Cara Memilih Kursus CPNS Agar Diterima Seleksi CPNS

Kursus CPNS – Mendaftar cpns sama halnya dengan mempersiapkan diri terjun ke dunia peperangan, anda harus tahu senjata apa saja yang mesti dibawa, perbekalan apa saja yang mesti dipersiapkan, serta strategi apa saja yang mesti disusun.
Karena proses pendaftaran cpns biasanya berliku, lama, dan memerlukan persiapan yang lumayan ruwet. Jadi jangan sampai anda kalah bahkan jauh sebelum peperangan dimulai.

Kekalahan ini bisa ditandai dengan tidak siapnya anda mempersiapkan dokumen jauh juah hari, tidak mengerti dan mengenal tahapan seleksi cpns, dan paling parahnya lagi tidak mengenal jenis dan bentuk soal soal cpns yang akan diujikan.

Ini yang disebut dengan kalah sebelum jauh pertarungan dimulai, jadi jangan hanya menjadi prajurit yang memenuhi medan peperanagn tetapi hanya menjadi korban yang memenuhi barak-barak penampungan. Jangan menjadi peserta seleksi cpns yang ala kadarnya.

Melamar cpns harus menjadi prajurit petarung tangguh dengan mempersiapkan segalanya dari awal seperti mempersiapkan dokumen, belajar mandiri atau mengikuit kursus cpns untuk belajar soal-soal cpns serta banyak melakukan simulasi cat secara online.

Ini yang disebut dengan mempersiapkan peperangan jauh-jauh hari dengan mengukur kekuatan lawan agar nantinya anda bisa senang saat dinyatakan diterima sebagai pegawai negeri sipil. Atau kalaupun anda belum diterima, setidaknya anda sudah bersiap-siap dengan baik.

Baca Juga  Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum dan Khusus

Tahapan Seleksi Pendaftaran CPNS

Tahapan dalam pendaftaran cpns adalah periode krusial yang mesti anda persiapkan, selain jadwal jadwal ujiannya yang mesti anda ingat di dalam agenda anda. Pada tahapan seleksi pendaftaran cpns ini anda belajar untuk memanage peperangan dengan baik, berikut urutannya:

1. Tahapan seleksi pendaftaran cpns paling awal adalah seleksi berkas, seleksi berkas ini diumumkan biasanya sebulan menjelang pembukaan formasi oleh kementerian atau pemerintah daerah terkait. Nah, bagi anda yang berminat bisa mulai mencari berkas dokumen yang dibutuhkan atau mengikuti kursus cpns secara mandiri atau online.

2. Tahapan seleksi selanjutnya adalah tes skd dan skb berbasis cat. Tes ini akan dilakukan di badan kepegawaian nasional atau regional tergantung dengan formasi yang anda ambil apakah masuk ke tingkat kementerian atau pemerintah daerah.

3. Tahapan seleksi selanjutnya adalah tahapan seleksi tambahan seperti tes kesehatan (jika ada), tes micro teaching atau tes wawancara pada beberapa formasi seperti sipir penjara, guru dan dosen serta pegawai di tingkat kementerian pusat biasanya diadakan wawancara.

4. Tahapan selanjutnya adalah pemberkasan bagi yang dinyatakan diterima untuk menjadi pegawai negeri sipil.

5. Selain pemberkasan nantinya juga ada pendidikan dan latihan menjadi cpns di badan diklat untuk menentukan calon pegawai negeri sipil untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil.

kursus cpns

Kenapa SKD dan SKB Menjadi Penentu?

Nah, ini adalah tahapan yang paling penting. Tahap skd dan skb adalah tahap tes seleksi yang mengukur kemampuan akademis, intelegensia dan kompetensi seorang calon cpns.

Tes yang menggunakan sistem cat (computer assisted test) ini dilakukan di depan kompter yang langsung tersambung dengan internet. Untuk mempersiapkan ujian ini, banyak calon peserta jauh-jauh hari mengikuti kursus cpns agar bisa menjawab soal-soal dengan mudah dan dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

Kenapa banyak yang ikut hanya demi mengejar skb dan skd? Berikut alasannya:

1. Tes skd dan skb adalah pintu masuk lolos tidaknya anda menjadi calon pegawai negeri sipil. Jika anda lolos nilai passing gradenya anda akan lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

2. Namun, jika anda tidak lolos dari passing grade maka tahapan seleksi anda berhenti di tahapan tersebut dan tidak menjadi calon pegawai negeri sipil.

