Tidak Ingin Orang Lain Membajak Karya Anda? Pahami Dulu Apa Itu Copyright

Copyright adalah – Dengan kemajuan teknologi saat ini, merubah kebiasaan sebagian orang dalam mendapatkan hiburan. Orang-orang yang tadinya mendapatkan hiburan hanya dengan menonton siaran di televisi atau mendengarkan radio, kini sudah berpindah ke Youtube.
Di Youtube, Anda bisa menonton dengan berbagai konten yang menarik dan up to date pada saat ini. Siapapun bisa membuat konten menarik di Youtube, tanpa batasan usia atau latar belakang pendidikan. Tidak hanya di Youtube, sosial media seperti Instagram juga menjadi hiburan yang sedang hype saat ini.

Anda dapat berbagi foto dan video dengan sesama followers Anda dan mendapatkan like serta comment. Untuk menarik perhatian followers, tentu saja foto dan video yang Anda buat harus menarik. Dengan begitu, konten Anda sosial media akan banyak mendapat tanggapan yang positif.
Membuat konten digital yang menarik di internet bukanlah hal yang sulit, baik dalam bentuk gambar, musik, video, sampai tulisan. Namun, membuat konten menarik tidak bisa asal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah copyright. Apa itu copyright? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Arti Copyright?

copyright adalah

Bagi Anda yang sering membaca buku, menikmati konten digital di internet seperti video di Youtube atau gambar di Instagram, sudah pasti sangat familiar dengan yang namanya copyright.
Copyright memang seringkali muncul ketika Anda menggunakan atau melihat konten-konten yang berada di dunia maya atau sosial media. Arti copyright dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan Hak Cipta.
Pada proses pembuatan suatu karya, baik karya dalam bentuk digital atau dalam bentuk fisik, terdapat komponen yang sangat penting dan tidak boleh sampai Anda lupakan, yaitu copyright. Komponen tersebut merupakan perlindungan terhadap karya yang Anda ciptakan secara legal.
Gunanya copyright adalah agar karya yang sudah Anda buat dengan susah payah tidak dibajak atau dipakai oleh sembarang orang tanpa perizinan terlebih dahulu. Supaya Anda terlindungi dari hal ini, maka Anda wajib mengetahui apa itu copyright.
Copyright adalah suatu hal yang berlaku secara otomatis atas hasil ciptaan yang sudah diwujudkan dalam bentuk nyata. Hak tersebut diberikan kepada pencipta atau pemegang Hak Cipta dari karya yang sudah dibuat.
Hak Cipta mempunyai peranan penting dalam mengatur distribusi dan penggunaan suatu karya yang dihasilkan. Ini berhubungan dengan proses penggunaannya secara umum, seperti siapa yang bisa memakai, menyalin, mempublikasikan, dan menjual suatu karya cipta. Penggunaan copyright pada suatu karya untuk melindungi para pencipta, dari kemungkinan penyalahgunaan dan penyelewengan dari hasil karya cipta yang dimiliki.
Hak Cipta sebagai bagian dari Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yang bertujuan untuk membantu Anda dalam mengatur dan memantau jalannya proses penciptaan serta penggunaan suatu karya. Dengan adanya copyright, karya yang ada bisa Anda pertahankan dan meminimalisir kerugian yang mungkin saja terjadi.

Adakah Peraturan Mengenai Copyright?

Urusan mengenai Hak Cipta bukan perkara kecil, karena bisa langsung berurusan dengan hukum. Pada hampir setiap negara di seluruh dunia pasti mempunyai perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, termasuk copyright yang sudah diatur dengan cara legal.
Di Indonesia, regulasi mengenai hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Dengan dibuatnya aturan tersebut, Anda akan merasa lebih aman karena hasil karya yang sudah Anda buat dilindungi dengan baik.
Jadi, ketika ada orang lain yang memakai hasil karya Anda secara ilegal, maka Anda dapat membuat tuntutan hukum dan mendapatkan ganti rugi atas karya Anda. Secara umum, hasil karya yang bisa diberi copyright adalah karya yang telah memiliki bentuk fisik atau karya yang dapat dilihat, didengar, ataupun dapat dirasakan secara langsung.

