Ingin Sukses Ujian IELTS? Kursus Aja di Tempat Kursus IELTS Surabaya Ini

Kursus IELTS Surabaya – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional pertama yang digunakan sebagai bahasa komunikasi di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris maka akan memberikan banyak keuntungan mulai dari pendidikan, bisnis, sosial, politik, hingga untuk komunikasi sehari-hari.

Kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan sangat membantu dalam menghadapi ujian IELTS yang biasanya dibutuhkan para mahasiswa atau pelajar yang memiliki impian kuliah di luar negeri. Buat kamu yang tinggal di Surabaya, kamu bisa mengikuti kursus IELTS Surabaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar lebih fasih lagi.

Sertifikat IELTS yang nantinya akan kamu dapatkan setelah mengikuti ujian ini akan menjadi salah satu syarat penentu diterima tidaknya di universitas tempat kamu mendaftar. Sangat penting sekali untuk memahami apa saja ujian yang harus kamu kerjakan dan bagaimana strategi atau trik untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

Sehingga memilih tempat kursus IELTS Surabaya yang terbaik dan terpercaya tentu sangat penting dilakukan agar hasil skor yang nantinya akan kamu dapatkan bisa lebih maksimal.

Baca Juga  Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Kursus GMAT Surabaya

Pengertian IELTS

Sebelum bersiap menghadapi ujian IELTS, kamu harus tahu dulu apa pengertian IELTS dan komponen ujian apa saja yang nantinya harus kamu kerjakan. Pengertian IELTS sendiri merupakan suatu ujian yang didesain dan dilakukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki seseorang khususnya untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System yang nantinya sangat diperlukan oleh pihak universitas untuk menyeleksi calon mahasiswa yang mendaftar. Terutama bagi universitas-universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam setiap pembelajarannya.

Soal yang diujikan dalam tes IELTS terdiri dari empat komponen utama yang diujikan yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Tes ini diselenggarakan di test centre yang ada di seluruh dunia yang sudah resmi terdaftar. Berikut ini beberapa fakta yang harus kamu ketahui tentang tes IELTS, di antaranya:

• Tes ulang bisa dilakukan kapanpun oleh peserta yang gagal mendapatkan skor minimal pada tes pertama
• Saat akan menghadapi tes IELTS, setiap peserta disarankan untuk tiba di lokasi 15 menit sebelum dimulai dan menunjukkan kartu identitas dengan identitas yang sama saat mengisi formulir aplikasi
• Ujian dilakukan secara paper test sehingga harus membawa peralatan menulis seperti pensil, bolpoin, penghapus, dan rautan pensil (tidak diperkenankan untuk membawa buku atau peralatan elektronik lainnya)
• Saat mengerjakan tes reading, writing, dan listening IELTS, kamu akan mendapatkan lembar jawaban (answer sheet) dan lembar pertanyaan (question paper) yang bebas dicoret-coret untuk membuat catatan
• Tes speaking (berbicara) akan dilakukan dengan cara direkam dan pada waktu yang berbeda
• Format tes IELTS terdiri dari format Academic yang diperuntukkan untuk pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di tingkat undergraduate dan postgraduate serta General Training untuk yang ingin bekerja, mengikuti pelatihan, atau bermigrasi
• Pelaksanaan tes listening, reading, dan writing dikerjakan dalam satu hari tanpa istirahat dan untuk tes speaking dilakukan tujuh hari setelah atau sebelum tiga materi pertama lainnya
• Hasil tes IELTS akan kamu dapatkan maksimal 13 hari setelah mengerjakan tes yang bisa diambil langsung di test centre atau dikirim melalui pos dan valid hingga 2 tahun setelah dipublikasikan
Jika merunut hasil skor tes IELTS, terdapat 9 skala band berdasarkan kemampuan masing-masing peserta, diantaranya sebagai berikut:
• Expert user (Band 9), artinya peserta telah menguasai kemampuan bahasa Inggris dan mampu menggunakannya secara tepat, lancar, sesuai, dan dengan pemahaman yang penuh
• Very good user (Band 8), telah menguasai kemampuan bahasa Inggris sepenuhnya meskipun kadang terjadi ketidaktepatan atau ketidaksesuaian dalam situasi yang asing namun tetap dapat menguasai argumentasi yang detail dan kompleks
• Good user (Band 7), telah menguasai kemampuan bahasa Inggris meskipun kadang tidak sesuai, tidak tepat, dan tidak paham dalam situasi tertentu namun secara umum telah menguasai bahasa yang kompleks dengan penalaran yang detail
• Competent user (Band 6), telah efektif menguasai kemampuan bahasa Inggris meskipun sering tidak tepat, tidak sesuai, dan tidak paham namun tetap bisa memahami dan menggunakan bahasa Inggris secara tepat pada situasi yang familiar
• Modest user (Band 5), telah menguasai sebagian kemampuan bahasa Inggris dan makna umum dalam banyak situasi meskipun sering membuat kesalahan
• Limited user (Band 4), memiliki kompetensi yang mendasar dan terbatas pada situasi yang familiar meskipun sering mengalami masalah dalam memahami dan mengekspresikan informasi serta tidak mampu menggunakan bahasa yang kompleks
• Extremely limited user (Band 3), hanya memiliki kemampuan memahami dan menyampaikan makna umum dalam situasi familiar sehingga sering mengalami kegagalan dalam berkomunikasi
• Intermittent user (Band 2), sangat kesulitan dalam memahami bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis dan mustahil membangun komunikasi kecuali informasi yang mendasar dan bersifat urgen
• Non user (Band 1), tidak mampu menggunakan bahasa Inggris sama sekali dan hanya bisa menggunakan kata secara acak

Bagi para pelajar dan mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tes bahasa Inggris IELTS ini. Tes yang terbilang cukup sulit dan rumit ini seringkali menjadi salah satu persyaratan untuk bisa masuk ke universitas atau perusahaan tertentu yang berskala internasional. Sehingga sangat penting untuk belajar di tempat kursus IELTS sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menghadapi tes ini.

