Contoh Text Explanation dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Text Explanation dalam Bahasa Inggris dan Artinya – Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang banyak digunakan untuk menjelaskan suatu proses dan mirip dengan teks prosedur. Teks ini digunakan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang bagaimana suatu proses terjadi. Untuk mengetahui dengan lebih jelas mengenai teks jenis ini, perbanyaklah membaca ciri-ciri dan contoh text explanation.

Ciri-ciri Teks Explanation

Dalam bahasa Inggris, suatu teks bisa dikatakan sebagai teks explanation jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Menggunakan jenis tenses Simple Present Tense karena menjelaskan tentang fakta yang sedang terjadi.
  • Menggunakan Action Verbs (Dynamic Verb) karena teks ini menjelaskan aksi yang sedang berlangsung.
  • Menggunakan Passive Voices (kalimat pasif) karena tujuannya untuk menekankan fokus pada kejadian yang sedang berlangsung bukan pada subjeknya.
  • Menggunakan Noun Phrases
  • Menggunakan Technical Terms untuk merujuk pada istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang sedang dijelaskan
  • General statement yang berisi informasi umum tentang topik yang akan dibahas
  • Explanation berisi penjelasan mengenai kejadian (sequence of events) dari proses yang sedang dibahas dalam teks. Bisa menggunakan kata tanya seperti bagaimana dan mengapa agar penjelasan menjadi lebih komprehensif.
  • Closing untuk memberi informasi tambahan atau opini penulis tentang topik yang sedang dibahas.

Contoh Teks Explanation

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa contoh teks explanation beserta artinya untuk referensi Anda. Contoh Text Explanation 1 How Does Rainbow Happen? The rainbow has a variety of colors that appears in the sky with curved shape. How does rainbow happen? It is considered also as an optical symptom. The rainbow appears as an arc of light with its tip pointing to the horizon at a time of light rain. Sometimes, it can be seen around the waterfall.  The rainbow can be appeared because the light refract and deviates away from the particles. The sky will turn red when the sun goes down because the sun’s rays pass through the atmosphere which is thicker than the state of the sun during the day.  It can’t be seen in the night or when it is cloudy as it is clearly a natural phenomenon due to the refraction of light. The white light turns into the color of the spectrum when the sunlight pass through the rain drops.  If you are lucky to see this beauty of rainbow don’t forget to take the picture.   Artinya:
Baca Juga  Kumpulan Kosa Kata Bahasa Inggris Kata Kerja
Bagaimana Proses Terjadinya Pelangi? Pelangi memiliki banyak warna bervariasi yang muncul di langit dengan bentuknya yang melengkung. Bagaimana proses terjadinya pelangi? Pelangi disebut juga sebagai gejala optik. Pelangi terlihat seperti busur cahaya yang ujungnya mengarah pada garis horizon pada saat terjadi hujan ringan. Terkadang, itu juga bisa dilihat di sekitar derasnya air terjun. Pelangi bisa terlihat karena cahaya membias dan menyimpang menjauhi partikel. Langit akan menjadi merah pada saat matahari terbenam akrena sinar matahari melewati atmosfer yang lebih tebal daripada kondisi matahari pada saat siang hari. Pelangi tidak dapat terlihat saat malam hari atau ketika mendung dikarenakan pelangi merupakan fenomena alam yang disebabkan adanya pembiasan cahaya. Cahaya putih berubah menjadi warna spektrum ketika matahari melewati tetes hujan. Jika Anda beruntung bisa melihat keindahan pelangi ini, jangan lupa untuk mengambil foto. Contoh Text Explanation 2 How Does a Kite Fly It is an object which is made from a light material such as paper that stretched over a frame. It can fly when it is tilted into the wind due to it is light material. How does a kite fly? A kite is uses wind to make it fly as it is heavier then the air. It is split into two streams of air when wind travels over the surface of the kite. Then, the second stream goes under the kite when one stream of the air goes over the kite. After that, the upper stream makes an area of low pressure above the kite.  The area of high pressure is created by the lower stream that hits the kite at a shallow angle. The high pressure area push the low pressure area that has a pulling effect. This combination between pull and push effect create force to lift the kite into the air.  That is why it is very recommended to play the kite in the spacious area that has enough wind to make the kite fly.  Artinya:
Baca Juga  Contoh Present Continues Tense
Bagaimana layang-layang bisa terbang? Layang-layang merupakan benda yang terbuat dari bahan ringan seperti kertas yang membentang dengan bingkai di sekelilingnya. Layang-layang akan terbang ketika dihadapkan dengan angin karena bahannya ringan. Bagaimana layang-layang bisa terbang? Layang-layang menggunakan angin untuk membuatnya terbang karena itu lebih berat daripada udara. Angin tersebut dibagi menjadi dua aliran udara saat angin bergerak di atas permukaan layang-layang. Kemudian, aliran kedua bergerak di bawah layang-layang saaat aliran udara yang lainnya bergerak di atas layang-layang. Setelah itu, aliran udara yang bergerak ke atas membuat area dengan tekanan rendah. Area yang memiliki tekanan tinggi yang diciptakan oleh aliran bawah mengenai layang-layang pada sudut yang dangkal. Area bertekanan tinggi mendorong area bertekanan rendah yang memiliki efek menarik. Kombinasi antara efek tarik dan dorong ini menciptakan kekuatan untuk mengangkat layang-layang ke udara. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk bermain layang-layang di area yang luas dan berangin untuk membuat layang-layang terbang. Contoh teks explanation tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari tahu tentang teks jenis ini.

Leave a comment