Konsep Dasar Tentang Marketing dan Strateginya

Marketing Adalah – Apa itu marketing? Apabila sudah berkecimpung dalam dunia bisnis, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Sebab, marketing memiliki keterkaitan yang erat dalam dunia bisnis yang identik dengan penjualan suatu produk ataupun jasa. Itu sebabnya marketing adalah salah satu upaya untuk menyampaikan produk maupun jasa yang kita punya kepada orang yang menjadi target sasaran penjualan. Upaya marketing tentunya memiliki tujuan agar target mau menerima produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jika kalian sudah memiliki usaha kecil-kecilan, penting untuk menerapkan strategi marketing dalam penjualan. Di era serba modern saat ini, melakukan marketing bisa lebih dengan mudah untuk dilakukan karena sudah ada teknologi yang dapat membantu kalian dalam memasarkan produk. Sebelum menerapkan marketing, ada baiknya untuk menyimak informasi tentang pengertian marketing, tujuan marketing, tugas marketing serta strategi marketing berikut ini.

Pengertian Marketing

Pengertian marketing secara etimologi berasal dari bahasa Inggris yakni market yang artinya adalah pasar. Jadi, marketing dapat diartikan sebagai salah satu bentuk upaya pemasaran. Namun sebenarnya, pengertian marketing tidak hanya sebatas kegiatan pemasaran saja, masih banyak kegiatan lain yang mencangkup kedalam marketing.

marketing adalah

Secara umum marketing adalah suatu sistem kegiatan bisnis yang dibuat untuk merencanakan dan menentukan harga, cara promosi dan mendistribusikan suatu barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai target pasar dan sesuai dengan tujuan bisnis suatu perusahaan. Dengan begitu marketing dapat diartikan sebagai penyesuaian kemampuan perusahaan terhadap kebutuhan para pelanggan demi mencapai tujuan perusahaan yakni berupa profit yang berkelanjutan. Selain pengertian marketing secara umum, banyak pula para ahli yang menyatakan pendapatnya tentang marketing, seperti berikut ini :

1. Bagozzi

Bagozzi menjelaskan bahwa marketing ialah kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.

2. Tung Desem Waringin

Dijelaskan olehnya marketing ialah mengomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.

3. Jay Abraham

Beliau mengutarakan bahwa marketing dapat dianggap sukses apabila kamu sudah tampak baik bagi pelanggan kamu.

4. Laksita Utama Suhud

Marketing ialah berbagai usaha yang harus dilakukan agar membuat suatu bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.

5. Willian J.Staton

Pengertian pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial

Tahapan Marketing Adalah Yang Utama

marketing adalah

Selain pengertian marketing, kalian juga harus mengetahui tahapan yang ada dalam marketing. Pada umumnya marketing dilakukan secara berulang dengan menggunakan empat tahapan yaitu, manajemen analisis situasi marketing, perencanaan strategi marketing, pengembangan program marketing, serta pembuatan strategi pelaksanaan dan pengelolaan. Tahapan ini nantinya akan membentuk sebuah siklus yang akan terus berlangsung hingga target marketing yang ditentukan sudah tercapai.

1. Analisis Situasi Marketing

Yang pertama dilakukan dalam tahapan marketing adalah menganalis situasi marketing. Dimana analisis ini berhubungan dengan pasar, kompetitor, segmentasi pasar, dan pendalaman situasi pasar secara luas. Analisis marketingnya itu sendiri dapat berubah seiring dengan perkembangan perilaku konsumen, kebutuhan dan gaya hidup serta kemajuan teknologi yang ada.

2. Perencanaan Strategi Marketing

Selanjutnya tahapan yang dilakukan setelah melakukan analisis situasi marketing adalah merencanakan strategi marketing. Pada tahap ini, perencanaan marketing biasanya dapat meliputi target konsumen dan strategi positioning, strategi marketing relationship dan perencanaan produk baru.

3. Pengembangan Program Marketing

Tahapan ketiga dalam marketing adalah pengembangan program marketing. Tahapan ini meliputi produk dan pelayanan, distribusi, harga dan strategi promosi yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Pembuatan Strategi Pelaksanaan

Pembuatan strategi pelaksanaan adalah strategi yang terakhir. Dalam tahapan ini strategi pelaksanaan dan pengelolaan didesain dan diorganisir. Selain itu juga harus memperhatikan strategi marketing dan pelaksanaan pengawasan pelaksanaan marketing.

