Cara Memulai Bisnis Online Pasti Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Online – Pernahkah anda terpikir bahwa bisnis masa depan terletak di bisnis online ketimbang berbisnis secara konvensional? Pada awal-awal kemunculan internet memang orang tidak pernah menaruh harapan terlalu tinggi kepada bisnis online melalui internet. Hal ini dipicu karena pola pikir masyarakat masih terpaku dengan pola bisnis ala konvensional.

Saat ebay dan amazon saja berdagang buku dan perabotan melalui website, banyak orang yang mencibir dan juga memprediksi bisnisnya tidak akan lama. Cara memulai bisnis online yang diawali oleh ebay dan amazon pada saat itu sangat tidak familiar. Banyak orang ragu karena ebay dan amazon tidak membuka toko fisik dan hanya memajang gambar melalui internet.

Pada saat itu, orang berbisnis mempunyai pola pikir harus berbentuk fisik, mempunyai toko, mempunyai barang yang distock dan harus langsung bertatap muka dengan pembeli. Sementara hadirnya bisnis online internet membuat orang pada mulanya ragu.
Apalagi pada saat itu banyak orang belum begitu paham dengan teknologi informasi, ditambah dengan banyaknya penipuan melalui internet seperti scam dan juga munculnya penipuan berbasis telepon dan sms sehingga membuat banyak orang ragu dan curiga.

cara memulai bisnis online

Tetapi kini setelah sepuluh tahun berjalan, internet menjadi kebutuhan semua orang dan anda sebagai calon pengusaha dan pebisnis pemula harus paham strategi cara memulai bisnis online yang menguntungkan. Jika anda belum punya pertimbangan, berikut beberapa hal yang perlu anda pikirkan kenapa kita harus berbisnis melalui online:

1. Jumlah pengguna handphone ataupun smartphone di Indonesia telah menembus angka 40% dari jumlah penduduk Indonesia yang kalau ditotal mencapai 200 juta. Itu artinya ada 80 juta penduduk indonesia yang melek teknologi informasi dan bisa mengakses internet secara sadar. Ini potensial menjadi konsumen bisnis anda.

2. Angka 40% ini juga didominasi mereka yang aktif bermedia sosial seperti facebook dan instagram, bahkan tim facebook sendiri mencatat Indonesia adalah negara masuk lima besar dengan jumlah akun terbanyak di dunia. artinya apa? Mereka adalah pengguna aktif internet yang menghabiskan tiga hingga enam jam waktunya untuk berselancar di media sosial platform facebook dan instagram yang bisa menjadi ladang bisnis. Berapa potensi yang bisa anda targetkan dari peluang bisnis semacam ini?

3. Dari 40% ini, dua pertiganya memiliki rekening di bank yang artinya mereka bisa mengakses e-banking dan juga atm. Jika anda berusaha mempelajari cara memulai bisnis online, maka transaksi pembayaran melalui e-banking adalah solusi jitu untuk memperbesar usaha anda.

4. Masuknya tiga besar jajaran marketplace Indonesia di kancah asia tenggara yaitu Shopee, Tokopedia dan juga Bukalapak. Tiga marketplace ini adalah markas dari banyak penjual dan pembeli yang mencatat omset transaksi mencapai milyaran rupiah setiap bulannya. Tertarik untuk menikmati kue ekonomi ini?

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

5. Bisnis jasa ekspedisi untuk cara memulai bisnis online saat ini tidak hanya didominasi Kantor Pos. Itu artinya anda mempunyai banyak pilihan mencarikan jasa ekspedisi termurah di Indonesia untuk mengirim barang-barang pesanan online yang akan anda jual. Di Indonesia saat ini terdapat banyak jasa ekspediai seperti TIKI, JNE, JT, Wahana dan juga kantor pos sebagai pemain lama.

