Cara Membuat Formulir Online Serta Cara Mengirim File Lewat Google Drive

Cara Membuat Formulir Online – Ketika menghadapi tugas akhir, mahasiswa akan disibukkan dengan pembuatan formulir untuk disebar kepada responden. Formulir pun sering digunakan perusahaan tertentu untuk melakukan survei terkait kinerja perusahaan di mata para kliennya. Belum lagi formulir yang biasanya disebar kepada para konsumen untuk mengetahui kualitas produk serta kritik dan saran agar produk selanjutnya bisa lebih baik lagi. Tentu akan sangat melelahkan jika Anda membuat formulir-formulir tersebut dengan cara manual. Mengetiknya di komputer lalu menyebarnya satu per satu kepada responden adalah cara manual yang akan membuang waktu Anda. Kini sudah ada aplikasi khusus yang akan memudahkan semua pekerjaan tersebut yaitu Google Form. Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah dan cepat, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu Google Form.

Pengertian Google Form

Google Form adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat formulir online untuk melakukan atau menganalisa suatu hasil survei. Kehadiran Google Docs Form ini akan sangat membantu Anda mengumpulkan responden sebanyak-banyaknya. Anda dapat mempersingkat waktu penyebaran formulir karena cukup dengan menyebarkan URL link-nya saja untuk diisi. Anda juga bisa mengelola data survei dengan hasil yang instan dan tepat. Bahkan ringkasan survei tersebut bisa diubah ke dalam sebuah grafik, diagram, maupun Google Spreadsheet. Aplikasi gratis dari Google ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat polling quick count pendapat, kuesioner kuis, formulir pendaftaran, maupun formulir survei. Secara otomatis, Google Form dapat terintegrasi atau terhubung langsung dengan aplikasi lain termasuk Google Drive. Sehingga aplikasi ini bisa diakses baik melalui komputer maupun smartphone. Data-datanya pun sudah ter-back-up otomatis di Google sehingga Anda tidak perlu takut datanya akan hilang.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Cara membuat Google Form tidak serumit yang dibayangkan dan terbilang sangat mudah asal mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Berikut ini langkah mudah cara buat Google Form hanya dalam waktu kurang dari 5 menit:
  1. Pastikan Anda memiliki akun google terlebih dahulu dan jika belum buat dulu akun google melalui www.gmail.com.
  2. Buka alamat web https://docs.google.com/forms/ sebagai cara buat Google Form awal.
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps1.jpg
  1. Pilih dan klik Blank berupa lembar kosong dengan simbol + atau bisa pula memilih template yang sudah tersedia seperti contact information, RSVP, party invite, t-shiret sign up, atau event registration. 
  2. Beri nama formulir dan ubah nama Untitled Form dengan nama yang baru
Baca Juga  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android dengan Mudah
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps2.jpg
  1. Buat pertanyaan/kuesioner yang ingin ditanyakan melalui formulir Google Form. Ada banyak variasi pertanyaan yang bisa Anda gunakan seperti pilihan ganda, jawaban singkat, serta kotak setuju atau tidak setuju. Form ini juga dapat digunakan untuk meminta responden mengirim gambar atau file yang Anda inginkan.
  2. Masukkan pertanyaan pada Untitled Question
  3. Klik panah ke bawah atau dropdown jika Anda ingin mengubah jenis pertanyaan
  4. Klik Required untuk menentukan apakah responden wajib menjawab pertanyaan atau tidak.
  5. Cara buat Google Form selanjutnya, klik Add Question untuk menambahkan pertanyaan
  6. Klik Duplicate untuk menambahkan salinan pertanyaan yang sudah ada
  7. Klik Preview untuk melihat histori perubahan yang Anda lakukan pada Google Form (berupa ikon mata di pojok kanan atas)
  8. Untuk menambahkan lebih banyak pilihan formulir, Anda bisa menggunakan toolbar di sebelah kanan untuk pengaturannya
Contoh:
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps3.jpg

