Cara Mengganti Background Foto di Photoshop dengan Mudah

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop – Anda mendadak membutuhkan pas foto tetapi tidak sempat lagi harus ke studio foto? Jangan khawatir! Jaman sudah semakin canggih, membuat pas foto tidak perlu lagi repot-repot ke studio foto, bahkan bisa dengan bermodalkan kamera smartphone. Tentu saja ini lebih ramah di kantung khususnya bagi para mahasiswa yang membutuhkan pas foto dengan cepat untuk kebutuhan di kampus tetapi memiliki budget yang minim. Tetapi, kendalanya adalah sering kali background pas foto tidak berwarna merah atau biru. Anda tidak perlu khawatir, karena disini kami akan membagikan cara mengganti background foto di Photoshop. Photoshop bisa digunakan untuk mengedit foto yang tampaknya tidak bagus atau kurang menarik menjadi bagus dan menarik. Anda juga bisa membuat kulit Anda terlihat lebih putih atau mengedit bagian tubuh lainnya dengan tools-tools yang tersedia di photoshop. Banyak inovasi yang dilakukan oleh photoshop dengan mengeluarkan berbagai macam versi yang semakin berkembang mulai dari CS1, CS2, CS3, CS4, CS5, hingga CS6. Bagi Anda yang masih awam dengan aplikasi yang satu ini, Anda bisa melihat tutorial photoshop yang banyak bertebaran di internet dengan berbagai macam teknik. Salah satu teknik yang paling mudah dan sederhana yang para pemula pun bisa melakukannya adalah mengganti background foto seperti berikut ini.

Spesifikasi Laptop atau PC yang Mendukung Software Photoshop

Jika Anda ingin mencoba cara mengganti background foto, Anda bisa menggunakan photoshop versi apa saja. Hal ini tidak jadi masalah karena pada dasarnya fitur dan cara penggunaannya tidak jauh berbeda antara satu versi dengan versi lainnya. Sebelum memulai tutorial cara mengganti background foto di Photoshop, pastikan laptop atau PC Anda mendukung ketika Anda menginstall aplikasi Adobe Photoshop. Jika laptop atau PC Anda tidak support maka laptop Anda akan menjadi lemot. Cara mudah jika Anda ingin mengetahui apa saja spesifikasi minimal laptop atau PC apa yang mendukung untuk aplikasi Photoshop versi CS:
Baca Juga  Cek Pemilik Nomor Telepon Makin Mudah Melalui 3 Aplikasi Ini
1. Untuk Operating System tipe Windows, adalah :
  • Processor yang digunakan yaitu Intel® Pentium® 4 atau bisa juga menggunakan AMD Athlon® 64.
  • Versi Microsoft® Windows® XP dengan Service Pack 3 atau Microsoft Windows 7 dengan Service Pack 1. Untuk Adobe® Creative Suite® 5.5 dan aplikasi CS6 juga mendukung Windows 8 dan Windows 8.1.
  • Kapasitas penyimpanan untuk RAM sebesar 1 GB.
  • Terdapat 1 GB ruang penyimpanan hard disk yang tersedia untuk instalasi dan ruang kosong tambahan juga diperlukan selama proses instalasi aplikasi (tetapi tidak dapat install pada perangkat penyimpanan flash yang dapat dilepas).
  • Layar yang digunakan yaitu 1024 x 768 (bisa juga direkomendasikan 1280 x 800) dengan warna 16-bit dan kapasitas 512 MB (bisa juga disarankan 1 GB) dari VRAM.
  • Sistem yang mendukung OpenGL 2.0.
2. Untuk Operating System tipe Mac OS, adalah :
  • Prosessor yang digunakan adalah tipe Multicore Intel dengan 64-bit support.
  • Versi Mac OS X v10.6.8 atau v10.7. Aplikasi Adobe Creative Suite 3, 4, 5, CS5.5, dan CS6 mendukung untuk versi Mac OS X v10.8 atau v10.9 pada saat diinstall pada sistem berbasis Intel.
  • Kapasitas penyimpanan untuk RAM sebesar 1 GB.
  • Terdapat 2 GB ruang penyimpanan pada hard disk yang tersedia untuk instalasi dan ruang kosong tambahan juga diperlukan selama proses instalasi (tetapi tidak dapat install pada volume yang menggunakan sistem file hal sensitif atau pada perangkat penyimpanan flash yang dapat dilepas).
  • Layar yang digunakan yaitu 1024 x 768 (bisa juga direkomendasikan 1280 x 800) dengan warna 16-bit dan kapasitas 512 MB (bisa juga disarankan 1 GB) dari VRAM.
  • Sistem yang mendukung OpenGL 2.0.

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop

Setelah Anda sudah memastikan laptop atau PC Anda mendukung atau sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan seperti diatas, maka Anda sudah bisa melakukan instalasi aplikasinya terlebih dahulu.
  1. Setelah Anda install, buka aplikasi photoshop dan kemudian Anda pilih foto yang ingin diedit. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memilih Menu File pada Toolbar di aplikasi photoshop (bagian pojok kiri atas layar laptop atau PC) kemudian pilih Open Image. Atau Anda bisa juga langsung menekan tombol CTRL + O pada keyboard.
Baca Juga  7 Jenis Virus Komputer yang Paling Sering Menyerang Serta Cara Mengatasinya
cara mengganti background pas foto
  1. Setelah foto yang Anda pilih sudah dimasukkan ke photoshop, langkah selanjutnya adalah menekan tombol CTRL + J untuk Duplicate Layer. Atau bisa juga dengan menekan klik kanan pada pilihan Layers dan pilih Duplicate Layer.
cara mengganti background belakang
  1. Setelah foto yang Anda ingin edit di duplikat, maka foto layers aka nada 2 buah. Kemudian Anda tekan simbol mata pada layer 0 sehingga layer asli tidak akan terlihat.
cara merubah warna background
  1. Sebenarnya dari awal Anda tidak perlu melakukan tahap Duplicate layer, Anda hanya tinggal menghilangkan gembok pada layers awal sampai bisa diedit dengan sesuka hati. Bahkan, kadang layers tidak tergembok, sehingga Anda tinggal menyesuaikan saja.
  1. Kemudian Anda pencet huruf W untuk mengaktifkan mode Magic Wand Tool.
cara mengganti warna background foto
  1. Langkah berikutnya adalah dengan klik background pas foto yang bewarna untuk seleksi area yang akan Anda ganti warnanya.
mengganti background photoshop cs6
  1. Anda bisa pilih warna yang akan digunakan sesuai kebutuhan, misalnya Anda memilih warna biru atau merah yang paling umum digunakan untuk pas foto.
mengganti background photoshop cs3
  1. Kemudian Anda tekan tombol G pada keyboard untuk mengaktifkan mode Paint Bucket Tool. Tujuannya adalah untuk mengubah warna pada background yang akan diganti menjadi merah atau biru.
mengganti warna background pada photoshop
  1. Setelah mode tersebut diaktifkan, maka Anda tinggal melakukan langkah terakhir yaitu meng-klik bagian yang sebelumnya sudah Anda seleksi sehingga dengan langsung background pada foto akan berubah menjadi biru.
ganti warna background photoshop
  1. Yang terakhir adalah Anda tinggal menyimpan hasil foto tersebut dengan menekan tombol CTRL + S kemudian simpan dengan format .png atau .jpg sehingga foto yang Anda edit akan langsung ditampilkan.
Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengganti background foto yang bisa Anda gunakan untuk pas foto. Masih banyak fitur lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendesain foto. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a comment