11 Makanan Khas Jerman yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Jerman

Makanan Khas Jerman – Setiap negara pasti mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda, salah satunya adalah keragaman kulinernya. Sebagai pecinta kuliner, Anda pasti memiliki keinginan untuk mencicipi makanan khas di setiap negara bukan? Jika Anda berkunjung ke Jerman, tidak ada salahnya untuk menyicipi beberapa makanan khas Jerman berikut ini.

Baca juga ” Pengertian Generic Structure Descriptive Text dan Contohnya

Makanan khas Jerman sudah pasti lezat yang membuat para pecinta kuliner penasaran ingin menyicipi. Penasaran? Di bawah akan dibahas mengenai beberapa daftar makanan khas Jerman yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Jerman.

1. Bratwurst

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Makanan Jerman yang pertama wajib Anda coba adalah Bratwurst. Bratwurst merupakan jenis sosis khas Jerman yang cara pengolahannya dengan dipanggang. Bratwurst seringkali disajikan bersama dengan salad yang bernama Kartoffelsalat.
Namun, seiring berkembangnya jaman, semakin banyak versi dalam penyajian Bratwurst. Salah satu contohnya yaitu bratwurst disajikan dengan taburan keju dan bawang.

Bratwurst terbuat dari beberapa varian daging seperti daging sapi, daging babi, daging ayam, bahkan daging kalkun. Jika dikumpulkan, terdapat kurang lebih 1.500 jenis sosis yang berada di Jerman.

Salah satu jenis sosis yang terkenal adalah currywurst. Sosis ini dipanggang dengan cara dibumbui menggunakan saus tomat dan bumbu kari. Sosis jenis ini pertama kali ditemukan oleh warga Jerman yang bernama Herta Heuwer pada tahun 1949.

Karena sosis ini sangat terkenal maka terdapat museum di Berlin yang bernama Currywurst. Sebelum menikmati Bratwurst atau Currywurst, Anda wajib bertanya terlebih dahulu sebelum memastikan daging apa yang mereka gunakan. Terutama bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi daging tertentu.

Makanan Khas Jerman

Sosis di Jerman juga bisa Anda jadikan pilihan oleh-oleh khas Jerman untuk dibawa ke Indonesia. Karena makanan khas Jerman ini sangat tahan lama jika dibiarkan dalam waktu beberapa jam di suhu ruangan.

2. Schwarzwalder Kirschtorte

Makanan Jerman yang lezat ini merupakan kue coklat yang dilapisi oleh krim vanilla segar disertai dengan parutan coklat dan tidak lupa dihiasi dengan buah ceri diatasnya yang membuat tampilan kue ini semakin cantik dan menarik untuk dicoba.
Jika dilihat sekilas memang kue ini terlihat seperti kue blackforest di Indonesia. Jika penasaran apa perbedaan antara keduanya, silahkan sempatkan untuk mencicipi makanan ini jika berkunjung ke Jerman.

Baca Juga  Mengenal Iklim di Jerman

3. Gulaschsuppe

Pada umumnya, makanan Jerman banyak yang menggunakan bahan dasar daging, salah satunya seperti Gulaschuppe. Tetapi makanan khas Jerman yang satu ini disajikan dalam bentuk sup, berbeda dengan jenis makanan Jerman lainnya.

Sup ini terbuat dari kuah yang kental dan bewarna merah. Bahan dasar dari makanan ini adalah daging sapi, kentang, tomat, dan rempah-rempah khas Jerman. Daging yang biasanya digunakan terbuat dari daging sapi atau daging babi. Cara memasaknya yaitu dengan mencincang-cincang daging tersebut menjadi potongan yang agak besar. Kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu lain.

Bentuknya sekilas seperti sup merah yang banyak dijual di Indonesia. Yang membedakannya hanyalah jika sup merah di Indonesia disajikan bersama nasi, sedangkan Gulaschuppe disajikan bersama roti. Makanan Jerman ini sangat cocok bila dinikmati pada saat musim dingin atau makan malam.

4. Leubkuchen

Cemilan khas Jerman ini memiliki sebutan lain yaitu roti jahe atau ginger bread. Bahan dasar untuk kue ini juga sangat beragam seperti tepung, madu, telur, kacang walnut, kacang hazelnut, kacang badam, manisan jeruk, potongan buah kemin, marzipan dan beberapa rempah seperti jahe, pimento, adas manis, ketumbar, dan kapulaga.
Dengan campuran bahan-bahan tersebut sudah pasti membuat makanan ini menjadi sangat nikmat. Leubkuchen sangat cocok jika disajikan dengan susu atau teh hangat. Cemilan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Jerman yang bisa Anda bawa pulang ke Indonesia.

