Macam-Macam dan Contoh Short Message dalam Bahasa Inggris Serta Artinya

Contoh Short Message – Istilah short message tentu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Short message sering digunakan sebagai istilah SMS (short message service) yang merupakan pesan singkat yang dikirimkan melalui perangkat smartphone.  Selain short message dalam bentuk SMS, terdapat pula jenis short message lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena teksnya singkat dengan kurang lebih 200 kata, maka pesan tersebut disebut sebagai short message. Terdapat banyak contoh short message yang bisa menjadi referensi untuk mengirim pesan sehari-hari.

Jenis-jenis Short Message

Berikut ini beberapa jenis short message yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:
  • Memo
Memo merupakan jenis short message yang tujuannya untuk menyampaikan informasi secara singkat, padat, dan informatif. Bisa ditulis dalam bentuk kertas maupun alat komunikasi elektronik lainnya seperti melalu e-mail atau smartphone.  Memo hanya terdiri dari 2 – 3 kalimat saja dan biasanya mengandung inti dari pesan singkat tersebut. Contoh:
  • I left 2 chocholates on your table. Enjoy it!
(Saya meninggalkan 2 coklat di meja kamu. Selamat menikmatinya!)
  • Let’s have a lunch at Numero Cafe.
(Ayo makan siang di Kafe Numero.)
  • We have an urgent meeting. Please prepare the notes.
(Kita akan mengadakan rapat dadakan. Tolong siapkan catatan.)
  • SMS
SMS merupakan singkatan dari Short Message Service yang sering dikirim melalui perangkat smartphone. SMS mengandung kalimat yang singkat, padat, dan informatif namun sedikit lebih panjang dibandingkan memo. Contoh:
  • Afternoon, Nisa! Are you at home? I would like to come to your house as I need your help to finish my homework. 
(Selamat siang, Nisa! Apakah kamu ada di rumah? Saya mau datang ke rumahmu karena aku perlu bantuanmu untuk menyelesaikan PR-ku.)
  • Greeting Card
Greeting card merupakan kartu ucapan untuk momen tertentu seperti kelahiran, pernikahan, promosi jabatan, lebaran, ulang tahun, dan lain sebagainya. Contoh:
  • To: Nina, 
Happy birthday, honey. I wish you happy and health. From: Fitri (Untuk: Nina, selamat ulang tahun, sayang. Aku doakan kamu selalu sehat dan bahagia. Dari: Fitri)
  • To: Mrs.Dina,
Congratulation for your newborn baby girl. She is so cute and beautiful! Love, Rani (Untuk: Nyonya Dina, Selamat untuk kelahiran putrinya. Dia sangat menggemaskan dan cantik!
Baca Juga  Contoh Passive Voice Untuk Kalimat Present Perfect Tense
Cinta, Fitri)

Contoh Short Message

Dalam menulis short message harus mencantumkan penerima, isi pesan, dan pengirim. Penulisan short message tidak harus menggunakan bahasa formal dan bahkan bisa menggunakan kata singkatan seperti “gws” (get well soon) dan “btw” (by the way). Berikut ini beberapa contoh short message dalam berbagai jenis dan topik beserta artinya, di antaranya:
  • Contoh Memo
Contoh 1 Good afternoon mom,  I’m sorry today I have to come late as I must join the Math extracuricular. Rina (Selamat siang mama, Maaf hari ini saya harus pulang telat karena saya harus ikut ekstrakurikuler Matematika. Rina) Contoh 2 Dear Rani, I borrow your book to do my task. Your mother permitted already. I promise I will return it as soon as possible. I’m sorry for not informing you directly as you are not at home and I can’t call you.  Thank you. Lila (Teruntuk Rani, Saya pinjam buku kamu untuk mengerjakan tugas. Ibu kamu sudah memberikan izin. Saya janji akan mengembalikannya secepat mungkin. Saya minta maaf karena tidak menginformasikan kepada kamu secara langsung karena kamu sedang tidak di rumah dan saya tidak bisa menelponmu. Terima kasih. Lila) Contoh 3 Dear Jessica, How are you? I need to inform you some important things. The Math examination will be held tomorrow at 09.00 o’clock. The students are not allowed to bring the calculator. Please come early and don’t forget to bring your examination card. Otherwise you are not allowed to enter the class. See you soon.  Your best friend, Mila (Teruntuk Jessica, Apa kabarnya? Saya harus memberi beberapa informasi penting kepadamu. Ujian matematika akan diadakan besok pukul 09.00. Semua murid tidak diizinkan untuk membawa kalkulator. Harap datang lebih awal dan jangan lupa untuk membawa kartu ujian. Jika tidak kamu tidak akan diizinkan masuk ke dalam kelas. Sampai bertemu segera. Teman baikmu, Mila)
  • Contoh Short Message
Contoh 1 To: Tina We will have an examination next month. I know you are the smartest student in the class. How about studying together at your house on the weekend? I am waiting your reply soon.  Received: 4:10 pm 09/02/2020 (Untuk Tina
Baca Juga  Apa Itu GMAT, GRE, Dan Apa Juga Perbedaannya
Kita akan mengikuti ujian bulan depan. Saya tahu kamu adalah murid yang paling pintar di kelas. Bagaimana kalau kita belajar bersama di rumahmu saat akhir pekan? Saya menunggu balasanmu segera. Diterima: 4:10 sore 09/02/2020) Contoh 2 To: John Hi, John. I have a planning to go to Puncak on this weekend with friends. Could you join with us? Received 10:00 am 09/02/2020 (Untuk: John Hai, John. Saya punya rencana untuk pergi ke puncak akhir pekan ini bersama teman-teman. Apakah kamu bisa bergabung dengan kita? Diterima 10:00 pagi 09/02/2020 Contoh 3 To: Sinta We will have a barbeque tonight at Mia’s house. Hope you can join and cook together with as. See you soon.  Received 09:00 am 09/02/2020 (Untuk: Sinta Kami akan barbeque-an malam ini di rumahnya Mia. Semoga kamu bisa ikut begabung dan memasak bersama kita. Sampai bertemu. Diterima 09:00 am 09/02/2020
  • Contoh Greeting Card
Contoh 1 Hi Sisca, Today is your great day. Happy birthday and wish you all the best. Rina (Hai Sisca, Hari ini adalah hari istimewa buat kamu. Selamat ulang tau dan harapan terbaik untuk kamu. Rina) Contoh 2 Hi Sani, Congratulation for your achievement of master degree. Hope you can be a successful person in the future.  Your best friend, Nina (Hai Sani, Selamat atas pencapaianmu atas gelar masternya. Semoga kamu menjadi orang yang sukses di masa depan. Teman baikmu, Nina) Contoh 3 Hi Nico & Rizka, I am happy for you both. Finally you are getting together and be a best couple in this world after happiness and sadness you have been through. Hope you are always happy and have a cute children soon.  Your best friend, Sani (Hai Nico & Rizka, Saya sangat bahagia untuk kalian berdua. Akhirnya kalian berdua bersama dan menjadi pasangan terbaik di dunia setelah suka dan duka yang telah kalian lalui. Semoga kalian selalu bahagia dan memiliki anak-anak yang menggemaskan segera. Teman terbaikmu, Sani) Berbagai contoh short message di atas hanyalah sebagai referensi. Untuk prakteknya, Anda bisa mengembangkan dengan kosakata dan bahasa Anda sendiri.

Leave a comment