Konversi Adalah Metriks Penting, serta Strategi Mewujudkan Konversi Tinggi

Konversi adalah – Bagi sebagian orang, SEO adalah cara yang paling diutamakan untuk menunjang website. Namun, terkadang kalian melupakan hal yang tak kalah pentingnya dari SEO. Hal terlupakan tesebut biasa disebut dengan “Konversi Web” atau bisa juga disebut dengan “Conversion Rate”. Mungkin beberapa dari kalian banyak yang belum mengetahui tentang Konversi.

Itu sebabnya, mungkin kalian tidak mengetahui fungsi ajaib dari konversi web ini. Secara singkat, konversi web dapat dikatakan sebagai feeder atau pelanggan, ini sama halnya dengan fitur “subscribe” untuk mendapatkan pemberitahuan melalui email. Dengan begitu, semakin banyak feeder semakin banyak orang mengunjungi web kalian. Apabila kalian belum mengetahui arti konversi dan konversi web, berikut ini informasi lengkapnya.

konversi adalah metriks penting dalam seo

Pengertian Konversi

Conversion rate atau konversi adalah istilah yang seringkali digunakan dalam digital marketing, yang artinya pencapaian sebuah tujuan dari kampanye pemasaran. Sedangkan dalam sebuah website, istilah konversi adalah ketika pengunjung website tidak hanya berkunjung saja tetapi juga melakukan tindakan-tindakan lain yang menjadi goal bisnis Anda.

Pengertian lain dari konversi adalah presentase kunjungan website yang mengikuti seluruh aktifitas yang ada dalam website kalian. Sedangkan Conversion Rate adalah prosentase kunjungan yang melakukan apapun yang ada pada website kalian.

Terdapat banyak variasi tindakan dari setiap pengunjung yang berbeda-beda. Misalnya saja ada yang melakukan transaksi (membeli produk), mendaftar menjadi anggota, berlangganan newsletter, download software dan masih banyak lainnya.

Jenis Konversi

Perlu kalian ketahui bahwa konversi memiliki dua jenis yang berbeda, di antaranya adalah konversi makro dan konversi mikro. Kedua jenis konversi ini dipengaruhi oleh keterlibatan pelanggan dalam website kalian.

Arti konversi mikro adalah konversi yang membuat calon pelanggan ikut terlibat dengan merek. Hal tersebut terjadi karena mereka mungkin sudah berlangganan newsletter, menonton video tutorial, atau mengikuti akun bisnis yang lain.

Baca Juga  Pengertian Pemasaran Hingga Riset Pemasaran

Sedangkan arti konversi makro adalah konversi yang berkaitan dengan hal-hal yang lebih besar. Hal besar tersebut adalah misalnya, pelanggan yang telah membeli produk utama atau pelanggan yang berlangganan layanan bisnis yang kamu tawarkan.

Namun, bagaimanapun perbedaan kedua jenis konversi tersebut, dua-duanya sama saja pentingnya. Sebab, konversi mikro pun tetap sama-sama akan menuju pada konversi makro dimasa yang akan datang.

Mewujudkan Konversi Tinggi yang Optimal

Jika dilihat dari arti konversi, maka kalian harus memiliki tingkat konversi yang tinggi. Untuk mendapatkan konversi yang tinggi kalian harus bergantung pada sejumlah faktor dimana keseluruhan faktor tersebut harus memperlihatkan hasil yang memuaskan dan diinginkan.
Contohnya seperti tawaran yang menarik, kemudahan dalam melakukan aktivitas di website tersebut, serta tingkat ketertarikan pengunjung untuk berinteraksi dengan website. Lalu bagaimana upaya untuk mewujudkan konversi yang tinggi?

Berikut ini adalah beberapa strategi untuk mewujudkan konversi web yang tinggi:

• Buat website Anda menjadi mobile friendly.
• Judul dan halaman website kalian memiliki waktu 0-8 detik untuk dapat menarik perhatian pengunjung. Setelah 8 detik kebanyakan pengunjung akan meninggalkan website jika tak ada faktor yang menarik bagi mereka. Oleh karena itu ciptakan judul semenarik mungkin, namun tidak hanya sekedar click-bait semata.
• Sekitar 96% pengunjung yang datang ke website kalian tidak siap untuk membeli atau melakukan transaksi. Maka buatlah sebuah penawaran menarik untuk membuat mereka tergiur untuk membeli.
• Semakin banyak kalian memilki landing page, maka akan semakin banyak pula lead yang Anda dapatkan.
• Delay A 1 pada website kalian dapat mengakibatkan penurunan konversi sebanyak 7%.
• Metode pengujian A/B kini paling banyak disukai dan dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.
• Buatlah Content video. Ini bisa meningkatkan pembelian sebuah produk sebanyak 144%.
• Gunakan fitur “Chat Now” yang meningkatkan konversi sign up sebanyak 31%
• Masukkan informasi diskon atau promo pada judul bisa meningkatkan konversi pada cart sebanyak 148,3%.
• Keuntungan, bukti sosial dan indikator kredibel lainnya bisa meningkatkan konversi pada landing page sebanyak 144,1%.
• Mengubah tombol calls-to-action dari warna hijau ke warna merah bisa meningkatkan konversi sebanyak 34%.
• Tunjukkan testimoni dari pelanggan.

Baca Juga  Cara Membuat Iklan di Google Adwords dengan Mudah

Nah itu dia beberapa informasi tentang pengertian konversi. Jangan lupa untuk menerapkan beberapa strategi di atas untuk mewujudkan konversi tinggi.

Leave a comment