Kursus SSAT Surabaya Paling Efektif dan Efisien

Sebelum memulai pembahasan pada artikel ini, apakah Anda tahu apa itu tes SSAT ? Atau mungkin Anda sedang mempersiapkan diri untuk tes SSAT dan bingung persiapan apa saja yang harus dilakukan ? Disini akan dijelaskan mengenai tes SSAT beserta Tempat kursus SSAT Surabaya yang direkomendasikan untuk Anda.

Apa Itu Tes SSAT ?

SSAT adalah singkatan dari Secondary School Admission Test yang merupakan sebuah tes penerimaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Manajemen Pendaftaran di Amerika Serikat yang diperuntukkan untuk para siswa kelas 3 sampai dengan kelas 11.

SSAT ini adalah tes standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan para siswa dalam penerimaan siswa pada tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menegah Atas Independen atau Swasta.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"
Baca Juga  Ingin Sukses Ujian IELTS? Kursus Aja di Tempat Kursus IELTS Surabaya Ini

Apa Tujuan Dari Tes SSAT ?

Tes ini dikhususkan untuk dijadikan alat patokan saat menilai dan membandingkan pelamar, selain dari faktor latar belakang dan pengalaman mereka. Yang menjadi pengukur tes SSAT ini adalah keterampilan verbal, membaca, dan matematika yang dibutuhkan oleh para siswa agar dapat berhasil di Sekolah Swasta.
Negara Amerika menjadi penggagas utama dan pembentuk dari tes SSAT. Tes SSAT sudah diberlakukan di banyak negara seperti Kanada, Australia, Singapura, dan beberapa negara lainnya.

Berapa Jumlah Tingkatan Level SSAT?

kursus ssat surabaya

SSAT mempunyai tingkatan tes yang berbeda karena digunakan untuk membantu pengujian para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah dan Swasta. Khususnya dalam mengetahui kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan matematika. SSAT terdiri dari 3 tingkatan level dan berikut adalah penjelasan mengenai tingkatan level tes SSAT :

1. Tingkat Dasar

Tingkatan ini diperuntukkan untuk para siswa yang berada di kelas 3 dan 4 yang akan memasuki kelas 4 dan 5.

2. Tingkat Menengah

Tingkatan ini diperuntukkan untuk para siswa yang berada di kelas 5 yang ingin memasuki kelas 6, dan yang berada di kelas 7 yang akan memasuki kelas 8.

3. Tingkat Atas

Tingkatan ini diperuntukkan untuk para siswa yang berada di kelas 8 yang ingin memasuki kelas 9, dan yang berada di kelas 10 yang ingin memasuki kelas 11 dan seterusnya. Tingkat atas bisa juga disebut dengan Post Graduate karena ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Apa Saja yang Menjadi Penilaian Tes SSAT?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa tes SSAT bertujuan untuk mengukur keterampilan verbal, kuantitatif atau matematika, membaca, serta memfokuskan pada pemikiran kritis dan pemecahan masalah. Terdapat 5 bagian tes SSAT yang diujikan yaitu :

1. Kemampuan Kuantitatif atau Matematika

Pada bagian kuantitatif atau matematika, bagi siswa tingkat dasar akan diuji kemampuan hal matematika dasar, fraksi dasar, dan angka lebih besar dari atau kurang dari. Dan bagi siswa tingkat atas akan diujikan aljabar, geometri, dan analisis data.

2. Kemampuan Pemahaman Membaca

Pada bagian kemampuan pemahaman membaca, Anda akan diberikan suatu wacana atau artikel. Kemudian Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pemahaman wacana atau artikel yang dibaca lalu menganalisa mengenai ide-ide kunci dan detail untuk menentukan ide utama pada teks. Dan akan ditanyakan juga mengenai tentang isi atau tentang gaya, maksud, atau sudut pandang yang pasti tentang sebuah subjek.