Tes IELTS memiliki standar nilai kelulusan yang cukup tinggi. Jika Anda ingin sukses lulus tes IELTS dengan skor yang bagus, maka sangat penting untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Selain itu, biaya untuk tes IELTS pun tidak sedikit. Sangat penting sekali untuk memiliki pengetahuan dasar tentang apa itu IELTS dan bagaimana melakukan persiapan untuk menghadapi tes ini.

Baca Juga  Mau Sukses Ujian TOEFL? Ini Dia Beberapa Tempat Kursus TOEFL Surabaya

Sekilas Tentang Tes IELTS

IELTS merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris yang cukup terkenal selain TOEFL. IELTS memiliki kepanjangan International English Language Testing System. Tes ini sudah ada sejak tahun 1989 dan diselenggarakan oleh IDP Educational Australia dan Universitas Cambridge, British Council.

Setiap peserta tes IELTS harus memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bagaimana menggunakan bahasa Inggris internasional dengan tepat dan benar. Pada umumnya, IELTS banyak digunakan sebagai salah satu syarat kuliah khususnya di luar negeri seperti negara Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Tak terkecuali sebagai syarat untuk melamar kerja di perusahaan luar negeri. Tes IELTS pun kini sudah menjadi salah satu standar di seluruh dunia khususnya di negara-negara USA dan benua Eropa.

Untuk instansi dalam negeri, biasanya IELTS digunakan untuk kebutuhan kenaikan promosi atau jabatan dan syarat kelulusan universitas tertentu di Indonesia. Para imigran yang ingin bermigrasi ke Selandia Baru, Australia, dan Kanada pun harus melalui tes IELTS untuk bisa masuk ke negara-negara tersebut.

Tes IELTS memiliki dua jenis atau versi, yaitu sebagai berikut:

1. Versi Academic

Tes IELTS jenis ini lebih terfokus dan ditujukan kepada siapa saja yang ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Seperti untuk para pelajar dan mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah atau para professional seperti dokter dan perawat yang ingin praktek di luar negeri.

2. Versi General

Tes IELTS versi ini lebih ditujukan kepada orang umum yang memiliki rencana melakukan pelatihan non-akademis untuk mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Jerman di Surabaya

Materi dan Standar Nilai Kelulusan Tes IELTS

Materi yang masuk ke dalam tes IELTS terdiri dari empat materi pokok yang berkaitan dengan praktek bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Materi tes tersebut terdiri dari reading (60 menit), listening (30 menit), speaking (14 – 15 menit yang terdiri dari 3 bagian), dan writing (1 jam).

Untuk menyelesaikan seluruh rangkain tes IELTS biasanya peserta akan menghabiskan waktu 2 jam 45 menit untuk tes tertulis dan selama seminggu untuk tes berbicara yang bisa dilakukan sebelum atau sesudah tes menulis. Untuk bisa dinyatakan lulus dalam tes IELTS, setiap peserta harus memiliki nilai kelulusan tertentu.

Masing-masing universitas dan perusahaan menetapkan standar minimum yang berbeda-beda. Namun, untuk hasil tes IELTS sendiri terdiri dari range 0 – 9 dengan pembagian 0 – 1, 1 – 1.5, 2 – 2.5, 3 – 3.5, 4, 4.5 – 5, 5.5 – 6, 6.5 – 7, dan 7.5 – 9. Nilai standar IELTS untuk peminatan program sarjana berkisar antara 5.5 – 6.5, sedangkan untuk program pascasarjana antara 6 – 7.5.

Untuk perusahaan atau lembaga sendiri tidak ada standar minimum yang diharuskan dan biasanya perusahaan akan meminta calon pelamar untuk melampirkan hasil nilai IELTS sebagai bahan pertimbangan.

kursus ielts surabaya

Rekomendasi Tempat Kursus IELTS Surabaya

Bagi Anda yang tinggal di kota Surabaya, tidak sulit untuk menemukan tempat kursus IELTS Surabaya. Mengingat biaya tes IELTS yang tidak sedikit maka sangat penting untuk memilih tempat les IELTS Surabaya yang tepat dan berkualitas. Salah satu tempat kursus IELTS Surabaya yang recommended adalah Westwood Prep.

Materi kursus dan pertanyaan praktik yang dimiliki Westwood Prep meliputi halaman strategi dan masalah eksklusif yang diilustrasikan dengan baik, serta disajikan secara profesional.

Beberapa fasilitas seperti modul belajar dan simulasi tes pun akan sangat membantu Anda agar bisa sukses tes IELTS dan mendapatkan nilai maksimal. Terlebih lagi jika Anda tidak tahu di mana kemampuan Anda menghadapi tes IELTS, Anda bisa mengambil tes diagnostik yang dapat menunjukkan skor awal dan yang akan menetapkan level Anda untuk memulai kursus.

Untuk kalian yang ingin mengikuti kursus ELTS Surabaya maka bisa langsung datang dan dapatkan informasi selengkapnya dengan ke cabang Westwood Prep di Surabaya yang beralamat di PLAZA GRAHA FAMILI BLOCK D -26 (Samping SMA Kristen Petra 1) JL. Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya, HOTLINE: 0811 123 0051, atau bisa juga dengan mengklik baner di bawah ini.

kursus ielts surabaya

Leave a comment