Luas Wilayah Jerman Sekarang

Luas Wilayah Jerman – Pernahkah anda bayangkan luas wilayah Jerman dulu bisa lebih besar dari sekarang dan pernah mengecil dari luas yang ada sekarang?

Belajar dan memahami luas wilayah jerman saat ini tidak hanya mengenal negara jerman secara geografis saja tetapi juga sejarah jerman yang terbentang dari pembentukan kekaisaran Jerman hingga keterlibatan Jerman pada beberapa peperangan besar di dunia hingga terbentuk menjadi saat ini, republik federal Jerman.

Secara garis waktu, luas wilayah Jerman saat ini lebih besar daripada saat perang dingin melanda di Eropa Barat dan seluruh belahan dunia lainnya. Saat itu, luas wilayah Jerman dibagi menjadi dua yaitu Jerman Timur dengan ideologi komunis sosialis dan jerman barat dengan haluan ideologinya liberal demokratis. Masing masing luas wilayah jerman dibatasi oleh tembok besar berlin yang memanjang dan memisahkan dua jerman dari garis tengah kota berlin ke arah perbatasan.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Saat perang dingin selesai dengan jatuhnya Uni Soviet ke dalam reformasi glasnot dan prestroika, maka jerman melakukan unifikasi (penyatuan) yang membuat jerman timur secara wilayah melebur ke jerman barat sehingga luas wilayah Jerman menjadi lebih luas seperti saat ini yang anda lihat di peta dimana berbatasan dengan negara Perancis, Belgia dan Austria.

Baca Juga  Sejarah Negara Jerman dan Sistem Pemerintahannya

Lalu pernahkah luas wilayah jerman lebih luas daripada kondisi sekarang? Tentu saja, saat jerman dipimpin oleh Partai Nazi pimpinan Hitler dari 1933 hingga 1945.

Maka luas wilayah Jerman sangat jauh lebih luas ketimbang wilayah Jerman hari ini. Saat itu, jerman dibawah Hitler (atau biasa disebut dengan Jerman Nazi) melakukan politik agresif dengan menganeksasi negara negara eropa sekitarnya dan melakukan genosida terhadp etnis Yahudi yang sangat tidak disukai oleh Hitler.

Luas wilayah jerman di bawah pendudukan Nazi Hitler tidak tanggung tanggung, melebihi sekitar dua belas negara eropa saat ini, saat Jerman Nazi berkuasa, luas wilayah Jerman terbentang dari Jerman itu sendiri, Austria, Republik Ceko, sebagian kecil Rusia, Polandia, Lithuania, Slovenia, Prancis, Luksemburg, Belgia, Belanda dan juga Slowakia. Selain itu Jerman Nazi juga sempat menguasai sebagian Yunani, Yugoslavia, Denmark dan Norwegia yang berada di ujung atas semenanjung eropa utara.

Luas wilayah ini semakin menyempit ketika Jerman kalah dalam perang dunia kedua dan membuat Jerman dibagi menjadi jerman timur dan jerman barat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebelum Nazi Hitler menguasai Jerman, luas wilayah Jerman semenjak sebelumnya dibawah kekuasaan Kekaisaran Jerman dibawah Otto Von Bismarck juga tidak pernah melebihi luas wilayah jerman di bawah pimpinan Hitler. Di masa

Kekasaiaran Jermna Otto Von Bismarck, luas wilayah jerman hanya seluas lima ratus ribu kilometer persegi meliputi wilayah Prusia, Jerman Utara, Bayern, Wurtenberg, Baden, Hesse dan Alsace Lorraine. Penyatuan wilayah-wilayah ini ke dalam Kekaisaran Jerman berhasil melambungkan nama Otto Von Bismark sebagai penyatu Jerman.

Setelah kekaisaran Jerman, kemudian dilanjutan pemerintahan Jerman pertama dengan sistem republik bernama Republik Weimar. Dinamakan republik Weimar karena konstitusi pertama ditulis di kota Weimar dan menjadi dasar pendirian republik Jerman dengan luas yang menyempit hanya empat ratus ribu kilometer persegi. Republik ini kemudian digantikan oleh Partai Nazi Jerman yang memenangi pemilu dan memimpikan sebuah penyatuan eropa ke dalam sistem Jerman raya.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Les Bahasa Jerman di Jakarta Terbaik

Kini, setelah jerman menjadi negara maju seusai unifikasi jerman barat dan timur. Luas wilayah jerman modern hanya berkisar di atas 350 ribu kilometer persegi dengan ibukota Berlin.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"