Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

Coworking Space Surabaya – Coworking space berasal dari terjemahan bebas, co= bersama-sama, working= bekerja dan space = ruangan. Atau jika diterjemahkan secara harfiah adalah ruang kerja bersama-sama. Demam coworking space ini awalnya berada di kota kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya dan jogja serta kemudian melebar ke beberapa kota kecil lainnya di Indonesia.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan coworking space itu secara arti sesungguhnya dalam ilmu bisnis? Sama seperti coworking space lainnya, coworking space surabaya merupakan kantor bersama yang dibuka bagi siapa saja yang ingin menyewa sebuah ruangan untuk menitipkan nama perusahaannya, atau menyewa ruang sebagai kantor cabang, atau menyewa ruang untuk rapat dengan klien.

Fungsi Coworking Space Surabaya

coworking space surabaya

Secara sederhana begini, pemahaman fungsi coworking space surabaya akan lebih mudah diterangkan dalam bentuk bentuk contoh yang konkret. Bayangkan anda adalah mahasiswa, pengusaha muda di surabaya yang ingin mengembangkan bisnis akan tetapi berhadapan dengan modal yang terbatas.

Biasanya modal yang dikeluarkan akan diprioritaskan untuk operasional dan juga barang dan jasa, soal sea tempat akan menjadi pilihan terakhir, nah disinilah fungsinya coworking space surabaya yang bisa menjadi andalana anda:

1. Coworking space di surabaya bisa menjadi “ruang sementara” anda rapat bersama para pengurus organisasi, perusahaan yang anda dirikan dan bahkan anda bisa menyewa ruang layaknya virtual office di surabaya sebagai alamat bisnis anda. Jadi ga perlu khawatir lagi untuk sewa kontrakan atau ruko yang besar besar dan mahal. Menghemat modal perusahaan bukan?

2. Selanjutnya coworking space juga bisa menjadi “ruang sementara” rapat rapat penting anda dengan para klien. Misalnya anda belum mempunyai kantor yang layak untuk bertemu klien atau investor. Jangan mengundang rapat di hotel karena akan membuat tabungan bisnis anda menipis, anda cukup pesan ruangan atau sewa coworking space selama beberapa jam atau sehari untuk menjamu tamu klien dan investor anda. Biasanya coworking space akan menyediakan satu paket ruang termasuk dengan menu makan dan minuman.

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

3. Pada bagian ini, coworking space surabaya juga bisa menjadi melting pot (tempat pertemuan) para pengusaha muda. Jadi ketika anda memutuskan berkantor atau menyewa kantor di coworking space anda bisa membuka jaringan dengan para pengusaha, pebisnis dan bahkan akademisi yang berkantor di coworking space.

4. Pada bagian keempat, coworking space surabaya juga bisa menjadi melting pot (tempat pertemuan) pelatihan pelatihan bisnis penting, seperti google Indonesia, facebook dan gojek seringkali mengadakan pelatihan di coworking space seluruh Indonesia.

5. Pada bagian kelima ini, cowoking space juga menjadi tempat favorit bekerja para freelancer, part timer dan pengusaha independen. Hal ini karena para freelancer, part timer dan pengusaha bisa menyewa ruang, bangku atau ruang sesuai dengan kebutuhannya. Jika anda hanya membutuhkan dua jam kerja, ya sewa aja dua jam, kalau butuh sehari ya sewa sehari, mudah kan?
Selain itu fasilitas coworking space biasanya juga memadai selain setara fasilitas kantor terdapat juga akses internet berkecepatan tinggi, menu makan dan minum dan bahkan print fotocopyan.

Apa bedanya coworking space dengan open office?

Secara pengertian dan fungsi sebenarnya sama saja, hanya cara penyebutannya saja yang berbeda. Konsep desain antara satu coworking space dengan open office juga bisa sama juga bisa beda. Misalnya begini, kantor google Indonesia di jakarta bisa disebut mirip open office karena membebaskan karyawan bekerja dengan nyaman, baik di taman, di arena bermain dan arena lain yang tidak mirip kantor konvensional, mereka hanya ditarget bebas bekerja dimana tempatnya sepanjang pekerjaannya selesai.

Kantor google ini bisa disebut open office, tetapi belum bisa disebut coworking space, karena hanya milik karyawan google saja. Akan tetapi konsep coworking space yang banyak kita temukan di jakarta, jogja dan surabaya yang mempunyai desain dinding kaca, taman, playground dan bahkan view menghadap sungai atau gunung bisa kita sebut dengan open office. Selain itu coworking space siapapun bisa mengakses sepanjang membayar biasa jasa yang dibebankan.

Apa bedanya coworking space surabaya dengan virtual office?

