Cara Menyimpan Video dari Facebook di Smartphone dan PC

Cara Menyimpan Video dari Facebook – Hampir sebagian besar pengguna internet memiliki akun facebook untuk akun media sosialnya. Layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sudah diluncurkan sejak Februari 2004. Hingga kini jumlah penggunanya mencapai 2,38 miliar penduduk dunia dan Indonesia menjadi pengguna facebook terbanyak ke-4. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa facebook menjadi media sosial yang banyak diminati dan digandrungi lantaran fitur-fitur yang dimilikinya sangat membantu untuk memudahkan komunikasi sosial. Dengan menggunakan facebook, Anda akan dengan sangat mudah terhubung dengan teman-teman Anda yang juga memiliki akun facebook. Tak jarang banyak yang berhasil menemukan teman lamanya ketika SD, SMP, maupun SMA hanya dengan mengetikkan nama teman mereka di pencarian. Selain sebagai media komunikasi sosial, kini facebook juga sudah banyak digunakan sebagai sarana untuk berpromosi dan berjualan. Berbagai jenis dokumen teks, gambar, dan video bisa Anda akses melalui facebook.

Cara Menyimpan Video dari Facebook

Ketika berselancar di dunia maya facebook, seringkali Anda akan menemukan gambar dan video yang menarik. Mulai dari video tutorial, video edukasi, video personal, maupun video lucu yang memang ditujukan untuk hiburan semata. Video-video menarik pun seringkali membuat Anda terdorong untuk mengunduhnya agar bisa dilihat setiap saat melalui smartphone maupun PC. Dengan mengunduh video tersebut di smartphone dan PC, Anda akan dengan sangat mudah membagikannya kepada orang lain. Para pengguna facebook banyak yang memanfaatkan platform media sosial ini untuk saling berbagi informasi dan video. Sama halnya ketika meng-upload dan mengunduh foto di facebook, cara menyimpan video dari facebook pun sangat mudah dilakukan. Berikut ini beberapa cara simpan video dari facebook, di antaranya:
  • Cara menyimpan video facebook tanpa aplikasi di PC/Komputer

Jika Anda tidak mau ribet menginstall aplikasi lagi di PC/Komputer Anda karena dapat memberatkan penyimpanan, maka cara ini bisa Anda pilih untuk menyimpan video dari facebook.
Baca Juga  Cek Pemilik Nomor Telepon Makin Mudah Melalui 3 Aplikasi Ini
Cara ini lebih simple dan sangat mudah dilakukan hanya dengan menggunakan perantara bantuan situs penyedia layanan download video. Bahkan situs-situs tersebut bisa diakses secara gratis tanpa biaya. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Akses situs SaveFrom.net dan akan muncul tampilan seperti screenshoot di bawah ini.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps1.jpg
  • Masukkan link video dari facebook yang akan Anda simpan di galeri. Sebagai contoh adalah video tata cara wudhu yang benar yang terdapat pada link https://www.facebook.com/videodakwahcom/videos/790753237798038/. Anda cukup mengetikkan atau menyalin link tersebut pada form yang tersedia di situs SaveFrom.net tersebut.
  • Tunggu sampai proses deteksi link tersebut selesai dan Anda bisa mengunduhnya melalui button unduh yang tersedia seperti gambar.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps2.jpg
  • Proses download atau pengunduhan berjalan dan akan muncul pada folder download di PC/Komputer Anda. Jika proses download sudah selesai, video tersebut sudah bisa dilihat lagi tanpa harus membuka aplikasi facebook.
Selain situs SaveFrom.net dengan langkah-langkah download video seperti di atas, terdapat pula situs lain yang sangat direkomendasikan. Beberapa di antaranya seperti DreDown.com dan FBDown.net. Ketiganya sama-sama memiliki fungsi dan manfaat untuk mengunduh video dari facebook dengan mudah tanpa aplikasi.
  • Cara menyimpan video dari facebook di Android

Jika Anda menggunakan smartphone, Anda bisa langsung mengunduh video dari facebook langsung dari aplikasinya dengan cara yang hampir sama seperti PC/Komputer. Caranya pun terbilang paling mudah dan berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi facebook dan cari video yang akan Anda download
  • Setelah ketemu video yang akan diunduh dan disimpan, pilih dan klik tanda titik 3 di bagian atas postingan video tersebut. Setelah itu pilih dan klik Salin Tautan atau Copy Link. Tampilannya seperti screenshoot berikut:
  • Setelah link video tersebut disalin, paste tautan link tersebut pada kolom yang terdapat pada browser atau situs download seperti SaveFrom.net, FBDown.net, maupun DreDown.net. Klik unduh atau download dan tunggu hingga proses unduh selesai.
Baca Juga  Fitur dan Keunggulan Photoshop Portable CS4
  • Cara menyimpan video dari facebook dengan aplikasi

Selain menggunakan situs penyedia download untuk beberapa layanan jejaring sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi dan mengunduhnya melalui Google Play Store. Berikut ini aplikasi download video dari facebook yang sangat direkomendasikan, di antaranya:
  • Video Downloader for Facebook
Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store dan sangat direkomendasikan karena ukuran aplikasinya kecil dan ringan sehingga tidak memberatkan penyimpaan. Selain untuk mengunduh video, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyimpan gambar dalam berbagai format.
  • MyVideo Downloader for Facebook
Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk menyimpan video dari facebook. Selain tampilannya yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan hanya mengcopy-paste link video yang akan diunduh.
  • Facebook Video Downloader
Aplikasi ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya untuk mengunduh video dari facebook. Video yang diunduh pun bisa beragam mulai dari yang durasi singkat hingga durasi panjang. Langkah-langkahnya cukup mudah karena Anda cukup mengcopy-paste link video yang akan diunduh. Cara menyimpan video dari facebook tersebut sangat mudah dan singkat untuk dilakukan. Anda pun tidak perlu bingung lagi jika ada video menarik yang ingin diunduh dan dibagikan segera ke orang lain. Karena Anda cukup memilih apakah akan menggunakan aplikasi atau situs penyedia akses download. Keduanya memberikan kemudahan yang sama untuk membantu Anda dalam menyimpan video menarik dari facebook.

Leave a comment