Contoh Kalimat Saran Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Kalimat Saran – Dalam kehidupan sehari-hari, kalimat saran menjadi salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan termasuk dalam bahasa Inggris. Memberi saran merupakan salah satu topik yang paling penting dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama tentang bagaimana menggunakan kata yang tepat saat memberi saran.

Saat memberi saran kepada orang lain, Anda bisa menggunakan kalimat yang tegas maupun kalimat yang lebih halus. Terdapat kata kerja khusus yang harus digunakan agar kalimat yang dibuat bisa disebut sebagai kalimat saran.

Baca juga ” Working Space Surabaya Terbaik Untuk Bekerja Secara Produktif

Dengan mempelajari grammar dan contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris yang benar dan tepat, Anda akan lebih mudah menggunakan kalimat saran dalam percakapan bahasa Inggris nantinya.

Cara Memberi Saran dalam Bahasa Inggris

Untuk memberi saran dalam bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan cara dan contoh kalimat saran seperti di bawah ini:

  1. Menggunakan Verba Imperatif

Verba atau kata kerja imperatif digunakan untuk menyuruh seseorang melakukan sesuatu. Sehingga kalimat atau kata kerja yang digunakan cenderung harus lebih tegas dan tidak halus.

Contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kata kerja atau verba imperatif, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Stop eating instant noodles too much. (Berhenti makan mie intan terlalu banyak).
  • Stop comparing your life with others, so you won’t be too much worry with your life. (Berhenti membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain agar kamu tidak terlalu khawatir dengan kehidupanmu).
  • Concider jogging at least three times a week to lose your weight. (Pertimbangkan untuk jogging paling tidak tiga kali seminggu untuk menurutkan berat badanmu).
  • Start making your dream plan so you have a definite step. (Mulai buat rencana impian kamu agar kamu memiliki langkah yang pasti).
  • Try moving on so you don’t think too much about your problem. (Cobalah berpindah agar kamu tidak terlalu banyak memikirkan masalahmu)
  1. Menggunakan Verba Bantu

Dua jenis kata kerja atau verba bantu yang sering digunakan untuk memberikan saran dalam kalimat bahasa Inggris adalah ought to dan should. Kedua kata kerja ini sama-sama memiliki arti “sebaiknya”.

Baik should dan ought to keduanya digunakan untuk memberikan saran secara halus, hanya saja berbeda cara penggunaannya. Berikut ini beberapa contohnya, di antaranya:

  • You should not swim too deep in the river, you might drown. (Kamu sebaiknya tidak berenang terlalu dalam di sungai, kamu bisa tenggelam).
  • She should take things slowly and no need to panic too much. (Dia sebaiknya melakukan hal perlahan dan tidak perlu terlalu panik).
  • She should start taking a course from now if she wants to get good score result. (Dia sebaiknya mengambil kursus dari sekarang jika dia ingin mendapatkan hasil skor yang bagus).
  • You ought to wake up early to catch the school bus. (Kamu sebaiknya bangun pagi untuk mengejar bus sekolah).
  • He ought to take care of himself more. (Dia sebaiknya mengurus dirinya sendiri lebih).
  • She ought to be more confident for the show tonight . (Dia sebaiknya lebih percaya diri untuk pertunjukan nanti malam).
  1. Menggunakan Kalimat Pertanyaan
Baca Juga  Kata Kata Bijak Dalam Bahasa Inggris Tentang Kehidupan Sosial

Dengan menggunakan kalimat pertanyaan, Anda bisa memberikan saran kepada orang lain dengan tidak terlalu langsung atau memaksa. Sehingga orang lain akan lebih nyaman saat Anda memberikan saran dengan cara ini.

Contoh Kalimat Saran

Orang yang diberi saran akan memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan terlebih dahulu saran tersebut sehingga mereka tidak merasa terbebani. Kalimat yang sering digunakan untuk mengawali kalimat saran jenis ini adalah “how about…” (bagaimana jika) atau “why don’t you…” (kenapa Anda tidak).

