Ini Alasan Kenapa Kuliah di Jerman Bukan Hanya Mimpi

Kuliah di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan kuliah terbaik. Beberapa universitas di Jerman termasuk dalam jajaran universitas tertua di dunia, diantaranya yaitu Universitas Ruprecht

Karl Heidelberg, Universitas Greifswald, Universitas Rostock, Universitas Freiburg, Universitas Leipzig, Universitas Tubingen dan Universitas Munich.

Pendidikan tinggi di Jerman disubsidi penuh oleh pemerintah Jerman, jadi pendidikan tinggi di sana menjadi murah untuk penduduk asli maupun pelajar internasional.

Walaupun pelajar internasional tidak melalui jalur beasiswa, mereka tetap dapat memperoleh biaya pendidikan yang murah. Itulah sebabnya biaya kuliah di Jerman terkenal paling murah di dunia.

Apakah Kamu Ingin Kuliah di Jerman?

Inilah beberapa alasan yang akan memantapkan niatmu untuk kuliah di Jerman :

1. Jerman memiliki 400 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di wilayah negara tersebut. Jadi kamu bisa memilih universitas mana yang akan menjadi tujuan studimu.

2. Hampir semua universitas di Jerman disubsidi oleh pemerintah Jerman sehingga biaya kuliah di Jerman menjadi murah dibandingkan dengan biaya kuliah di negara – negara Eropa lainnya.

3. Biaya kuliah di Jerman lebih murah 10 kali lipat dibandingkan biaya kuliah di Amerika Serikat. Wow mengejutkan bukan?

4. Mahasiswa di Jerman dapat menekan biaya hidupnya menjadi lebih rendah dengan cara menggunakan bantuan mahasiswa dan potongan harga bagi mahasiswa.

5. Universitas – Universitas dan lembaga penelitian di Jerman dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, mahasiswa juga akan memperoleh bimbingan yang intensif dan juga dihargai sebagai ilmuwan masa depan.

6. Perguruan tinggi di Jerman banyak melahirkan inovasi – inovasi sehingga perguruan tinggi di Jerman memiliki reputasi yang bagus dan diakui di seluruh dunia.

7. Ada lebih dari 16.000 program studi yang ditawarkan di berbagai universitas Jerman dan 1000 diantaranya merupakan program internasional.

8. Pendidikan tinggi di Jerman menawarkan jurusan dengan gelar internasional untuk jenjang S1, S2 maupun S3.

9. Banyak temuan perintis yang lahir dari ilmuwan – ilmuwan Jerman. Beberapa diantaranya yaitu Albert Einstein, Wilhelm Conrad Rontgen, Max Planck, Harald zur Hausen, Robert Koch, Christiane Nusslein – Volhard.

10. Banyak juga pemikir dan penyair yang berasal dari Jerman, diantaranya Hegel dan Adorno, Immanuel Kant, Goethe, Heine dan Brecht, Beethoven dan Brahms.

Baca Juga  Skema Daftar dan Bagaimana Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

11. Jerman memiliki universitas – universitas top, diantaranya terdapat 43 universitas Jerman yang menduduki peringkat terbaik di dunia berdasarkan peringkat yang ditetapkan oleh QS World University Ranking pada tahun 2016/2017.

Membaca alasan – alasan di atas pasti membuatmu semakin ingin kuliah di Jerman kan..

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Jerman, kamu harus tahu dulu mengenai biaya kuliah, syarat kuliah di Jerman dan jurusan apa saja yang ditawarkan perguruan tinggi di Jerman. Simak semua infonya di artikel ini

Biaya Kuliah di Jerman

Perguruan tinggi di Jerman kebanyakan di subsidi oleh pemerintah Jerman. Sehingga perguruan tinggi tersebut biasanya tidak memungut biaya kuliah.

Jika perguruan tinggi memungut biaya kuliah pun relatif murah sekitar 500 Euro, jika dirupiahkan sekitar Rp 7 juta tiap semesternya.

Untuk perguruan tinggi swasta biasanya memungut uang kuliah yang relatif lebih mahal bisa sampai 20.000 euro atau Rp 288 juta setiap tahunnya.

Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda – beda mengenai besaran biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa termasuk kebijakan untuk membayar iuran semester.

Mahasiswa yang membayar iuran semester akan diberikan fasilitas semesterticket atau kartu yang digunakan untuk naik transportasi umum di lingkungan perguruan tinggi dan sekitarnya secara gratis ataupun mendapat potongan harga.

Iuran semester yang dibayarkan mahasiswa besarannya berbeda – beda tiap universitas. Biasanya sekitar 100 Euro kalo dirupiahkan sekitar 1,4 juta tiap semester.

Umumnya mahasiswa di Jerman memerlukan sekitar 800 Euro atau sekitar 11,5 juta rupiah untuk membayar tempat tinggal.

Bagi mahasiswa internasional, diwajibkan menunjukkan jaminan keuangan minimal 8000 Euro atau sekitar Rp 115 juta rupiah pertahunnya dan juga diwajibkan memiliki asuransi kesehatan di Jerman.

Syarat Kuliah di Jerman

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa internasional yang kuliah di Jerman, kamu harus mempersiapkan diri memenuhi persyaratan untuk kuliah di Jerman, berikut ini syarat kuliah di Jerman :

1. Memiliki visa dan Residence Permit

Syarat ini diwajibkan bagi kamu yang akan mendaftar kuliah di Jerman. Kamu memerlukan visa untuk datang dan tinggal di Jerman.

2. Menunjukkan bukti sumber keuangan atau beasiswa

Kamu yang akan kuliah di Jerman harus menunjukkan bukti bahwa kamu memiliki cukup uang untuk membiayai hidupmu di Jerman. Umumnya besaran uang yang harus ditunjukkan sejumlah 8000 Euro di bank untuk 1 tahun.

Baca Juga  Ciri Khas Negara Jerman yang Begitu Unik Untuk Dilihat

3. Memiliki kualifikasi penerimaan universitas

Bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan tinggi di Jerman, kamu perlu memiliki kualifikasi penerimaan universitas atau “Hochsculzugangsberechtigung”. Ini ijazah selesai lulus SMA yang diperlukan untuk memenuhi syarat kuliah di Jerman.

4. Memiliki kemampuan bahasa Jerman

Di Jerman tersedia program internasional dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman pada berbagai jenjang studi dan jurusan. Program studi dalam bahasa Jerman tentu saja lebih banyak di tawarkan daripada program internasional.

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal level B1 di Indonesia. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan kursus bahasa Jerman di Jerman sampai level C1, jika kamu ingin mengambil jurusan dengan bahasa Jerman.

5. Memiliki asuransi kesehatan di Jerman

Di Indonesia saja, kamu harus memiliki asuransi kesehatan, begitupula di Jerman. Asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib di negara Jerman. Kamu perlu mendaftar asuransi kesehatan di Jerman.

Jangan khawatir dulu ya, premi asuransi bagi mahasiswa di Jerman terjangkau kok. Premi asuransi ini sekitar 80 Euro, harga mahasiswa ini berlaku hingga semester ke 14 dari perkuliahan atau hingga kamu berumur 30 tahun.

Jurusan Kuliah di Jerman

Sudah memiliki keinginan yang kuat untuk menempuh studi di Jerman? Apakah kamu sudah memilih jurusan yang akan kamu pilih di universitas Jerman?

JIka kamu masih merasa kebingungan mengenai jurusan apa yang akan kamu pilih, mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan – jurusan terbaik berikut ini.

1. Teknik Mesin
2. Kedokteran
3. Fisika
4. Kimia
5. Sastra
6. Bahasa
7. Sejarah

Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman

Sebagai persiapan untuk mengikuti kuliah di Jerman, kamu perlu mengikuti kursus bahasa Jerman dulu. Ada beberapa tips memilih kursus yang akan kami share buat kamu, yaitu :

• Mencari tahu lebih jauh profil lembaga kursus bahasa Jerman tersebut.
• Carilah lembaga kursus yang memiliki kredibilitas tinggi.
• Bergabung di forum – forum atau grup media sosial dan tanyakan pada orang yang berpengalaman mengenai lembaga kursus yang kualitasnya bagus dengan harga yang terjangkau.

Leave a comment