Codeva: Tempat Kursus Data Science Terbaik di Jakarta

Kursus Data Science – Seiring dengan kemajuan teknologi dan internet, kebutuhan akan profesi di bidang IT semakin meningkat dan beragam. Orang-orang yang bekerja di bidang IT tidak hanya berfokus pada bidang teknisi hardware saja melainkan beberapa bidang lainnya seperti programming, desain, pengembangan web, hingga data science.

Anda bisa belajar secara otodidak maupun belajar secara khusus melalui pendidikan formal dan informal seperti mengikuti kursus data science Indonesia untuk yang ingin menjadi data science atau kursus programming untuk Anda yang ingin menjadi programmer.

Apa Itu Data Science di tempat Kursus Data Science?

kursus data science

Karir di berbagai bidang IT tersebut terbilang sangat menjanjikan di masa depan mengingat perkembangan akan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus terjadi. Sehingga jenjang karir di bidang IT pun sangat berprospek di masa depan dan tidak menutup kemungkinan gaji yang tinggi pun bisa didapatkan. Salah satu profesi di bidang IT yang sangat dibutuhkan dan sedang berkembang pesat saat ini adalah data scientist. Apa itu data scientist?

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Data science merupakan ilmu teknologi tentang metode komputasi yang digunakan untuk melakukan proses pengolahan data seperti data preparation (cleansing), data extraction, data anysis, dan data processing. Orang yang bertugas sebagai data scientist memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan semua data yang diperoleh harus dalam kondisi baik sehingga data tersebut bisa dianalisa dan dipelajari lebih lanjut.

Data science yang merupakan salah satu ilmu terapan baru di bidang komputerisasi ini semakin meningkat kebutuhannya seiring dengan perkembangan teknologi. Ilmu ini banyak dibutuhkan oleh instansi dan perusahaan untuk membantu melakukan analisis data yang rumit dan kompleks sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan menggunakan metode sederhana.

Contoh sederhana seperti marketplace Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia yang memerlukan metode komputasi untuk menganalisa data penjual dan pembeli yang terdaftar atau pernah melakukan transaksi di platform tersebut. Data kuantitatif atau numerik yang didapatkan tersebut digunakan untuk melakukan perhitungan dan menganalisa informasi yang didapatkan untuk melakukan strategi pengembangan perusahaan.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Serpong: Belajar Digital Marketing Secara Efektif

Dalam penerapannya, data science sangat berkaitan erat dengan Big Data yang biasanya digunakan mencari algoritma, menentukan artikel, user, maupun web page yang perlu direkomendasikan, dan lain sebagainya. Data scientist dapat mengumpulkan berbagai jenis data tersebut baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dengan menggabungkan inferensi data, teknologi, hingga pengembangan algoritmik.

Dasar-Dasar Data Science

Ilmu data science merupakan bagian dari ilmu di bidang IT yang bisa dipelajari oleh siapa saja baik secara otodidak maupun dengan mengambil kursus data science di Jakarta yang kini sudah banyak sekali lembaga yang menyediakan program kursus di bidang ini. Apa saja dasar-dasar data science yang harus dipelajari? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman pada dasarnya merupakan bahasa komputer untuk memberi instruksi yang bisa diterjemahkan dari bahasa manusia untuk bisa dipahami oleh komputer. Sehingga ilmu bahasa pemrograman seperti SQL, Python, R, Scala, dan SAS sangat penting untuk dipelajari dalam bidang ilmu ini.
Seorang data scientist dituntut untuk memiliki kecerdikan dan kreativitas dalam menggunakan keterampilan teknis untuk menemukan solusi atas suatu masalah yang dihadapi perusahaan yang berkaitan dengan data.
Bagaimanapun juga ilmu di bidang data science ini akan dihadapkan pada banyak data dan bekerja dengan algoritma yang rumit serta kompleks. Selain memahami dasar-dasar bahasa pemrogramannya, seorang data scientist juga harus memiliki kreativitas untuk menavigasi dalam membuat kode saat bekerja.

2. Fungsi Analisis

Data science diperlukan untuk menganalisa data kuantitatif yang berhasil didapatkan sehingga fungsi analisis untuk menganalisa informasi yang ditujukan untuk membuat suatu keputusan akan sangat diperlukan. Dari proses analisis tersebut seorang data scientist akan mampu membuat keputusan yang berkaitan dengan strategi-strategi untuk pengembangan perusahaan.
Sehingga kemampuan lain yang juga harus dimiliki data scientist seperti Predictive Analytics, Bayesian Decision Theory, hingga Probabilities and Data. Proses analisis pun dapat dilakukan melalui pemrosesan sinyal, program komputer, model probabilitas, dan lain sebagainya.

kursus data science

3. Machine Learning

Machine learning merupakan hasil dari penggunaan algoritma yang digunakan untuk mempelajari dan memprediksi data. Software ini terdiri dari analisis prediktif dan analisis statistik untuk menemukan pola agar bisa menangkap wawasan tersembunyi berdasarkan data yang didapatkan.