6. Banyak bisnis online saat ini bisa berhasil tanpa modal sepeser pun. Beneran? Anda percaya? Harus dong. Bisnis online saat ini bisa dimulai dengan sistem dropshipper yaitu artinya anda hanya berjualan dengan katalog saja, tapi ini bukan mlm ya. Sistem dropshipper katalog ini adalah cara mulai bisnis online paling klasik, anda menawarkan barang kepada orang, orang tersebut membayar sejumlah uang yang telah anda sepakati plus keuntungan anda, kemudian anda tinggal order ke produsen untuk mengirim ke orang tersebut dengan label nama anda. Keren kan?

7. Selain sistem dropshipper, cara memulai bisnis online dengan cara lain yaitu reseller juga cukup menjanjikan. Bedanya ada sedikit modal yang harus disetor untuk membeli barang dengan jumlah tertentu. Anda bisa menjualnya melalui media sosial market place atau anda tawarkan sendiri melalui whatsapp ataupun pesan instan lainnya.

8. Selain pertimbangan di atas, beberapa hal penting lainnya adalah bisnis online bisa dijadikan bisnis sampingan ataupun bisnis utama. Jika anda pegawai di sebuah perusahaan, jangan khawatir, anda bisa belajar cara memulai bisnis online diawali dengan waktu senggang sepulang kerja.

9. Selain sebagai sampingan, bisnis online juga bisa dijadikan bisnis utama jika anda berprofesi sebagai pengusaha, ibu rumah tangga atau karyawan kantor yang sudah jenuh dengan rutinitias sehari-hari. Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis online dari rumah?

Apa perbedaan Bisnis Online dengan Bisnis Konvensional?

Nah, ini adalah ilmu mendasar yang harus pemula pahami ketika belajar cara memulai bisnis online pasti menguntungkan. Kenapa harus dipahami? Karena pebisnis online harus mempunyai pola pikir bisnis online, jangan sampai malah terpaku berpola pikir bisnis konvensional yang justru bisa menghambat kemajuan bisnis anda.

Secara pola pikir dan struktur, bisnis online amat sangat berbeda dengan bisnis konvensional. Bahkan secara fundamental saja, bisnis online berbasis internet dan media daring, sementara bisnis konvensional kebanyakan mengandalkan tatap muka dan bertemu dengan klien.

Agar tidak kebingungan dalam mempelajari perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional, berikut beberapa poin perbedaan antara bisnis online dengan bisnis konvensional:

1. Bisnis online bisa diawali dengan tanpa modal sesuai denga penjelasan di artikel sebelumnya, sementara kebanyakan bisnis konvensional harus dimulai dengan modal uang dan barang terlebih dahulu.

2. Bisnis online bisa diawali dari rumah, dan bahkan hanya dengan sebuah smartphone, handphone jadul ataupun dikerjakan dari warnet. Pada awal awal booming bisnis online, para pengusaha bisnis online bahkan hanya mengerjakan dari warnet. Mereka aktif ketika sore hingga malam hari untuk berselancar di internet.

3. Bisnis konvensional kebanyakan menggunakan modal karena harus membeli persediaan barang dagang, menyewa kios ruko atau rumah untuk berjualan, menyewa dan menggaji pegawai, membayar promosi dan bahkan berkorban harus mendapat bonus tipis untuk mempertahankan pelanggan.

4. Bisnis online bisa buka 24 jam, coba bayangkan akun shopee, bukapalak dan tokopedia anda bisa diakses oleh siapa saja selama 24 jam sehari dan bahkan 7 hari seminggu. Mesin bisnis online tersebut akan selalu bekerja dan terpantau oleh email anda.

5. Sementara bisnis konvensional hanya buka sesuai dengan jam kantor, jam sewa kios atau jam shift pegawai yang anda sewa. Melelahkan bukan? Nah, saatnya anda tahu cara memulai bisnis online paling menguntungkan dengan membaca artikel ini sampai bawah.

Baca Juga  Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

Apa kelebihan cara memulai Bisnis Online dibandingkan bisnis konvensional?