Berikut ini contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris menggunakan pertanyaan, di antaranya:

  • Why don’t you start studying now so you can do a good test tomorrow? (Kenapa Anda tidak mulai belajar sekarang agar kamu bisa mengerjakan tes dengan baik besok?)
  • How about going to the mall for refreshing? (Bagaimana jika pergi ke mall untuk refreshing?)
  • Why don’t you be more humble to other people? (Kenapa Anda tidak menjadi lebih rendah hati kepada orang lain?)
  • How about thinking of your plan after graduate from senior high school? (Bagaimana jika memikirkan rencana kamu setelah lulus dari SMA?)
  1. Menggunakan Kalimat “If I Were You…”

Kalimat “if I were you…” yang memiliki arti jika saya adalah Anda bisa menjadi alternatif untuk membuat kalimat saran. Kalimat ini menunjukkan bahwa si pemberi saran beranda-andai jika berada dalam posisi orang yang akan diberi saran.

Setelah kalimat ini, Anda bisa melanjutkannya dengan frasa yang lebih lengkap agar kalimat saran yang diberikan bisa lebih bermakna. Berikut ini beberapa contoh kalimatnya, di antaranya adalah:

  • If I were you, I would call and visit my parents more often. (Jika saya adalah Anda, saya akan menghubungi dan mengunjungi orang tua saya lebih sering).
  • If I were you, I will study hard to finish the school in this university on time. (Jika saya adalah Anda, saya akan belajar keras untuk menyelesaikan sekolah di kampus ini tepat waktu).
  • If I were you, I will receive him as my husband. (Jika saya adalah Anda, saya akan menerimanya sebagai suamiku).
  1. Membuat Rekomendasi/Usulan
Baca Juga  Kumpulan Kata-Kata Romantis Bahasa Inggris dan Artinya

Memberikan suggestion atau usulan dan recommendation atau rekomendasi bisa menjadi cara lain untuk memberikan saran kepada orang lain. Gunakan kata suggest atau recommend sebelum memberikan saran agar terkesan lebih halus dan sopan.

Berikut ini beberapa contohnya, di antaranya:

  • I suggest you to wake up early in the morning so you can do exercise. (Saya mengusulkan kamu untuk bangun di awal pagi agar kamu bisa olahraga).
  • I recommend making some accessories for our next project design. (Saya merekomendasikan untuk membuat aksesoris untuk proyek desain selanjutnya).
  • I don’t suggest going home in the late night. (Saya tidak sarankan untuk pulang ke rumah terlalu malam).
  • I don’t recommend this travel agent anymore. (Saya tidak merekomendasikan agen perjalanan ini lagi).

Selain menggunakan kata kerja dan contoh kalimat di atas, terdapat pula cara lain untuk memberikan saran. Anda bisa menyampaikan saran secara langsung kepada orang lain tanpa harus menggunakan kata kerja bantu.

Berikut beberapa contoh kalimat saran sebagai referensi, di antaranya:

  • You need to finish the homework soon. (Kamu harus menyelesaikan PR segera).
  • Just go to the right, that’s the way to go to market. (Pergilah ke kanan, itu adalah jalan yang benar untuk pergi ke pasar).
  • He better takes the rest for a while. (Dia sebaiknya istirahat untuk sementara waktu).
  • Choose the softest one, she needed it. (Pilihlah yang paling halus, dia memerlukannya).
  • I have never been in that restaurant before, don’t trust the promotion. (Saya belum pernah ke restoran tersebut sebelumnya, kamu jangan percaya iklan).
  • They will need new employee, take that chance! (Mereka akan membutuhkan karyawan baru, ambil kesempatan itu!)
  • Your mother is thinking about you, just call her! (Ibumu memikirkan tentangmu, telponlah dia!)
  • You must give her compliment, she is happier now. (Kamu harus memberinya pujian, dia lebih bahagia sekarang.)

Berbagai contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris tersebut bisa kamu gunakan untuk memberikan saran kepada orang lain. Namun, tetap perhatikan situasi, kondisi, serta siapa yang akan diberi saran agar tetap memperhatikan kalimat yang tepat saat memberikan saran.

Leave a comment