Kursus Digital Marketing Jakarta: Belajar Facebook Ads Itu Mudah


Kursus Digital Marketing
– Kata digital marketing sudah banyak dikenali oleh masyarakat akhir-akhir ini. Semua perusahaan banyak yang berlomba-lomba dalam mencari kandidat seorang digital marketer handal yang bisa mendukung bisnis mereka.

Jasa digital marketing sudah mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen. Kursus digital marketing bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mempelajari mengenai digital marketing dengan dibimbing oleh tenaga profesional di bidangnya.

Pada era serba digital seperti saat ini membuat pemasaran melalui media digital menjadi sangat penting. Pemasaran yang dilakukan dengan cara tradisional sudah tidak lagi efektif digunakan bagi pasar yang sebagian besar sudah mulai beralih ke teknologi komunikasi masa kini.

Oleh sebab itu, kursus internet marketing dengan belajar Facebook Ads sudah menjamur dimana-mana. Belajar Facebook Ads merupakan salah satu komponen yang banyak dilakukan oleh para digital marketer untuk menarik para customer. Tapi, apakah Anda tahu apa itu digital marketing? Berikut ini penjelasan mengenai digital marketing.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video dari Facebook di Smartphone dan PC

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing atau yang biasa dikenal dengan pemasaran dengan cara digital adalah suatu usaha pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet dengan berbagai taktik marketing dan media digital dimana Anda bisa berkomunikasi dengan calon customer Anda yang menghabiskan waktu untuk online.

Calon customer dapat melihat penawaran Anda melalui berbagai akses yang Anda berikan, contohnya seperti di blog, website, atau sosial media seperti Instagram, WhatsApp, Line, dan lainnya. Dari beberapa akses tersebut memungkinkan para calon customer Anda untuk bisa berkomunikasi dengan Anda.

Pada bidang digital marketing sendiri Anda dapat membuat para calon customer tertarik dengan penawaran yang Anda berikan. Anda dapat membuat iklan, email marketing, brosur online, dan lain-lain. Puluhan tahun lalu, media digital marketing sangat terbatas karena hanya dengan menggunakan televisi dan radio yang hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah.

Namun, seiring berjalannya perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini serta penerimaan yang cukup luas hampir semua lapisan masyarakat membuat model pemasaran digital.
Apabila Anda mengikuti kursus digital marketing, maka Anda akan mempelajari banyak hal seperti pelatihan internet marketing, belajar marketing online, belajar Facebook Ads, serta masih banyak hal lain yang terkait dengan digital marketng.

kursus digital marketing

Taktik Digital Marketing

Digital marketers terbaik ialah yang memiliki gambaran mengenai bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dimiliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung dengan tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer bisa membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis atau berbayar yang dimiliki.
Contohnya, seorang pembuat konten tugasnya adalah membuat serangkaian postingan blog supaya mengajak para calon customer tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Seorang pengelola sosial media tugasnya membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan tidak berbayar pada akun media sosial.
Seorang email pemasar tugasnya adalah membuat email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa taktik digital marketing yang paling umum digunakan dan media yang terlibat dalam masing-masing pemasaran tersebut, diantaranya yaitu:

1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan proses mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat lebih tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan traffic organik (traffic tidak berbayar) yang diterima oleh situs web Anda. Media yang bermanfaat dari SEO adalah blog, website, dan indografis.

2. Konten Marketing
Pada konten maketing menunjukkan pembuatan dan promosi asset konten yang bertujuan untuk menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang bisa dimanfaatkan untuk strategi ini adalah postingan blog, e-book dan artikel, indografis, dan brosur online.

3. Sosial Media Marketing
Dalam mempromosikan merk atau konten Anda pada media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang bisa digunakan untuk proses pemasaran sosial media adalah, Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Google+.

Baca Juga : Pengertian Kata Kunci

4. Pay-Per-Click (PPC)
Ini merupakan metode untuk mengarahkan traffic ke web Anda dengan membayar dengan setiap klik. PPC paling sering digunakan adalah Google AdWords yang memungkinkan Anda membayar dan mendapatkan tempat teratas dalam pencarian Google dengan harga per klik. Media yang dapat dimanfaatkam dalam menjalankan program ini adalah Facebook Ads, tweet promosi Twitter, dan pesan sponsor LinkedIn.

5. Affiliate Marketing
Affiliate marketing merupakan bentuk dari jenis iklan yang bisa mempromosikan penawaran atau layanan orang lain pada situs web Anda. Terdapat beberapa aplikasi pada affiliate marketing yaitu berupa hosting video Ads dengan Youtube dan mengupload link affiliate.

6. Native Ads
Native Ads menekankan pada iklan utama yang berisikan suatu konten lalu ditampilkan pada sebuah platform media bersama dengan konten non-berbayar lainnya. Salah satu postingan yang didukung oleh BuzzFeed adalah contoh yang dapat Anda ikuti tetapi banyak juga orang yang menganggap iklan di sosial media diragukan keasliannya. Seperti contohnya pada iklan Facebook dan iklan Instagram.

