Desain Grafis Adalah ? Ketahui Dasar-Dasar Desain Grafis Ini

Desain Grafis Adalah – Jaman sekarang yang sudah sangat maju ini banyak menuntut Anda bukan hanya menjadi seorang yang selalu update dengan informasi sekitar, tetapi juga menjadikan Anda seorang yang kreatif dan selalu mau belajar hal yang baru. Bidang kreatif yang bisa Anda tekuni adalah dengan menjadi seorang desain grafis.
Tanpa Anda sadari, informasi yang sering Anda lihat berupa gambar-gambar yang menarik terpampang di iklan, berita, majalah, web, tidak luput dari campur tangan seorang desain grafis.

Desain grafis mampu membuat sebuah informasi yang hanya berisi tulisan menjadi gambar yang sangat menarik dengan pesan yang bisa disampaikan kepada masyarakat. Jika Anda membeli suatu produk, pasti desain yang menarik menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan produk tersebut atau tidak.
Sudah terbayang oleh Anda seberapa penting peran desain grafis dalam mempromosikan suatu brand atau memberikan informasi yang menarik kepada masyarakat. Nah, untuk Anda yang tertarik menekuni bidang yang berkaitan dengan desain grafis, simak pengertian desain grafis berikut ini.

Pengertian Desain Grafis

Apa Itu Desain Grafis? Desain Grafis Adalah sebuah bentuk dari komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi supaya mudah dipahami. Desain grafis terdiri dari dua kata dengan makna yang berbeda yaitu desain dan grafis.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Desain merupakan metode seni perancangan yang didasari dengan kreatifitas, sedangkan grafis merupakan ilmu dari perancangan titik dan garis sehingga membentuk suatu gambar yang memberikan informasi serta berhubungan dengan proses percetakan.

Kesimpulannya dari pengertian desain grafis adalah ilmu yang memanfaatkan kreatifitas untuk membuat sebuah rancangan bentuk gambar dengan tujuan akhir sebagai kepentingan percetakan.

4 Aplikasi Desain Grafis Terfavorit

Seorang desain grafis bekerja tidak hanya mengandalkan kreatifitas, tetapi juga harus mahir dalam menggunakan beberapa software yang digunakan untuk menunjang pekerjaan mereka. Berikut ini adalah beberapa aplikasi desain grafis atau software yang digunakan dalam desain grafis, yaitu:

1. CorelDRAW

CorelDRAW merupakan perangkat lunak atau program aplikasi komputer yang digunakan khusus untuk merancang keperluan desain grafis terutama keperluan editor grafik vektor. Aplikasi desain grafis ini dikembangkan oleh perusahaan software yang bernama Corel yang berlokasi di Ottawa, Kanada.
CorelDRAW diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan gambar. Software ini digunakan pada pekerjaan yang berhubungan dengan industri percetakan atau publikasi dan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia visual.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak atau program yang digunakan jika Anda ingin memperbaiki dan memodifikasi gambar atau foto secara professional baik meliputi perbaikan objek yang sederhana atau yang sulit. Photoshop didukung dengan tools dan efek yang lengkap sehingga Anda dapat menghasilkan gambar atau foto dengan kualitas tinggi.

Baca Juga  VFS Global Solusi untuk Mendapatkan Visa dengan Mudah

Dengan lengkapnya fitur yang terdapat pada Photoshop menjadikan aplikasi desain grafis ini banyak digunakan oleh desainer grafis professional. Mungkin sampai dengan saat ini, belum ada software yang mampu menyamai keunggulan yang dimiliki oleh Photoshop.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor. Aplikasi desain grafis ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System.

Sama dengan CorelDRAW dan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator berguna sebagai alat untuk membuat, mendesain, dan mengedit gambar. Software ini mengolah gambar dengan jenis vektor, dimana gambar ini akan tetap bagus jika Anda perbesar sekalipun.

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign merupakan software yang diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop yaitu Adobe System. Program ini biasa digunakan jika Anda ingin membuat karya seperti flyer, poster, majalah, brosur, buku, dan koran.

Program ini mendukung ekspor ke SWF dan EPUB format untuk membuat Electronic Book (E-Book) dan publikasi digital seperti mahalah digital dan konten yang cocok untuk digunakan di komputer atau tablet.

Selain itu, InDesign juga cocok untuk mengekspor konten yang berupa teks ditandai untuk digunakan dalam format digital dan online lainnya karena software ini mendukung XML, style sheet, dan markup coding yang lain.

Bidang-Bidang Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

• Divisi Kreatif di Advertising Agency

Anak Jurusan Desain Grafis sudah pasti dituntut untuk menjadi aktif, kreatif, dan dinamis. Oleh karena itu, bekerja di bagian Kreatif Advertising Agency sangat cocok untuk Anda. Di bagian ini, Anda akan membuat konten visual yang menarik dan kreatif sesuai dengan kebutuhan klien.

Di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan yang mempunyai divisi ini, contohnya seperti Ogilvy Indonesia dan Y&R Indonesia. Jadi, jika Anda Jurusan Desain Grafis tidak ada salahnya mencoba prospek kerja dibidang ini.