3. Banyak calon peserta tidak memahami cat seleksi cpns sehingga mereka mempersiapkannya dengan kursus cpns agar ketika mengerjakan ujian aslinya dapat mengerjakan dengan mudah.

4. Mengikuti kursus cpns akan membantu anda untuk memahami jenis jenis soal dalam seleksi cpns, sementara itu kursus cpns juga akan melatih anda mengerjakan soal dengan jangka waktu yang singkat sesuai dnegan ujian aslinya. Sekitar 100 soal harus dikerjakan selama dua jam lamanya.

Antara Belajar Mandiri atau Mengikuti Kursus CPNS

Banyak yang bingung ketika mempersiapkan pendaftaran cpns apakah harus belajar mandiri atau mengikuti kursus cpns yang marak ditemui baik secara online maupun sistem tatap muka.

Sebenarnya keduanya sama sama baiknya dan sama sama efektifnya dalam mempersiapkan seleksi cpns. Namun, sama halnya dengan kursus toelf atau ielts antara belajar mandiri atau mengikuti kursus, kedua keduanya memiliki sisi positif dan negatif, berikut pertimbangannya:

1. Secara biaya, belajar mandiri jauh lebih murah ketimbang mengikuti kursus cpns baik online maupun kursus cpns tatap muka. Namun kelemahan utamanya bagi anda yang belum pernah ikut seleksi cpns akan memulai belajar dari nol. Sementara kursus cpns pastinya sudah dilengkapi dnegan modul-modul tertentu.

2. Kursus akan diajar oleh tutor yang berpengalaman, dan bisa saja mereka adalah pns pns yang telah lolos seleksi sebelumnya dan bergabung ke dalam tutor kursus cpns.

3. Nah, secara biaya memang mengikuti kursus cpns biasanya menggerus kantong anda lebih dalam. Namun kenapa kita tidak berpikir untuk menjadikannya bagian dari investasi jika suatu saat nanti diterima?

4.  tidak akan menjamin 100 persen anda lolos seleksi cpns, tetapi akan menjadi pedoman panduan yang berguna saat anda mengikuti seleksi dari awal sampai akhir sesuai modul-modul yang mereka berikan.

5. Kelebihan kursus cpns selanjutnya adalah mereka biasanya menyediakan simulasi tes cpns sesuai dengan aslinya, jadi seolah olah anda sudah mengikuti tes seleksi secara real.

kursus cpns

Cara Memilih Kursus CPNS Terbaik

Jika anda tertarik mengikuti kursus cpns, ada sebaiknya memilih kursus cpns dengan berhati-hati karena maraknya kasus penipuan baik penipuan cpns nya sendiri atau penipuan kursus cpns.

Ada baiknya bagi anda yang tertarik mengikuti kursus cpns untuk memilah milah tawaran yang datang, memilih lembaga kursus cpns secara teliti dan juga membandingkan antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Nah berikut pertimbangan-pertimbangan dalam memilih tempat kursus cpns terbaik:

1. Pilihlah lembaga kursus yang berpengalaman, biasanya dapat dilihat kapan lama berdirinya. Jadi bukan kursus cpns yang baru berdiri ketika ada pembukaan cpns.

2. Jangan tergiur dengan harga murah sebuah kursus cpns dan jangan juga tergiur dengan harga mahal. Karena harga itu harus disesuaikan dengan fasilitas dan periode kursus. Ini terkiat erat dengan kebutuhan anda untuk kursus berapa lama.

3. Telitilah tutor atau instruktur apakah berpengalaman atau tidak. Biasanya yang berpengalaman adalah mereka yang bekerja jadi cpns atau bekerja di pusat pusat diklat kementerian yang mengenal dengan baik sistem cpns.

4. Cek kembali apakah kursus cpns yang anda pilih menawarkan fasilitas terbaik, misalnya simulasi CAT soal soal CPNS yang sekarang sudah lazim digunakan.

5. Serta ini bagian yang terpenting bahwa kursusyang terbaik tidak menawarkan jaminan anda diterima. Karena seleksi cpns saat ini sudah sangat transparan dan langsung real time hasilnya dapat dilihat tanpa adanya intrik intrik orang dalam. Jadi jangan mudah tertipu ya…

Leave a comment