7 Jenis Virus Komputer yang Paling Sering Menyerang Serta Cara Mengatasinya

Jenis Virus Komputer – Menggunakan perangkat komputer sehari-hari mungkin jadi hal yang biasa, terutama bagi Anda yang bekerja setiap harinya dengan menggunakan komputer. Selama menggunakan komputer, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah virus komputer. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi pengguna komputer, karena virus bisa membuat komputer rusak dan error.

Pengertian dari virus komputer yaitu sebuah program komputer yang dapat menyalin atau menggandakan diri, kemudian menyebar dengan menyisipkan salinannya ke dalam program atau dokumen lain pada sistem komputer. Penyebaran ini akan membuat komputer kita menjadi lemot dan error saat digunakan.

Virus komputer digambarkan sebagai perusak sistem di komputer. Virus yang terus-menerus dibiarkan berada dalam sistem komputer, akan merusak sistem bahkan merusak perangkat secara keseluruhan. Penggambarannya mirip seperti virus yang ada pada manusia.

Program di dalam komputer tidak hanya error saja akibat virus dari komputer ini, namun juga mengakibatkan file atau dokumen yang ada di komputer Anda hilang dan ikut terkena virus. Sehingga Anda tidak bisa lagi menemukan file atau dokumen berharga Anda.

Jenis-jenis virus komputer juga sangat banyak dan biasanya virus komputer dibuat untuk tujuan yang buruk. Terbukti dari banyaknya efek buruk dan merugikan yang kita dapatkan saat ada virus di komputer kita seperti komputer menjadi lemot, hang atau freeze.

Bahkan dampak buruk lain yang ditimbulkan virus yaitu dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan serta dapat merusak komponen hardware pada komputer. Bagi Anda pengguna system operasi Windows sudah seharusnya berhati-hati dengan ekstra, karena hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows.

Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, OS/2 IBM, FreeBSD, dan Sun Operating System. Agar komputer Anda tidak terkena virus, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa saja jenis virus komputer dan bagaimana cara mengatasinya atau mencegahnya berikut ini.

7 Jenis Virus Komputer yang Paling Sering Menyerang Komputer

Dibawah ini ada beberapa jenis virus komputer yang perlu Anda ketahui, antara lain :

1. Virus Trojan

Virus yang satu ini seringkali ditemukan pada komputer, yaitu virus Trojan. Virus Trojan merupakan jenis virus komputer yang dibuat untuk tujuan mengambil semua data yang ada di komputer serta mengendalikannya.
Awalnya, Trojan bukan sejenis virus, tetapi karena banyak efek buruk dari virus ini dan sangat menganggu, maka Trojan dikategorikan termasuk dalam golongan virus komputer. Itulah mengapa Anda harus mewaspadai akan keberadaan virus Trojan ini.

Lalu darimanakah asalnya virus Trojan ini muncul? Berhati-hatilah bagi Anda yang sering mengakses apapun melalui jaringan internet, karena virus Trojan ini biasa muncul melalui jaringan internet. Selain itu, virus Trojan juga bisa muncul dari email yang diterima oleh pengguna serta data pribadi yang tidak di-password. Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum mengakses sesuatu.

Baca Juga  Fitur dan Keunggulan Photoshop Portable CS4

Apalagi tujuan dari virus Trojan adalah untuk memperoleh informasi dan data-data pribadi dari korbannya, seperti password, data perusahaan, file pribadi, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan mengendalikan target.

Namun tenang saja, Anda bisa mengatasi virus Trojan ini dengan menggunakan antivirus khusus untuk trojan, seperti Trojan remover dan Trojan hunter. Antivirus tersebut bisa kalian download dengan gratis di google.

2. Virus Worm

Virus komputer selanjutnya yaitu virus Worm. Virus yang satu ini bisa dibilang salah satu virus komputer yang tidak terlalu berbahaya. Karena virus Worm hanya menggandakan diri dan membuat ruang di komputer menjadi terbatas dan semakin sedikit.

Jika keberadaan virus ini dibiarkan terus menerus, maka virus ini dapat membuat penyimpanan komputer penuh dengan cepat dan membuat sistem komputer menjadi rapuh. Dapat menggandakan diri dengan cepat menjadi kemampuan dari virus Worm ini.

Selain itu, virus Worm juga bisa membuat file acak tak berguna pada komputer. Hal tersebut menyebabkan memori dan hardisk akan penuh dengan adanya virus ini. Komputer yang menggunakan email dan terhubung dengan jaringan internet akan mudah terinfeksi, sama dengan yang dilakukan oleh virus Trojan.