Baca Juga  Cara Memilih Kursus CPNS Agar Diterima Seleksi CPNS

Hasil Karya Apa Saja yang Bisa Diberi Copyright?

Beberapa jenis hasil karya yang bisa diberikan copyright adalah sebagai berikut:
1. Berbagai hasil karya seni dan desain seperti gambar, lukisan, patung, ukiran, kolase, hingga batik beserta dengan karya tradisional seperti kain songket dan kain ikat.

2. Berbagai karya yang berbentuk tulisan atau karya sastra seperti buku, terjemahan, pamflet, sampai dengan program komputer atau software.

3. Berbagai produk sinematografi dan fotografi.

4. Berbagai kreasi pertunjukkan yang meliputi penampilan teatrikal, pantonim, koreografi, dan perwayangan.

5. Semua jenis musik atau lagu berserta dengan teks atau lirik.

6. Bentuk-bentuk arsitektur.

Bagaimana Cara Mendapatkan Copyright?

Pemberian Hak Cipta pada umumnya harus dilakukan dengan cara legal yaitu dengan mendaftarkan karya Anda ke lembaga yang berwenang. Bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan terdapat karya Anda, maka Anda bisa melakukannya dengan mengajukan permohonan perlindungan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (HAKI).
Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena proses ini tidak serumit yang Anda bayangkan, karena yang penting adalah Anda mempersiapkan semua syarat yang akan diminta. Jika Anda sudah mendapatkan Hak Cipta secara resmi, maka Anda akan mempunyai kendali penuh terhadap hasil karya Anda.

Anda pun bisa mengatur penggunaan hasil karya Anda termasuk membatasi penggandaan karya oleh umum. Untuk mempertegas perlindungan yang diberikan, Anda dapat memakai symbol й pada hasil karya Anda, seperti pada awal teks atau di ujung gambar.

Tetapi, khusus ciptaan dengan bentuk musik atau lagu, maka symbol о harus Anda pakai karena symbol ini dipakai untuk menandakan bahwa karya

Anda beerbentuk rekaman atau recording. Hak cipta yang diberikan pada dasarnya mempunyai durasi masa berlaku yang sudah ditetapkan.

Durasi waktu tersebut dapat berbeda-beda pada setiap negara, tetapi pada umumnya adalah seumur hidup si Pencipta, ditambah 70 tahun setelah
kematiannya. Setelah durasi tersebut berakhir, maka karya Anda harus didaftarkan kembali supaya tetap tercatat secara legal sebagai hasil karya yang sudah dilindungi oleh Hak Cipta.

copyright adalah

Apa Keuntungan Memiliki Copyright?

Beberapa hal eksklusif yang bisa Anda dapatkan oleh pemilik Hak Cipta sebagai berikut :
1. Berhak menduplikasikan hasil karya Anda dan bisa memperjual belikan hasil karya tersebut.
2. Mengirim dan mengedarkan hasil karya Anda yang sudah dibuat.
3. Membuat hasil karya tiruan dari karya Anda yang sebelumnya (mengadaptasi dari hasil karya sebelumnya).
4. Memperlihatkan kepada publik atau memamerkan hasil karya Anda di depan umum, seperti pameran, konser, dan lain-lain.
5. Memberikan Hak Cipta kepada orang lain atau menjual hal ekslusif Anda kepada orang lain.

Bagi siapa saja yang melanggar hukum atas Hak Cipta maka akan mendapatkan penegakan hukum yang dibuat oleh pemegang Hak Cipta dalam bentuk hukum perdata atau bisa berbentuk hukum pidana.

Contoh penggunaan Hak Cipta yang sering ditemukan di Youtube adalah ketika Anda membuat suatu video, yang hasil rekaman dari video tersebut bukan hasil karyanya sendiri, maka akan terkena copyright beserta hukuman di dalam sosial media atas copyright bermacam-macam mulai dari take down post sampai dengan penghapusan akun.

Oleh sebab itu, jika ingin mempublikasikan suatu karya, maka ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah karya tersebut merupakan karya umum atau karya yang mempunyai Hak Cipta.
Itulah penjelasan mengenai copyright. Dengan memahami apa itu copyright, Anda bisa lebih berhati-hati dalam mempublikasi karya yang sudah Anda buat supaya terhindar dari hukum copyright.

Leave a comment