Banyak orang ragu apakah bisnis online bisa menghasilkan ketimbang bisnis konvensional? Para orang tua seringkali lebih yakin dengan bisnis yang jelas, terukur dengan terlihat barang dagangan dan juga kios yang nyata. Akan tetapi generasi milenial dan pengusaha muda biasanya berani ambil resiko dan mereka ternyata bisa membuktikan.

Beberapa pebisnis online mampu meraup 200 ribu per hari sementara yang lainnya mampu meraup 200 ribu per jamnya dari berjualan online di marketplace seperti tokopedia, shopee dan bukapalak, sementara yang lain hanya berjualan online di facebook dan instagram bisa meraup nilai omset serupa. Kok bisa?

Nah, dalami ulasan artikel di bawah ini yang akan membahas kelebihan bisnis online dibandingkan dengan bisnis konvensional:

1. Saat anda belajar cara memulai bisnis online, satu satunya yang mesti anda lakukan adalah merubah pola pikir (mindset) menjadi lebih cerdas dan lebih disiplin. Bisnis online adalah bisnis yang membutuhka kedisiplinan jadi harus dimulai dengan kerja keras.

2. Selanjutnya anda mesti mempelajari dasar dasar internet, kalaupun tidak bisa ya belajar sekeras mungkin jangan mau tertinggal. Marketplace, media sosial dan pesan instan adalah bisnis masa depan jangan sampai tertinggal.

3. Kelebihan utama bisnis online adalah bisa dikerjakan dimana saja. Saat anda rebahan di kasur pun anda masih bisa upload barang dagangan, mengecek invoice pembelian yang masuk dan juga mengecek promosi produk sudah sampai mana saja. Apakah bisnis konvensional bisa melakukan hal yang sama? Big no, tentu saja tidak bisa, anda harus stand by di kios dan ruko.

4. Kelebihan bisnis online selanjutnya adalah sistem pembayaran transaksi mayoritas dilakukan secara online banking. Artinya anda tinggal duduk manis, uang masuk ke rekening, kemudian mengepak barang dan kirim barang. Mudah sekali kan?

5. Sistem pembayaran online dalam cara memulai bisnis online juga memudahkan keamanan transaksi bisnis anda. Anda tidak perlu bertemu tatap muka dengan pelanggan tapi cukup bertemu di internet saja. Selain itu juga meminimalisir uang palsu dan bentuk kriminalitas lainnya.

6. Bisnis online juga mengenal sistem retur, itu artinya anda harus siap dengan segala komplain terkait produk anda. Anda harus bijaksana menerima komplain tersebut sepanjang komplainnya masih sesuai dengan kebijakan usaha anda.

7. Jika anda bosan, jenuh atau sakit, maka bisnis online bisa anda tutup dan buka kapan saja. Berbeda dengan bisnis konvensional yang biasanya harus menyesuaikan dengan persediaan dagang, tagihan kios yang belum dibayar hingga tagihan gaji pegawai.

Cara memulai Bisnis Online untuk pemula

cara memulai bisnis online

Jika anda sudah mempertimbangkan beberapa penjelasan di atas, maka kini sudah saatnya anda memasuki proses memahami cara memulai bisnis online dari tingkat dasar hingga menuju menghasilkan.

Satu hal yang mesti dimiliki oleh pengusaha pebisnis online adalah mental kerja keras dan disiplin karena bisnis online bukanlah bisnis sekali jadi dan bukan instan. Itu artinya butuh kerja keras, waktu yang berat dan juga mental yang gigih.
Sebenarnya sama saja dengan mental ketika memulai bisnis konvensional, akan tetapi jika konvensional mungkin anda bisa menemui konsumen secara tatap muka dan merayu mereka untuk membeli langsung.

Sementara ketika memulai bisnis online, anda akan berhadapan dengan konsumen online yang bahkan anda tidak pernah bertemu dengan wajahnya. Bahkan beberapa konsumen bisnis online seringkali melakukan php (pemberi harapan palsu), pada awalnya mereka akan banyak bertanya dan ujung-ujungnya tidak membeli.