Baca Juga  Formasi dan Syarat Daftar Seleksi CPNS Kemendikbud

Fungsi Marketing

Sebuah sistem marketing dibentuk untuk menjalankan beberapa fungsi. Fungsi tersebut tentunya bertujuan untuk menunjang aktivitas bisnis dalam perusahaan. Fungsi marketing dibedakan menjadi enam macam, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Fungsi Promosi

marketing adalah

Marketing memiliki fungsi sebagai media promosi. Dalam melakukan promosi, tim marketing harus memperhatikan metode dan media yang sesuai dengan target konsumen. Misal target pemasarannya adalah remaja maka promosi dapat dilakukan melalui influencer di media sosial.

2. Fungsi Perantara

Fungsi perantara berfungsi sebagai pihak yang memasarkan produk ke tangan konsumen. Oleh karena itu, tim marketing akan menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen. Cara yang ditempuh adalah dengan mencari informasi, mengelompokkan produk dan lain sebagainya.

3. Fungsi Pertukaran

Selain menjadi perantara, fungsi lain dari marketing adalah sebagai fungsi pertukaran. Dalam marketing, terdapat kemungkinan untuk terjadi pertemuan antara produsen dengan konsumen melalui pendekatan yang sesuai dan disuai oleh konsumen. Apabila sudah saling mengenal dan membutuhkan, konsumen pun akan bersedia untuk menukarkan uangnya untuk mendapatkan produk yang ditawarkan.

4. Fungsi Distribusi

Fungsi ke empat dari marketing adalah sebagai distribusi. Fungsi marketing yang satu ini bertujuan untuk mendistribusikan produk agar bisa sampai ke tangan konsumen. Tim marketing bertugas untuk melakukan berbagai cara untuk mendistribusikan, seperti memindahkan, mengangkut dan menyimpan. Agar proses distribusi berjalan dengan lancar, marketing harus menentukan lokasi yang berpotensi yakni, lokasi yang banyak mencari barang atau jasa tersebut.

5. Fungsi Riset

Fungsi riset bertujuan agar marketing dapat menentukan target pasar yang tepat. Riset yang dilakukan harus menghasilkan target yang diinginkan. Biasanya, marketing melakukan survei untuk mendapatkan analisis dan kesimpulan dalam riset.

6. Fungsi Penjualan

Selain menjalankan fungsi promosi, marketing juga berfungsi untuk melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen. Hal ini bertujuan untuk membatu tim sales dalam mencapai targetnya.

Jenis Marketing

marketing adalah

Marketing adalah sebuah sistem, itu sebabnya marketing juga memiliki komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya untuk membentuk satu kesatuan. Komponen marketing terdiri dari tiga hal yakni, Perusahaan, Karyawan, dan Konsumen. Ketiga komponen marketing ini tidak dapat dipisahkan dan harus terus saling mendukung guna mencapai kesuksesan, yakni tercapainya target yang ditentukan dalam perencanaan marketing.

Hubungan yang erat antara ketiga komponen tersebut telah melahirkan kolaborasi tiga jenis marketing berdasarkan komponennya, yakni : Marketing Internal, Marketing Eksternal, dan Marketing Interaktif. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut :

1. Marketing Internal

Marketing internal adalah marketing yang dilakukan antara perusahaan dan semua unsur karyawan dari mulai TOP manajemen sampai ke level terendah. Dalam hal ini perusahaan dituntut harus mampu menjual ide-ide bisnis dan produk kepada karyawan di bawah manajemen. Jadi, perusahaan harus mampu meyakinkan karyawan bahwa produk yang dijual bisa bermanfaat bagi karyawan dan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

2. Marketing Eksternal

Jenis marketing yang kedua adalah marketing Eksternal. Berbeda dengan marketing Internal, marketing Eksternal adalah kegiatan marketing yang dilakukan perusahaan kepada target sasaran atau konsumen. Semakin banyak konsumen yang mengonsumsi atau menggunakan barang/jasa yang ditawarkan, maka semakin besar pula keuntungan yang didapat. Begitu pula sebaliknya.

3. Marketing Interaktif

Marketing Interaktif adalah kegiatan penjualan atau merketing secara langsung kepada para konsumen yang dikenal oleh karyawan. Marketing ini dilakukan oleh semua karyawan mulai dari pemilik perusahaannya itu sendiri, komisaris, direksi, hingga karyawan di semua level. Dengan begitu, marketing interaktif bisa dijadikan sebagai marketing yang paling efektif, sebab konsumen akan lebih percaya untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh karyawannya secara langsung.

Tugas Marketing

Menjadi seorang marketing officer terkadang harus berpacu dengan target yang ditentukan oleh perusahaan. Mengapa demikian? Sebab, marketing adalah faktor yang menentukan keberhasilan tercapainya target terjualnya produk di pasaran. Oleh karena itu, sebelum menjadi seorang marketing officer, kalian harus mengetahui tugas marketing berikut ini :

Baca Juga  Cara Memilih Kursus CPNS Agar Diterima Seleksi CPNS

1. Melakukan Riset di Pasar

Sebagai marketing, kalian harus melakuakn riset di pasar sebelum memasarkan produk. Tugas marketing yang satu ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sesungguhnya di pasar. Dengan melakukan riset, maka seorang marketing officer pun bisa menentukan target pemasaran produk yang tepat.