Cara Mengirim Google Form

Setelah memahami cara buat Google Form, tentu tujuan selanjutnya adalah menyebar formulir tersebut kepada responden. Anda bisa mengirimkannya melalui e-mail, pesan chat, atau menyebarkannya melalui media sosial agar mendapat lebih banyak responden. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyebar formulir Google Form yang sudah Anda buat:
  1. Pilih dan klik Send pada bagian pojok kanan atas
  2. Anda bisa memilih mau mengirim formulir lewat apa melalui Send via
  3. Kumpulkan email anggota organisasi atau perusahaan satu-per satu jika formulir hanya ditujukan untuk anggota organisasi atau perusahaan saja tanpa harus menyebarkannya secara luas di luar kalangan organisasi.
  4. Copy-paste URL link untuk disebarkan
  5. Klik salah satu ikon media sosial yang tersedia jika ingin menyebarkannya melalui media sosial
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps4.jpg
  1. Untuk menyimpan formulir yang sudah Anda buat, Anda bisa menyimpan melalui Google Drive yang sudah terintegrasi langsung dengan Google Form
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps5.jpg
Untuk melihat hasil survei dan jawaban dari para responden pun Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik Response yang berada di sebelah kolom Question
  2. Ubah form ke versi Google Spreadsheet dengan meng-klik ikon berwarna hijau di bagian kanan
  3. Anda dapat melihat hasil survei dalam bentuk diagram dan grafik pada bagian Response ini
C:\Users\Tibo\AppData\Local\Temp\ksohtml5328\wps6.jpg

Cara Membuat Google Drive dan Cara Mengirim File Lewat Google Drive

Fitur dan aplikasi yang dimiliki Google semakin canggih dan memberikan lebih banyak kemudahan kepada para penggunanya. Seperti halnya Google Drive yang secara langsung terintegrasi dengan Google Form sebagai tempat penyimpanan. Google Drive memberikan Anda keleluasaan untuk menyimpan file dalam bentuk apa saja baik itu file dokumen, gambar, maupun video.
Baca Juga  Daftar Aplikasi TV Indonesia Streaming Online Terbaik
Kapasitas penyimpanan Google Drive cukup besar karena bisa mencapai 15 GB dan gratis. Sebagai back-up data Google Drive cenderung lebih aman daripada menyimpan data di tempat penyimpanan lain yang rentan rusak atau eror karena virus. Selain itu, dengan Google Drive ini Anda bisa dengan cepat membagikan file kepada orang lain. Sebelum mengirim file yang ada di Google Drive, tentu Anda harus mengetahui cara membuat Google Drive seperti berikut ini:
  1. Login melalui https://drive.google.com dengan memasukkan alamat email dan sandi Anda.
  2. Klik Baru/New pada halaman utama Google Drive.
  3. Klik Folder untuk menyimpan data atau file. Anda bisa membuat nama folder atau file sesuai keinginan Anda.
  4. Cara membuat Google Drive selanjutnya, klik Buat. 
  5. Unggah file dan tunggu sampai proses upload selesai. File Anda pun sudah tersimpan di Google Drive dengan aman.
Menyimpan file di Google Drive juga memiliki keuntungan lain agar file yang Anda miliki tetap beresolusi sesuai aslinya sehingga tidak perlu di-resize. Hal ini memudahkan untuk pengiriman file yang terbatas pada size tertentu. Dengan mengirim URL Link file penyimpanan Google Drive, tidak masalah apakah file tersebut memiliki memori yang besar atau tidak. Berikut ini cara mengirim file lewat Google Drive dengan mudah dan cepat:
  1. Klik kanan pada bagian atas berkas yang akan dibagikan dan klik Bagikan
  2. Ketika menu untuk membagikan berkas terbuka, Anda bisa memasukkan kontak email atau kontak Google penerima
  3. Ubah perizinan dengan klik tombol dapat mengedit, dapat komentar, atau dapat melihat. 
  4. Klik Dapatkan tautan yang bisa dibagikan untuk membuat tautan URL link yang bisa dibagikan kepada orang lain.
Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa mengirim berkas melalui Google Drive bisa dilakukan dengan mengirimnya secara langsung atau dengan cara share link Google Drive. Kedua cara tersebut cukup efektif dan sangat mudah karena dapat sampai ke penerima dengan lebih cepat. Termasuk dalam pengiriman Google Form kepada para responden juga bisa menggunakan link Google Drive karena secara otomatis tersimpan dalam media penyimpanan tersebut.

Leave a comment