Fakta-Fakta Gaji Data Scientist Yang Menjadi Incaran Millenial

Gaji Data Scientist – Familiar dengan kata kata “big data”, “digital marketing”, “e-commerce”, “start up” atau “millenial”, nah keseluruhan kata kata ini menggambarkan betapa dunia bisnis dan ekonomi saat ini tidak bisa dilepaskan dari pengolahan data dan juga digerakkan oleh generasi millenial yang lahir di era 1990-an. Apa hubungannya?

Pengolahan data atau biasa disebut dengan analisis data terkait erat dengan kehadiran sebuah produk bernama “internet”, dana apa hubungannya dengan generasi millenial? Ternyata generasi millenial yang lahir di era 1990-an ini mengalami pengalaman masa masa kejayaan internet yang dimulai sejak tahun 2000-an hingga sekarang.

Kesimpulannya adalah bahwa generasi millenial sangat familiar dengan perkembangan internet dan menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupannya. Millenial tidak bisa lepas dari internet, dari handphone, dari smartphone dan bahkan dari komputer.

Millenial memesan makanan menggunakan internet, memesan obat dengan internet, memesan ojek online menggunakan internet, membeli pulsa dan token listrik menggunakan internet dan bahkan bekerja mencari uang dengan internet. Inilah yang dinamakan keterkaitan erat millenial dengan internet.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Jakarta: Belajar Facebook Ads Itu Mudah

Karena hidup dalam ekosistem internet inilah, millenial sangta familiar dengan analisis terhadap data. Analisis data atau biasa disebut dengan data analysist merupakan trend baru dalam dunia ekonomi untuk menjadikan data sebagai pengambilan keputusan untuk bisnis.

Lalu apa yang dimaksud dengan data analysist? Data analysist adalah sebuah mekanisme untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dianalisa dan kemudian dijadikan pengambilan keputusan baik keputusan bisnis maupun keputusan politik.
Orang yang melakukan data analysist inilah yang disebut dengan data scientist. Data scientist harus mempunyai latar belakang keilmuan yang sebidang misalnya matematika, statistika, teknologi informasi maupun keuangan dan ekonomi (aktuaria) agar mampu menghasilkan data yang berkualitas.

Apa itu data scientist?

gaji data scientist

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa data scientist adalah orang yang bertugas melakukan pengumpulan data, melakukan analisa data, membaca trend sebuah data dan menyajikan data menjadi sebuah bahan pengambilan keputusan.
Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan sembarangan yang bisa dikerjakan semua orang. Seorang data scientist wajib memiliki background keilmuan statistika, matematika, TIK, atau ekonomi akuntansi. Dimana latar belakang keilmuan inilah yang akan menjadi penopang hasil data yang dihasilkan.

Karena beratnya pekerjaan seorang data scientist, maka gaji data scientist pada lima tahun terakhir bisa menembus angka dua digit. Tidak salah angka dua digit? Yapz benar sekali. Gaji data scientist bahkan melewati gaji seorang manager pemasaran, sales pemasaran ataupun pekerjaan-pekerjaan lawas seperti supervisor misalnya.

Gaji seorang data scientist naik masuk ke posisi middle management karena posisinya sebagai penyuplai data bagi top management. Itulah mengapa posisi data scientist hari ini menjadi rebutan dan incaran generasi millenial.

Gaji data scientist adalah penarik utamanya, tetapi selain itu juga faktor memegang data, mengolah data dan menganalisa data adalah pekerjaan yang menantang bagi generasi millenial. Kecepatan internet, lahirnya ekonomi digital, e-commerce dan shifting perpindahan gaya hidup masyarakat yang tergantung dengan internet menjadi tantangan yang mengasyikkan bagi generasi millenial.

Apa pekerjaan seorang data scientist?

Jika ingin dijabarkan secara teknis, gaji data scientist yang mencapai angka dua digit sebanding dengan pekerjaannya yang rumit. Bisa disejajarkan dengan UX researcher, supervisor pemasaran hingga bahkan setingkat manager.