Beberapa malah hanya bersifat “hit” dan “run” alias hanya menyapa, bertanya sebentar dan ketika kita tanya balik tidak merespon. Hal demikian sangat biasa dan wajar ketika awal awal memulai bisnis, anda akan terlatih bersifat tangguh dan bermental baja.

Jika anda sudah memiliki jiwa tangguh, bemental baju, siap jatuh dan bangun, perlu ditambah satu hal lagi yaitu menjadi pembelajar yang cepat. Bisnis online adalah bisnis internet yang bisa berubah sekejap beberapa saat, sehingga bisa jadi anda belajar ilmu baru yang ternyata sudah ketinggalan zaman.

Anda tidak perlu khawatir, yang perlu dilakukan adalah segera bangkit, semangati diri sendiri dan kemudian belajar cepat dengan ilmu ilmu baru lainnya. Mental mental pebisnis online seperti ini yang mudah dekat dengan kesuksesan.
Selanjutnya cara memulai bisnis online untuk calon pengusaha milenial dan pengusaha muda bisa melalui beberapa tahapan di bawah ini:

Baca Juga  Yang Perlu Diperhatikan Ketika Sewa kantor Surabaya

1. Pastikan saat anda belajar cara memulai bisnis online sudah memetakan apakah mengawali bisnis dengan modal atau tidak. Jika anda tidak memiliki modal, maka memulai bisnis online bisa dengan sistem dropshipper, sistem ini banyak ditemui di internet dan bahkan para pengusaha besar grosir sudah menawarkan peluang bisnis ini, anda bisa manfaatkan kesempatan ini.

2. Jika anda sudah menyiapkan modal, maka alokasikan modal anda sebaik baiknya untuk mengambil barang, kreasi promosi melalui instagram, facebook dan sarana digital marketing lainnya. Pastikan bahwa modal anda harus ditata dengan baik, jangan gaya gayaan membeli banyak stok barang, secukupnya saja.

3. Belajar bermedia sosial dan mengoperasikan marketplace. Jika anda belum menguasai, berikan target untuk belajar selama sebulan bisa diawali dengan memahami dasar-dasar media sosial, membuka akun marketplace di shopee, bukapalak dan tokopedia. Pembukaan akun ini gratis hanya memerlukan no handphone dan juga email.

4. Pastikan konsep usaha anda jelas, terukur dan terlihat profesional. Orang akan tertarik dengan nama akun yang jelas misalnya “Bunga Florist Bandung” ketimbang nama asal-asalan seperti “Jual Bunga Bandung”.

5. Konsep usaha cara memulai Bisnis online ini bisa anda kembangkan dengan membuat logo (anda bisa gunakan Canva atau aplikasi gratis lainnya di play store atau play store), anda bisa upload logo tersebut ke akun marketplace, akun facebook atau akun instagram anda.

6. Sinkronkan stok barang anda dengan akun marketplace. Maksud dari sinkronkan ini adalah mulailah untuk mengupload barang barang yang akan anda jual. Nah, mudah kan?

7. Proses selanjutnya anda tinggal belajar cara mempromosikan akun toko online anda melalui ig story, postingan facebook atau storey whatsapp, atau bahkan melalui brosur.

8. Jika anda sudah mendapat pesanan, usahakan segera dikerjakan atau barang segera dipack dan dikirim. Hal ini untuk menjaga kepercayaan pelanggan agar tidak kecewa dengan bisnis anda yang masih muda.

9. Bijaksanalah ketika menerima komplain, karena ketika memutuskan cara memulai bisnis online, anda akan berhadapan dengan banyak tipe konsumen dari tipe emosional hingga tipe sabar.

Mengenali Sarana Bisnis Online Bagi Pemula

cara memulai bisnis online

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, cara memulai bisnis online dengan hasil menguntungkan bisa dimulai dari berjualan di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, atau berjualan secara eceran di media sosial seperti facebook dan instagram.

