Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman

Menguasai banyak bahasa asing selain bahasa Inggris tentu akan memberikan banyak keuntungan dalam berbagai hal. Mulai dari kesempatan yang terbuka lebar untuk membangun karir dan menempuh pendidikan di luar negeri, memperluas jaringan bisnis, menjalin kerjasama politik dan sosial antar negara, maupun untuk sekedar berlibur dan berwisata ke negara lain.

Salah satu bahasa asing yang cukup populer dan banyak dipelajari adalah bahasa Jerman. Bahasa Jerman sangat menarik untuk dipelajari karena memiliki ciri khas berupa huruf tambahan umlaut yang memiliki ciri khas simbol di atas huruf vokal abjad biasa. Untuk bisa mahir menguasai bahasa Jerman, penting untuk mengikuti cara mudah belajar bahasa Jerman berikut ini.

Dapatkan beasiswa gratis kuliah ke Jerman dengan isi form berikut ini. Gratis !!!

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Motivasi Belajar Bahasa Jerman

Sebelum memulai langkah-langkah cara belajar bahasa Jerman dengan mudah dan cepat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa motivasi kamu untuk belajar bahasa ini. Dengan adanya motivasi yang kuat, kamu pun akan semakin semangat dan tekun dalam mempelajarinya. Sehingga cara mudah belajar bahasa Jerman pun bisa kamu praktekkan dengan efektif.

Beberapa poin berikut bisa kamu pertimbangkan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar bahasa Jerman, di antaranya:

  • Membuka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman

Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa yang banyak memberikan kesempatan bagi pelajar di luar negaranya untuk mendapatkan beasiswa di Jerman. Tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara impian para pelajar di Indonesia maupun di negara lainnya untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut. 

Jika kamu memiliki keahlian berbahasa Jerman, maka semakin besar peluang untuk bisa lolos mendapatkan beasiswa kuliah di negara ini. Hal ini dikarenakan penguasaan bahasa asing Inggris dan Jerman menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar kuliah di universitas di Jerman. 

  • Merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di negara Uni Eropa

Tidak hanya negara Jerman yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, beberapa negara seperti Austria, Luxemburg, Swiss, dan Liechtensein juga menggunakan bahasa ini. 

Sehingga bahasa Jerman kerap dijuluki sebagai bahasa ibu bagi 100 juta orang dan menjadi urutan pertaman di antara bahasa paling umum yang dipakai di dunia dengan total penggunaan mencapai 2.1% populasi di dunia. 

  • Mempelajari budaya Jerman dengan lebih mudah
Baca Juga  8 Kampus di Jerman Yang Cocok Untuk Mahasiswa Asing

Mengingat banyak negara di Uni Eropa yang menggunakan bahasa Jerman sebagai media komunikasi, maka kesempatan kamu untuk menjelajah Eropa dan menikmati semua pariwisata yang ada di negara-negara tersebut tentu lebih mudah. Apalagi terdapat program yang cukup menarik yang bisa kamu ikuti seperti Au pair atau FSJ. 

Kedua program ini memberi kesempatan kepada siapa saja selama memenuhi syarat untuk belajar kebudayaan di Jerman dengan tinggal di rumah keluarga asuh di Jerman (Au pair) atau tinggal di asrama yang disediakan (FSJ). Dengan penguasaan bahasa Jerman yang bagus, maka tidak akan sulit untuk kamu beradaptasi tinggal dengan penduduk asli Jerman. 

  • Bahasa yang sering digunakan di bidang teknologi dan ilmiah

Jerman merupakan salah satu negara yang banyak melahirkan ilmuwan dan orang-orang hebat yang disiplin ilmunya masih diterapkan hingga sekarang. Sebut saja Albert Einstein dan B.J.Habibie yang merupakan salah satu lulusan Jerman yang fokus pada bidang teknik penerbangan. 

Sebagai negara yang melahirkan banyak ilmuwan, teori-teori yang dihasilkan tentunya banyak menggunakan bahasa Jerman sebelum akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun bahasa nasional lainnya. Bahkan bidang penelitian dan pengetahuan di Jerman masih menempati kedudukan kuat di dunia. 

  • Memudahkan saat traveling ke Eropa

Saat liburan atau traveling ke luar negeri, bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang wajib kamu kuasai. Karena jika tidak menguasai bahasa ini, maka kamu akan kesulitan saat berada di negara lain baik saat berkomunikasi dengan penduduk sekitar, mengurus dokumen perjalanan di bandara, maupun membaca papan-papan petunjuk yang terdapat di fasilitas umum. 

Dengan mempelajari dan menguasai bahasa nasional yang akan kamu kunjungi seperti bahasa Jerman misalnya, kamu pun tidak akan kesulitan untuk membangun komunikasi dengan penduduk yang tinggal di Jerman. 

