Cara Membuat Tabel di Photoshop yang Mudah untuk Pemula

Cara membuat tabel di Photoshop – Seiring dengan kemajuan teknologi, berbagai kemudahan pun bisa didapatkan setiap pengguna smartphone maupun PC komputer dan laptop. Mulai dari kemudahan berkomunikasi, mencari informasi, membuat dokumen, hingga mendesain. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuat desain atau mengedit foto dan gambar adalah Photoshop. Anda dapat membuat berbagai desain dalam berbagai bentuk termasuk membuat tabel. Cara membuat tabel di Photoshop pun terbilang mudah dan simpel. Cara membuat tabel di Photoshop memang tidak seperti membuat tabel di Microsoft Office karena dalam aplikasi atau software ini tidak tersedia fitur untuk membuat tabel. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi Photoshop ini tetap bisa digunakan untuk membuat tabel dengan menggunakan tools dan bantuan grid yang ada pada menu di Photoshop.
Baca Juga ” Desain Grafis Adalah ? Ketahui Dasar-Dasar Desain Grafis Ini

Cara Membuat Tabel di Photoshop untuk Pemula

Aplikasi Photoshop merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk membuat desain gambar, foto, dan teks untuk keperluan desain poster, pamflet, spanduk, konten marketing, dan lain sebagainya. Membuat desain dengan Photoshop dinilai lebih efektif karena terdapat banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. Tak heran jika aplikasi ini menjadi aplikasi yang sangat digandrungi untuk kepentingan membuat desain konten. Untuk bisa membuat tabel yang terdiri dari kolom dan baris di Photoshop, Anda harus membuatnya secara manual. Sehingga sangat disarankan untuk membuat tabel di Photoshop yang tidak terlalu banyak kolom dan baris karena prosesnya akan lebih sulit dan lama. Cara membuat tabel di Photoshop CS3 maupun versi lainnya pada dasarnya adalah sama. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti, di antaranya:
Baca Juga  Apa Itu E commerce? Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat E commerce
  • Buka aplikasi Photoshop
Jika software aplikasi Photoshop sudah ada di PC komputer atau laptop Anda, maka langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi ini terlebih dahulu. Namun, jika Anda masih belum memiliki aplikasi ini maka download terlebih dahulu. Setelah diunduh, lakukan pemasangan atau instal aplikasi Photoshop pada PC maupun komputer. Anda dapat memilih Photoshop dari berbagai versi yang tersedia.
  • Buat lembar kerja baru
Setelah aplikasi Photoshop berhasil dibuka, buat lembar kerja baru yang akan digunakan untuk membuat tabel. Contoh, gunakan lembar kerja baru dengan ukuran 600 x 350 pixels dan ukuran kertas A4. Tekan Ctrl + N atau pilih dan klik File à New. Ukuran tersebut bukan ukuran wajib yang harus diikuti karena Anda bisa menyesuaikan ukuran lembar kerja seperti yang Anda inginkan. cara membuat tabel di photoshop
  • Lakukan pengaturan Grid
Sebelum membuat tabel yang diinginkan, atur terlebih dahulu Grid-nya agar lebih mudah saat menentukan titik menarik garis sehingga hasil garis pada tabel bisa tegak lurus. Grid merupakan garis kecil-kecil untuk membantu Anda agar lebih mudah membuat tabel. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pilih dan klik Edit à Preferences à Guides, Grid, and Slices
  • Setelah tampil kolom pengaturannya, cari Grid
  • Atur Grid sesuai yang diinginkan dengan contoh pengaturan Grid line every 50 pixels dan subdivision 5
  • Klik OK
  • Tampilkan Grid pada lembar kerja dengan cara pilih dan klik View à Show à Grid atau dengan menekan Ctrl + ‘
  • Mulai membuat Tabel
Anda bisa mulai membuat tabel yang diinginkan setelah Grid ditampilkan. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Aktifkan Rectangle Tool
  • Atur Fill tidak aktif, ketebalan garis 1pt, dan stroke warna hitam
  • Mulailah membuat kotak persegi panjang pertama sebagai baris dalam tabel
  • Ulangi langkah tersebut hingga beberapa baris berhasil dibuat
  • Pisahkan baris-baris tersebut menjadi beberapa kolom dengan menggunakan Line Tool
  • Buat pengaturan Fill tidak aktif, ketebalan 1 pt, dan stroke hitam
  • Tarik garis dari ujuang atas hingga ujung bawah tergantung keinginan Anda
  • Hilangkan Grid
Baca Juga  Cara Membuat Iklan di Google Adwords dengan Mudah
Jika tabel yang berisi kolom dan baris sudah selesai dibuat, maka hilangkan Grid yang ada agar tidak mengganggu penampilan tabel. Caranya dengan pilih dan klik View à Show à Grid. Tabel yang Anda inginkan sudah selesai dibuat dan bisa ditambahkan dengan teks yang diinginkan. Tampilan tabel ini juga bisa dibuat lebih menarik dengan gambar atau foto yang sekaligus bisa diedit pada aplikasi Photoshop ini. Meskipun lebih rumit dibandingkan membuat tabel di aplikasi yang sudah ada fitur tabelnya secara langsung, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan tabel dengan Photoshop, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Bisa dengan mudah mengubah warna tabel dengan menggunakan tools Vector Photoshop
  • Bisa menambah dan mengurangi ketebalan garis sesuai keinginan
  • Bisa melebarkan dan menyempitkan ukuran kolom dan baris sesuai yang Anda inginkan
Cara membuat tabel di Photoshop di atas bisa langsung Anda praktekkan dengan menyesuaikan kebutuhan. Perlu diingat bahwa untuk membuat tabel di aplikasi ini sangat disarankan hanya untuk tabel-tabel yang simpel dan sedikit jumlah baris dan kolomnya. Jika ingin membuat tabel yang lebih kompleks maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk membuat tabel.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"