Hai Millennials! Yuk Kita Mengenal Jenis-Jenis Konten

Mengenal Jenis – Jenis Konten, Jakarta 2021 – Konten biasanya digunakan untuk membedakan genre dari sebuah informasi sehingga memudahkan creator (pembuatnya) dalam menyampaikan informasi tersebut. Bentuk dari konten itu sangat beragam, tergantung dengan jenisnya. Jenis-jenis tersebut seperti, audio (suara), teks, dan gambar (visual). Namun seiring berkembangnya teknologi, ketiga jenis tersebut lebih bervariasi lagi menjadi podcast, game, kutipan, infografis, tutorial, dan lain sebagainya. Akhir – akhir ini, konten menjadi kata yang sudah tidak asing lagi dan sering disebut oleh banyak orang. Perkembangan teknologi media menjadi salah satu penyebab konten kini menjadi sangat penting karena mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi melalui media sosial atau melalui perangkat elektronik lainnya. Ada berbagai macam media elektronik yang bisa digunakan untuk membagikan konten seperti televisi, internet, platform media sosial (Instagram, Tiktok, Youtube), radio, dan media lainnya.

Jenis – Jenis Konten

  • Gambar (visual)

Konten jenis gambar, paling disukai oleh banyak pengguna media sosial khususnya pada platform seperti Instagram, Pinterest, dan semacamnya. Konten jenis gambar yang sering dibagikan biasanya semacam gambar pemandangan, makanan, dan fashion.

  • Teks 

Teks merupakan konten yang berupa tulisan dan berisi ulasan, deskripsi, analisis, pengertian, serta kajian.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"
  • Video 
Baca Juga  6 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Video merupakan konten dalam bentuk video yang berdurasi beberapa menit, dalam konten video memungkinkan berisi penjelasan singkat mengenai suatu informasi atau apapun yang ingin disampaikan oleh creator. Konten video bisa berdasarkan humor atau pembelajaran.

  • Podcast 

Konten jenis ini sebenarnya hampir mirip dengan radio karena umumnya berupa audio (suara) tetapi sekarang banyak juga podcast dalam bentuk video yang didengarkan seperti saat kita sedang mendengarkan radio. Ada ratusan bahkan ribuan topic yang bisa didengarkan melalui podcast. Saat ini membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar sehingga konten jenis ini berkembang sangat pesat, salah satu platform yang menyediakan banyak kategori podcast adalah aplikasi Spotify.

  • Infografis 

Infografis merupakan jenis konten berupa visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis yang menampilkan informasi rumit menjadi lebih singkat dan jelas.

Manfaat dan Tujuan Konten

  • Content Edukatif

Konten yang berisi pengetahuan ataupun sesuatu yang bermanfaat dapat disebut konten edukatif. Biasanya orang –orang selalu mencari tahu sesuatu yang bermanfaat bagi mereka sebagai pembelajaran. Contohnya dari konten edukatif ialah konten yang berisikan manfaat dan kegunaan dari suatu produk ataupun jasa.

  • Content Interaksi 

Konten yang memiliki tujuan untuk berinteraksi terhadap audiens biasanya cenderung untuk mengajak audiens aktif atau ingin lebih mengenal audiens. Biasanya konten ini sering digunakan didalam kegiatan bermedia sosial yang dimana pengguna ingin mengenal audiens dari followersnya dan hal ini dapat membuat insight pada akun media sosial meningkat.

  • Content Marketing 

Content marketing menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk para pemilik online shop. Content marketing memiliki karakter yang bisa mengarahkan dan meyakinkan audiens untuk membeli suatu produk.

  • Content Informatif
Baca Juga  Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Smartphone dengan Mudah

Content informatif merupakan konten dalam bentuk apapun baik tulisan atau gambar yang memberikan sebuah informasi. Misalnya content yang berisi tentang bagaimana cara pemesanan, visi dan misi suatu perusahaan, informasi tentang profil usaha, dan lain sebagainya.

  • Content Story atau Review

Konten ini termasuk konten yang memiliki nilai sangat kuat dan nyata dimata audiens, karena dengan membuat konten review pada suatu produk atau jasa membuat audiens lebih yakin, percaya dan menarik perhatian untuk melihat konten tersebut.

Penulis : Rivanka

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"