Inilah Biaya Kuliah di Singapura Terlengkap yang Harus Anda Ketahui

Kuliah di Singapura – Negara Singapura merupakan salah satu negara maju yang ada di Asia Tenggara dan letaknya tidak jauh dari Indonesia. Meskipun negara ini kecil, Singapura merupakan negara modern yang sangat diakui di dunia baik kemajuan di bidang teknologi, kesehatan, maupun pendidikannya.

Sehingga kuliah di Singapura pun bisa menjadi salah satu pilihan terbaik jika Anda ingin mencoba mengenyam pendidikan di luar negeri. Dalam bidang pendidikan, negara yang memiliki bandara terbaik di dunia ini ternyata memiliki pelajar-pelajar dengan kemampuan matematika terbaik di dunia.

Pendidikan merupakan salah satu fokus penting di Singapura dengan tersedianya fasilitas-fasilitas terbaik di universitas-universitas Singapura. Selain mempersiapkan diri secara akademi dan administrasi, untuk kuliah di Singapore Anda juga harus mempersiapkan dengan baik budget biaya selama kuliah di sana.

Universitas Terbaik di Singapura dan Biayanya

Terdapat banyak sekali universitas bermutu yang ada di Singapura. Sebelum memutuskan akan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa, ada baiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu universitas apa saja yang direkomendasikan di negara ini.

Sehingga Anda dapat mempertimbangkan baik dari segi kualitas, fokus jurusan yang ada pada universitas tersebut, maupun biaya kuliah di Singapura. Berikut beberapa universitas terbaik di Singapura yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. NUS (National University of Singapore)

National University of Singapore merupakan salah satu universitas tertua dan terbesar di Singapura yang masuk dalam peringkat 30 besar universitas terbaik di dunia. Berdasarkan QS Wordl University Ranking, NUS berhasil menduduki urutan ketiga universitas terbaik di Asia pada tahun 2011.

Terdapat 16 fakultas dan sekolah dalam berbagai jurusan. Mulai dari ilmu bisnis, ilmu sosial, komputer, teknik, kedokteran, dan ilmu hukum. Bahkan program MBA atau pascasarjana di NUS merupakan program bermutu yang paling baik sehingga menjadi incaran para mahasiswa S1.

Rincian biaya kuliah di National University of Singapore bisa dilihat pada kisaran berikut:

• Program sarjana sekitar 80 juta – 100 juta per tahun dengan biaya total 300 juta sampai lulus.
• Jurusan kedokteran gigi memerlukan biaya hingga 300 jutaan per tahun.
• Jurusan musik memerlukan biaya hingga 130 juta per tahun.

2. NTU (Nanyang Technological University)

Jika Anda berkeinginan untuk melanjutkan sekolah teknik, maka NTU merupakan salah satu pilihan universitas yang paling direkomendasikan. Universitas ini terkenal sebagai universitas dengan sekolah teknik terbesar di Singapura dan didukung fasilitas yang baik untuk memacu bidang riset.

Kapasitas kampus ini mencapai 33 ribu mahasiswa baik sarjana maupun pascasarjana di segala bidang jurusan. Selain fokus pada jurusan tekniknya, NTU juga memiliki jurusan lain seperti fakultas ilmu sosial, humaniora, kedokteran, dan fakultas bisnis.

Namun, yang menjadi favorit di universitas ini tetaplah fakultas teknik dengan jurusan Ilmu Komputer. Untuk program MBA-nya sendiri, NTU telah berhasil masuk ke dalam 30 besar program MBA terbaik di dunia.

Baca Juga  Biaya Kursus Bahasa Mandarin di Jakarta dan Jakarta Barat

Biaya yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Nanyang Technological University adalah sebagai berikut:

• Program sarjana sekitar 80 juta – 90 juta per tahun.
• Jurusan andalan seperti Renaissance Engineering Programme membutuhkan biaya sebesar 180 juta per tahun.
• Jurusan kedokteran membutuhkan biaya sekitar 170 jutaan per tahun.

3. SMU (Singapore Management University)

Universitas SMU memang tergolong masih baru, namun SMU sudah mampu menarik kurang lebih 7.000 mahasiswa baik jenjang sarjana maupun pascasarjana. Universitas yang baru didirikan pada tahun 2000 di pusat kota Singapura ini fokus pada bidang manajemen.

Beberapa jurusan di kampus ini seperti akuntansi, manajemen bisnis, ekonomi, hukum, manajemen sistem informasi, dan ilmu sosial. Untuk biaya kuliah di Singapore Mangement University, Anda harus menyiapkan anggaran dengan kisaran sebagai berikut:

• Program sarjana berkisar 120 juta per tahun.
• Jurusan hukum membutuhkan biaya sekitar 130 juta per tahun.

4. SUTD (Singapore University of Technology and Design)

Bagi Anda yang memiliki hobi dan passion di bidang desain, maka SUTD adalah pilihan yang tepat. Universitas ini berkolaborasi dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology). Fokus pendidikan yang dikembangkan di SUTD adalah di bidang keilmuan teknologi, desain, dan ilmu pengetahuan.

