16 Negara Bagian Jerman dan Letak Geografisnya

Terdapat 16 Negara Bagian pada batas – batas Negara Jerman merupakan salah satu negara maju di benua Eropa yang berbentuk federasi.

Batas – Batas Negara Jerman

Letak geografis Jerman berbatasan dengan Denmark serta garis pantai Laut Utara dan Laut Baltik di sebelah utara. Di bagian barat, Jerman berbatasan langsung dengan Perancis, Belanda, dan Belgia.

Di sebelah selatan, berbatasan dengan Swiss dan Austria. Sedangkan di sebelah timur berbatasan langsung dengan Polandia dan Republik Ceko.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"
Baca Juga  8 Kampus di Jerman Yang Cocok Untuk Mahasiswa Asing

Negara-negara bagian di Jerman yang sekarang terdiri dari 16 negara bagian ini dibentuk sejak Perang Dunia II berakhir secara bertahap. Berikut ini negara-negara bagian tersebut:

  1. Bayern

Bayern yang dikenal dengan nama Bavaria ini beribukota di Münich atau Munchen. Negara bagian ini terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah serta pakaian tradisional dan makanan khasnya yang populer di dunia. Bayern terletak di bagian paling selatan Jerman dan berbatasan secara internasional dengan Republik Ceko dan Austria.

  1. Baden-Württemberg

Baden-Wüttemberg beribukota di Stuttgart dan merupakan negara bagian di Jerman yang berada di paling selatan sebelah barat. Negara bagian ini berbatasan langsung dengan Swiss dan Perancis. Salah satu motonya yang sangat terkenal adalah “kami bisa mengerjakan segala hal”. Moto tersebut benar-benar terbukti dengan produktivitas tinggi warganya yang berhasil memproduksi barang terkenal yang bermutu tinggi seperti mobil Mercedes.

  1. Berlin

Negara bagian berbentuk kota yang juga beribukota di Berlin ini sangat populer di dunia dan terkenal dengan Tembok Berlin-nya. Berlin menjadi negara bagian yang berperan sebagai pusat politik di Uni Eropa serta menjadi salah satu kota metropolitan tersibuk di Eropa.

Berbagai lalu lintas kegiatan mulai dari ekonomi, politik, budaya, pendidikan, sains, dan lain sebagainya terpusat di Berlin. Negara bagian Jerman ini tidak berbatasan langsung dengan negara-negara lain di Eropa secara internasional. Salah satu batas negara yang paling dekat secara geografis adalah Polandia dengan jarak 70 km ke arah timur.

  1. Hamburg

Letak geografis negara bagian yang berbentuk kota ini berada di bagian utara negara Jerman. Negara bagian Hamburg beribukota di Kota Hamburg dan salah satu kotanya menjadi pintu gerbang Jerman ke seluruh dunia tepatnya di Kota “Hansa” yang berada di tepi Sungai Elbe.

  1. Bremen

Bremen merupakan salah satu dari 16 negara bagian yang memiliki dua kota yaitu Bremen dan Bremenhaven. Kota yang dikenal dengan nama Free Hanseatic City of Bremen ini berada di sisi utara negara Jerman dan berbatasan langsung dengan Belanda serta Laut Utara. Kota negara bagian terkecil di Jerman ini berada tepat di tengah-tengah negara bagian Niederschsen. Bremen juga terkenal sebagai tempat untuk transaksi tembakau dari seluruh dunia.

  1. Niederschsen

Negara bagian yang beribukota di Hannover ini lebih banyak didominasi dengan pemandangan alam dibandingkan kota. Salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di sini adalah kawasan laut Watt dan kawasan pegunungan di aliran sungai Weser. Secara geografis, negara bagian ini berbatasan langsung Belanda, Laut Utara, dan Hamburg.