3. Kemampuan Menulis

Pada bagian kemampuan menulis, siswa akan diminta untuk menulis dan tulisan ini yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis siswa. Bagi siswa tingkat dasar akan diminta untuk mengarang seperti menulis cerita pendek, sedangkan bagi siswa tingkat atas akan diberikan pilihan untuk membuat pendapat dalam bentuk essai.

4. Kemampuan Verbal

Pada bagian Kemampuan Verbal, akan terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sinonim dan analogi yang sesuai dengan tingkatan level para siswa. Pertanyaan mengenai sinonim fungsinya adalah untuk mengukur seberapa banyak kosakata yang diketahui oleh siswa. Pertanyaan mengenai analogi fungsinya adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghubungkan suatu ide secara logis.

5. Tes Campuran

Pada bagian tes campuran, terdiri dari pertanyaan campuran yaitu melingkupi bidang verbal, kuantitatif atau matematika, dan membaca. Pada bagian tes ini tidak masuk ke dalam hitungan skor yang akan diberikan.

Berapa Skor yang Harus Dicapai Agar Lolos Tes SSAT?

Setiap tes pasti memiliki target skor yang harus diperoleh jika ingin lolos dalam tes. Pada tes SSAT, target skor yang harus diperoleh berbeda-beda pada setiap bagiannya. Berikut adalah pembagian target skor yang harus diperoleh jika ingin lolos pada tes SSAT :

1. Kemampuan Kuantitatif atau Matematika

Target skor yang harus dipenuhi pada bagian kemampuan kuantitatif atau matematika adalah :
• Untuk Tingkat Dasar antara 300-600.
• Untuk Tingkat Menengah antara 440-704.
• Untuk Tingkat Atas antara 500-800.

kursus ssat surabaya

2. Kemampuan Pemahaman Membaca

Target skor yang harus dipenuhi pada bagian kemampuan pemahaman membaca yaitu:
• Untuk Tingkat Dasar antara 300-600.
• Untuk Tingkat Menegah antara 440-710.
• Untuk Tingkat Atas antara 500-800.

3. Kemampuan Verbal

Target skor yang harus dipenuhi pada bagian kemampuan verbal adalah :
• Untuk Tingkat Dasar antara 300-600.
• Untuk Tingkat Menegah antara 410-710.
• Untuk Tingkat Atas antara 500-800.

4. Kemampuan Menulis Essai

Pada bagian kemampuan menulis essai, hasilnya tidak akan dinilai melainkan salinannya akan dikirim ke sekolah tempat siswa mendaftar.

Baca Juga  Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Kursus GMAT Surabaya

Lembaga Mana yang Menawarkan Kursus SSAT Surabaya Paling Efektif dan Efisien?

Westwood Prep adalah lembaga yang menyediakan kursus SSAT Surabaya bagi Anda yang sekarang sedang mempersiapkan diri untuk tes SSAT. Westwood Prep sudah dipercaya sebagai tempat les SSAT Surabaya karena kurikulum yang diberikan beserta para pengajar yang terbaik di bidangnya.

Les SSAT Surabaya ini sudah dirancang dengan efektif, efisien, tepat sasaran, dan strategis sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri untuk tes SSAT dengan lebih baik. Materi yang diberikan menjadi bekal Anda dalam menjawab berbagai soal SSAT yang meliputi berbagai pertanyaan seperti tes SSAT sebenarnya.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat kursus SSAT Surabaya ini, Anda bisa langsung mendatangi Westwood Prep Surabaya yang beralamat PLAZA GRAHA FAMILI BLOCK D-26 (Samping SMA Kristen Petra 1) Jl. Mayjen Yono Suwoyo, HOTLINE 08111230051.

Atau Anda bisa juga melakukan konsultasi dulu secara online mengenai program yang ingin Anda ikuti. Konsultasi ini gratis, jadi jangan ragu untuk segera mendaftar program kursus di Westwood Prep yang ingin Anda ikuti.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"