Info Seputar GRE Test Indonesia, Biaya dan Tips Menghadapinya

GRE Test Indonesia – GRE singkatan dari Graduate Record Examination. GRE adalah tes untuk mengukur kemampuan verbal dan kuantitatif yang diujikan dalam bahasa Inggris. GRE Test diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika yang berdiri sejak tahun 1947. Umumnya GRE digunakan untuk mendaftar kuliah S2 dan S3 di universitas luar negeri, terutama Amerika Serikat.

Baca Juga  Yang Perlu Diketahui Untuk Raih Score Tinggi Di Gre Test Jakarta

Bagi kalian yang ingin mengambil S2 atau S3 di luar negeri, kalian harus mengikuti GRE Test Indonesia. Sebagian besar universitas – universitas di Amerika Serikat mewajibkan GRE Test diikuti oleh
calon mahasiswa S2 maupun S3. Biasanya GRE test Indonesia dijadikan syarat untuk mendaftar sekolah – sekolah non bisnis.

Berapakah Biaya Tes GRE?

Pendaftaran GRE Test Indonesia bisa kalian lakukan online di website ETS. Biaya yang diperlukan untuk biaya tes GRE di Indonesia lebih murah dibandingkan tes GMAT. Biaya tes GRE yaitu USD 205 (per September 2018). Biaya tes GRE ini jika dirupiahkan sekitar 3 juta rupiah.

Lokasi tes GRE di Indonesia berada di Jakarta, tepatnya di IIEF (Indonesia International Education Foundation) yang beralamat di Lantai 28 Menara Imperium, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Tes GRE bisa diikuti pada hari senin – kamis.

Tes GRE terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

• Verbal Reasoning

Pada bagian ini, kemampuan kalian akan diuji dengan soal – soal yang menggunakan vocabulary tidak umum sehingga kalian perlu menghafalkan vocabulary sebanyak – banyaknya. Kemampuan kalian yang akan diuji pada tes ini yaitu kemampuan menganalisa mengevaluasi serta menilai pemahaman membaca.

• Quantitative Reasoning

Pada bagian penalaran kuantitatif ini kemampuan yang diukur yaitu kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan menulis analisis. Soal – soal yang diujikan dalam tes ini mencakup konsep dasar matematika, analisa data, geometri, aljabar, dan aritmatika.

Baca Juga  Apa Itu GMAT, GRE, Dan Apa Juga Perbedaannya

Soal – soal penalaran kuantitatif ini membutuhkan keahlian menghitung dan logika. Walaupun kamu menyukai matematika, namun kamu perlu memahami pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris.

 

• Analytical Writing

Bagian menulis analitis ini diujikan untuk mengetahui kemampuan kalian dalam berpikir kritis serta kemampuan dalam menulis analisa. Pada tes writing ini kalian akan diminta untuk menuliskan tanggapan dan argumen dari kasus yang dberikan.

Tes writing ini umumnya memerlukan jawaban setuju atau tidak. Jadi kalian harus menjawab dengan menyertakan argumen yang meyakinkan.

Tips Menghadapi GRE Test Indonesia

Agar kalian bisa sukses dan mendapat skor yang bagus dalam tes GRE, lakukanlah persiapan sebaik – baiknya. Persiapan – persiapan yang bisa kalian lakukan diantaranya mencari buku panduan yang relevan untuk kalian pelajari seperti buku preparation GRE dari ETS, kemudian memperbanyak vocabulary.

Kalian bisa menggunakan GRE Vocabulary Flashcards dari Magoosh, flashcards ini akan membantu kalian dalam menghafalkan vocabulary. Selanjutnya kalian bisa mencoba mengerjakan soal try out menggunakan software ETS. Dari try out tersebut kalian bisa memperkirakan berapa nilai yang kalian dapatkan, berapa soal yang bisa kalian jawab dengan benar, serta memperbaiki cara belajar kalian.

Baca Juga  GRE VS GMAT Sebaiknya Pilih yang Mana? Berikut Penjelasannya

Nah, jika kalian kurang percaya diri dalam persiapan GRE Test Indonesia, kalian bisa mengikuti GRE Test preparation atau kelas persiapan tes GRE. Jika lokasi tempat tinggal kalian di Jakarta, kalian bisa mengikuti kelas persiapan tes GRE di Westwood Prep.

Westwood Prep berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan akan membantu kalian menghadapi tes GRE dengan persiapan – persiapan yang matang seperti memberikan soal – soal simulasi tes GRE, melacak kelemahanmu dalam mengerjakan soal – soal latihan tes GRE dan membantu kalian memperbaiki kelemahan – kelemahan yang kalian miliki, mengevaluasi kemajuan kalian serta memberikan motivasi hingga hari pelaksanaan ujian GRE.

Leave a comment