  1. Nordrhein-Westfalen

Nordrhein-Westfalen merupakan negara bagian di Jerman dengan populasi terbesar dan terkenal dengan warganya yang selalu optimis menyambut karnaval tahunan. Negara bagian yang beribukota di Düsseldorf ini berbatasan langsung dengan sebagian wilayah di Belanda dan Belgia. Kota yang memiliki kota terbesar Köln ini dulunya terkenal sebagai kawasan industri besi, baja, dan penambangan batubara.

  1. Rheinland-Pfalz

Negara bagian Rheinland-Pfalz yang beribukota di Mainz ini berbatasan langsung dengan Belgia dan Prancis. Negara bagian yang terkenal dengan alamnya yang indah terutama di kawasan sungai Rhein dan Mosel ini juga memiliki hamparan kebun anggur serta kawasan hutan yang luas.

Baca Juga  Contoh Sederhana Percakapan Bahasa Jerman Untuk Pemula
  1. Hessen

Hessen beribukota di Wiesbaden dan tepat berada di tengah-tengah negara Jerman. Salah satu kota yang paling terkenal di negara bagian ini adalah Frankfurt yang terkenal dengan kawasan perbankannya dan bandara internasional tersibuk di Eropa. Hessen juga terkenal dengan lanskap pemandangan dongeng Grimm bersaudara.

  1. Saarland

Negara bagian yang beribukota di Saarbrücken ini berbatasan langsung dengan Luxemburg dan Perancis. Saarland merupakan salah satu negara bagian terkecil di Jerman.

  1. Schleswig-Holstein

Schleswig-Holstein beribukota di Kiel dan merupakan negara bagian yang berada di bagian paling utara negara Jerman. Negara bagian ini berbatasan langsung dengan Denmark, Laut Utara, dan Laut Baltik.  Schleswig-Holstein ini terkenal dengan pemandangan wisatanya yang indah dan memiliki satu event olahraga lomba kapal layar yang terkenal di dunia.

  1. Mecklenburg-Vorpommern

Mecklenburg-Vorpommern ini merupakan bekas negara bagian Timur yang terkenal dengan wisata pesisir di Laut Baltik karena negara ini tepat berada di bagian utara sisi timur Jerman. Selain berbatasan dengan Laut Baltik, negara bagian ini juga berbatasan dengan Polandia. Karena posisinya di pesisir laut, negara bagian ini terkenal dengan industri galangan kapalnya.

  1. Brandenburg

Bradenburg ini merupakan negara bagian yang berada di sisi barat negara Jerman dan berbatasan langsung dengan Polandia. Negara bagian ini beribukota di Postsdam dan terkenal dengan danaunya yang indah dan megah.

  1. Sachsen

Sachsen berada di bagian paling timur Jerman dan berbatasan langsung dengan Republik Ceko. Negara bagian ini beribukota di Dresden dan terkenal dengan kekayaan budayanya yang bergaya barok dan pemandangan alamnya yang indah sehingga dijuluki Swiss-nya Sachsen.

Baca Juga  Ingin Kuliah S2 di Jerman? Beasiswa S2 Jerman Ini Bisa Kamu Apply
  1. Sachsen-Anhalt

Negara bagian yang beribukota di Magdeburg ini berada di tengah-tengah negara Jerman. Beberapa tempat wisata yang ada di negara bagian ini termasuk ke dalam warisan budaya UNESCO seperti Wörlitz-Dessau dan mahakarya arsitektur modern Bauhaus dari arsitek legendaris Walter Gropius.

  1. Thüringen

Thüringen merupakan negara bagian baru yang mendapat julukan jantung hijau dan titik pusatnya Jerman. Negara bagian bekas Jerman Timur ini beribukota di Erfurt dan terkenal dengan para pemikir besarnya seperti Schiller und Goethe dan Luther.

Setiap negara bagian tersebut memiliki kekhasan masing-masing sehingga sangat menarik untuk mengenal dan mempelajari negara bagian .

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"