Jika kalian tidak ingin memori komputer termakan dengan percuma karena virus Worm, segeralah mengatasinya dengan menggunakan antivirus biasa. Namun, jika kalian menggunakan antivirus pro, sudah pasti hasilnya akan lebih optimal.

3. Memory Resident virus

Sama seperti arti dari namanya, Memory Resident Virus merupakan macam jenis nama virus komputer yang dibuat untuk menginfeksi RAM. Oleh karena itu, virus ini berada di dalam memori komputer dan akan aktif jika sistem operasi komputer dinyalakan.

Virus ini diciptakan untuk menginfeksi memori RAM dan efek yang ditimbulkan dari virus ini yaitu membuat komputer Anda menjadi lamban, menginfeksi program-program komputer sehingga tidak bisa diunakan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengatasinya dengan mudah jika terkena virus ini, salah satu caranya yaitu menggunakan antivirus seperti Avast, Smadav, Avira ataupun antivirus sejenisnya.

4. Web scripting virus

Pengertian dari Web Scripting Virus yaitu sebuah kode program yang digunakan untuk mempercantik konten dalam website dan sering dipakai untuk mengoperasikan konten yang terdapat dalam sebuah website. Tapi mengapa justru dibilang sebagai virus komputer? Karena kode tersebutlah yang justru akan mengganggu program.

Virus jenis ini seringkali muncul ketika sebuah komputer terhubung dengan internet dan mengganggu program-program yang ada pada komputer. Hal inilah yang membuat Web Scripting digolongkan sebagai sebuah virus.
Mengakses internet bisa jadi tidak aman dan mengganggu, maka dari itu atasilah virus ini dengan menginstall Microsoft tool bawaan windows. Serta lakukan scan secara teratur menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga  Netizen Adalah Istilah yang Sering Muncul di Internet, Apa Artinya?

5. Directory virus

Selanjutnya ada Directory virus yang memiliki kemampuan menginfeksi file berekstensi .exe atau com, lalu file tersebut akan dipindahkan. Saat sedang dijalankan atau dioperasikan, file yang memiliki ekstensi seperti itu akan hilang ataupun error. Directory Virus ini akan aktif dan dapat menginfeksi file lainnya, saat sistem kerja pada file berformat .exe ini bekerja.

Directory virus yang sudah menyebar, maka akan membuat komputer melambat dan banyak program yang tidak dapat dibuka. Banyak orang yang pernah mengalami ini, mungkin Anda merupakan salah satunya.

Namun, melakukan scan secara rutin menggunakan antivirus yang biasa digunakan, tidak akan mempan untuk menghilangkan Directory virus ini. Menginstal ulang sistem operasi pada komputer dan mengformat hardisk pada komputermu, bisa menjadi cara alternatif yang bisa kamu coba.

6. Companion virus

Virus berikutnya yaitu Companion virus, yaitu jenis virus yang akan mengganggu data pribadi di komputer Anda. Jika Anda sering menggunakan hardisk, maka komputer Anda berpotensi memiliki virus ini, karena virus ini akan bersembunyi di dalam hardisk dan berkumpul dengan file baru.

Anda akan sulit mendeteksi virus ini karena virus ini berbaur dengan file lainnya, terutama yang baru dibuat. Companion virus dapat merusak format data menjadi format data palsu dengan .com ataupun .Apk.
Kemampuan lainnya yaitu membuat ekstensi yang berbeda dari ekstensi file yang asli. Companion virus bisa dicegah dengan install, scan antivirus dan juga download firewall, serta rutin membersihkan komputer menggunakan antivirus.

7. FAT virus

Yang terakhir ada virus FAT atau File Allocation Table yang merupakan jenis nama virus komputer yang memiliki tujuan merusak file. FAT virus ini biasanya akan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi.
Virus ini memiliki kemampuan untuk menyembunyikan file penting kita, sehingga seakan-akan file tersebut hilang karena sulit untuk kita cari dan seperti terhapus.
Untuk menghindari FAT virus ini, selalu amatilah dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Jika ada file yang mencurigakan dan adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, bisa jadi itu adalah FAT virus.

Demikianlah beberapa jenis virus komputer yang paling sering menyerang komputer serta cara mengatasi dan pencegahannya untuk Anda. Meskipun jenis dari virus komputer berbeda-beda, namun untuk mengatasinya hanya membutuhkan niat dan disiplin dengan rutin melakukan scan komputer menggunakan software antivirus. Dengan melakukan hal tersebut, keberadaan virus bisa terdeteksi lebih awal sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a comment