• Desain Grafis di Branding Agency

Aspek visual penting dalam branding suatu perusahaan. Oleh sebab itu, branding agency membutuhkan seorang desainer grafis. Seorang desainer grafis, harus bisa untuk membuat logo, brand identity, dan tampilan visual untuk menunjang brand perusahaan klien Anda.

Tidak hanya harus jago desain grafis, Anda juga harus mengerti branding yang cocok untuk perusahaan klien Anda. Oleh karena itu, Anda yang memilih Jurusan Desain Grafis harus mempelajari startegi branding mulai sekarang jika ingin bekerja sebagai desainer grafis di branding agency.

• Desainer Grafis di Perusahaan Media Massa

Peranan sebagai desainer grafis tidak hanya di sebuah branding agency, tetapi juga dibutuhkan di perusahaan media massa. Karena aspek visual sangat penting untuk menunjang informasi yang ingin disampaikan media massa.
Jika Anda Jurusan Desain Grafis, tidak ada salahnya untuk melamar menjadi desainer grafis di perusahaan media massa. Karena tidak hanya tenaga saja yang dibutuhkan, tetapi prospek kerja di media massa sangat luas.
Anda bisa memilih bekerja di media massa sesuai dengan minat, bisa di media cetak, elektronik, atau di media daring (online). Tidak hanya desainer grafis, perusahaan media massa juga kadang membutuhkan tenaga lulusan desain grafis di divisi lain.

Beberapa divisi tersebut adalah penata letak (layouter), illustrator, sampai pembuat karikatur. Jika Anda bekerja di media massa, Anda harus bekerja cepat dan kreatif. Karena, Anda akan dihadapkan dengan deadline yang sangat singkat.

Baca Juga  Apa Itu Copywriter? Inilah Pengertian dan Tugas-Tugas Copywriter

• Komikus

Kalau Anda anak desain grafis yang senang menggambar kaakter-karakter unik, profesi sebagai komikus bisa menjadi pekerjaan utama. Karena industri yang satu ini sedang naik daun. Banyak sekali buku komik yang rilis karya anak Indonesia.

Tidak hanya buku komik, beberapa situs juga bermunculan untuk menjadi wadah bagi para komikus berbakat. Webtoon dan Ciayo merupakan dua situs yang tercatat hampir ratusan komik yang diterbitkan oleh berbagai komikus berbakat di seluruh Indonesia.
Tidak hanya harus jago membuat karakter komik yang khas, tetapi Anda juga harus bisa membut alur cerita yang menarik jika ingin komik Anda sukses nanti. Tidak lupa juga untuk mempromosikan hasil karya Anda ke teman terdekat supaya mereka tahu hasil karyamu.

5 Karakter yang Perlu Anda Miliki Saat Menjadi Seorang Desainer Grafis

Karakter-karakter yang harus Anda miliki jika Anda ingin Belajar Desain Grafis adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Menjadi seorang desainer grafis, Anda harus mampu mengkomunikasikan pesan dari brand/produk klien kepada target marketnya secara tepat. Tetapi, disamping itu kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk bisa mempresentasikan, meyakinkan, hingga melakukan persuasi terhadap klien tentang suatu ide.

2. Rasa Ingin Tahu Yang Besar

Proses belajar akan menjadi lebih mudah, cepat, dan berhasil jika Anda memiliki rasa ingin tahu yang besar. Perbanyak bertanya pada diri Anda saat belajar mendesain sesuatu. Anda tidak akan bisa berjalan di dunia ini jika Anda tidak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Seorang desain grafis harus mau mencoba untuk melihat diluar dari konteks, mengekplorasi gambaran besar hingga detail-detail kecil sekalipun.

3. Passion

Menjadi desainer grafis membutuhkan waktu-waktu yang relatif panjang untuk mengerjakan suatu proyek, beban pekerjaan yang cukup banyak, deadline yang sangat sempit, dan penjelasan dari klien yang kurang dapat dipahami. Passion untuk menghasilkan karya yang bagus adalah hal yang dapat membantu Anda untuk terus maju disaat menghadapi situasi-situasi yang cukup melelahkan.

4. Open Minded

Karakter yang harus Anda miliki jika ingin sukses di dunia desain grafis adalah dengan mempunyai pikiran yang luas dan terbuka. Karena karakter ini sangar penting di saat Anda harus mencoba hal-hal baru yang mungkin belum Anda coba sebelumnya. Kemampuan ini juga yang menolong Anda untuk dapat menerima kritik dengan cara yang sehat. Sehingga kemampuan Anda bisa terus berkembang.

5. Reliability & Problem Solving

Seorang klien tidak hanya menginginkan talenta yang bagus, mereka juga butuh seorang desain grafis yang bisa dipercaya bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk memecahkan masalah mereka. Banyak desainer grafis yang memahami trend desain, tetapi banyak yang gagal memahami apa yang dibutuhkan oleh klien. Pada akhirnya, banyak klien yang merasa percuma membayar mahal untuk sesuatu yang abstrak bahkan kebutuhan mereka tidak dapat diselesaikan.

Informasi diatas merupakan penjelasan singkat mengenai apa itu desain grafis hingga prospek kerja seorang desainer grafis. Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang desain grafis? Semoga informasi diatas mampu membantu menjawab pertanyaan Anda, dan menginspirasi Anda untuk menambah skill terutama di bidang desain ini.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"