Tips dan Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja di Jerman

Jerman menjadi salah satu negara impian untuk melanjutkan kuliah di luar negeri khususnya bagi pelajar-pelajar di Indonesia. Hal ini dikarenakan negara ini memang terkenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan yang bagus di Indonesia dan bahkan beberapa universitas di negara Jerman masuk ke dalam daftar 100 universitas terbaik di tingkat dunia.

Untuk bisa mengenyam pendidikan di negara maju seperti Jerman tentu bukan hal yang mudah. Selain faktor kemampuan secara akademik maupun prestasi lainnya, faktor finansial terkadang menjadi kendala. Memang negara ini menerapkan sistem pendidikan gratis hingga tingkat kuliah baik bagi mahasiswa lokal di negaranya maupun mahasiswa dari luar negeri.

Namun, biaya hidup yang cukup tinggi untuk tinggal di Jerman menjadi masalah lain yang biasanya dihadapi mahasiswa. Sehingga tak jarang banyak mahasiswa yang mengambil kuliah sambil kerja di Jerman.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Mau Dapat Beasiswa Kuliah Sambil Kerja di Jerman ? Klik disini

Alasan Mengambil Kuliah Sambil Kerja di Jerman

Fenomena kuliah sambil bekerja tidak hanya ditemui di Jerman namun juga di Indonesia, di negara maju seperti Jerman pun banyak mahasiswa khususnya yang dari luar negeri yang memilih untuk bekerja sembari kuliah. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang memilih untuk mengambil kuliah sambil kerja di Jerman, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kebutuhan finansial

Biaya kuliah dan biaya yang harus dikeluarkan selama tinggal di Jerman sudah pasti lebih besar jika dibandingkan tinggal di Indonesia. Sehingga tidak mungkin kita hanya mengandalkan uang saku dari orang tua yang bekerja di Indonesia sedangkan biaya hidup untuk tinggal di Jerman cukup tinggi.

Baik untuk kebutuhan rumah atau tempat tinggal, biaya makan, biaya hiburan, maupun biaya-biaya lainnya. Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk tinggal di Jerman berkisar 800 Euro dan nilai ini sudah cukup terjangkau jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa.

Beruntung jika kuliah dengan mendapatkan beasiswa yang meng-cover kebutuhan hidup. Sayangnya mungkin sebagai mahasiswa tetap akan membutuhkan biaya tambahan lain yang tidak termasuk dalam biaya yang di-cover pada beasiswa yang didapatkan. Sehingga mengambil kerja di Jerman sembari kuliah tetap diperlukan untuk mendapatkan tambahan finansial selama mengambil kuliah di sini.

Mempelajari bahasa dan budaya setempat

Menguasai bahasa Jerman menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang akan kuliah di Jerman mengingat rata-rata sistem pembelajaran di kampus-kampus Jerman masih menggunakan bahasa pengantar Jerman. Belajar di tempat kursus baik secara online maupun offline memang sudah cukup bagus untuk mendapatkan modal dasar kemampuan berbahasa Jerman dengan baik.

Namun, akan lebih efektif jika mencoba mempraktekkannya langsung di kehidupan sehari-hari selama tinggal di Jerman bersama penduduk setempat (native speaker). Akhirnya, banyak yang memilih kuliah sambil bekerja di Jerman agar bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman dan mempelajari budaya penduduk setempat.

Baca Juga  Bukan Cuma BMW dan Porsche Ini 29 Merek Mobil Asal Jerman

Dengan bekerja di beberapa perusahaan atau pertokoan di Jerman, mahasiswa bisa mencoba mengobrol dengan native speaker, menjalin komunikasi, menjalin relasi dan pertemanan, hingga mempelajari kultur budaya setempat. Ini akan menjadi hal menarik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan bahasa Jerman.

Mendapatkan pengalaman baru

Semakin banyak berinteraksi dengan penduduk sekitar yang ada di Jerman, maka pengalaman yang didapatkan pun akan semakin bertambah. Sehingga kuliah bukan hanya sekedar belajar, berangkat ke kampus, lalu pulang kembali ke rumah selama tinggal di Jerman.

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga untuk membangun karakter dan wawasannya selama mengenyam pendidikan di luar negeri. Sehingga jika mendapatkan kesempatan untuk bisa bekerja sambil kuliah, sebisa mungkin jangan pernah disia-siakan.