Dengan analisa algoritma tersebut, data yang satu akan dikaitkan dengan data lainnya secara statistik. Komputer akan menghasilkan lebih banyak korelasi saat jumlah data bertambah sehingga komputer akan semakin pintar jika terus disuplai dengan lebih banyak data.

Contoh implementasi dari machine learning bisa dilihat pada Facebook. Platform media sosial ini mengumpulkan data informasi perilaku semua pengguna Facebook untuk dibuat algoritma berdasarkan perilaku sebelumnya.

Sehingga bisa memprediksi minat dan merekomendasikan artikel di umpan berita pengguna Facebook tersebut. Maka jangan heran jika Anda sering melihat banyak artikel tiba-tiba muncul dan direkomendasikan di beranda Anda.

Ketiga hal tersebut menjadi ilmu dasar yang harus dipelajari saat Anda mengambil kursus data science terbaik pilihan Anda. Perlu diingat bahwa seorang data scientist juga harus memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan konsep matematika dan statistik, sehingga kemampuan berhitung sangat diperlukan untuk proses analisis data.

Baca Juga  Kursus Web Programming Langkah Dasar untuk Menjadi Programmer Handal

Matematika menjadi dasar ilmu yang sangat penting sebagai landasan metode deterministik untuk operasi perhitungan numerik yang nantinya digunakan untuk menyusun prakiraan dan prediksi. Materi matematika dasar yang wajib dipahami seperti aljabar linear dan kalkulus karena kedua teori tersebut merupakan yang paling fundamental yang banyak digunakan.

Dasar ilmu selanjutnya yang wajib dipahami adalah metode statistik karena metode ini sangat diperlukan untuk memahami makna data, melakukan validasi hipotesis dari data yang dihasilkan, membuat simulasi skenario, hingga menyusun prediksi.

Sehingga sangat penting untuk memahami ilmu statistik dasar ini. Dimana dalam penerapannya ilmu statistik dasar ini akan berjalan beriringan dengan ilmu dasar matematika yang mengharuskan setiap pengelolanya harus jeli dalam menyisipkan formula yang sesuai dengan pemrosesan data.

Keuntungan Menjadi Data Scientist

kursus data science

Di era digital dan Big Data seperti saat ini, banyak sekali perusahaan dan instansi yang membutuhkan data scientist. Sehingga peluang untuk berkarir di bidang ini pun sangat tinggi. Apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika menjadi data scientist?

1. Lapangan kerja yang terus bertambah

Kebutuhan industri akan data science masih belum diimbangi dengan jumlah ketersediaan pekerja yang memahami bidang ini sehingga pesaingnya pun cenderung tidak sebanyak bidang lainnya. Berdasarkan laporan tenaga kerja versi LinkedIn, permintaan tenaga data scientist telah meningkat berkali-kali lipat. Sehinga posisi data scientist kemungkinan akan menjadi profesi yang paling banyak dicari dalam beberapa tahun ke depan.

2. Gaji yang tergolong tinggi

Kesempatan untuk mendapatkan gaji tinggi di atas rata-rata UMR bisa Anda dapatkan dengan menjadi seorang data scientist. Gaji untuk karir di bidang ini tergolong tinggi karena pada saat ini data menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perusahaan dan masih sulitnya mendapatkan data scientist yang berkompeten. Seorang data scientist bisa memperoleh gaji kisaran 10 – 20 juta untuk seorang pemula. Bisa dibayangkan gaji tersebut tentu akan lebih tinggi lagi bagi yang sudah profesional di bidangnya.

3. Berperan sebagai penentu keputusan perusahaan

Peran data scientist dalam suatu perusahaan sangatlah penting dan krusial karena mereka dapat membantu perusahaan untuk menentukan keputusan yang akan diambil. Perusahaan dapat memahami masalah yang mungkin akan terjadi terkait dengan pasar berdasarkan data yang didapatkan dari data scientist. Sehingga perusahaan bisa menentukan keputusan yang tepat demi kemajuan perusahaan berdasarkan analisis data yang diperoleh.

4. Cakupan bidang yang luas

Cakupan ilmu yang dimiliki oleh data scientist bisa diterapkan dalam berbagai bidang dan tidak hanya berfokus pada bidang IT saja. Seorang data scientist bisa bekerja untuk berbagai bidang ilmu seperti kesehatan, manufaktur, perbankan, energi, digital marketing, marketplace, dan lain sebagainya.
Belajar data science memang bisa secara otodidak, namun tentu akan lebih afdhol jika Anda mempelajarinya secara langsung melalui jalur pendidikan formal maupun informal. Anda bisa mengambil program belajar bidang ilmu ini di salah satu tempat kursus data science terbaik di Jakarta, yaitu Codeva.

Tempat kursus data science Jakarta ini menawarkan berbagai program terbaik untuk belajar data science baik melalui program full time maupun part time. Anda juga bisa menentukan waktu kursus secara fleksibel melalui program online course.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"