Masa Berlaku TOEFL

Saat ini banyak sekali lembaga yang menawarkan jasa pelatihan dan tes TOEFL karena kebutuhan akan sertifikat ini bisa dibilang sangat tinggi. Informasi mengenai tes TOEFL masih sangat asing bagi beberapa orang yang baru saja masuk ke dunia bahasa inggris.

Test Preparation dan Assessment TOEFL Kamu Sekarang. Gratis !

Banner-Kursus-IELTS

Banner-Kursus-IELTS

Sebagian orang yang memiliki sertifikat TOEFL pun belum tentu tahu masa berlaku TOEFL tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran untuk mengenal lebih jauh mengenai TOEFL. Di Indonesia, tes TOEFL digunakan untuk para pelajar yang akan masuk ke universitas atau para pelamar pekerjaan yang ingin bekerja di perusahaan multinasional.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Tes TOEFL itu sendiri akan menguji Anda dengan 4 skill yaitu mulai dari kemampuan membaca atau reading, kemampuan menulis atau writing, kemampuan mendengarkan atau listening, dan kemampuan berbicara atau speaking.

Pada saat ini, TOEFL sudah dipakai oleh kurang lebih 25 Juta mahasiswa di seluruh dunia dan mempunyai kurang lebih 45.000 pusat tes TOEFL yang sudah diselenggarakan di 165 negara. Tertarik untuk mengikuti tes TOEFL? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Tes TOEFL?

Test OF English As A Foreign Language atau yang biasanya disingkat menjadi TOEFL, yaitu sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Pemilik atau penyelenggara tes TOEFL secara resmi yaitu bahasa Internasional yang bernama ETS.

Sertifikat TOEFL yang diakui secara resmi di dunia adalah yang memiliki logo ETS. Di Indonesia sendiri perwakilan ETS bernama IIEF. Dalam penyelenggaraan tesnya, IIEF bekerja sama dengan banyak lembaga pendidikan di seluruh Indonesia seperti di universitas, Akademi, LPK, dan lainnya yang memenuhi persyaratan.

Untuk biayanya sendiri tergantung dari jenis tes seperti apa yang Anda pilih. Untuk tes TOEFL seperti PBT dan ITP tergolong murah jika dibandingkan dengan tes TOEFL IBT. Biaya untuk tes TOEFL PBT dan ITP hanya sekitar Rp 475.000 – Rp 600.000 tergantung dari lokasi dan penyelenggaranya.

Struktur Tes TOEFL

Pada tes TOEFL ITP menggunakan sistem Paper Based Test (PBT) yaitu menggunakan media kertas dalam pengerjaannya. Perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk tes ini adalah pensil 2B, penghapus, rautan, dan alas lembar jawaban. Tes ITP biasa digunakan untuk lamaran kerja atau mendaftar beasiswa.

Tes TOEFL dibagi menjadi 3 bagian yaitu mendengarkan atau listening, tata bahasa atau structure and written expression, dan membaca atau reading. Waktu pengerjaan untuk seluruh tes sekitar 155 menit. Semua soal disajikan dalam bentuk pilihan ganda dengan total soal 140 soal. Skor paling rendah yang Anda peroleh adalah 310 dan yang paling tinggi adalah 677.

Berapa Minimal Skor yang Harus Diraih?

Untuk mengetahui berapa minimal skor TOEFL yang harus Anda peroleh coba sesuaikan saja dengan keperluan Anda. Jika Anda ingin melamar ke perusahaan BUMN, maka minimal skor yang harus Anda penuhi 500.

Jika Anda ingin mendapatkan beasiswa, maka minimal skor yang harus Anda peroleh 550. Jika Anda ingin melamar PNS atau ke perusahaan umum lainnya, maka minimal skor yang harus Anda peroleh 450. Karena beda tujuan Anda beda pula skor yang Anda penuhi.

Macam-Macam Tes TOEFL

Terdapat beberapa macam tes TOEFL yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu :

  1. Paper Based Test (PBT)

Jenis TOEFL PBT ini masih tergolong umum dan masih dikerjakan menggunakan media kertas yang terdiri dari lembar soal dan jawaban. Bentuk soal dari jenis TOEFL ini adalah pilihan ganda dengan materi ujian listening, reading, dan structure.

Durasi untuk pengerjaanya selama 3 jam dan mempunyai rentang skor 310-667. Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin mengambil tes ini sekitar Rp 450.000 – Rp 500.000.