Cara Kuliah Sambil Kerja di Jerman

Setelah termotivasi untuk bekerja di Jerman sambil tetap kuliah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencari pekerjaan yang bisa memperkerjakan mahasiswa dengan waktu yang terbatas dan bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan bekerja agar tetap seimbang. Langkah-langkah berikut ini bisa dicoba untuk diikuti mahasiswa yang berkeinginan untuk kuliah sambil kerja, di antaranya:

Dapatkan Beasiswa Kuliah di Jerman Gratis !!! Sekarang !!!

Rajin mencari informasi

Di saat kamu ingin mendapatkan pekerjaan saat masih kuliah, tentu tidak bisa jika hanya diam di tempat tanpa berusaha melakukan sesuatu. Rajin-rajinlah mencari informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia di Jerman. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui madding di kampus, media online, maupun bertanya ke teman atau kenalan.

Salah satu situs di Jerman yang direkomendasikan untuk mencari informasi tentang lowongan kerja adalah situs “Agentur für Arbeit”. Situs ini merupakan agen resmi pemerintah Jerman yang memang diperuntukkan untuk menyalurkan tenaga kerja.

Perhatikan syarat dan ketentuan

Tidak semua lowongan yang ada bisa cocok dengan mahasiswa yang akan mendaftar kuliah sambil kerja di Jerman. Apalagi mahasiswa memiliki waktu yang terbatas yang mana mereka hanya bisa bekerja secara part time di waktu-waktu setelah pulang kuliah, libur akhir pecan, atau libur sekolah saja.

Cari lowongan yang benar-benar sesuai dengan waktu yang kamu miliki agar kuliah di Jerman tidak terbengkalai karena sibuk bekerja. Selain itu,pilihlah tempat kerja yang lokasinya dekat dengan kampus dan tempat tinggal agar tidak mengeluarkan lebih banyak biaya untuk transportasi dan bisa menghemat waktu lebih banyak untuk bolak-balik perjalanan dari kampus ke tempat kerja atau sebaliknya.

Jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan

Mungkin ada yang merasa sungkan dan gengsi jika hanya bekerja di tempat-tempat yang kurang bergengsi seperti penjaga toko, pelayan restoran, pencuci piring, atau tukang masak. Lupakan gengsi dan utamakan untuk mencari pekerjaan memang karena kebutuhan dan sesuai dengan waktu yang kamu miliki agar bisa membagi waktu tersebut dengan waktu untuk kuliah atau belajar.

Menjadi diri sendiri saat wawancara kerja

Sama halnya seperti saat melamar kerja di tempat lain, meskipun tujuan kamu mencari kerja adalah untuk bekerja part time kamu tetap harus mengirimkan CV dan surat lamaran kerja. Setelah lolos seleksi administrasi, biasanya akan ada panggilan untuk melakukan interview yang jarak waktunya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan perusahaan. Jadilah diri sendiri saat datang wawancara dan berikan kesan yang baik kepada pewawancara. Selalu positif dan ceria agar pemilik perusahaan atau toko terkesan sehingga peluang kamu untuk diterima lebih besar.

Atur keuangan dengan baik

Meskipun sudah mendapatkan penghasilan sendiri, atur keuangan dengan baik agar tidak boros. Utamakan menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang paling penting seperti membayar biaya kuliah, tempat tinggal, biaya makan, dan transportasi. Selebihnya kamu bisa manfaatkan untuk kebutuhan tersier atau ditabung. Jangan sampai besar pasak daripada tiang alias lebih banyak pengeluaran daripada pendapatan.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Jerman di Surabaya

Kuliah sambil kerja di Jerman mungkin tidak semudah yang dibayangkan karena kamu harus pintar-pintar mengelola waktu belajar dan bekerja agar keduanya tetap berjalan secara seimbang. Untuk meningkatkan produktivitas, hindari hal-hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat serta fokus pada tujuan selama di Jerman yaitu bekerja untuk bisa kuliah dengan lancar dan lulus tepat waktu. Tips-tips di atas bisa kamu coba lakukan agar keinganan kamu untuk kerja sambil kuliah di Jerman bisa terwujud.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"