Tips dan Cara Belajar Bahasa Jerman dengan Cepat dan Mudah

Belajar merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan agar bisa menguasai bahasa Jerman dengan lancar. Cara belajar bahasa Jerman dengan mudah berikut ini bisa kamu coba untuk dipraktekkan dalam proses mempelajari bahasa asing ini, diantaranya:

  • Mempelajari pelafalan (aussprache/pronounciation)

Setiap bahasa memiliki ciri khas pelafalan dan aksen yang berbeda-beda, termasuk bahasa Jerman. Selain memiliki huruf abjad yang sama seperti dalam huruf abjad bahasa Indonesia, bahasa Jerman juga memiliki huruf tambahan yang disebut umlaut dan diftong. 

Pelafalan merupakan salah satu bagian penting dalam mempelajari bahasa Jerman, karena pelafalan yang benar akan memudahkan untuk mengerti saat mendengar perbincangan dalam bahasa Jerman dan membuat kamu lebih fasih saat berbicara menggunakan bahasa ini dengan pelafalan yang benar. 

Berikut ini tabel pelafalan huruf-huruf dalam bahasa Jerman, yaitu:

a (a) b (be) c (ce) d (de)
e (e) f (ef) g (ge) h (ha)
i (i) j (yot) k (ka) l (el)
m (em) n (en) o (o) p (pe)
q (ku) r (er) s (es) t (te)
u (u) v (fau) w (ve) x (eks)
y (uepsilon) z (tset) ä (e) à seperti pelafalan kata “es” dan “sepakbola” ö (e) à seperti pengucapan kata “word = werd” dalam bahasa Inggris
ü (yu) à seperti pengucapan kata “uber” yang dibaca yube Au (ow) Ai (aye) Eu (oy)
Äu (oy) Ie (ee) Ei (ai) Sch (sh) à dibaca sedikit mendesis
Ch (sh/kh) à seperti mendesis atau suara orang yang hendak meludah Chs (x) ß (ss) St (sht) à berhembus udara setelah huruf s
Sp (shp) à berhembus udara setelah huruf s Pf (pfh) à berhembus udara setelah huruf f) Ph (ef) Th (ch) à berhembus udara
  • Menghafal kosakata dan gramatik dalam bahasa Jerman
Baca Juga  Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Negara Jerman

Kosakata merupakan komponen penting yang harus digunakan untuk menyusun kalimat yang nantinya akan menjadi tahap awal terbentuknya paragraf teks maupun dialog percakapan. Cara mudah belajar bahasa Jerman selanjutnya yaitu buat target dan catatan kecil kosakata apa saja yang harus kamu hafalkan setiap harinya berikut dengan pelafalan yang benar dan tepat. 

Mulailah dengan kosakata sederhana seperti angka, kata ganti orang, anggota keluarga, warna, alat-alat tulis, peralatan dapur, benda-benda di dalam rumah dan sekolah, hingga kata kerja yang sering digunakan untuk komunikasi sehari-hari. 

Tunjuk benda-benda tersebut sambil menyebutkannya dalam bahasa Jerman dan ulang secara terus-menerus sampai kamu hafal. Setelah penguasaan kosakata sudah bagus, langkah selanjutnya adalah mempelajari gramatik atau tata bahasa dalam bahasa Jerman. 

Dalam menerjamahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman tidak bisa dilakukan dengan menerjemahkan 1 kata banding 1 kata. Karena hal tersebut dapat menghasilkan terjemahan yang kurang tepat dari segi tata bahasa. 

Sehingga untuk bagian gramatik ini penting untuk mempelajarinya baik secara otodidak melalui kursus online maupun mengikuti program kursus offline dengan didampingin instruktur secara langsung. 

  • Banyak mendengar, menulis, dan membaca literasi berbahasa Jerman

Untuk meningkatkan kelancaran berbahasa Jerman, kamu perlu untuk sering-sering mendengar, menulis, dan membaca literasi yang berbahasa Jerman. Baik melalui film-film yang di-dubbing ke dalam bahasa Jerman, membaca artikel maupun buku berbahasa Jerman, maupun mencoba menulis kalimat dalam bahasa Jerman. 

Buat target setiap harinya buku atau film apa saja yang akan kamu dengar dan tonton sehingga kamu bisa membuat catatan kecil dari hasil belajar menggunakan media tersebut. Dari proses inilah kemampuan bahasa Jerman kamu bisa semakin meningkat.

  • Berlatih berbicara menggunakan bahasa Jerman

Salah satu tujuan utama belajar bahasa asing seperti bahasa Jerman adalah diharapkan nantinya kamu dapat berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa ini. Sehingga aspek yang tidak kalah penting untuk diasah adalah kemampuan berbicara menggunakan bahasa Jerman. 

Kamu bisa memulainya dengan membuat dialog percakapan terlebih dahulu untuk dihafalkan kemudian minta teman kamu untuk menjadi lawan bicara dalam komunikasi tersebut. Selain itu, coba lakukan pidato atau presentasi dengan menggunakan bahasa Jerman. 

Practice makes perfect adalah peribahasa yang tepat untuk mendukung cara mudah belajar bahasa Jerman tersebut. Tanpa ketekunan dan latihan secara terus-menerus maka akan sulit untuk nantinya kamu bisa fasih dalam berbahasa Jerman. 

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"