  1. Internet-Based Test (IBT)

Pada jenis tes TOEFL ini cukup berbeda dengan tes yang lain karena menggunakan media komputer dan internet. Pada tes TOEFL jenis ini, Anda harus menyelesaikan soal yang terdiri dari reading, writing, listening, dan speaking melalui komputer yang terkoneksi dengan internet.

Durasi untuk mengerjakan soal ini kurang lebih 4-5 jam dengan penilaian skor mulai dari 0-120. Tes ini biayanya masih tergolong mahal yaitu sekitar Rp 2.800.000 untuk 1 kali tes.

  1. Computer-Based Test (CBT)

Sama seperti tes TOEFL IBT, pada tes TOEFL CBT menggunakan komputer sebagai medianya. Tetapi, pada CBT tidak memerlukan koneksi internet untuk mengerjakannya. Pada tes jenis ini, Anda akan mengerjakan soal-soal berupa reading, structure, dan writing melalui software yang sudah terinstal di komputer.

Kisaran skor untuk menyelesaikan tes ini adalah sekitar 30-300. Untuk biayanya, tes ini tergolong murah karena hanya berkisar Rp 350.000-Rp 500.000.

  1. Institutional Testing Program (ITP)

Tes jenis ini adalah tes yang diselenggarakan oleh universitas atau lembaga bahasa yang terpercaya. Sertifikat TOEFL jenis ini hanya berlaku di dalam negeri dan beberapa negara Asia.

Walaupun begitu, soal yang diberikan masih mengikuti standar International mulai dari listening, reading, sampai dengan structure. Untuk rentang skornya sama seperti PBT yaitu sekitar 310-667. Biaya yang harus dibayar untuk mengikuti tes ini adalah sekitar Rp 350.000-Rp 550.000.

  1. TOEFL Prediction atau TOEFL-Like Test

TOEFL Prediction secara umum digunakan untuk memprediksi skor TOEFL Anda sebelum mengikuti tes TOEFL yang sebenarnya. Meskipun prediksi, beberapa instansi seperti di CPNS masih mengijinkan pelamarnya untuk melampirkan hasil TOEFL Prediction ini.

Tes TOEFL Prediction ini diselenggarakan oleh lembaga bahasa yang mengadakan tes TOEFL dan rentang skor yang harus diraih sama seperti untuk jenis ITP dan PBT. Biaya yang dikeluarkan jika ingin mengikuti tes ini cukup murah yaitu hanya sekitar Rp 250.000.

Masa Berlaku TOEFL

Mengambil tes TOEFL merupakan hal yang penting tetapi Anda disarankan untuk mengambil tes ini jika tahu kebutuhannya untuk apa. Misalnya saat Anda ingin melamar pekerjaan atau melamar beasiswa atau berbagai kegiatan lain yang mengharuskan Anda untuk memiliki sertifikat TOEFL.

Baca Juga  Ingin Sukses Ujian IGCSE? Pilih Tempat Kursus IGCSE Surabaya yang Terpercaya

Hal ini dikarenakan sertifikatnya memiliki masa berlaku TOEFL. Artinya, dalam kurun waktu tertentu, sertifikat TOEFL yang Anda miliki terdapat kadaluarsanya. Jika dalam kurun waktu tersebut Anda tidak mempunyai alasan untuk menggunakannya maka sertifikat yang Anda miliki akan terbuang sia-sia.

Masa berlaku TOEFL ITP sama seperti masa berlaku TOEFL lainnya yaitu 2 tahun. Namun, berbeda dengan masa berlaku TOEFL Prediction. Untuk jenis tes TOEFL Predicition masa berlaku TOEFL-nya hanya 6 bulan saja.

Karena masa berlakunya yang cukup singkat, maka Anda harus mengikuti tes TOEFL lagi ketika masa berlaku sudah habis.Gunanya adalah untuk menguji kemampuan bahasa Inggris Anda apakah semakin berkembang atau tidak.

Masa berlaku TOEFL sudah ditetapkan oleh pihak penyelenggara yang terpercaya seperti ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pihak penyelenggara tes TOEFL itu sendiri.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk biaya TOEFL semuanya berbeda-beda tergantung dari jenis tes apa yang Anda ambil, lokasi, dan lembaga apa yang Anda pilih untuk melaksanakan tes. Jika Anda ingin tahu berapa skor TOEFL Anda, Anda bisa mengikuti tes TOEFL di lembaga penyelenggara tes TOEFL yang terpercaya.

Banner-Kursus-IELTS

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"