Letak Astronomis Perancis dan Profil Lengkap Negara Perancis

Letak Astronomis Perancis – Negara Perancis merupakan salah satu negara di Eropa yang sangat terkenal karena terdapat ikon yang hampir semua orang tahu yaitu Menara Eiffel. Negara yang mempunyai luas wilayah terbesar di antara negara-negara Eropa yang lainnya membuat negara Perancis tergolong negara yang maju dengan dukungan perekonomian yang kuat.

Baca juga ” Macam-Macam Beasiswa Jerman S1 dan Cara Mendapatkannya

Jika Anda tertarik untuk mengenal lebih baik mengenai negara yang satu ini, Anda bisa mulai dengan mengetahui informasi mengenai letak astronomis Perancis, letak geografis, serta letak geologis negara Perancis. Berikut akan membahas mengenai informasi lengkap negara

Perancis :

Letak Astronomis Perancis

Perancis terletak di kawasan Eropa Barat yang mempunyai ciri fisik yang tidak jauh berbeda dengan negara Eropa yang lainnya. Kondisi fisik negara Perancis secara umum mempunyai iklim yang bervariasi pada sebagian besar wilayahnya.

Musim panas di Perancis jauh lebih hangat sedangkan musim dinginnya jauh lebih dingin apalagi di daerah-daerah yang terletak di sebelah selatan Mediterania. Kondisi yang seperti ini disebabkan oleh letak astronomis Perancis dan geografisnya.

Letak astronomis Perancis terletak pada garis lintang42 derajat LU-51 derajat LU. Garis bujur Perancis terletak pada 5 derajat BB-9 derajat BT.

Letak Geografis Perancis

Negara Perancis terletak di kawasan Eropa Barat dengan luas yang mencapai 643.000 km2. Oleh karena itu, Perancis menjadi negara terluas dan terbesar di Benua Eropa. Perancis terdiri dari berbagai fitur geografis yang membedakannya dengan negara- negara lainnya.
Letak geografis Perancis berada pada lokasi yang cukup strategis. Negara ini berbatasan dengan beberapa wilayah geografis potensial dan negara-negara maju lainnya di Eropa.

Letak geografis negara Perancis dapat digambarkan sebagai berikut :
– Bagian Utara, berbatasan dengan Selat Inggris.
– Bagian Selatan, berbatasan denga Laut Tengah dan negara Spanyol.
– Bagian Barat, berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Teluk Biscay.
– Bagian Timur, berbatasan dengan negara Italia dan Swiss.
– Bagian Timur Laut, berbatasan dengan negara Belgia, Luxemburg, dan Jerman.

Letak Geologis Perancis

Berdasarkan dari letak geologisnya, bentang alam negara Perancis dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
• Dataran Tinggi Purba
Dataran Tinggi Purba meliputi Pegunungan Voges, dataran tinggi Armorika, Ardenes, dan Pegunungan Cevenes.
• Lipatan Pegunungan Muda
Lipatan Pegunungan Muda merupakan perbatasan antara Perancis bagian Barat Daya dengan bagian Tenggara. Perbatasan ini meliputi pegunungan Alpen, Pyrenes, dan Jura. Pada kawasan ini terdapat sebuah puncak yang merupakan puncak tertinggi di wilayah Eropa Barat yaitu puncak Mont Blanc dengan ketinggian 4.870 m.
• Dataran Rendah
Dataran rendahnya meliputi Lembah Paris yang memanjang dari bagian Utara ke Selatan. Pada bagian Barat Daya terdapat di daerah Pasir Landes dan dataran rendah Guyene.

Baca Juga  Dua Aplikasi Belajar Bahasa Perancis Paling Mudah

Letak Astronomis Perancis

Keadaan Penduduk Negara Perancis

Negara Perancis dikenal dengan sejarah revolusinya yaitu Revolusi Perancis. Pemeritahan negara ini adalah republik dan kepala negaranya yaitu Presiden dengan kepala pemerintahannya Perdana Menteri. Ibu Kota dan pusat kegiatan pemerintahan berada di Kota Paris.
Mayoritas penduduk negara Perancis adalah orang Perancis dan beberapa etnis lain yang merupakan imigran dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahasa persatuannya yaitu bahasa Perancis. Penduduk Perancis sebagian menganut agama Katolik Roma, dan sisanya menganut agama Islam, Protenstan, dan Yahudi.

Bahasa

Di Perancis, mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa utama, tetapi terdapat bahasa tertentu yang digunakan di daerah tertentu seperti Norman, Occitan, Corsica, Basque, Perancis Flemish, dan Breton.
Setelah periode sejarah ketika mayoritas orang Perancis mempunyai bahasa pertama lainnya (bahasa lokal seperti Occitan, Katalan, Aisatian, Flemish Barat, Lorraine Franconian, Gallo, Picard, atau Ch’timi dan Arpitan).