5. Flascher Hase

Makanan khas Jerman yang satu ini berbentuk mirip seperti steak saat disajikan tetapi cara pengolahannya berbeda dengan steak. Flascher Hase merupakan makanan khas Jerman yang terbuat dari bahan dasar daging cincang, telur, tepung, dan bawang.
Semua bahan tersebut dicampur lalu dimasak dengan cara dipanggang. Setelah matang, makanan Jerman ini diiris tipis-tipis kemudian disajikan bersama kentang goreng ataupun kentang tumbuk dan disirami saus diatasnya.

6. Sauerkraut

Makanan khas Jerman ini biasanya menjadi makanan pendamping utama yang terbuat dari kol putih yang diiris lalu difermentasi dan memiliki rasa yang asam yang bisa menyegarkan. Kedengarannya sekilas seperti Kimchi makanan khas Korea, tetapi jika dilihat bentuknya sangat berbeda sekali.

Sauerkraut mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena makanan ini banyak mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk dikonsumsi bagi tubuh. Makanan Jerman ini juga sangat baik untuk dikonsumsi pada saat musim dingin karena dapat meningkatkan suhu badan.

7. Kartoffelsalat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, makanan ini merupakan makanan pedamping untuk dimakan bersamaan dengan Bratswurst. Makanan Jerman ini terbuat dari potongan kentang yang direbus lalu dikombinasikan dengan bawang bombai, mayones, cuka, tomat, telur, daging sapi, dan saus yang terbuat dari susu.

Baca Juga  Informasi Seputar Beasiswa Jerman Full dan Partial Untuk Kamu

8. Bretzel

Makanan khas Jerman yang satu ini sudah banyak sekali dijual di Indonesia, atau mungkin Anda adalah salah satu penggemarnya? Walaupun banyak yang dijual di Indonesia, tetapi tentu saja ada sedikit perbedaan dengan buatan Jerman.

Kue ini berbentuk seperti pita dan bewarna coklat dan diatasnya ditaburi garam, biji bunga matahari, atau biji wijen. Kue ini berbahan dasar tepung gandum, ragi, air, garam, dan malt yang menjadikan teksturnya sedikit keras tetapi justru menjadi daya tarik tersendiri.

Bretzel menjadi salah satu cemilan wajib yang ada di festival Oktoberfest di Jerman. Varian pada kue ini juga beragam, ada yang berbentuk stick, pita, dan bola-bola kecil. Taburan pada atasnya juga beragam, seperti keju, gula, bubuk kayu manis, irisan sosis, dan lainnya. Bretzel juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Jerman Karena makanan ini cukup tahan lama jika ditaruh di ruangan terbuka dalam beberapa jam.

9. Bienenstich

Makanan khas Jerman ini juga bisa dijadikan makanan penutup bagi Anda pecinta dessert. Bienenstich adalah kue manis yang terbuat dari krim vanilla, kacang almond, dan madu sebagai lapisan diatasnya.

Dengan bahan-bahan tersebut menjadikan makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan unik. Makna dari makanan ini adalah sengatan lebah karena terdapat kandungan madu di dalam kue.

10. Spatzle

Makanan khas Jerman ini adalah pasta tradisional yang terbuat dari tepung, telur, garam, dan soda kue. Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan daging beserta sayuran sebagai pelengkap. Jika ingin menyempurnakan makanan ini, Anda bisa menambahkannya dengan keju sesuai selera.

11. Apfelstrudel
Bagi orang Indonesia mungkin sudah familiar dengan makanan Jerman yang satu ini karena mirip dengan Apel Strudel yang dijual di kota Malang. Makanan khas Jerman ini memiliki cita rasa yang enak sekali sehingga orang Indoensia yang mencobanya dapat mengembangkannya sendiri.

Pada umumnya, kue ini berbentuk bulat dan memiliki tekstur lembut. Apfelstrudel sangat cocok jika dinikmati sebagai makanan penutup di restoran atau di rumah. Tetapi makanan ini juga bisa dinikmati sebagai cemilan ketika bersama kerabat atau keluarga.
Makanan Jerman ini memiliki rasa yang manis dan asam karena terdapat bahan dasar apel di dalamnya. Alfelstrudel juga ditaburi dengan

bubuk kayu manis yang membuat aromanya semakin nikmat.

Itulah beberapa daftar makanan khas Jerman yang bisa Anda coba ketika mengunjungi negara yang Indah ini. Beberapa diantara makanan tersebut dapat dijadikan oleh-oleh khas Jerman jika ingin membawakan makanan untuk keluarga atau kerabat.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"