Cara Menghilangkan Iklan di Google dengan Mudah

Cara Menghilangkan Iklan di Google – Seiring dengan perkembangan internet dan teknologi yang semakin pesat dilihat dari peningkatan jumlah penggunanya, kini internet tidak hanya digunakan sebagai tempat mencari informasi. Banyak yang melihat kemajuan teknologi internet ini sebagai peluang untuk memperluas jangkauan konsumen dari bisnis yang sedang dijalankan. Google pun melihat hal tersebut sebagai peluang sehingga mesin pencari yang paling populer ini menyediakan platform Google Ads untuk mempertemukan penjual dan pembeli dengan lebih mudah. Namun, seringkali iklan-iklan yang tayang di setiap situs yang kita buka cukup mengganggu karena saking banyaknya iklan yang muncul. Sehingga tujuan utama untuk mencari informasi pun menjadi kurang fokus dengan banyaknya iklan berseliweran ketika kita berselancar di dunia maya. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Google Chrome sebagai penyedia tempat iklan bagi para pebisnis, ternyata memberikan solusinya. Google memiliki banyak plug-in yang didesain untuk menghalau iklan-iklan yang tidak diinginkan ketika Anda sedang browsing.

Cara Menghilangkan Iklan di Google

Ada beberapa cara menghilangkan iklan di Google yang berseliweran dan seringkali mengganggu ketika sedang mencari informasi pada mesin pencarian Google. Berikut ini beberapa solusi sekaligus langkah-langkah untuk menghilangkan iklan di Google:
  • Menggunakan AdBlock

AdBlock merupakan salah satu ekstensi yang paling banyak digunakan untuk menghalau dan memblokir konten-konten iklan di Google. Anda juga dapat secara otomatis mengatur daftar iklan apa saja yang ingin diblokir dan tidak ingin diblokir. Panel kontrol yang terdapat pada AdBlock ini sangat mudah digunakan dengan hanya memberikan ceklis atau tidak pada pilihan iklan atau konten-konten lain yang ingin diblokir. Untuk memasang platform AdBlock ini langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Baca Juga  Cara Mengubah JPG ke PDF Menggunakan PC Dan Android
  • Ketik keyword AdBlock di mesin pencarian Google dan klik pada situs www.getadblock.com. Tampilan yang keluar akan seperti gambar berikut ini.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps4.jpg
  • Klik button merah bertuliskan Get AdBlock Now lalu tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps5.jpg
  • Pilih dan klik Add to Chrome dan tunggu sampai AdBlock terpasang pada Google Chrome di PC komputer atau laptop Anda.
  • Setelah itu Anda tinggal mengatur jenis-jenis iklan dan konten seperti apa yang akan diblokir. Secara otomatis iklan yang sudah diatur untuk diblokir akan tertangkap dan tidak akan muncul lagi ketika Anda browsing menggunakan Google Chrome yang sudah ditambahkan AdBlock tersebut.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps6.png
  • Menghilangkan Malware

Sebenarnya ada sumber masalah lain yang menjadi penyebab munculnya banyak iklan yang tidak diinginkan. Namun, sumber masalah tersebut masih jarang diketahui karena kehadirannya seringkali tidak dirasakan pengguna. Malware menjadi salah satu penyebab mengapi seringkali jumlah ikan yang muncul dan berdatangan di browser mendadak tinggi padahal Anda merasa jarang mencari informasi yang berkaitan dengan iklan tersebut. Seringkali malware juga menyebabkan mesin pencarian default berubah menjadi mesin pencari lain yang namanya asing atau munculnya banner iklan yang muncul pada tempat-tempat yang tidak lazim. Jika Anda merasa pernah mengalami hal ini, maka sangat perlu untuk menghilangkan malware ini agar tidak muncul lagi iklan-iklan yang mengganggu. Cara mudah untuk menghilangkan malware tersebut adalah dengan melakukan scan menggunakan antivirus yang sudah kredibel. Kaspersky, Avast, SmadAv, atau AVG bisa jadi referensi untuk Anda yang ingin mencari antivirus yang terpercaya. Antivirus tersebut akan mencari malware yang terdapat pada PC atau laptop Anda dan akan menghapusnya. Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi anti-malware seperti Malwarebytes. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya:
Baca Juga  Cara Melacak HP yang Hilang dengan Gmail dan Aplikasi
  • Download aplikasi Malwarebytes melalui situs www.malwarebytes.com. Anda bisa memilih Free Download untuk mendapatkan akses secara gratis.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps7.jpg
  • Buka file hasil download dan klik Run
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps8.jpg
  • Pilih bahasa yang ingin gunakan lalu muncul tampilan seperti gambar berikut. Pilih di mana Anda ingin menginstal Malwarebytes.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps9.jpg
  • Pilih dan klik Agree and Install, lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5256\wps10.jpg
Setelah itu, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk menghalau iklan-iklan berseliweran yang sangat mengganggu ketika browsing.  Dari dua cara menghilangkan iklan di Google tersebut, Anda bisa memilih cara mana yang menurut Anda paling efektif dan paling Anda butuhkan. Jika memungkinkan, dua-duanya pun bisa digunakan secara langsung agar iklan-iklan yang mengganggu tidak lagi beseliweran ketika Anda berselancar di dunia maya.

Leave a comment