Manfaat Belajar Python Dibandingkan Bahasa Pemrograman Lain

Manfaat Belajar Python – Bagi kalangan umum mungkin mendengar kata python adalah seperti mendengar kata kata dari bahasa asing. Python bagi kalangan awam memang seperti terlihat seperti sebuah nama hewan yang menakutkan. Yapz, pada awalnya memang nama python lebih terasosiasi dengan nama jenis ular yang terkenal dalam dunia binatang.

Akan tetapi ternyata di dalam dunia komputer dan teknologi informasi, nama python telah menempati letak tersendiri. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjasa melahirkan banyak programmer programmer handal.

Manfaat Belajar Python

Manfaat belajar python telah banyak dirasakan programmer programmer junior untuk mendesain sebuah website, mendesain aplikasi dan membuat software. Sehingga manfaat belajar python ini telah lama dirasakan kalangan pegiat teknologi dan informasi.

Python sendiri ternyata memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Misalnya jika dibandingkan dengan C++ atau Java, python memiliki kelebihan sebagai open source yang bisa dioprec dengan mudah. Namun disisi lain python juga memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan kedua bahasa pemrograman tersebut.

Python banyak dijadikan tools awal bagi kalangan pembelajar amatir yang ingin belajar bahasa pemrograman. Manfaat belajar python bagi pemula amatir adalah adanya sintaks sintaks yang lebih mudah dipahami ketimbang bahasa pemrograman lain.

Baca Juga  Apa itu Freelancer Yang Menjadi Pekerjaan Favorit Anak Muda

Apa itu python?

Python adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Guido van Rossum. Bahasa pemrograman ini menggabungkan kendali multiinterpretatif dengan penggunaan bahasa bahasa sintaks yang mudah dan gampang dipahami.

Kemudahan bahasa pemrograman python ini ditunjukkan dengan mudahnya membuat aplikasi desktop (GUI), aplikasi website, game hingga kode-kode hacking hingga aplikasi-aplikasi sejenis oleh para programmer amatir.

Selain itu, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti C++ dan Java misalnya, akan tampak lebih rumit karena harus menjejerkan barisan-barisan sintaks yang rumit. Bandingkan dengan manfaat belajar python yang tidak akan serumit ketika belajar c++, C# ataupun Java.

Para programmer amatir awal memang akan dibuat bingung ketika disuruh memilih apakah belajar C++, Java, C# ataupun Python. Mereka rata-rata bingung untuk membandingkan kemudahan dan kerugian antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain.

manfaat belajar python

Nah, jika anda masih ragu untuk mengetahui manfaat belajar python. Bocorannya nih banyak loh para pekerja programmer yang bekerja di google, facebook dan perusahaan start up lainnya diawali dari belajar python, salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari.

Berikut beberapa alasan manfaat belajar python jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain:

1. Bahasa pemrorama python menyediakan pola pembelajaran cepat dan efektif. Tidak seperti yang lain harus memulai dari hal hal kecil yang mungkin kurang efektif.

2. Bagi yang ingin mengenal bahasan coding saja tanpa ingin mempelajari lebih mendalam. Maka manfaat belajar python salah satunya adalah mengenal coding dengan cepat, jadi cocok untuk anda yang bertujuan hanya mengenal saja.

3. Manfaat belajar python selanjutnya adalah bahasa pemrograman ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar. Jadi jika anda ingin bekerja di perusahaan besar bisa dimulai dengan belajar python secara lebih serius.

Apa saja kelebihan pyhton dibandingkan yang lain?

Nah, jika ingin mengetahui manfaat belajar python secara mendalam perlu tahu dong kelebihan bahasa pemrograman ini jika dibandingkan dengan bahasa pemrograma lain. Berikut datanya mengapa manfaat belajar python lebih menguntungkan:

1. Paling utama adalah python memiliki tata bahasa dan tata pemrograman yang mudah dipelajari. Sintaks sintaks yang akan anda temui tidak akan sesulit belajar bahasa yang lain.

2. Mudah dikembangkan dengan modul dan library. Jadi di dalma python akan disediakan modul dan library yang juga berguna membuat modul modul baru dengan lebih mudah.