Berjualan di akun marketplace dan media sosial bisa dibilang nyaris tanpa modal, anda hanya membuka akun dengan alamat email dan juga no handphone lalu sudah bisa mengupload foto barang yang akan dijual.

Sementara berjualan melalui media sosial seperti facebook dan instagram bisa langsung upload, berikan beberapa narasi sedikit tentang barang apa yang anda jual, baru anda tawarkan kepada teman-teman anda.

Pada contoh yang lebih sederhana, anda dapat berjualan di bisnis online dengan sering sering mengupload barang dagangan di story whatsapp atau pun mengupload di story instagram. No kontak teman teman yang anda simpan bisa jadi peluang konsumen yang akan membeli barang barang anda.

Berikut beberapa strategi mudah cara memulai bisnis online dengan hasil menguntungkan melalui tiga sarana tersebut:

1. Berjualan di marketplace seperti shopee, bukalapak dan tokopedia hasilnya bisa besar jika anda tekun mengupload foto barang dagangan, menawarkan link akun anda ke facebook, instagram dan media sosial lainnya. Kelebihan yang perlu anda tawarkan kepada konsumen yang akan membeli produk anda melalui marketplace adalah bisa mendapat gratis ongkir dari shopee, tokopedia dan bukalapak.

2. Berjualan di media sosial adalah cara memulai bisnis online yang wajib anda coba. Apa gunanya facebook dan instagram kalau hanya untuk pamer foto dan posting keluh kesah tidak jelas, lebih baik anda berjualan. Tapi jangan sering sering, nanti teman teman anda merasa terganggu dengan foto foto produk yang sering anda share. Strateginya adalah setiap dua hari sekali anda bisa posting, yang lainnya berperilakulah seperti orang normal.

3. Berjualan di pesan instan story wa, story line dan juga telegram juga bisa menjadi tambang uang. Syaratnya sama anda harus konsisten dan disiplin bekerja keras, karena di setiap story kita biasanya ada peluang teman teman kita menjadi pembeli, kalaupun masih bertanya tanya tidak masalah, anggap aja konsumen masa depan.

Baca Juga  Bisnis Properti dari Virtual Office Hingga Sukses

Bisnis Online Berbasis MarketPlace Shopee, Tokopedia dan Bukalapak

Pada bagian ini cara memulai bisnis online dengan hasil menguntungkan adalah cara membuka akun di marketplace seperti shopee, bukalapak dan juga tokopedia untuk memulai bisnis online anda dengan modal nol persen, anda tinggal mencari stok barang atau dropship barang yang akan anda upload ke marketplace tersebut:

1. Buatlah email, jika anda belum mempunyai email disarankan membuat email gmail karena kapasitas ruangnya yang cukup besar mencapai 15 gigabyte.

2. Selain itu persiapkan nomor handphone dan juga rekening bank. Kenapa harus rekening bank? Karena hasil jual beli di akun marketplace seperti shopee, tokopedia dan bukalapak hanya bisa dicairkan melalui rekening bank anda. Belum punya? Cobalah buka rekening di bank bank kecil atau lokal di tempat anda, pilih yang biaya administrasinya paling murah. Jangan ke bank besar karena biasanya besar biayanya.

3. Selanjutnya bukalah website shopee, tokopedia atau bukalapak melalui hp anda, bisa juga download app shopee, tokopedia atau bukalapak melalui play store. Cari tombol daftar atau sign ini.

4. Pada halaman ini anda akan diminta mengisi nama toko, alamat email, handphone, no rekening dan sampai deskripsi toko anda sampai detail.