Meskipun universitas ini masih tergolong baru, kualitas SUTD tentu sudah tidak diragukan lagi mengingat banyak lulusan universitas ini yang sangat terkenal dalam bidang pemikiran desain dan teknologi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di SUTD berkisar 130 juta per tahun dan bisa lebih mahal jika mengambil program khusus.

5. SUSS (Singapore University of Social Science)

Sesuai dengan namanya SUSS yang dulunya bernama SIM University ini berfokus pada bidang ilmu sosial. Nama universitas ini diganti pada tahun 2017 setelah diambil alih oleh Kementerian Pendidikan Singapura.

Visi pembelajaran yang diusung oleh SUSS adalah nilai-nilai semangat pembelajaran, integritas, inovasi, kerja sama, passion untuk komunitas, serta penghormatan dan kepercayaan.

Beberapa jurusan yang tersedia di universitas ini di antaranya adalah akuntansi, manajemen SDM, manajemen logistik, analisis bisnis, keuangan dan pemasaran, serta pekerjaan sosial. Biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di sini berkisar sebagai berikut:

• Biaya kuliah total sebesar 320 juta rupiah.
• Jurusan akuntansi memerlukan biaya lebih mahal sekitar 330 juta rupiah untuk biaya totalnya.

Biaya Hidup di Singapura

Biaya kuliah di Singapura dalam rupiah memang terbilang mahal jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia. Namun, tentu saja kualitas yang akan didapatkan juga berbeda mengingat predikat dan peringkat yang telah diperoleh universitas-universitas tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan biaya hidup selama belajar di Singapura yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Selain kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, dan pakaian, Anda juga harus memikirkan tempat tinggal selama di sana.

Baca Juga  Apa Saja Perbedaan Antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT Jakarta?

Berikut ini perkiraan biaya kuliah di Singapore beserta biaya hidup dan lain-lain:

1. Biaya tempat tinggal/akomodasi

Harga properti di Singapura memang terkenal mahal sehingga Anda harus memperhatikan beberapa faktor agar bisa mendapatkan harga terjangkau dengan fasilitas yang cukup nyaman.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya tempat tinggal di Singapora adalah kemudahan akses dengan kota, ketersediaan fasilitas rekreasi dan hiburan serta pusat kebugaran, kualitas perabotan, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa referensi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis tempat tinggal seperti apa saat kuliah di Singapura nantinya, yaitu:
• Paying Guest
Biaya yang harus dikeluarkan untuk paying guest atau menyewa kamar miliki apartemen atau flat HBD pribadi tergolong lebih terjangkau. Anda harus mengeluarkan biaya sewa sekitar 5 – 8 juta untuk sewa flat HBD dan 8 – 18 juta untuk sewa apartemen.

• Asrama Kampus
Jika ingin lebih murah lagi, maka asrama kampus adalah pilihan yang tepat. Masing-masing universitas biasanya akan mematok harga sewa yang berbeda-beda setiap bulannya. Untuk per bulannya Anda cukup membayar sewa sekitar 2 – 5 juta per bulan.

• Hostel
Menyewa hostel juga tergolong masih sangat terjangkau untuk ukuran mahasiswa. Biaya sewa per bulannya sekitar 3 – 4 jutaan untuk kapasitas 8 orang. Tentu akan lebih murah jika Anda menggunakan hostel ini bersama-sama dengan teman.

2. Biaya Makan

Biaya makan di Singapura terbilang masih sangat terjangkau. Per bulannya Anda bisa menghabiskan sekitar 5 – 6 juta per bulan dan bisa lebih murah jika memasak sendiri dengan kisaran per bulan sekitar 2 jutaan.

3. Biaya Transportasi

Transportasi di Singapura sudah sangat maju dan memudahkan akses untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Harganya pun tergolong sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

• Tarif MRT dan bus satu arah sekitar Rp16.000,00.
• Tarif taksi sekitar Rp30.000,00 – Rp40.000,00 per satu mil pertama dan selanjutnya kena tarif Rp2.000,00 setiap 400 meter – 10 km.

4. Biaya Utilitas

Biaya utilitas di sini maksudnya adalah biaya untuk tagihan listrik, air, gas, pulsa, dan lain sebagainya. Rinciannya bisa dilihat pada detail di bawah ini:

• Biaya tagihan air, gas, dan listrik berkisar 2 – 6 juta per bulan.
• Biaya langganan ponsel berkisar Rp350.000,00 – Rp1.000.000,00 per bulan tergantung kebutuhan.
• Biaya koneksi internet berkisar Rp500.000,00 per bulan
• Biaya langganan TV kabel berkisar Rp300.000,00 – Rp800.000,00 per bulan tergantung saluran yang dipilih.

5. Biaya Lain-lain

Biaya lain-lain bisa disesuaikan degnan masing-masing kebutuhan mahasiswa karena setiap mahasiswa tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Mulai dari pembelian alat elektronik, biaya hiburan atau rekreasi, biaya keanggotaan perpustakaan, biaya beli buku, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui perkiraan biaya kuliah di Singapura, Anda bisa mempersiapkan dengan sebaik mungkin sebelum memilih universitas mana untuk belajar nantinya.

Leave a comment