2. Mengidentifikasikan Kebutuhan Konsumen

Jika sudah melakukan riset, maka tugas marketing selanjutnya adalah mengidentifikasikan kebutuhan konsumen. Jika riset sudah dilakukan marketing pun pasti sudah mengetahui kebutuhan para konsumennya, sehingga perusahaan dapat menawarkan produk yang pasti dibeli konsumen.

3. Membuat Perencanaan Produk yang Akan Dipasarkan

Perencanaan produk akan dilakukan oleh marketing setelah melakukan identifikasi kebutuhan konsumen. Dengan menggunakan hasil identifikasi terhadap kebutuhan dan harapan konsumen, tim marketing dapat memberikan usulan perencanaan produk kepada tim produksi. Sehingga, produk yang dihasilkan pun dapat memiliki peluang untuk mendapatkan penjualan yang tinggi.

4. Merancang Strategi Pemasaran yang Tepat

Merancang strategi pemasaran tidak kalah penting dalam marketing. Produk/ jasa yang ditawarkan juga harus dipasarkan menggunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Hal tersebut perlu dilakukan supaya produk yang kita jual tidak sia-sia begitu saja. Strategi pemasaran dapat dirancang dengan mempertimbangkan bentuk dan media promosi beserta target yang ingin dicapai sehingga bisa dievaluasi keberhasilannya.

5. Melayani Konsumen dengan Baik

Selain itu, marketing juga bertugas untuk melayani konsumen dengan baik. Tugas marketing yang satu ini tentu perlu dilakukan guna memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk/jasa yang kita tawarkan. Tentunya, pelayanan yang juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang baik pula. Dengan begitu, pelayanan yang baik akan menghasilkan konsumen yang loyal kepada produk yang kita jual.

Strategi Marketing

marketing adalah

Strategi marketing adalah bagian yang penting dalam sistem marketing secara keseluruhan dan merupakan langkah awal untuk membuat rencana marketing. Strategi marketing biasanya dibuat oleh tim marketing dan tentunya tetap harus menyesaikan dengan misi dan visi perusahaan. Strategi marketing itu sendiri terdiri dari tiga komponen utama yaitu, segmentasi, targeting, dan positioning. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini :

1. Segmentasi

Segmentasi adalah pengelompokan target konsumen potensial. Segmentasi merupakan usaha pemisahan pasar potensial untuk menurut jenis produk tertentu atau berdasarkan kelompok-kelompok pembeli tertentu. Beberapa hal yang mencakup pengelompokan dalam segmentasi di antaranya, seperti perbedaan kebutuhan, dan keinginan pembeli di pasar.

Selain itu segmentasi juga dapat dibedakan oleh banyak hal, seperti keadaan geografis, demografis penduduk, perilaku atau gaya hidup konsumen, psikografis, pengguna hingga pada hal kepentingan. Dengan adanya segmentasi seperti ini, target pasar pun akan terklasifikasi menjadi lebih jelas. Perusahaan pun akan lebih mudah dalam menentukan strategi pasar.

2. Targeting

Targeting adalah kegiatan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Targeting berguna untuk memudahkan dalam pencapaian segmen yang ingin di raih. Penentuan target ini tentunya akan dijadikan sebagai dasar untuk menentukan tujuan dan pengembangan strategi marketing. Targeting dapat meliputi, targeting konsumen, targeting nilai, targeting jumlah, targeting saluran distribusim dan target media komunikasi.

3. Positioning

Positioning atau penempatan adalah strategi marketing dalam hal komunikasi guna memasuki jendela konsumen, hal ini tentu bertujuan agar produk, merk, nama maupun bisnis yang kalian buat mengandung arti tertentu. Dalam beberapa hal, positioning dapat mencerminkan keunggulan terhadap produk, merk, nama atau bisnis dalam bentuk hubungan asosiatif, yaitu hubungan satu dengan yang lainnya.

Dengan begitu, positioning dapat dikatakan sebagai media komunikasi yang dinamis dan berhubungan dengan event marketing serta atribut produk. Atribut produk ini pun harus dipilih yang unik dan berbeda dengan produk yang lain agar menjadi ciri khas tersendiri.

Nah itu dia konsep dasar tentang marketing, tahapan marketing, fungsi marketing, jenis marketing serta strategi marketing yang harus kalian ketahui sebelum menerapkan marketing. Baca terus ya switch2success

Leave a comment