Info Terbaru Gaji Pokok PNS dan Tunjangan PNS

Gaji Pokok PNS – Menjadi pegawai negeri sipil atau PNS adalah keinginan jutaan orang di Indonesia. Tak sedikit pula, bagi banyak orang tua di Indonesia untuk mendesak anaknya agar menjadi seorang PNS. Mengapa demikian? Tentunya jutaan orang yang berkeinginan menjadi PNS karena tergoda dengan gaji pokok PNS yang diterima setiap bulannya.

Walaupun jika kita cermati lagi, gaji pokok PNS tidaklah terlalu banyak. Bahkan jika dibandingkan dengan pegawai swasta, gajinya akan jauh lebih tinggi pegawai swasta. Tapi jangan salah, ada sesuatu yang lebih menggiurkan dibalik gaji PNS yang diterima setiap bulannya, terdapat tunjangan PNS lainnya. Tak heran bukan jika PNS akan mendapatkan gaji lebih dari tunjangan tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa gaji PNS dibagi berdasarkan golongan dan masa kerja atau biasa disebut MKG (masa kerja golongan). Itu artinya gaji dan tunjangan yang diterima tidak disamaratakan. Semakin tinggi dan semakin lama masa kerja kalian, akan mendapatkan gaji yang lebih besar pula. Sebelum kalian memutuskan untuk menjadi PNS, ada baiknya untuk menyimak rincian perkiraan gaji pokok PNS dan Tunjangan PNS berikut ini.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Jakarta: Belajar Facebook Ads Itu Mudah

Perkiraan Gaji Pokok PNS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gaji pokok PNS dibagi berdasarkan golongan dan masa kerja golongan. Adapun golongan jabatan PNS terbagi dari golongan I, II, III dan IV dengan masa kerja rata-rata hingga 50 tahun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 2019 sudah dilampirkan rincian gaji pokok PNS (masa kerja 10 tahun) sebagai berikut:

1. Gaji PNS Golongan 1A- 1D (MKG : 0 – 3 tahun)

Golongan I merupakan level terendah dalam struktur birokrasi PNS yang termasuk pada bagian Juru. Jika golongan I A (juru muda), golongan I B (juru muda tingkat I), golongan I C (juru) dan golongan I D (juru tingkat I) Umumnya, PNS di golongan I berasal dari lulusan SD sampai dengan SMP. Adapun rincian gaji PNS untuk golongan I adalah sebagai berikut :
Golongan I A : 1.560.800 – 1.610.000
Golongan I B : 1.704.500
Golongan I C : 1.776.600
Golongan I D : 1.851.800

gaji pokok pns

2. Gaji PNS Golongan 2A – 2D (MKG : 0 – 3 tahun)

Sedangkan golongan II adalah golongan PNS yang memiliki kualifikasi lulusan SMA. Golongan II ini biasa disebut sebagai golongan Pengatur. Dimana, gaji golongan 2 A (pengatur muda), golongan 2 B (pengatur muda tingkat I), golongan 2 C (pengatur), golongan 2 D (pengatur tingkat I). Adapun rincian gaji pokok PNS untuk golongan I adalah sebagai berikut :
Golongan II A : 2.022.200 – 2.118.800
Golongan II B : 2.208.400
Golongan II C : 2.301.800
Golongan II D : 2.399.200

3. Gaji PNS Golongan 3A – 3D (MKG : 0 – 2 tahun)

Adapun golongan III adalah golongan PNS yang diperuntukan bagi lulusan, D3, D4, maupun S1. Dalam golongan III disebut sebagai golongan penata. Dimana, gaji golongan 3 A (penata muda), golongan 3 B (penata muda tingkat I), golongan 3 C (penata) dan golongan 3 D (penata tingkat I). Adapun rincian gaji PNS untuk golongan III adalah sebagai berikut :
Golongan III A : 2.579.400 – 2.660.700
Golongan III B : 2.688.500 – 2.773.200
Golongan III C : 2.802.300 – 2.890.500
Golongan III D : 2.920.800 – 3.012.800

4. Gaji PNS Golongan 4A – 4D (MKG : 0 – 2 tahun)

Golongan IV adalah puncak dari karier seseorang dalam menjalani tugasnya selama menjadi PNS. Itulah sebabnya golongan ini disebut sebagai pembina. Berbeda dengan golongan lainnya, golongan IV terbagi dari golongan IV A – golongan IV E. Dimana, golongan IV A (pembina), golongan IV B (pembina tingkat I), golongan IV C (pembina utama muda), golongan IV D (pembina utama madya), dan golongan IV E (pembina utama). Adapun rincian gaji PNS untuk golongan IV adalah sebagai berikut :
Golongan IV A : 3.044.300 – 3.140.200
Golongan IV B : 3.173.100 – 3.273.100
Golongan IV C : 3.307.300 – 3.411.500
Golongan IV D : 3.447.200 – 3.555.800
Golongan IV E : 3.593.100 – 3.706.200

