Kursus Android Codeva: Belajar Pemrograman Android untuk Pemula

Kursus Android – Seorang ahli di bidang IT kini kian banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan di dunia. Pasalnya, seluruh perusahaan besar seperti startup banyak berlomba-lomba untuk membangun suatu sistem yang berbasis digital.

Aplikasi digital yang bersifat mobile kini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Tentunya hal ini adalah peluang yang besar bagi kalian untuk menjadi Android Developer yang handal.

Untuk memulai karir, tentunya kalian harus terus mengasah kemampuan agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini. Oleh karena itu kalian pasti membutuhkan tempat kursus android yang tepat bukan?

Dengan belajar pemrograman android, kalian akan mendapatkan pelatihan untuk membuat aplikasi sesuai dengan permintaan pasar yakni yang user friendly. Sebelum mengikuti kursus android, ada baiknya untuk menyimak informasi berikut ini.

Baca Juga  Pentingnya Belajar Android Studio Lengkap dengan Tutorialnya

Apa Itu Pemrograman Android?

Sebelum memahami pemograman android, penting untuk mengetahui tentang android terlebih dahulu. Android merupakan mobile operating system yang bersifat open source, powerful, dinamis, dan user friendly.

Itu sebabnya, kini penggunaan aplikasi android kian diminati dibandingkan aplikasi dekstop yang tiap hari kian ditinggalkan seiring meningkatnya penggunaan Android. Untuk pembuatan aplikasi android, maka dibutuhkan pemrograman android.

Perlu kalian ketahui sebelum belajar buat aplikasi android, pemrograman android adalah pemrograman berbasis java untuk membuat aplikasi mobile yang menggunakan sistem operasi berbasis Android.

Oleh karena itu, saat belajar pemrogaman android kalian juga harus memahami bahasa pemrograman Java. Sebab, java adalah bahasa dasar yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.

Materi Kursus Android

kursus android

Sebelum mengikuti kursus android kalian juga harus mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari. Tentunya, materi yang dipelajari tidak hanya tentang pemrograman Java atau Javascript saja, masih banyak lainnya yang harus kalian pelajari. Berikut ini materi kursus android, yaitu :

1. Intro to Android Studio

Dalam pembuatan aplikasi android tentunya kalian akan membutuhkan sebuah software yang mendukung bukan? Nah salah satu software yang bisa kalian gunakan adalah Android studio. Saat memulai kursus android, kalian akan diperkenalkan terlebih dahulu tentang penggunaan Android Studio yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) atau software yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android.

2. Intro to Kotlin dan XML

Kotlin merupakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi android, dengan hasil kompilasinya berupa bytecode JVM atau Javascript. Sedangkan XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language. Seperti halnya HTML, XML merupakan bahasa Markup yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data. Tag XML harus didefinisikan sendiri terlebih dahulu karena tag XML sebelumnya tidak secara langsung terdefinisi di dalamnya.

3. Activity

Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi. Activity sama seperti halaman dan form jika dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop.

4. View

Dalam aplikasi Android, semua elemen antarmuka pengguna dibangun menggunakan objek View dan ViewGroup. Objek yang menarik sesuatu di layar dan juga dapat berinteraksi dengan pengguna dikenal dengan istilah View. Sedangkan, sebuah objek yang menyimpan objek View lainnya untuk mendefinisikan layout antarmuka disebut ViewGroup.

Di android tersedia kumpulan subkelas View dan ViewGroup, dimana subkelas tersebut menawarkan berbagai model layout (seperti layout linier atau relatif) dan juga kontrol masukan umum (seperti tombol dan bidang teks).

