Ketahui Selak Beluk Kehidupan di Jerman

Kehidupan di jerman bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman, tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kehidupan di Jerman berlangsung. Selain tentu saja konversi uang dari Rupiah ke Euro yang cukup tinggi, ada beberapa cara kehidupan di Jerman yang harus disadari.

Mau beasiswa kuliah gratis di Jerman ? Isi form berikut ini: 

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Hal yang perlu diperhatikan selama di Jerman

Penggunaan Bahasa Jerman

Kemampuan bahasa Inggris mungkin cukup untuk mengikuti pendidikan di Jerman kelas internasional, tetapi tidak akan cukup untuk kehidupan sehari-hari di sana. Kebanyakan masyarakat Jerman akan menggunakan bahasa Jerman dengan anggapan “karena mereka ada di Jerman”.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Sangat Disiplin Aturan

Salah satu kebiasaan kehidupan di Jerman yang berbeda dengan Indonesia adalah ketertiban masyarakatnya pada aturan. Orang-orang di sana tidak akan menyebrang jalan meskipun tidak terlihat ada mobil, selama lampu lalu lintas menunjukkan warna hijau untuk mobil.

Orang-orang di sana juga terbiasa menegur anak-anak yang berperilaku kurang sopan menggunakan fasilitas umum, meskipun ada orang tuanya di sebelah. Jadi, jangan sembarangan menggunakan fasilitas umum jika tidak ingin dihina.

Hak Pekerja yang Terpenuhi

Mahasiswa di Jerman merasa nyaman karena dapat menggunakan identitasnya untuk meminta potongan harga barang. Sementara itu, para pekerja memiliki hak-hak yang terpenuhi. Pekerja di sana terjamin tidak akan dieksploitasi. Ada banyak organisasi yang melindungi hak-hak pekerja di Jerman.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Pemotong Video Terbaik

Pelayanan Kurang Memuaskan Untuk Pelanggan

Kebanyakan orang akan lebih nyaman tinggal di Indonesia adalah karena kebiasaan sopan santunnya. Di Jerman, kita atau pelanggan tidak akan dianggap sebagai raja. Di restoran atau toko, pelanggan tidak akan mendapatkan keramahan atau pelayanan yang sebaik ada di negara lain

Bagi para mahasiswa yang baru sampai di Jerman dan ingin menginap, umumnya tidak akan mendapatkan fasilitas perabot apartemen. Barang-barang seperti lemari, tempat tidur rumah, atau bahkan lampu sekalip un tidak ada di apartemen yang kita sewa.

Oleh karena itu, mencari furniture bekas penting ketika baru sampai di Jerman. Meskipun begitu, hal ini bisa dibicarakan dengan pengelola tempat tinggal.

Pemanfaatan Transportasi Umum

Bagian dari kehidupan di Jerman yang paling terpuji adalah bagian transportasi umumnya yang memuaskan. Kereta datang tidak pernah terlambat, mobil-mobil umum terlihat bersih, dan fasilitas jalan tidak terganggu.

Namun, orang-orang di Jerman akan lebih suka menggunakan sepeda untuk transportasi. Mereka juga banyak yang memilih untuk berjalan kaki. Kehidupan di Jerman seperti inilah yang membuat sepeda sama bergengsinya seperti mobil di Indonesia.

Tempat Yang Bersih

Meskipun masyarakatnya telah bergelut dengan modernitas, tetapi Jerman adalah tempat yang bersih. Ada banyak tempat sampah yang memisah jenis-jenis sampah sehingga dapat didaur ulang. Orang-orang di sana juga sangat peduli lingkungan, sehingga alamnya diandalkan oleh Eropa.

Uniknya, jika mereka menemukan suatu barang yang dianggap berharga dan dianggap terjatuh dari saku seseorang, mereka tidak akan membuangnya melainkan menggantungkannya di tempat sekitar. Dengan begitu, seseorang yang merasa kehilangan akan mudah menemukannya kembali.

Hari Minggu adalah Hari Tenang

Pada dasarnya, masyarakat Jerman menyukai kehidupan yang tenang. Mereka tidak terbiasa membuat keberisikan, kecuali di klub atau diskotik. Mereka akan berkumpul hanya jika ada timnas sepak bola mereka bermain (ini pasti).

Namun, kehidupan di Jerman akan lebih tenang lagi apabila sudah tiba hari Minggu. Hal itu karena kebiasaan masyarakat di Jerman yang menggunakan hari Minggu sebagai hari istirahat. Toko-toko dan unit kerja akan ditutup.

Baca Juga  Memahami 3 Sistem Kuliah Kedokteran di Jerman yang Perlu Diperhatikan

Para pemilik toko dan usaha akan bersepeda atau berjalan-jalan di taman terdekat. Meskipun begitu, orang-orang tersebut tidak akan bepergian jauh untuk berlibur. Padahal, Jerman adalah negara yang memiliki akses mudah untuk bepergian bahkan ke luar negeri di wiayah Eropa.

Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Kita akan sulit menemukan institusi pendidikan swasta di Jerman, meskipun ada. Umumnya pendidikan di sana merupakan pengelolaan oleh negara dan gratis hingga jenjang bachelor atau S1.

Oleh sebab itu, banyak mahasiswa internasional yang menuju ke Jerman karena juga berlaku untuk mereka. Dari 16 negara bagian, hanya Baden-Wurttenberg yang menerapkan biaya kuliah untuk mahasiswa dari negara lain.

Lingkungan Pertemanan yang Ketat

Salah satu tantangan terberat dari kehidupan di Jerman adalah kebiasaan masyarakatnya yang individual. Mereka jarang memiliki teman, bahkan untuk jejaring sosial seperti facebook. Oleh sebab itu, kebanyakan mahasiswa akan mengikuti komunitas tertentu supaya mendapatkan teman Jerman.

Meskipun Jerman adalah salah satu negara dengan imigran paling banyak di dunia, tetapi beberapa masyarakatnya (terutama di Jerman bagian timur) sedikit tertutup.

Orang-orang Jerman juga terbiasa untuk berbicara berterus terang. Jika mereka bertemu dengan orang asing dan ingin bertanya, maka mereka langsung menyebutkan pertanyaannya tanpa berbasa-basi terlebih dahulu.

Kuliner yang Nikmat

Banyak warga asing yang menyukai kehidupan di Jerman adalah karena tersedia makanan makanan yang enak. Di Jerman terdapat banyak makanan berbahan daging hingga makanan penutup yang manis.

Kebanyakan makanan itu akan disajikan dengan roti sebagai karbohidrat. Kita juga akan menemui makanan berbahan sosis, karena Jerman juga memiliki banyak sekali jenis sosis lokal.

Bagi seseorang yang menyukai minuman beralkohol, Jerman juga merupakan tempat yang paling baik karena memiliki banyak sekali jenis bir. Bahkan, masyarakat di Bavaria terbiasa menggunakan bir sebagai salah satu menu sarapan.

Itulah tadi beberapa gambaran menarik kehidupan di Jerman yang secara umum dapat kamu rasakan. Keuntungan tinggal di Jerman adalah suasana tinggal di Jerman yang sangat aman sehingga cocok untuk orang-orang yang pergi sendirian.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"