Baca Juga  Kursus Web Programming Langkah Dasar untuk Menjadi Programmer Handal

Tunjangan PNS

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal pembahasan, Jika kalian menjadi seorang pegawai negeri sipil nantinya tidak hanya menerima gaji pokok PNS saja, melainkan kalian juga akan menerima Tunjangan PNS.
Hal inilah yang membuat banyak orang Indonesia berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri menjadi PNS. Dimana, tunjangan PNS ini akan kalian nikmati bahkan hingga hari tua pun kalian akan tetap menikmati tunjangan PNS tersebut.
Perlu kalian ketahui, Tunjangan PNS ini banyak jenisnya. Tentunya pemberi tunjangan pun akan menyeleksi siapa saja penerima tunjangan PNS yang berhak menerima. Berdasarkan Peratuan pemerintah No. 23 Tahun 1955 tunjangan PNS memiliki jenis sebagai berikut:

1. Tunjangan Keluarga

Tunjangan keluarga adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada PNS yang sudah memiliki keluarga. Dalam artian memiliki isteri dan juga mempunyai anak. Jika didapat seorang isteri dan suami sama-sama bekerja sebagai PNS dan memiliki gaji yang sama, maka suami tetap dianggap sebagai pencari nafkah.Tunjangan keluarga diberikan sebesar 5% dari gaji pokok.

2. Tunjangan Anak

Tunjangan anak adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada PNS yang sudah memiliki anak yang berumur kurang dari 25 tahun dan belum/ tidak kawin, serta menjadi tanggungan sepenuhnya dan tidak mempunyai penghasilan sendiri. Tunjangan anak diberikan sebesar 2% dari gaji pokok.

3. Tunjangan Kemahalan Setempat

Tunjangan kemahalan setempat adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada PNS yang bekerja di suatu tempat dengan ongkos penghidupan tinggi, sehingga akan diberikan tunjangan kemahalan setempat.

4. Tunjangan Kemahalan Umum

Tunjangan kemahalan umum adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada PNS apabila harga barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari sangat tinggi yang berhubungan dengan keadaan konjungtur yang meliputi seluruh Indonesia.

5. Tunjangan Tanggung Jawab Keuangan

Tunjangan Tanggung Jawab Keuangan adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada pegawai yang diwajibkan dengan surat-keputusan mewakili jabatan yang bersangkutan dengan pekerjaan praktek dalam hal keuangan dan besar pertanggungan-jawabnya, sedang dalam pangkatnya sendiri ia tidak dapat dianggap mempunyai pertanggungan-jawab itu

6. Tunjangan Tanggung Perwakilan

Tunjangan Perwakilan adalah tunjangan PNS yang diberikan kepada pegawai yang sekurang-kurangnya selama 1 bulan dengan surat-keputusan diwajibkan untuk mewakili seorang penjabat yang menduduki suatu pangkat organik-spesifik atau yang bersifat spesifik yang lebih tinggi dari pada pangkat pegawai yang bersangkutan, diberikan tunjangan-perwakilan sebesar 75% dari selisih antara gaji-pokoknya dan gaji-pokok menurut ruang/golongan-gaji penjabat yang diwakilinya, yang segaris dengan gaji-pokok pegawai yang bersangkutan.

gaji pokok pns

7. Tunjangan Gaji dan Tunjangan Bagi Ujian-Dinas

Tunjangan ini merupakan tunjangan PNS yang diberikan kepada pegawai yang diangkat dalam suatu pangkat diharuskan lulus suatu ujian-dinas yang diadakan oleh Kepala Jawatan yang bersangkutan dengan persetujuan Kepala Kantor Urusan Pegawai,

8. Tunjangan Bahaya

Tunjangan bahaya merupakan tunjangan PNS yang diberikan kepada pegawai yang menjabat pangkat, yang mudah menimbulkan bahaya bagi badan atau jiwanya, diberikan tunjangan-bahaya menurut peraturan khusus

9. Tunjangan Lain-lain

Tunjangan lain-lain merupakan tunjangan PNS yang diberikan dalam hal luar biasa atau jika ada alasan-alasan yang kuat, maka selain peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan tentang pemberian tunjangan-tunjangan temaksud pada pasal-pasal 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21 dan 22 dapat diadakan peraturan tentang pemberian tunjangan-tunjangan lain menurut peraturan khusus.

Nah itu dia beberapa rincian gaji pokok PNS dan Tunjangan PNS yang dapat diterima setiap bulannya. Jika kalian ingin mendapatkan yang penghasilan yang lebih, tingkatkanlah golongan PNS-mu.

Leave a comment