5. Layout

Sebuah tampilan dari aplikasi android disebut layout. Dengan layout ini kita bisa menata komponen-komponen aplikasi seperti: teks, foto, video, maupun komponen lainnya secara mudah.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Jakarta: Belajar Facebook Ads Itu Mudah

Software Membuat Aplikasi Android

Dalam pembuatan aplikasi android tentunya kalian membutuhkan software atau tools. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa software yang digunakan oleh developer android adalah Android Studio. Akan tetapi tidak hanya itu saja, masih banyak software lainnya yang bisa kalian gunakan untuk membuat aplikasi Android. Beberapa software lainnya diantaranya yaitu:

1. Apache Cordova

Apache Cordova merupakan software untuk membuat aplikasi mobile dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Software ini tidak hanya mendukung pemrograman android saja, melainkan juga IOS, Windows Phone, dan Blackberry. Software Apache Cordova ini keunggulannya adalah kalian tidak perlu membuat aplikasi menggunakan native code seperti Java, Objective-C dan lainnya.

2. Xamarin

Sama seperti Apache Cordova, Xamarin juga merupakan software untuk membuat aplikasi mobile berbasis Android, IOS dan Windows Phone dengan menggunakan bahasa pemrograman #C.

Tools ini sangat cocok digunakan bagi kalian pengguna komputer dengan sistem operasi Windows yang sudah terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio. Dengan begitu tools Xamarin ini memiliki keunggulan pada kemudahannya dalam pembuatan aplikasi android native dengan hanya menggunaka bahasa pemrograman #C saja.

3. Ionic Framework

Software pembuatan aplikasi android lainnya yang bisa kalian gunakan adalah Ionic Framework. Tools ini hampir mirip dengan Apache Cordova sebab, Ionic Framework merupakan aplikasi mobile yang berbasis HTML5 untuk mengembangkan aplikasi dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Dengan begitu, software ini memiliki keunggulan karena bersifat open source dan menggunakan teknologi web terbaru yakni HTML5.

4. React Native

React Native merupakan software pembuatan aplikasi android yang menggunakan framework javascript. Jika kalian menggunakan software ini, pasti akan merasakan sensasi aplikasi yang mendekati dengan aplikasi native.

Hal tersebut dikarenakan library yang tersedia dalam React Native memiliki native. Dengan begitu, aplikasi yang dibuat pun akan terintegrasi denga aplikasi native sebenernya. Adapun yang membedakan software ini dengan yang lainnya, React Native memiliki fitur pembeda antara Android dan iOS dari segi UI&UX.

Manfaat Mengikuti Kursus Android

kursus android

Setelah memahami beberapa materi dasar dan software yang akan digunakan saat mengikuti Kursus Android, kini saatnya bagi kalian untuk mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan jika mengikuti kursus Android seperti berikut ini:

1. Dilatih dengan Ahli yang Profesional

Mengikuti kursus android tentunya akan dibimbing oleh pelatih yang merupakan praktisi yang ahli pada industri yang tepat dan bersertifikasi internasional.

2. Mendapatkan Jaminan Diajari Sampai Bisa

Para pelatih akan mengajarkan konsep dan strategi praktis yang dijamin akan diajarkan sampai bisa.

3. Bergabung degan Komunitas

Dengan mengikuti kursus Android studio jakarta, kalian akan bergabung dengan komunitas yang memiliki tujuan sama. Dengan begitu, kalian bisa saling berbagi informasi dan ilmu satu sama lain.

4. Mendapatkan Pelatihan Membuat Project

Jika kalian telah menyelesaikan pembelajaran, tentunya kalian akan diberikan project pertama untuk menguji kemampuan kalian. Apabila berhasil, akan diberikan sertifikat.

Mengikuti kursus android tidak hanya mendapatkan pembelajaran pemrograman android saja, lembaga kursus pun akan mengusahakan kalian untuk menyalurkan ke perusahaan besar di Indonesia.

Itulah beberapa informasi tentang kursus android, materi tentang pemrograman android, serta manfaat mengikuti kursus android. Informasi di atas memudahkan kalian untuk memilih tempat kursus Android studio Jakarta. Pastikan kalian memilih tempat kursus Android yang berkualitas seperti di Codeva.

Codeva adalah salah satu lembaga kursus android Jakarta yang berkualitas dan tentunya memiliki pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Ayo tunggu apa lagi segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti training android Jakarta, dengan mengunjungi websitenya di https://codeva.co.id

Leave a comment