3. Orientasi utama bahasa python adalah kepada objek yang akan anda kerjakan. Ini menjadi lebih efektif ketimbang orientasi kepada yang lain.

4. Dukungan memori bahasa pemrograman pyhton akan memudahkan kinerja anda saat membuat coding.

5. Python terkenal gratis, free dan bersifat open source. Ini adalah manfaat belajar python terbesar, artinya anda bebas membongkar, menggunakan, mengoprec dan bahkan mengupgrade bahasa pemrograman ini.

Baca Juga  Kursus Web Programming Langkah Dasar untuk Menjadi Programmer Handal

6. Manfaat belajar python selanjutnya adalah, sama persis ketika anda menguasai sepeda motor bebek maka sudah otomatis bisa belajar sepeda motor matik. Bahasa pemrograman python bisa dipanggil dengan bahasa pemrograman C++ dan juga . NET Framework. Keren sekali kan?

7. Pyhton mempunyai banyak library (pustaka) yang didukung oleh pihak ketiga. Ini sama persis ketika anda mendesain menggunakan photoshop lalu sudah disediakan gambar gambar HD dan tools tools tepat guna. Nah, python dilengkapi pustaka dari program website, game, pengembangan visual GUI hingga permainan komputer lainnya.

8. Manfaat belajar python selanjutnya anda bisa mencoba aplikasi buatan anda ke semua sistem operasi. Hasil pembuatan coding python dapat dijalankan di sistem operasi Mac, Windows maupun Linux. Kabar baiknya juga bisa dijalankan di sistem operasi berbasis dekstop maupun mobile phone.

9. Python disebut efektif dan efesien karena menyediakan bahasa pemrograman yang lebih sedikit, bandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang cenderung panjang-panjang.

10. Python didesain oleh pengembangnya untuk mudah digunakan, didesain ulang dan bahkan dioprec ulang, mudah sekali kan?

Bagaimana Cara Mengoperasikan Python?

manfaat belajar python

Karena termasuk ke dalam bahasa pemrograman free, maka manfaat belajar python paling pertama adalaha anda tidak usah membeli ketika ingin mengoperasikannya. Cukup download dari websitenya saja, perhatikan beberapa langkah-langkah di bawah ini:

1. Bukalah website python kemudian carilah link untuk mendownloadnya.

2. Kemudian atur anda akan menggunkana bahasa pemrograman python di sistem operasi mac, windows atau linux, sesuaikan dan kemudian download.

3. Selanjutnya anda bisa masuk ke dalam proses instalasi python dengan double click pada program yang telah anda download

4. Ikuti proses instalasi dan sepenuhnya anda bisa mengoperasikan python dengan gratis dan bebas.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Belajar Python

Ketika memulai belajar python, salah satu hal hal yang perlu diperhatikan adalah proses pengoperasian python yang berbeda dengan bahasa pemrogram lain. Jika di atas telah dijelaskan manfaat belajar python secara umum, maka penjelasan ini akan menjelaskan manfaat belajar python secara lebih teknis:

1. Python adalah bahasa pemrograman minimalis, ini artinya anda tidak perlu membuat struktur program ketika akan menjalankan python.

2. Jika bahasa pemrograman lain menggunakan titik koma (;), maka python lebih minimalis tidak menggunakan titik koma. Akan tetapi jika anda membutuhkan titik koma dalam mencoding python, maka python tetap bisa menjalankan. Keren kan?

3. Penggunaan huruf besar dan kecil masih tetap dipertahankan di dalam python. Itu artinya ketika anda menulis perintah “cancel” harus ditulis huruf kecil semua. Ketika anda salah menulis menjadi “Cancel”, maka akan tampil pesan error.

4. Penggunaan indentasi (indentation) pada bahasa pemrograman lain hanyalah sebagai pemanis belaka. Tetapi jika anda menggunakan bahasa python dapat diartikan blok kode program baru.

5. Python juga menyediakan comment, atau sebuah komentar untuk menjelaskan maksud sebuah kode yang kita jalankan. Sehingga programmer lain dapat langsung mengerti ketika mengevaluasi bahasa pemrograman kita.

manfaat belajar python

Leave a comment