Pekerjaan data scientist utamanya adalah mengumpulkan data, mengolahnya, membaca menjadi sebuah trend dan kemudian menyajikan data mentah menjadi data yang siap untuk dibaca dan dijadikan bahan pengambilan keputusan bisnis maupun politik.

Baca Juga  Kursus Web Programming Langkah Dasar untuk Menjadi Programmer Handal

Rata rata ranah pekerjaan seorang data scientist baru baru ini lebih banyak dikerjakan di perusahaan perusahaan digital teknologi misalnya e-commerce toko-toko online, ojek online, perusahaan start up atau perusahaan rintisan start up.

Akan tetapi sebenarnya pekerjaan data scientist sendiri telah lama mapan di perusahaan-perusahaan industri ritel dan perbankan. Justru di dua industri ini, posisi data scientist sangat memegang peranan penting dalam memberikan pertimbangan ekspansi perusahaan.

Secara teknis begini, siapa yang bisa mengolah data perilaku konsumen sebuah perusahaan ritel? Tak lain tak bukan adalah data scientist. Siapa yang bisa menganalisis trend perpindahan nasabah bank dari tatap muka di kantor cabang kemudian berusaha dipindahkan ke digital banking seperti internet banking dan mobile banking? Tentunya kan data scientist.

Sementara di perusahaan teknologi dan start up saat ini, peran data scientist adalah mengolah data yang didapat perusahaan untuk dijadikan pengembangan produk bisnis. Biasanya data yang telah diolah akan disuplai ke researcher, manager atau direktur untuk ditentukan pengembangan bisnis kedepannya.

Data scientist yang handal mampu menganalisis adanya trend dalam sebuah kurva data, kemudian mengolah data mentah menjadi data matang siap baca dalam bentuk grafik, tabel, presentasi atau data yang siap baca dalam bentuk laporan riil.

Laporan-laporan data matang inilah yang akan dijadikan bahan keputusan direktur untuk pengembangan produk baru. Dijadikan bahan penelitian bagi researcher untuk memperkaya pengalaman konsumen dalma mencoba produk bisnis mereka.

Berapa rentang gaji data scientist?

gaji data scientist

Sampai saat artikel ini ditulis, gaji data scientist masih menduduki lima besar pekerjaan impian yang dikejar para generasi millenial. Gaji data scientist yang mencapai angka dua digit adalah impian generasi millenial, dimana selain menawarkan kemapanan finansial, pekerjaan data scientist juga menawarkan pekerjaan menantang.

Berikut list rincian pekerjaan-pekerjaan generasi millenial dengan gaji incarannya, termasuk gaji data scientist yang masuk ke dalam top incaran generasi millenial. Data ini dipublikasikan dari riset Glassdoor sebuah perusahaan start up riset untuk rentang gaji di Amerika tetapi bisa menjadi rujukan sistem penggajian di Indonesia:

1. Gaji data scientist adalah yang paling tinggi mencapai 1,3 miliar per tahunnya. Jika di bagi ke dalam rerata satu bulan, maka gaji data scientist setiap bulan bisa mencapai lebih dari 50 juta. Masuk angka dua digit kan?

2. Gaji software engineer berada di posisi kedua dengan total penghasilan setahun mencapai 1,26 miliar. Selisih sedikit dengan gaji data scientist.

3. Selanjutnya gaji product manager berada di urutan ketiga dengan total 1,25 miliar

4. Di posisi keempat terdapat investment banking analysist dengan total pendapatan selama setahun mencapai 1,1 miliar rupiah.

5. Sementara di posisi kelima adalah product designer dengan total pendapatan 1,1 miliar rupiah

6. Nah di posisi keeanam ini ternyata gaji data scientist bisa melebih gaji seorang UX designer, total gaji seorang UX designer selama setahun hanya 1,02 miliar. Bandingkan dengan gaji data scientist, itulah mengapa data scientist menjadi incaran pekerjaan impian generasi millenial.

Leave a comment