5. Selanjutnya anda akan mendapat verifikasi melalui email dan juga handphone sebagai bagian keamanan akun anda.

6. Taraa, anda sudah bisa mengupload barang dagangan sebagai langkah pertama cara memulai bisnis online.

Bisnis Online Berbasis Media Sosial Facebook dan Instagram

cara memulai bisnis online

Seperti sudah dijelaskan di atas, setiap orang pastinya sudah mempunyai akun facebook dan instagram kan ya? Cuman pada prakteknya tidak semua orang bisa menggunakan media sosial sebagai cara memulai bisnis online dengan hasil menguntungkan.
Bagian ini akan mengulas beberapa strategi penting cara cara berjualan di facebook dan instagram agar hasil jualan anda menemukan hasil positif alias tidak boncos:

1. Jika berjualan di facebook, upload barang dagangan sehari bisa tiga kali, tapi jangan setiap hari, cukup dua hari sekali, sisanya anda bisa posting nasehat nasehat, gambar gambar lucu atau postingan pribadi anda sendiri. Ini untuk meminimalisir orang jenuh dan memutus pertemanan dengan anda.

2. Ketika mengupload barang dagangan di instagram gunakanlah hastag, misalnya anda berjualan jilbab, maka gunakna hastag yang sesuai minimal tiga hastag dan maksimal 15 hastag dalam satu kali postingan.

3. Berbeda dengan facebook, cobalah untuk berkreasi dengan aplikasi di internet agar postingan anda di instagram terlihat lebh cerah, kreatif dan enak dipandang. Jangan asal upload foto barang dagangan yang kurang enak dipandang karena akan mengurangi minat konsumen.

4. Nah, bagaimana dengan facebook? Justru kebalikannya, anda tidak hanya mengupload foto saja tetapi harus didukung narasi yang jelas mengenai produk anda. Jika tulisan di instagram terbatas, maka di facebook anda bisa pasang postingan dengan tulisan sepanjang panjangnya menjelaskan mengenai kegunaan produk anda.

Baca Juga  Keuntungan Memulai Usaha dari Virtual Office Surabaya

Bisnis Online Berbasis Pesan Singkat Whatsapp, Line dan WeChat

Nah, sama seperti artikel sebelumnya, setiap orang pastinya sudah memiliki akun whatsapp, line atau wechat. Bagian ini akan mengulas strategi penting cara memulai bisnis online berbasis pada story wa, line dan juga wechat.

Beberapa hal utama yang mesti diperhatikan ketika berbisnis online melalui story wa, line dan wechat adalah jangan terlalu over postingan dan jangan posting foto yang kurang enak dipandang (atau asal foto produk) nantinya akan membuat teman-teman kontak anda merasa mual.

Cobalah untuk berkreasi mendesain foto produk anda dengan sebaik-baiknya kemudian posting melalui story wa, line dan juga wechat dengan durasi sehari posting, sehari berikutnya ganti postingan normal, kemudian ditambahs sehari berikutnya.

cara memulai bisnis online

Bisnis Online Berbasis Website Toko dari Coworking Space Surabya

Pada bagian ini, cara memulai bisnis online dengan menggunakan website toko online disarankan bagi anda yang mempunyai permodalan bisnis yang mencukupi. Kenapa demikian?

Karena ternyata untuk membangun website toko online dibutuhkan investasi yang tidak sedikit, beberapa memang hanya berharga ratusan ribu saja, akan tetapi daripada membuang uang untuk investasi yang belum tentu sesuai anda bisa gunakan untuk stok barang dagangan.

Nah, memulai bisnis online dengan toko online bisa anda pelajari terlebih dahulu dengan melihat toko toko besar seperti zalora.co.id yang bisa menjadi rujukan ketika anda ingin membangun website toko online suatu saat nanti.

Keuntungan dari toko online adalah kamu tidak memerlukan lokasi tetap untuk bekerja sehingga bisa dikerjakan dimana saja. Namun, tetap diperlukan tempat bekerja yang bisa membuat kamu fokus. Kamu bisa mendapatkannya di Westwork Coworking Space Surabaya, selain ruang kerja yang nyaman. Kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai virtual office bahkan jika butuh kantor kami bisa sewa secara bulanan hubungi westwork coworking space surabaya

Leave a comment