7. Optimasi Pemasaran
Ini mengacu pada perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak bagian pemasaran yang dapat mengerjakan sendiri tugas-tugas berulang yang seharusnya dilakukan dengan cara manual, seperti susunan postingan sosial media, mengupdate daftar kontak, memimpin alur kerja, dan membuat laporan campaign.

8. Email Marketing
Terdapat beberapa perusahaan yang menggunakan email marketing untuk memudahkan dalam komunikasi dengan calon customer. Email dipakai untuk mempromosikan konten, potongan harga, dan sebuah acara. Dan mengarahkan para calon customer untuk mengunjungi website Anda.
Terdapat beberapa tipe email yang digunakan untuk melakukan campaign email marketing, yaitu pengikut bulletin blog, email sapaan untuk customer, promosi liburan untuk program pendapatan member, menindaklanjuti email pengunjung website yang mengunduh sesuatu, serta tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen.

Keuntungan Mengikuti Kursus Digital Marketing

kursus digital marketing

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam membuat bisnis menjadi ide yang paling kreatif untuk dilakukan oleh orang-orang yang terjun ke bidang digital. Tetapi, ketika banyak yang ingin terjun ke bidang ini, banyak dari mereka yang tidak tahu harus mulai darimana dan apa yang harus dipersiapkan ketika melakukan pemasaran online.

Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengikuti pelatihan digital marketing dan sekarang ini banyak kursus digital marketing yang bisa Anda ikuti secara gratis atau berbayar. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti pelatihan digital marketing, yaitu :

1. Menjadi ahli dalam bidang digital marketing

Hal pertama yang pasti Anda akan rasakan jika mengikuti kursus digital marketing adalah bisa menjadi ahli dalam bidang digital marketing dan dibuktikan dengan sertifikat resmi dari lembaga pelatihan. Selain mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan secara teori, Anda juga akan dipandu untuk praktek secara langsung sesuai dengan teori yang didapatkan dari pelatihan tersebut.

Disarankan untuk Anda mengikuti kursus digital marketing yang tidak hanya mengenai teori saja, agar Anda bisa mengerti bidang ini lebih dalam, sebaiknya pelatihan yang diikuti juga menyediakan pelatihan yang dipraktekkan secara langsung. Karena keahlian ini akan memberikan manfaat dalam menentukan strategi digital marketing untuk bisnis yang Anda jalankan.

2. Lebih mengetahui konsep bisnis Anda

Mengikuti kursus digital marketing akan membuat Anda mengetahui konsep baru yang dapat Anda terapkan untuk bisnis online. Jika Anda bertanya kepada pengajar mengenai satu hal, maka Anda dapat mengetahui konsep seperti apa yang akan Anda jalankan untuk bisnis.

Lalu, Anda juga akan mengetahui apakah hal utama yang harus Anda jalankan dan strategi seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda. Apa saja media yang bisa digunakan atau bahkan Anda juga akan mengetahui strategi seperti apa yang boleh dan tidak boleh dijalankan. Sehingga Anda bisa mendapatkan bayangan konsep seperti apa bisnis online Anda tersebut dan akan memudahkan Anda dalam mengembangkannya.

3. Menjadi tahu ke arah mana bisnis Anda dijalankan

Memiliki arah dan tujuan ketika menjalankan bisnis online merupakan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mengikuti kursus digital marketing. Saat kursus nanti, Anda akan mendapatkan arahan atau bimbingan mengenai bisnis online yang akan dijalankan seperti apa.

Anda tidak akan menjalankan strategi yang tidak jelas arahnya, karena Anda sudah menemukan arah mana bisnis online tersebut. Selain itu, Anda juga akan mengetahui bagaimana strategi digital marketing akan dijalankan.

Semua hal yang sudah dikerjakan untuk memasarkan produk secara online tidak lagi dibuat asal-asalan. Terdapat konsep pada setiap strategi yang dijalankan, misalnya ketika akan membuat postingan di Instagram Anda akan menentukan tema apa yang akan dijalankan pada setiap postingan Instagram tersebut.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Online Pasti Menguntungkan

4. Memiliki target tujuan marketing

Keuntungan mengikuti kursus digital marketing yang terakhir adalah menjadikan Anda memiliki target tujuan marketing. Anda sudah tahu ke arah mana nantinya bisnis online Anda akan berjalan, nah selanjutnya Anda akan tahu bagaimana target tujuan marketing Anda.

Contohnya mengetahui seperti berapa besar penjualan yang menjadi target Anda atau konsumen seperti apa yang ingin Anda targetkan, bisa juga target pemasaran apa yang akan menjadi tujuan bisnis Anda dan banyak hal lain.

Materi yang Dipelajari pada Kursus Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan usaha optimasi website supaya memperoleh peringkat bagus pada mesin pencari semacam Google. Tujuan dari SEO ini adalah untuk memungkinkan website Anda menjadi lebih mudah ditermukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin pencari.
SEO terbagi menjadi 2 jenis yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Pengembangan website menjadi hal yang sangat krusial karena mengingat website merupakan representasi utama pada bisnis Anda.
Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics. Tools yang diberikan Google ini sudah banyak digunakan oleh para digital marketer.

2. Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan cara paling tepat untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusus semacam Google (SERP). Pada SEM digunakan penelusuran berbayar sebagai komponennya seperti daftar Pay-Per-Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Sehingga sebagian besar bentuknya merupakan kampanye (iklan) serta kegiatan PPC. Jika Anda melakukan SEO maka sama saja termasuk dalam upaya SEM.

Tips Memilih Kursus Digital Marketing

kursus digital marketing

Memilih dan menentukan tempat kursus tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan berpengaruh terhadap kualitas pengetahuan yang akan diberikan dan nantinya akan berimbas pada peningkatan penjualan produk perusahaan.

Ilmu marketing harus dipahami dengan baik sehingga Anda dapat melakukan pemasaran produk dengan baik dan bisa meningkatkan penjualan produk. Seiring berkembanganya zaman, ilmu dalam dunia marketing akan semakin berkembang dengan adanya digital marketing.

Oleh karena itu, Anda harus menimba ilmu baru ini pada tempat kursus digital marketing yang berkualitas supaya kualitas ilmu Anda akan memberikan peningkatan penjualan produk. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memilih dan menentukan tempat kursus.

1. Cari tahu mengenai track record tempat kursus
Anda harus memastikan apakah tempat kursus Anda memiliki track record yang baik dan bisa menciptakan lulusan berkualitas. Hal ini dapat Anda cari tahu dari berbagai testimoni yang diberikan oleh para alumni.

2. Perhatikan materi apa saja yang akan Anda dapatkan disana
Coba Anda perhatikan apakah materi yang disampaikan bisa menjangkau target pemasaran yang luas atau tidak. Karena materi merupakan hal yang penting nantinya yang akan dipakai untuk kehidupan dan kegiatan perusahaan sehari-hari.

3. Perhatikan kualitas pengajar
Kualitas pengajar menjadi salah satu faktor penting penentu apakah tempat kursus tersebut berkualitas atau tidak. Pastikan tenaga pengajar disana merupakan tenaga yang memang sudah profesional dan ahli di bidang digital marketing.

4. Perhatikan sistem pembelajaran yang diberikan
Karena ilmu marketing ini merupakan ilmu yang membutuhkan banyak praktek, oleh sebab itu sebaiknya pembelajaran dilakukan dengan cara presentasi teori dan praktek yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  Ingin Jadi Desain Grafis Profesional? Belajar Dulu Melalui Kursus Desain Grafis Serpong

Rekomendasi Tempat Kursus Digital Marketing

Jika Anda mengikuti digital marketing training, Anda dapat mengikuti program yang ditawarkan oleh Codeva. Anda akan belajar internet marketing sampai mahir dalam bidang yang ingin Anda dalami. Didukung dengan tenaga pengajar ahli yang profesional, maka Anda tidak perlu khawatir karena akan dibimbing dengan baik.

Mengapa memilih Codeva untuk belajar internet marketing?

• Setiap siswa yang mengikuti kursus di Codeva akan dibekali dengan pengetahuan, skill, serta pengalaman yang baik dan kreatif khususnya dalam kursus digital marketing.
• Codeva membimbing para siswa untuk mempelajari internet marketing tidak hanya melalui Google Ads dan Facebook Ads saja, tetapi juga melalui platform lainnya pada bulan pertama pembelajaran.

kursus digital marketing

Kursus digital marketing ini akan menjadi salah satu solusi yang akan memberikan pengetahuan berupa strategi, dan juga menghadapi kemajuan teknologi pada masa mendatang. Selain itu, pelatihan digital marketing di Codeva saat ini ditekankan untuk mendapat pengetahuan yang lebih mengenai kelebihan atau tantangan media digital.

Anda hanya perlu mempersiapkan laptop/notebook, tablet, smartphone yang memiliki akses internet yang bagus jika Anda tidak belajar di kelas. Tetapi, jika Anda belajar di kelas, maka Anda akan diberikan fasilitas internet yang cepat, suasana kelas kondusif, dan tidak berisik. Dengan semua fasilitas tersebut, Anda bisa fokus saat memahami penyampaian pesan atau informasi dari para pengajar.

Jika Anda seorang mahasiswa, profesional, atau siapa saja yang berminat untuk belajar Facebook Ads dan digital marketing training maka Codeva akan memenuhi semua kebutuhan pengetahuan Anda nantinya.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai belajar Facebook Ads dan belajar internet marketing tetapi masih takut karena Anda seorang pemula? Tidak perlu khawatir, karena Codeva akan membantu Anda memberikan pembelajaran mulai dari awal sehingga para pemula dapat mengikuti kelasnya.

Jika Anda memerlukan informasi mengenai Codeva lebih lanjut maka bisa mengunjungi kantor pusat Codeva di Bellagio Mall Lt UG. Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan. Anda juga bisa menghubungi kontak Codeva melalui hotline:
Consultant Hotline: ?0811 9720 2000
Customer Service: (021) 300 209 42

Leave a comment