Perbedaan utama cowoking space surabaya dengan virtual office surabaya hanya terletak pada fungsinya saja. Sebuah coworking space bisa merangkap menjadi virtual office jika membuka layanan virtual office seperti menyediakan resepsionis untuk jasa perusahaan, menyewakan sebuah ruangan dalam jangka waktu lama (bulanan hingga tahunan).

Sementara begitu kebalikannya belum tentu sebuah virtual office menyediakan fasilitas coworking space. Karena fasilitas yang ditawarkan virtual office biasanya berdurasi jangka panjang (seperti menjadi alamat beberapa perusahaan, menyewa ruangan sekretariat, sebagai alamat kantor cabang beberapa perusahaan, menyediakan resepsionis untuk menerima telepon jika ada kepentingan.

Coworking space sendiri aktivitas dan fasilitas yang ditawarkan biasanya berjangka pendek, seperti: menyewa ruangan hitungan jam dan hari, menyewa meja untuk mengerjakan kerjaan freelance, part timer, atau menyewa ruang rapat dalam sehari. Selain itu akses internet dan mesin print atau fotokopi juga disewakan berdasarkan tarif jam atau harian.

Apa saja fasilitas yang dimiliki coworking space surabaya?

Fasilitas yang ditawarkan antara satu coworking space dan coworking space lainnya di surabaya tentu saja berbeda-beda, akan tetapi ada beberapa hal mendasar yang biasanya disediakan oleh coworking space untuk menggaet para pelanggannya:

1. Meja, kursi dan biasanya komputer. Ini hal lumrah, beberapa coworking space lebih memaksimalkan meja dan kursi karena anak anak muda sudah memiliki laptop.

2. Fasilitas selanjutnya yang biasanya menjadi tambahan adalah mesin print, fotokopi, akses internet berkecepatan tinggi serta ruang rapat yang disewa jam atau harian.

3. Selanjutnya juga terdapat fasilitas tambahan berupa menu makanan dan minum kekinian, biasanya menu yang ditawarkan standar dan mengikuti selera anak muda.

4. Pada bagian terakhit terdapat fasilitas ruang parkir yang memadai, kartu akses untuk pelanggan tetap, dan bahkan beberapa coworking space membuka keanggotaan premium dimana pelanggan bisa menyewa dalam durasi yang panjang mirip virtual office.

Baca Juga  Keuntungan Memulai Usaha dari Virtual Office Surabaya

Kenapa coworking space surabaya banyak diminati generasi milenial?

Ini tentu saja berkaitan dengan faktor di atas, bahwa semakin banyak generasi milenail yang jenuh dengan konsep kantor konvensional, semakin meningkatnya animo menjadi pengusaha muda, part timer dan freelancer serta tentunya didukung dengan banyak mahasiswa mahasiswa yang memanfaatkan coworking space sebagai tempat mengerjakan tugas tugas kuliah mereka.

Pada kondisi ini perbedaan antara kafe dengan coworking space semakin tipis, karena beberapa kafe merangkap fasilitas sebagai coworking space begitu juga sebaliknya. Coworking space surabaya yang berdekatan dengan kampus biasanya menawarkan banyak variasi makanan sebagai penarik pelanggannya.

Berapa biaya sewa coworking space surabaya?

coworking space surabaya

Seperti yang telah di jelaskan di atas, ini tergantung dengan fasilitas yang anda gunakan. Jika anda hanya duduk mengerjakan tugas /proyek dari klien selama dua jam saja dengan makan minum sederhana, paling tidak hanya habis Rp.50.000 sampai Rp.100.000 saja. Murah bukan?

Sementara jika anda menggunakan ruang rapat untuk pertemuan, trainingm worshop atau pun seminar biasanya berkisar antara Rp.500.000 hingga Rp.700.000 selama sehari. Belum termasuk dengan makan dan juga minum yang dipesan.

Beberapa items yang belum termasuk seperti print dan fotocopy biasanya juga dihitung secara terpisah. Sementara akses internet seperti wifi biasanya sudah gratis atau termasuk dengan penyewaan paket apa saja, karena biasanya anda akan mendapat kode akses.

Apakah bisnis coworking space surabaya menjanjikan?

Tentu saja, Surabaya adalah kota besar kedua di Indonesia setelah jakarta. Banyak industri berkembang pesat, usaha usaha baru bermunculan dan puluhan kampus di Surabaya adalah ladang dan potensi bisnis untuk membuka coworking space surabaya.
Jika anda mempunyai investasi lahan, uang atau rumah di Surabaya akan lebih baik dijadikan coworking space karena bisa mengundang banyak mahasiswa dan pengusaha muda millenial untuk menggunakan coworking space yang anda dirikan.

Leave a comment