Jumlah Penduduk Perancis

Tahun 1999, Jumlah penduduk Perancis adalah 58.518.748. Pada waktu itu, Perancis mempunyai kepadatan penduduk yang sangat rendah jika dibandingkan dengan negara di Eropa Barat lainnya.
Pemerintah Perancis bekerja keras untuk tetap mempertahankan populasi ini dengan memberikan beberapa fasilitas seperti diadakannya tunjangan keluarga per anak tanpa batasan pendapatan.
Dibuat juga mobilitas penduduk dari daerah ke wilayah perkotaan, usaha ini memperlihatkan hasilnya pada pertengahan abad ke 19. Jumlah penduduk Perancis meningkat dua kali lipat mencapai 28,3 juta jiwa.

Setelah Perang Dunia ke 2 mulai muncul fenomena baby moon yang menyebabkan angka kelahiran menurun pada tahun 1970. Tetapi pada saat ini Jumlah penduduk Perancis diperkirakan mencapai angka 67 juta jiwa.

Bentuk Negara Perancis

Perancis adalah negara yang terletak di benua Eropa dan disebut sebagai salah satu kiblat dari dunia fashion Internasional. Perancis menjadi negara Eropa Barat yang teritorinya berada di dataran Eropa, pulau diseberang dataran Eropa, dan beberapa teritori lain di luar benua.
Perancis adalah negara republik yang dalam sejarahnya pernah berbentuk sebagai negara monarki. Perancis negara republik yang mempunyai tradisi demokrasi kuat sejak dulu.

Sosial dan Budaya

Di negara Perancis, orang akan dihargai jika dia mampu untuk bersikap lebih tenang bahkan sampai ditahap yang cenderung dingin baik dalam bertindak atau berucap. Masyarakat Perancis menganggap sikap ramah yang terbuka sebagai hal yang tidak baik.

Baca Juga  Inilah Cara Pengucapan Bahasa Perancis yang Perlu Diperhatikan

Di restoran Perancis, porsi makanan yang disajikan lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain dan jika dilihat postur tubuh orang Perancis lebih kecil, hal ini karena porsi makanan mereka yang sedikit. Pada saat makan, orang Perancis selalu menggunakan garpu dan pisau, tanpa sendok.

Sendok digunakan jika mereka memakan sup. Warga Perancis menyukai daging-dagingan. Kebiasaan orang Perancis yang harus diketahui jika setelah makan mereka mengkonsumsi kopi. Orang Perancis rata-rata mengkonsumsi kopi dua kali sehari yaitu pagi dan sore.Oleh sebab itu, banyak terdapat café atau kedai kopi di sepanjang jalan di Perancis. Perancis mempunyai sikap individualisme yang tinggi.

Orang Perancis menghargai kebebasan dan tanggung jawab individu serta berpandangan bahwa semua harus diperjuangkan sendiri.
Orang Perancis juga harus melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh. Yang perlu diingat, individualisme tidak sama dengan mementingkan diri sendiri, tetapi lebih fokus kepada tanggung jawab serta hak dan kewajiban individu.

Mata Pencaharian

Masyarakat di Perancis mayoritas bekerja di bidang industri (seperti baja, kimia, kendaraan, anggur, dan senjata). Perekonomian negara Perancis didukung dari beberapa bidang seperti :
• Pertanian
Pada bidang pertaniannya dikelola secara intensif dan didukung oleh peralatan dan mesin-mesin yang modern. Didukung dengan kondisi iklim untuk usaha pertanian. Perancis merupakan produsen anggur terbesar di dunia, karena daerahnya terdapat di Champagne dan Lembah Sungai Loire. Hasil tanaman lain yang tumbuh di Perancis yaitu gandum, bit gula, padi, dan buah-buahan.
• Peternakan
Jenis binatang ternak yang dipelihara penduduk Perancis yaitu lembu, biri-biri, dan babi. Daerah peternakannya terdapat di Convensus dengan hasilnya meliputi mentega, susu, keju, dan daging.
• Perikanan
Ikan yang dihasilkan berupa ikan Cod, ikan Tuna, ikan Haring, dan kerang-kerangan. Penangkapan ikan berpusat di pelabuhan Armorica, sedangkan pengalengannya terdapat di kota Boulogne dan Lorient.
• Pertambangan
Hasil tambang utamanya adalah berupa biji besi di Lorraine dan batu baranya di Saar. Hasil tambang lainnya berupa bauksit, timah, minyak bumi, gas alam, dan garam.
• Perindustrian
Industri negara Perancis cukup maju karena hasil tambang dan teknologinya. Hasil dari industrinya seperti pesawat terbang di Paris dan Toulouse, kapal di Marseille, besi baja, mobil, tekstil, dan elektronika lainnya di kota-kota besar Perancis.
• Perdagangan
Ekspor di Perancis berupa barang-barang otomotif seperti mobil, lokomotif, kapal barang. Lalu terdapat juga produk kimia, pakaian, senjata, produk tekstil, anggur, dan susu.

Itulah Letak Astronomis Perancis beserta penjelasannya lengkap mengenai Negara Perancis.

Leave a comment