen di dunia maya pun bisa menjadi lebih bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi netizen yang cerdas dan bijak, di antaranya:

• Tidak terlalu kepo dengan urusan pribadi orang lain hingga melewati batas privasi dan stop mengurusi urusan orang lain karena tidak semua yang dilakukan orang lain harus kamu ketahui
• Tidak menjelek-jelekkan orang lain dengan memberi komentar negatif yang menyakiti orang lain di media sosial karena bisa memicu fitnah
• Tidak mudah menyebarkan berita dan informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan jangan judge orang lain sembarangan
• Pilih informasi yang baik dan jangan terlalu mudah termakan berita hoax apalagi menyebarkan berita hoax tersebut
• Jaga etika komunikasi di ruang publik dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak kasar
• Memberikan komentar positif di media sosial dengan kritik yang membangun dan tidak menghakimi
• Manfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif seperti mencari informasi atau menyebarkan positive vibes

Cara-cara di atas bisa dilakukan dengan mudah dan diharapkan dapat menggerakkan netizen untuk mengurangi kejahatan di media sosial. Karena tak bisa dipungkiri sebaran informasi dan komentar negatif di media sosial bisa berdampak sangat buruk bagi mental orang lain. Dengan sikat hati-hati seorang netizen di media sosial tentu penggunaan media sosial dan internet pun akan menjadi lebih sehat.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"